Home » » TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 4

TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 22 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : 1/II
Tema 6                                       : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Lingkungan Rumahku / 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan YME berupa Bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keragaman bahasa daerah
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
4.1.1 Menulis cerita bergambar tentang rumahnya
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat penyajiandiisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajiantor
4.4.1 Menyajikan (presentasi) hasil karya berupa cerita bergambar

b) SBdP
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya
3.4.1 Menentukan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk menghias poster
4.13 Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel Membuat poster cerita bergambar
 
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.2.1 Mengidentifikasi operasi pengurangan
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermainIndikator
4.1.1 Mengerjakan operasi pengurangan dengan menghitung mundur

C. Materi Pembelajaran :
1.      Menggambar dan Menulis Cerita Tentang Rumah
2.      Menyelesaikan Soal
3.      Pengurangan Dua Angka

D. Pendekatan :
  1.  Pendekatan          : Scientific
  2.  Strategi                 : Kooperative learning
  3. Teknik                   : Picture and Picture
  4.  Metode                 : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi 

  E. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa melihat kembali gambar-gambar keadaan ruang dan rumah yang bersih dan sehat (gambar yang sama yang digunakan dalam kegiatan hari-hari sebelumnya).
o   Guru mengajak siswa untuk membayangkan keadaan rumahnya.
o   Siswa menggambar secara sederhana keadaan rumahnya (di lembar kosong di buku siswa).
o   Guru membimbing siswa menggambar, menuliskan ceritanya di bawah gambar, serta memberi judul yang sesuai dan menarik.
o   Gambar-gambar setiap siswa ditempel menjadi bentuk poster di selembar kertas besar (misalnya kertas gambar/manila berukuran A3).
o   Poster dapat dikreasikan dengan berbagai hiasan, misalnya dengan menambahkan gambar dekoratif atau menempel dengan barang-barang bekas (manik-manik, biji-bijian, tutup botol, ranting, dan daun kering) sebagai bingkai.
o   Siswa menyajikan karyanya di depan kelas dan menempelkan di papan pajangan/dinding kelas.
o   Kemudian guru meminta siswa mengamati gambar
o   Beni yang sedang menghitung benda.
o   Siswa memperhatikan guru yang menghitung pengurangan dengan bantuan pensil warna.
o   Guru memberi pertanyaan sambil menunjukkan pensil.
o   Ada 15 pensil namun 5 pensil patah. Berapa pensil yang masih bagus?
o   Siswa memperhatikan guru meletakkan 15 pensil di meja lalu 5 pensil diambil.
o   Siswa menjawab pertanyaan guru, berapa pensil yang tersisa?
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru, cara menghitung mundur. Ada 15 pensil akan diambil 5 pensil.
o   Siswa menghitung mundur 5 angka sebelum 15: 14, 13,
o   12, 11, 10. Jadi, jumlah pensil sekarang adalah 10.
o   Siswa berlatih pengurangan dengan benda-benda lain yang disediakan guru.
o   Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
o   Kegiatan pilihan: sebelum memulai kegiatan, guru membacakan buku cerita tentang rumah yang bersih dan sehat

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit


F.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

G.    Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Peduli Lingkungan
Disiplin
Tanggungjawab
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































E.     Ket:
F.      BT     : Belum terlihat
G.    MT    : Mulai Terlihat
H.    MB    : Mulai Berkembang
I.       SM    : Sudah Membudaya



2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis ( Lembar kerja di buku siswa )

3. Penilaian Keterampilan
Observasi kegiatan menghias poster
Lembar Pengamatan Menghias Poster
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Kerapian menempel


2
Kemampuan menggunting


3
Kreativitas



H. Sumber dan Media
1.      Gambar-gambar atau buku cerita tentang rumah yang bersih, rapi, dan sehat
2.      Kertas manila, gunting dan lem
3.      Berbagai benda untuk hiasan poster, misalnya bijibijian, ranting dan daun kering, tutup botol, dll.
4.      Buku siswa



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas I



Rosmiati, S.Pd                                                                  Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006                                            NIP. 19650421 198610 2 001








MEDIA



TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 4

TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 4


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors