Home » » TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 6

TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 22 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : 1/II
Tema 6                                        : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Lingkungan Rumahku / 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai
3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.3.1 Mengidentifikasi cara dan aturan bermain bola keranjang
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3.1 Bermain bola keranjang

b) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.2.1 Menyimpulkan menggunakan benda harus sesuai fungsinya untuk menjaga kebersihan
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
4.2.1 Menentukan aturan menggunakan benda
 
c) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan YME berupa Bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keragaman bahasa daerah
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daera
2.1.1 Menjelaskan benda sesuai tema (alat-alat kebersihan)
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.1.1 Meniru tulisan nama benda sesuai tema

C. Materi Pembelajaran :
1.      Bermain Bola Keranjang
2.      Membedakan Cara Menggunakan Alat Kebersihan yang Baik dan Tidak Baik

D. Pendekatan :
  1.  Pendekatan      : Scientific
  2.  Strategi            : Kooperative learning
  3. Teknik              : Picture and Picture
  4.  Metode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi 

  E. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa Lani sedang membersihkan rumah dan menemukan sampah-sampah kertas dari koran dan majalah bekas.
o   Kertas-kertas itu dibuang ke keranjang sampah.
o   Lani mempunyai ide memanfaatkan kertas dan keranjang sampah untuk bermain bola keranjang.
o   Siswa mengumpulkan koran/majalah/kertas bekas.
o   Kertas tersebut diremas-remas sehingga menjadi bola padat seukuran bola tenis/bola kasti. Jika diperlukan, gunakan selotip/lakban untuk memperkuat bola.
o   Buatlah bola sebanyak-banyaknya. Setiap kelompok memerlukan 20 bola.
o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
o   Siswa menyiapkan keranjang/keranjang sampah sejumlah kelompok. Siswa membuat dua garis memanjang berjarak dua meter. Pemain dari setiap kelompok berada di sepanjang garis pertama, dan keranjang sampah diletakkan berjajar di garis kedua.
o   Setiap kelompok yang mendapat giliran berlomba melempar bola sebanyak mungkin bola ke dalam keranjang selama waktu yang ditentukan. Kelompok yang berhasil memasukkan bola paling banyak mendapat poin untuk kelompoknya. Ulangi permainan hingga semua siswa mendapat giliran. Kelompok dengan poin terbanyak menjadi pemenang.
o   Setelah bermain lempar bola siswa diminta mengamati gambar-gambar atau benda yang disediakan. Guru menanyakan apakah mereka tahu nama benda-benda tersebut.
o   Siswa mendengarkan pengarahan guru untuk menjelaskan/mendeskripsikan setiap benda. Guru memberi pertanyaan pancingan, misalnya apa bentuknya? Terbuat dari bahan apa? Apa gunanya?
o   Bagaimana tekstur permukaannya? (hati-hati dengan benda tajam).
o   Siswa mendeskripsikan suatu benda dengan kata-kata yang mereka peroleh dari kegiatann nomor 2, misalnya
o   Sapu ijuk ini tangkainya panjang. Tangkainya dari kayu, bagian bawahnya dari ijuk. Ijuknya terasa kaku jika diraba. Gunanya untuk menyapu.
o   Semua siswa mencoba mendeskripsikan benda-benda tersebut.
o   Siswa berlatih menulis nama benda tersebut.
o   Setelah selesai mengerjakan latihan, siswa diminta untuk menyebutkan contoh cara menggunakan benda yang tidak tepat (misalnya sapu dipakai sebagai pedang dalam bermain perang-perangan). Baik atau tidak melakukan hal itu? Mengapa?
o   Siswa berdiskusi tentang cara menggunakan alat-alat kebersihan dan cara yang tidak baik.
o   Siswa mengerjakan latihan di buku siswa dan memasangkan gambar alat kebersihan dengan gambar fungsinya.
o   Kegiatan diakhiri dengan menyimpulkan kembali bahwa menggunakan benda sebaiknya sesuai dengan fungsinya agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain

Kegiatan alternatif:
         Untuk melatih pemahaman siswa tentang konsep lambang bilangan dan nama bilangan, guru menyediakan berbagai benda berukuran kecil untuk berlatih, misalnya potongan lidi, batang korek api, kelereng, kerikil, tutup botol, dan lain-lain. Siswa dapat berlatih mandiri dengan mengambil sejumlah benda, menghitung jumlahnya serta menuliskan lambang dan nama bilangannya di buku siswa.
         Guru menyediakan kartu angka (1-60) untuk dibaca/dihafal siswa setiap hari.

Remedial:
o   Guru mengulang konsep tentang menghitung mundur bagi siswa yang belum memahaminya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit


C.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Peduli Lingkungan
Disiplin
Tanggungjawab
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis ( Lembar kerja di buku siswa )

3. Penilaian Keterampilan
Observasi kegiatan bermain bola keranjang
Lembar Pengamatan Permainan Bola Keranjang
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Ketepatan melempar bola ke keranjang


2
Kerjasama dalam kelompok


3
Ketertiban dalam mengikuti kegiatan



H. Sumber dan Media
1.      Buku siswa
2.      Koran/majalah/kertas bekas
3.      Selotip/lakban
4.      Keranjang sampah/ember
5.      Berbagai macam benda atau gambar alat-alat kebersihan, misalnya sapu ijuk, sapu lidi, penebah, sikat lantai, lap pel, ember, cangkul, sabit, gunting tanaman, kemoceng (bulu ayam)



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas I



Rosmiati, S.Pd                                                                  Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006                                            NIP. 19650421 198610 2 001



 LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)




MEDIA
TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 6


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors