RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 1/II
Tema 6 :
Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Lingkungan
Rumahku / 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima
anugerah Tuhan YME berupa Bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan
dan sarana belajar di tengah keragaman bahasa daerah
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1
Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasi
isi sebuah puisi
4.1
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
1.1 Membaca
puisi tentang rumah yang bersih, rapi, dan sehat
4.1.2 Menceritakan
kebiasaan dalam menjaga kesehatan dirumah
b) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah
3.2.1 Mengidentifikasi
kebiasaan baik dan tidak baik dalam menjaga kebersihan di rumah
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
2.1 Mempraktikkan
kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan di rumah
c) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang
tidak ternilai
3.2
Mengetahui konsep gerak dasar non lokomotor sesuai dengan dimensi anggotatubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.2.1 Mengidentifikasi
gerak senam yang diajarkan dengan tepat
4.2
Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota
tubuh yang diguna kan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.2.1 Melakukan gerak senam
C. Materi Pembelajaran :
1.
Membaca Puisi Rumahku
2.
Mengetahui
Kebiasaan Baik yang Membuat Rumah Bersih dan Sehat
3. Melakukan Senam Irama
D. Pendekatan :
1.
Pendekatan : Scientific
2. Strategi
: Kooperative learning
3. Teknik :
Picture
and Picture
4. Metode : Ceramah,
tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi
E.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Siswa mengamati teks puisi yang terdapat pada buku siswa.
o Siswa mendengarkan guru menjelaskan teks tersebut adalah
puisi dan bahwa puisi dibaca dengan cara yang berbeda dari membaca teks
biasa.
o Siswa membaca teks puisi seperti biasa untuk memahami
isinya.
o Siswa menyimak guru mencontohkan membaca puisi dengan
gaya dan penghayatan.
o Siswa berlatih membaca puisi dengan gayanya sendiri.
o Siswa dapat berlatih berpasangan atau dalam kelompok
kecil dan saling memberi masukan kepada temannya.
o Siswa membaca puisi di depan kelas secara
bergantian.
o Setelah kegiatan membaca puisi di atas, siswa
berdiskusi dan menceritakan kebiasaan yang sehat dan yang tidak sehat.
o Siswa melihat gambar-gambar pada buku siswa. Siswa memberi
pendapat tentang gambar-gambar tersebut, apakah termasuk kebiasaan sehat atau
tidak. Siswa memberi tanda centang (√) pada gambar kebiasaan sehat dan tanda
silang (√) pada gambar kebiasaan yang tidak sehat.
o Setelah selesai, guru bertanya apakah siswa mengetahui
kebiasaan sehat dan tidak sehat lainnya yang mereka dan keluarganya lakukan
di rumah.
o Guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok.
o Setiap kelompok melakukan diskusi dengan diawali
guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin diskusi dan satu siswa untuk
mencatat hasil diskusi secara sederhana. Siswa lain memberikan pendapat
mereka.
o Pada akhir diskusi, pemimpin diskusi menyampaikan secara
lisan kesimpulan dan ringkasan hasil diskusi.
o Siswa diingatkan kembali tentang kegiatan
membersihkan rumah (menyapu, mengelap jendela, mengepel, mencuci baju dan
menjemurnya, menjemur kasur dan menepuk-nepuknya dengan sapu/penebah,
menggali selokan, mengubur sampah, dll). Agar lebih baik, gunakan alat bantu
gambar/poster/video.
o Siswa menyimak penjelasan guru yang menyampaikan bahwa
bekerja membersihkan rumah dapat sekaligus bermanfaat untuk berolahraga
karena menggerakkan anggota tubuh dengan maksimal.
o Guru mencontohkan beberapa gerakan, misalnya gerakan
mengelap jendela yang tinggi dengan berjinjit dan mengulurkan tangan
tinggi-tinggi kemudian menggerakkannya ke kanan dan ke kiri, gerakan mencangkul
dengan membungkukkan badan dan mengayun tangan, dan lain-lain. Kegiatan
diiringi musik.
o Siswa menirukan gerakan guru secara berkelompok.
o Lalu setiap kelompok mempraktikkan secara
bergiliran.
o Selesai kegiatan, siswa melakukan refleksi.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
C.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Peduli Lingkungan
|
Disiplin
|
Tanggungjawab
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis (
Lembar kerja di buku siswa )
3. Penilaian
Keterampilan
a.
Pengamatan diskusi
Lembar
Pengamatan Diskusi
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Partisipasi dalam mengemukakan pendapat
|
|
|
2
|
Partisipasi dalam bertanya
|
|
|
3
|
Partisipasi
dalam menjawab pertanyaan
|
|
|
b. Pengamatan Senam
Lembar
Pengamatan Gerakan Senam
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Ketepatan dalam melakukan gerakan senam
|
|
|
2
|
Antusiasme dalam mengikuti senam
|
|
|
3
|
Ketertiban
dalam mengikuti kegiatan
|
|
|
H. Sumber dan Media
1. Buku siswa
2. Koran/majalah
bekas untuk kegiatan pilihan
3. Gambar/video
tentang kegiatan kebersihan
4. Pemutar
lagu (radio, tip, komputer, telepon genggam dengan pengeras suara).
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas I
Rosmiati, S.Pd Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006 NIP. 19650421
198610 2 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment