Home » » TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 3

TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 21 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                          : 1/II
Tema 6                                      : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 1/ Pembelajaran         : Lingkungan Rumahku / 3
Alokasi Waktu                           : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan YME berupa Bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keragaman bahasa daerah
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasi isi sebuah puisi
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
1.1 Membaca puisi tentang rumah yang bersih, rapi, dan sehat
4.1.2 Menceritakan kebiasaan dalam menjaga kesehatan dirumah

b) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.2.1 Mengidentifikasi kebiasaan baik dan tidak baik dalam menjaga kebersihan di rumah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
2.1 Mempraktikkan kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan di rumah

c) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai
3.2 Mengetahui konsep gerak dasar non lokomotor sesuai dengan dimensi anggotatubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.2.1 Mengidentifikasi gerak senam yang diajarkan dengan tepat
4.2 Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang diguna kan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.2.1 Melakukan gerak senam

C. Materi Pembelajaran :
1.      Membaca Puisi Rumahku
2.      Mengetahui Kebiasaan Baik yang Membuat Rumah Bersih dan Sehat
3.      Melakukan Senam Irama

D. Pendekatan :
  1.  Pendekatan   : Scientific
  2.  Strategi          : Kooperative learning
  3. Teknik            : Picture and Picture
  4.  Metode          : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi 

  E. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
o  Siswa mengamati teks puisi yang terdapat pada buku siswa.
o  Siswa mendengarkan guru menjelaskan teks tersebut adalah puisi dan bahwa puisi dibaca dengan cara yang berbeda dari membaca teks biasa.
o  Siswa membaca teks puisi seperti biasa untuk memahami isinya.
o  Siswa menyimak guru mencontohkan membaca puisi dengan gaya dan penghayatan.
o  Siswa berlatih membaca puisi dengan gayanya sendiri.
o  Siswa dapat berlatih berpasangan atau dalam kelompok kecil dan saling memberi masukan kepada temannya.
o  Siswa membaca puisi di depan kelas secara bergantian.
o  Setelah kegiatan membaca puisi di atas, siswa berdiskusi dan menceritakan kebiasaan yang sehat dan yang tidak sehat.
o  Siswa melihat gambar-gambar pada buku siswa. Siswa memberi pendapat tentang gambar-gambar tersebut, apakah termasuk kebiasaan sehat atau tidak. Siswa memberi tanda centang (√) pada gambar kebiasaan sehat dan tanda silang (√) pada gambar kebiasaan yang tidak sehat.
o  Setelah selesai, guru bertanya apakah siswa mengetahui kebiasaan sehat dan tidak sehat lainnya yang mereka dan keluarganya lakukan di rumah.
o  Guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok.
o  Setiap kelompok melakukan diskusi dengan diawali guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin diskusi dan satu siswa untuk mencatat hasil diskusi secara sederhana. Siswa lain memberikan pendapat mereka.
o  Pada akhir diskusi, pemimpin diskusi menyampaikan secara lisan kesimpulan dan ringkasan hasil diskusi.
o  Siswa diingatkan kembali tentang kegiatan membersihkan rumah (menyapu, mengelap jendela, mengepel, mencuci baju dan menjemurnya, menjemur kasur dan menepuk-nepuknya dengan sapu/penebah, menggali selokan, mengubur sampah, dll). Agar lebih baik, gunakan alat bantu gambar/poster/video.
o  Siswa menyimak penjelasan guru yang menyampaikan bahwa bekerja membersihkan rumah dapat sekaligus bermanfaat untuk berolahraga karena menggerakkan anggota tubuh dengan maksimal.
o  Guru mencontohkan beberapa gerakan, misalnya gerakan mengelap jendela yang tinggi dengan berjinjit dan mengulurkan tangan tinggi-tinggi kemudian menggerakkannya ke kanan dan ke kiri, gerakan mencangkul dengan membungkukkan badan dan mengayun tangan, dan lain-lain. Kegiatan diiringi musik.
o  Siswa menirukan gerakan guru secara berkelompok.
o  Lalu setiap kelompok mempraktikkan secara bergiliran.
o  Selesai kegiatan, siswa melakukan refleksi.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

C.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Peduli Lingkungan
Disiplin
Tanggungjawab
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya



2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis ( Lembar kerja di buku siswa )

3. Penilaian Keterampilan
a. Pengamatan diskusi
Lembar Pengamatan Diskusi
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Partisipasi dalam mengemukakan pendapat


2
Partisipasi dalam bertanya


3
Partisipasi dalam menjawab pertanyaan



b. Pengamatan Senam
Lembar Pengamatan Gerakan Senam
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Ketepatan dalam melakukan gerakan senam


2
Antusiasme dalam mengikuti senam


3
Ketertiban dalam mengikuti kegiatan



H. Sumber dan Media
1.      Buku siswa
2.      Koran/majalah bekas untuk kegiatan pilihan
3.      Gambar/video tentang kegiatan kebersihan
4.      Pemutar lagu (radio, tip, komputer, telepon genggam dengan pengeras suara).





Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas I



Rosmiati, S.Pd                                                                  Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006                                            NIP. 19650421 198610 2 001



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 3

MEDIA
TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 3
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors