Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 1

TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 22 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 4/II
Tema 6                                  : Indahnya Negeriku
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan/ 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menceritakan kembali menggunakan kata-kata sendiri informasi yang digali dari berita petualangan
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Membuat kalimat menggunakan kosa kata baku

b) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung Jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7 Mendeskrpisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Membedakan hewan langka dan tidak langka
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6.1 Menyimpulkan laporan berita perburuan hewan langka

c) PPKn
1.1 Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.7 Menentukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
3.7.1 Menjelaskan operasi penjumlahan bilangan desimal dan persen
3.7.2 Menjelaskan operasi pengurangan bilangan decimal dan persen
4.2 Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen
4.2.1 Mengoperasikan penjumlahan bilangan desimal dan persen
4.2.2 Mengoperasikan pengurangan bilangan desimal dan persen

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengenal keanekaragaman hewan langka Indonesia
2.      Menceritakan kembali teks petualangan
3.      Menyelesaikan masalah berdasarkan data
 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar yang terdiri dari hewan langka dan tidak langka.
o   Siswa membuat pertanyaan yang mereka anggap penting berdasarkan gambar tersebut.
o   Siswa saling mempertukarkan pertanyaan tersebut dengan pasangan yang telah ditentukan oleh guru.
o   Siswa mendiskusikan Jawaban atas pertanyaan yang telah mereka tulis dengan pasangan masing-masing.
o   Ketika siswa berdiskusi, guru berkeliling mengamati. Guru membuat catatan penting tentang interaksi dan partisipasi siswa. Guru memberikan perhatian khusus kepada siswa yang kurang aktif dalam berdiskusi dan memberikan motivasi.
o   Siswa mengelompokkan hewan tersebut berdasarkan langka atau tidak langka pada tabel yang telah disediakan dengan penjelasan dan panduan guru.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa membaca teks Perburuan Liar Ancam Macan Tutul di Ujung Kulon.
o   Setelah membaca teks, siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa menceritakan kembali teks petualangan menggunakan kata-kata sendiri.
o   Siswa memilih 10 kosakata baru yang belum mereka pahami artinya.
o   Siswa mencari arti kosakata baru tersebut di kamus dan menuliskan pada lembar yang telah disediakan
o   Siswa membuat 4 kalimat menggunakan kosakata baru tersebut.
o   Dengan panduan guru, siswa menelaah tabel yang berisikan data tentang lama waktu tidur hewan.
o   Siswa mendiskusikan data yang mereka telaah dalam kelompok.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa mempertukarkan jawaban dengan pasangan.
o   Siswa menjelaskan cara mereka menjawab pertanyaan dengan pasangan.
  • Ketika siswa mengerjakan soal, guru mengamati siswa dengan berkeliling dari satu kelompok
  •  ke kelompok lain. Guru memperhatikan siswa yang masih kesulitan dalam mengerjakan
  •  soal dan memberikan dukungan agar siswa tersebut dapat memahami konsep dan mampu
  • mengerjakan soal yang diberikan. Selain itu, guru juga perlu memperhatikan siswa yang
  • memiliki kemampuan baik dan dapat menyelesaikan tugas lebih awal. Guru memberikan soal tambahan yang lebih menantang.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (3 hal yang mereka pelajari pada hari tersebut, bagian yang sudah mereka pahami dengan baik, bagian yang belum dipahami, serta hal apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut).
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150, Buku Guru.

Pengayaan:
o   Siswa membuat soal sendiri tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan persen dan desimal.

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal dan persen (mengerjakan dengan benar 50% atau kurang dari soal yang diberikan) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan bantuan media dan kartu permainan bilangan desimal dan persen. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

1. IPA dinilai dengan daftar periksa
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menuliskan 5 contoh hewan tidak langka


2
Siswa mampu menuliskan 5 contoh hewan langka


3
Siswa mampu menuliskan perbedaan hewan langka dan hewan tidak
langka


4
Siswa mampu menyimpulkan tentang penyebab kelangkaan hewan



2. Bahasa Indonesia dinilai dengan:
a) Rubrik
Menceritakan kembali teks petualangan dinilai dengan rubric
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Struktur Cerita
Memuat awal,
pertengahan, dan akhir cerita yang ditulis dengan lengkap

Memuat awal,
pertengahan, dan akhir
cerita, namun kurang
lengkap
Cerita tidak memuat dua aspek (awal, pertengahan, atau akhir)

Latar Cerita
Memuat latar (setting) dalam cerita yang ditulis
secara detail

Memuat latar (setting)
cerita, namun kurang
detail
sebagian memuat latar (setting) dalam cerita yang kurang detail
Tokoh Cerita
Memuat nama tokoh
dengan lengkap

Memuat nama tokoh,
namun kurang lengkap
sebagian memuat tokoh cerita
Keruntutan
Seluruh kalimat runtut
Terdapat 1-2 kalimat
yang tidak runtut
Terdapat 3 atau lebih kalimat yang tidak runtut

b) Daftar periksa
Memilih dan memilah kosakata baku dinilai dengan daftar periksa
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
Siswa mampu memilih dan memilah 10 kosa kata baku dari teks cerita petualangan



Siswa mampu menemukan dan menuliskan arti kosakata baku berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia



Siswa mampu menuliskan 5 kosakata baku tersebut dalam kalimat yang runtut.




                         
F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar Gambar hewan langka dan tidak langka



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004







LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
 

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.

1.        Apa gagasan utama dari cerita dan berita di atas?
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………

2.        Apa saja yang kamu ketahui tentang macan tutul?

………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………………………………

3.        Mengapa pemburu memburu macan tutul?

………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………………………………

4.        Apa yang dilakukan oleh aparat untuk mencegah perburuan liar?

………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………………………………

5.        Jika kamu bekerja di Taman Nasional Ujung Kulon, apa yang akan kamu lakukan untuk mencegah perburuan liar?


………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………………………………

6.        Ceritakan kembali menggunakan kata-kata sendiri bacaan di atas!

………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………………………………

 MEDIA

TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 1
Orang Utan

TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 1
Merak Jawa

TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 1
Harimau Sumatera

TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 1
Komodo
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors