RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 6 :
Indahnya Negeriku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber
daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi,
energi, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki
kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menceritakan
kembali menggunakan kata-kata sendiri informasi yang digali dari berita
petualangan
4.4 Menyajikan teks
cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam
teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Membuat
kalimat menggunakan kosa kata baku
b) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad
raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hatihati; bertanggung Jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud
implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun
berkelompok
3.7 Mendeskrpisikan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Membedakan
hewan langka dan tidak langka
4.6 Menyajikan
laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6.1 Menyimpulkan
laporan berita perburuan hewan langka
c) PPKn
1.1 Menghargai kebhinnekatunggalikaan
dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah
dan masyarakat sekitar
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan
perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan masyarakat
sekitar
2.3 Menunjukkan
perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.7 Menentukan
operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
3.7.1 Menjelaskan
operasi penjumlahan bilangan desimal dan persen
3.7.2 Menjelaskan
operasi pengurangan bilangan decimal dan persen
4.2 Menyatakan pecahan
ke bentuk desimal dan persen
4.2.1 Mengoperasikan
penjumlahan bilangan desimal dan persen
4.2.2 Mengoperasikan
pengurangan bilangan desimal dan persen
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Mengenal keanekaragaman hewan langka Indonesia
2. Menceritakan kembali teks petualangan
3. Menyelesaikan masalah berdasarkan data
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati gambar yang terdiri dari hewan langka
dan tidak langka.
o
Siswa membuat pertanyaan yang mereka anggap penting
berdasarkan gambar tersebut.
o
Siswa saling mempertukarkan pertanyaan tersebut
dengan pasangan yang telah ditentukan oleh guru.
o
Siswa mendiskusikan Jawaban atas pertanyaan yang
telah mereka tulis dengan pasangan masing-masing.
o
Ketika siswa berdiskusi, guru berkeliling mengamati.
Guru membuat catatan penting tentang interaksi dan partisipasi siswa. Guru
memberikan perhatian khusus kepada siswa yang kurang aktif dalam berdiskusi dan
memberikan motivasi.
o
Siswa mengelompokkan hewan tersebut berdasarkan
langka atau tidak langka pada tabel yang telah disediakan dengan penjelasan
dan panduan guru.
o
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku
siswa.
o
Siswa membaca teks Perburuan Liar Ancam Macan
Tutul di Ujung Kulon.
o
Setelah membaca teks, siswa menjawab pertanyaan yang
terdapat dalam buku siswa.
o
Siswa menceritakan kembali teks petualangan
menggunakan kata-kata sendiri.
o
Siswa memilih 10 kosakata baru yang belum mereka
pahami artinya.
o
Siswa mencari arti kosakata baru tersebut di kamus
dan menuliskan pada lembar yang telah disediakan
o
Siswa membuat 4 kalimat menggunakan kosakata baru
tersebut.
o
Dengan panduan guru, siswa menelaah tabel yang
berisikan data tentang lama waktu tidur hewan.
o
Siswa mendiskusikan data yang mereka telaah dalam
kelompok.
o
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku
siswa.
o
Siswa mempertukarkan jawaban dengan pasangan.
o
Siswa menjelaskan cara mereka menjawab pertanyaan
dengan pasangan.
o
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (3 hal yang mereka pelajari pada
hari tersebut, bagian yang sudah mereka pahami dengan baik, bagian yang belum
dipahami, serta hal apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut).
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150, Buku Guru.
Pengayaan:
o
Siswa membuat
soal sendiri tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan persen dan desimal.
Remedial
o
(Kegiatan
remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o
Siswa yang belum
tuntas dalam memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal dan
persen (mengerjakan dengan benar 50% atau kurang dari soal yang diberikan)
akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan bantuan
media dan kartu permainan bilangan desimal dan persen. Remedial dilaksanakan selama
30 menit setelah jam sekolah.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1. IPA
dinilai dengan daftar periksa
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Siswa
mampu menuliskan 5 contoh hewan tidak langka
|
|
|
2
|
Siswa
mampu menuliskan 5 contoh hewan langka
|
|
|
3
|
Siswa
mampu menuliskan perbedaan hewan langka dan hewan tidak
langka
|
|
|
4
|
Siswa mampu menyimpulkan tentang penyebab
kelangkaan hewan
|
|
|
2. Bahasa
Indonesia dinilai dengan:
a) Rubrik
Menceritakan
kembali teks petualangan dinilai dengan rubric
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Struktur Cerita
|
Memuat awal,
pertengahan, dan akhir cerita
yang ditulis dengan lengkap
|
Memuat
awal,
pertengahan,
dan akhir
cerita,
namun kurang
lengkap
|
Cerita
tidak memuat dua aspek (awal, pertengahan, atau akhir)
|
Latar Cerita
|
Memuat latar (setting) dalam cerita yang ditulis
secara detail
|
Memuat latar (setting)
cerita, namun kurang
detail
|
sebagian memuat latar (setting) dalam cerita yang
kurang detail
|
Tokoh Cerita
|
Memuat nama tokoh
dengan lengkap
|
Memuat
nama tokoh,
namun kurang lengkap
|
sebagian memuat tokoh cerita
|
Keruntutan
|
Seluruh kalimat runtut
|
Terdapat 1-2
kalimat
yang tidak runtut
|
Terdapat 3 atau lebih kalimat yang tidak runtut
|
b) Daftar periksa
Memilih
dan memilah kosakata baku dinilai dengan daftar periksa
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Siswa mampu memilih dan memilah 10 kosa kata baku
dari teks cerita petualangan
|
|
|
Siswa
mampu menemukan dan menuliskan arti kosakata baku berdasarkan
Kamus Besar Bahasa Indonesia
|
|
|
Siswa mampu menuliskan 5 kosakata baku tersebut
dalam kalimat yang runtut.
|
|
|
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar Gambar hewan
langka dan tidak langka
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
Jawab pertanyaan
berikut berdasarkan teks.
1.
Apa gagasan utama
dari cerita dan berita di atas?
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
2.
Apa saja yang kamu
ketahui tentang macan tutul?
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
3.
Mengapa pemburu
memburu macan tutul?
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
4.
Apa yang dilakukan
oleh aparat untuk mencegah perburuan liar?
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
5.
Jika kamu bekerja
di Taman Nasional Ujung Kulon, apa yang akan kamu lakukan untuk mencegah
perburuan liar?
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
6.
Ceritakan kembali
menggunakan kata-kata sendiri bacaan di atas!
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
MEDIA
Orang Utan |
Merak Jawa |
Harimau Sumatera |
Komodo |
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment