Home » » TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 5

TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 22 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : 1/II
Tema 6                                        : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Lingkungan Rumahku / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan YME berupa Bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keragaman bahasa daerah
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dengan Bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.2.1 Mengidentifikasi makna kata yang berhubungan dengan kebersihan
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.1.1 Membuat kalimat yang berhubungan dengan kebersihan

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.4 Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
3.4.1 Mengidentifikasi operasi penjumlahan dan pengurangan dalam soal cerita
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari, serta memeriksa kebenarannya
4.3.1 Menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan

C. Materi Pembelajaran :
1.      Menulis Kalimat tentang Kebersihan
2.      Menyelesaikan Soal
3.      Cerita Penjumlahan dan Pengurangan

D. Pendekatan :
  1.  Pendekatan      : Scientific
  2.  Strategi                        : Kooperative learning
  3. Teknik              : Picture and Picture
  4.  Metode                        : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi 

  E. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengingat kata-kata yang telah dipelajari yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan.
o   Siswa diminta memilih satu kata yang akan dibuatkan kalimatnya, misalnya menyapu. Lalu, guru menuliskan kata tersebut di papan tulis.
o   Kegiatan tersebut diulang untuk paling sedikit 5 kata yang dipilih.
o   Setelah itu, siswa berlatih menulis kalimat di buku masing-masing.
o   Setelah itu siswa diingatkan kembali cerita tentang perawatan rumah dan halaman. Dalam membersihkan rumah atau halaman, biasanya kita menemukan hal-hal unik yang tak terpakai.
o   Siswa mengamati buku siswa halaman pembelajaran 5.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa mereka akan menyelesaikan soal cerita matematika.
o   Guru memberi contoh soal seperti yang ada di buku siswa.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara menyelesaikan soal tersebut.
o   Kemudian, guru meminta siswa mengerjakan contoh soal lain di papan tulis.
o   Setelah itu, siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
o   Jika memerlukan, siswa dapat bertanya lebih lanjut kepada guru yang berkeliling kelas untuk mengecek pekerjaan siswa

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit


C.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Peduli Lingkungan
Disiplin
Tanggungjawab
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis ( Lembar kerja di buku siswa )

3. Penilaian Keterampilan
Unjuk kerja menulis
Rubrik penilaian menulis

No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penulisan kata
Semua kata ditulis dengan ejaan yang benar dan
penulisan huruf
sesuai kaidah
yang baku
Semua kata
ditulis dengan
ejaan yang benar, namun penulisan
huruf tidak sesuai dengan kaidah yang baku, atau sebaliknya
Sebagian kata
ditulis dengan
ejaan yang benar dan penulisan
huruf sesuai
kaidah yang baku
Belum mampu
menulis kata
dengan tepat
dan masih
memerlukan
bimbingan guru
2
Kelengkapan kalimat
Semua kalimat
benar dan lengkap
Sebagian besar
lebih jumlah
kalimat benar dan lengkap
Sebagian kecil
kalimat benar dan lengkap
Belum mampu
membuat kalimat
dan masih
memerlukan
bimbingan guru

H. Sumber dan Media
1.      Gambar kegiatan/video dengan adegan kegiatan yang berhubungan dengan menjaga kebersihan dan kesehatan
2.      Kerikil, biji-bijian, kelereng, stik es krim, potongan lidi, batang korek api, karet gelang, kantung plastic Buku siswa




Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas I



Rosmiati, S.Pd                                                                  Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006                                            NIP. 19650421 198610 2 001



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)



MEDIA 
 

TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 1
TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 2
TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 3
TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 4


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors