RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 1/II
Tema 6 :
Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Lingkungan
Rumahku / 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang
tidak ternilai
3.3
Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.3.1 Mengidentifikasi
cara dan aturan bermain bola keranjang
4.3
Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3.1 Bermain bola keranjang
b) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah
3.2.1 Menyimpulkan
menggunakan benda harus sesuai fungsinya untuk menjaga kebersihan
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
4.2.1 Menentukan
aturan menggunakan benda
c) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima
anugerah Tuhan YME berupa Bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keragaman bahasa daerah
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daera
2.1.1 Menjelaskan benda sesuai tema (alat-alat
kebersihan)
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang
anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.1.1 Meniru tulisan nama benda sesuai tema
C. Materi Pembelajaran :
1. Bermain Bola Keranjang
2. Membedakan Cara Menggunakan Alat Kebersihan yang Baik
dan Tidak Baik
D. Pendekatan :
1.
Pendekatan : Scientific
2. Strategi
: Kooperative learning
3. Teknik :
Picture
and Picture
4. Metode : Ceramah,
tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi
E.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru bahwa Lani sedang membersihkan rumah dan
menemukan sampah-sampah kertas dari koran dan majalah bekas.
o
Kertas-kertas itu
dibuang ke keranjang sampah.
o
Lani mempunyai
ide memanfaatkan kertas dan keranjang sampah untuk bermain bola keranjang.
o
Siswa
mengumpulkan koran/majalah/kertas bekas.
o
Kertas tersebut
diremas-remas sehingga menjadi bola padat seukuran bola tenis/bola kasti.
Jika diperlukan, gunakan selotip/lakban untuk memperkuat bola.
o
Buatlah bola
sebanyak-banyaknya. Setiap kelompok memerlukan 20 bola.
o
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok.
o
Siswa menyiapkan
keranjang/keranjang sampah sejumlah kelompok. Siswa membuat dua garis memanjang
berjarak dua meter. Pemain dari setiap kelompok berada di sepanjang garis
pertama, dan keranjang sampah diletakkan berjajar di garis kedua.
o
Setiap kelompok
yang mendapat giliran berlomba melempar bola sebanyak mungkin bola ke dalam keranjang
selama waktu yang ditentukan. Kelompok yang berhasil memasukkan bola paling
banyak mendapat poin untuk kelompoknya. Ulangi permainan hingga semua siswa mendapat
giliran. Kelompok dengan poin terbanyak menjadi pemenang.
o
Setelah bermain
lempar bola siswa diminta mengamati gambar-gambar atau benda yang disediakan.
Guru menanyakan apakah mereka tahu nama benda-benda tersebut.
o
Siswa
mendengarkan pengarahan guru untuk menjelaskan/mendeskripsikan setiap benda.
Guru memberi pertanyaan pancingan, misalnya apa bentuknya? Terbuat dari bahan
apa? Apa gunanya?
o
Bagaimana tekstur
permukaannya? (hati-hati dengan benda tajam).
o
Siswa
mendeskripsikan suatu benda dengan kata-kata yang mereka peroleh dari
kegiatann nomor 2, misalnya
o
Sapu ijuk ini
tangkainya panjang. Tangkainya dari kayu, bagian bawahnya dari ijuk. Ijuknya
terasa kaku jika diraba. Gunanya untuk menyapu.
o
Semua siswa
mencoba mendeskripsikan benda-benda tersebut.
o
Siswa berlatih
menulis nama benda tersebut.
o
Setelah selesai
mengerjakan latihan, siswa diminta untuk menyebutkan contoh cara menggunakan
benda yang tidak tepat (misalnya sapu dipakai sebagai pedang dalam bermain
perang-perangan). Baik atau tidak melakukan hal itu? Mengapa?
o
Siswa berdiskusi
tentang cara menggunakan alat-alat kebersihan dan cara yang tidak baik.
o
Siswa mengerjakan
latihan di buku siswa dan memasangkan gambar alat kebersihan dengan gambar fungsinya.
o
Kegiatan diakhiri
dengan menyimpulkan kembali bahwa menggunakan benda sebaiknya sesuai dengan fungsinya
agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain
Kegiatan alternatif:
•
Untuk melatih
pemahaman siswa tentang konsep lambang bilangan dan nama bilangan, guru
menyediakan berbagai benda berukuran kecil untuk berlatih, misalnya potongan
lidi, batang korek api, kelereng, kerikil, tutup botol, dan lain-lain. Siswa dapat
berlatih mandiri dengan mengambil sejumlah benda, menghitung jumlahnya serta
menuliskan lambang dan nama bilangannya di buku siswa.
•
Guru menyediakan
kartu angka (1-60) untuk dibaca/dihafal siswa setiap hari.
Remedial:
o
Guru mengulang
konsep tentang menghitung mundur bagi siswa yang belum memahaminya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
C.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Peduli Lingkungan
|
Disiplin
|
Tanggungjawab
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis (
Lembar kerja di buku siswa )
3. Penilaian
Keterampilan
Observasi kegiatan
bermain bola keranjang
Lembar Pengamatan
Permainan Bola Keranjang
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Ketepatan melempar bola ke keranjang
|
|
|
2
|
Kerjasama dalam kelompok
|
|
|
3
|
Ketertiban
dalam mengikuti kegiatan
|
|
|
H. Sumber dan Media
1. Buku siswa
2. Koran/majalah/kertas
bekas
3. Selotip/lakban
4. Keranjang
sampah/ember
5. Berbagai
macam benda atau gambar alat-alat kebersihan, misalnya sapu ijuk, sapu lidi,
penebah, sikat lantai, lap pel, ember, cangkul, sabit, gunting tanaman, kemoceng
(bulu ayam)
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas I
Rosmiati, S.Pd Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006 NIP. 19650421
198610 2 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment