RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 1/II
Tema 6 :
Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Lingkungan
Rumahku / 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima
anugerah Tuhan YME berupa Bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan
dan sarana belajar di tengah keragaman bahasa daerah
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
4.1
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu
4.1.1 Menulis
cerita bergambar tentang rumahnya
4.4.
Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam
Bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat penyajiandiisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajiantor
4.4.1 Menyajikan
(presentasi) hasil karya berupa cerita bergambar
b) SBdP
1.1 Merasakan
keindahan alam sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.4
Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya
3.4.1 Menentukan
bahan-bahan yang dapat digunakan untuk menghias poster
4.13
Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar
melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel Membuat poster cerita bergambar
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu,
serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
3.2
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.2.1 Mengidentifikasi
operasi pengurangan
4.1
Mengurai sebuah bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada
di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermainIndikator
4.1.1 Mengerjakan
operasi pengurangan dengan menghitung mundur
C. Materi Pembelajaran :
1. Menggambar
dan Menulis Cerita Tentang Rumah
2. Menyelesaikan
Soal
3. Pengurangan
Dua Angka
D. Pendekatan :
1. Pendekatan :
Scientific
2. Strategi : Kooperative learning
3. Teknik : Picture and Picture
4. Metode
: Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
E.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa melihat
kembali gambar-gambar keadaan ruang dan rumah yang bersih dan sehat (gambar
yang sama yang digunakan dalam kegiatan hari-hari sebelumnya).
o
Guru mengajak
siswa untuk membayangkan keadaan rumahnya.
o
Siswa menggambar
secara sederhana keadaan rumahnya (di lembar kosong di buku siswa).
o
Guru membimbing
siswa menggambar, menuliskan ceritanya di bawah gambar, serta memberi judul
yang sesuai dan menarik.
o
Gambar-gambar
setiap siswa ditempel menjadi bentuk poster di selembar kertas besar
(misalnya kertas gambar/manila berukuran A3).
o
Poster dapat
dikreasikan dengan berbagai hiasan, misalnya dengan menambahkan gambar
dekoratif atau menempel dengan barang-barang bekas (manik-manik, biji-bijian,
tutup botol, ranting, dan daun kering) sebagai bingkai.
o
Siswa menyajikan
karyanya di depan kelas dan menempelkan di papan pajangan/dinding kelas.
o
Kemudian guru
meminta siswa mengamati gambar
o
Beni yang sedang
menghitung benda.
o
Siswa
memperhatikan guru yang menghitung pengurangan dengan bantuan pensil warna.
o
Guru memberi
pertanyaan sambil menunjukkan pensil.
o
Ada 15 pensil
namun 5 pensil patah. Berapa pensil yang masih bagus?
o
Siswa
memperhatikan guru meletakkan 15 pensil di meja lalu 5 pensil diambil.
o
Siswa menjawab
pertanyaan guru, berapa pensil yang tersisa?
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru, cara menghitung mundur. Ada 15 pensil akan
diambil 5 pensil.
o
Siswa menghitung
mundur 5 angka sebelum 15: 14, 13,
o
12, 11, 10. Jadi,
jumlah pensil sekarang adalah 10.
o
Siswa berlatih
pengurangan dengan benda-benda lain yang disediakan guru.
o
Siswa mengerjakan
latihan di buku siswa.
o
Kegiatan pilihan:
sebelum memulai kegiatan, guru membacakan buku cerita tentang rumah yang
bersih dan sehat
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
F.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian;
a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
G.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Peduli Lingkungan
|
Disiplin
|
Tanggungjawab
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E. Ket:
F. BT : Belum terlihat
G. MT : Mulai Terlihat
H. MB : Mulai Berkembang
I. SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis (
Lembar kerja di buku siswa )
3. Penilaian
Keterampilan
Observasi
kegiatan menghias poster
Lembar
Pengamatan Menghias Poster
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Kerapian menempel
|
|
|
2
|
Kemampuan menggunting
|
|
|
3
|
Kreativitas
|
|
|
H. Sumber dan Media
1.
Gambar-gambar atau
buku cerita tentang rumah yang bersih, rapi, dan sehat
2.
Kertas manila,
gunting dan lem
3.
Berbagai benda
untuk hiasan poster, misalnya bijibijian, ranting dan daun kering, tutup botol,
dll.
4.
Buku siswa
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas I
Rosmiati, S.Pd Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006 NIP. 19650421
198610 2 001
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment