Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 2

TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 22 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 6                                   : Indahnya Negeriku
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan/ 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.6 Disiplin dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotorr dan nonlokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari melalui permainan dan atau olahraga tradisional
3.3.1 Mengenal kombinasi gerak dasar lokomotor jalan cepat dan lari melalui permainan tentang lingkungan hidup
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau olahraga tradisional
4.1.1 Mempraktikkan kombinasi gerakdasar lokomotor jalan cepat dan  lari melalui permainan tentang lingkungan hidup

b) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menemukan informasi penting dalam teks petualangan
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menuliskan pengalaman melalui cerita petualangan

c) PPKn
1.1 Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga sehubungan dengan pemanfaatan sumber daya alam
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Menemukan contoh pelaksanaan kewajiban sebagai warga terhadap lingkungan

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
·         Menuliskan pengalaman berpetualang
·         Menjelaskan kewajiban terhadap lingkungan
·         Melakukan permainan pemburu dan hewan langka
 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyampaikan bahwa hutan adalah tempat tinggal bagi berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Jika pohon-pohon di hutan ditebang, akan mengganggu kenyamanan hewan yang ada di sana. Selain itu, kehidupan mereka juga terancam oleh para pemburu liar. Saat ini semakin banyak hewan dan tumbuhan yang langka dikarenakan pembalakan dan perburuan liar.
o   Guru menyampaikan kepada siswa bahwa sesaat lagi mereka akan melakukan permainan “Pemburu dan Badak Jawa”.
o   Dengan panduan guru, siswa berkumpul di halaman sekolah.
o   Siswa mendengarkan penjelasan dan instruksi guru tentang permainan “Pemburu dan Badak Jawa”.
o   Secara berkelompok siswa melakukan permainan.
o   Melalui permainan ini diharapkan tumbuh kesadaran tentang pentingya menjaga dan menghargai lingkungan, khususnya Badak Jawa sebagai salah satu hewan langka di Indonesia.
o   Keterampilan yang diperlukan untuk permainan ini adalah lari cepat (Sprint).

Berikut adalah informasi yang perlu diketahui oleh guru.
SPRINT (LARI CEPAT)
Pengertian Sprint atau lari cepat
o   Sprint atau lari cepat merupakan salah satu nomor lomba dalam cabang olahraga atletik. Sprint atau lari cepat merupakan perlombaan lari di mana peserta berlari dengan kecepatan maksimal sejak start sampai finish sepanjang jarak yang ditempuh.

Pembelajaran lari
Bentuk-bentuk pembelajaran lari.
o   Bentuk-bentuk pembelajaran teknik dasar lari jarak pendek antara lain sebagai berikut.

Permainan sederhana, pemburu dan badak Jawa
o   Siswa membuat lingkaran besar dengan berpegangan tangan.
o   Guru menunjuk 2 orang siswa untuk menjadi si
o   Pemburu dan si badak Jawa
o   Cara mainnya, badak Jawa harus lari jangan sampai tertangkap oleh pemburu
o   Jika badak Jawa ingin menyelamatkan diri, badak Jawa harus menepuk punggung teman yang lain yang membuat lingkaran.
o   Bagi teman yang ditepuk, dia ganti menjadi badak Jawa.
o   Jika badak tertangkap oleh pemburu, maka siswa yang menjadi badak Jawa ganti menjadi pemburu, begitu juga sebaliknya. pemburu ganti menjadi badak Jawa.
o   Begitu seterusnya sampai semua siswa merasakan menjadi pemburu dan badak Jawa.

 Lomba lari berkelompok
o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang sama banyak Guru membuat lintasan lari dengan jarak 8-10 meter, di garis finish ditaruh patok sebagai penanda.
o   Semua anggota tim berdiri di belakang garis start
o   Pada isyarat tertentu anggota pertama dari setiap tim lari menuju patok, kemudian berputar pada patok itu dan kembali menuju garis start tempat anggota tim berikutnya berdiri.
o   Begitu seterusnya sampai semua anggota tim melakukan hal serupa.

Lomba lari mengambil bola
o   Siswa bersiap di garis start
o   Guru membuat lintasan lari dengan jarak 20 meter, pada garis finish ditaruh bola sebagai penanda.
o   Setelah ada aba-aba “ya”, berlari menuju ke arah bola dan mengambilnya
o   Siswa yang paling awal menyentuh bola dinyatakan pemenang.
o   Setelah selesai melakukan permainan, siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru: Apa yang kamu pelajari dari kegiatan ini? Apa manfaatnya bagi kamu? Nilai-nilai apa saja bisa diteladani? Apa yang akan kamu lakukan selanjutnya?
o   Guru menyampaikan informasi kepada siswa:
o   Badak Jawa atau Badak Bercula Satu adalah salah satu spesies satwa terlangka di dunia.
o   Binatang ini hanya bisa dijumpai di Taman Nasional Ujung Kulon (Banten). Badak Jawa juga merupakan spesies badak yang paling langka di antara lima spesies badak yang ada di dunia dan masuk dalam Daftar Merah badan konservasi dunia, yaitu dalam kategori terancam punah. Populasi badak ini sekitar 35 hingga 45 ekor saja (hasil sensus Badak 2011).
o   Guru menyampaikan bahwa selain keanekaragaman hewan, Tuhan juga menganugerahkan kepada bangsa Indonesia tumbuhan yang beraneka ragam dengan berbagai keindahannya. Salah satunya adalah keindahan anggrek Indonesia yang terkenal sampai ke mancanegara.
o   Siswa mengamati gambar dan membaca kisah petualangan tentang Pesona Kecantikan Anggrek Indonesia
o   Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar dan teks.
o   Siswa saling menukar pertanyaan yang mereka buat dan menjawab pertanyaan tersebut sesuai pengalaman dan pengetahuan yang mereka miliki.
o   Siswa menuliskan informasi penting dari teks yang mereka baca pada bagan yang terdapat di buku siswa.
o   Siswa menukar j awaban dengan pasangan.
o   Siswa menjelaskan mengapa informasi yang mereka tulis adalah penting.
o   Siswa saling memberikan komentar atas hasil pekerjaan yang mereka buat.
o   Guru mengamati proses diskusi dengan berkeliling dari satu kelompok ke kelompok lainnya.
o   Guru membuat catatan tentang apa yang diamati. Selain itu, guru juga memberikan motivasi kepada siswa agar terlibat secara aktif dalam diskusi Siswa menceritakan kembali secara ringkas, runtut, dan menggunakan katakata sendiri teks yang telah mereka baca pada bagan yang telah disediakan di buku siswa.
o   Siswa menuliskan keindahan yang mereka temukan pada anggrek Indonesia
o   Siswa menulis cerita petualangan berdasarkan pengalaman sendiri tentang keindahan tumbuhan.
o   Siswa membaca sebuah teks dari surat kabar
o   Siswa menjawab petanyaan yang terdapat dalam buku siswa (Apa yang menyebabkan semakin langkanya anggrek di Indonesia? Apa kaitan antara hak dan kewajiban sebagai warga? Apa yang harus dilakukan agar kelestarian anggrek tetap terjaga? Nilai-nilai apa yang dipelajari dari teks tersebut? Apa kesimpulan dari teks?)
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (Sebutkan 3 hal yang kamu pelajari hari ini, Hal apa yang menurutmu menarik dari kegiatan hari ini? Apa manfaat yang kamu peroleh dari pelajaran hari ini? Nilai-nilai luhur apa yang kamu pelajari? Hal apa lagi yang ingin kamu ketahui lebih lanjut? Apa langkah-langkah yang akan kamu lakukan untuk mengetahuinya?)
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150, Buku Guru.

Pengayaan
o   Siswa dapat mencari informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, majalah, surat kabar, ensiklopedia, internet, dan melalui wawancara langsung tentang tumbuhan langka
o   yang ada di Indonesia)

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o   Siswa yang belum dapat menulis cerita secara runtut dan detail akan diberikan kegiatan tambahan selama 30 menit setelah pulang sekolah. Guru akan melatih siswa mendeskripsikan benda konkret sesuai dengan tema yang sedang dibahas. Selain itu, guru juga memberi penguatan kepada siswa tentang bagaimana menulis secara runtut.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
1. PJOK dinilai dengan rubrik.
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
1. Melakukan gerak dasar lari
·    Kaki melangkah lebar dan secepat mungkin
·    Lengan diayunkan secara bergantian dan konsisten
·    Sikap posisi badan agak condong ke depan
Jika siswa mampu
melakukan dua kriteria
dengan benar
Jika siswa
mampu
melakukan dual
kriteria dengan
tidak benar

2. PJOK dinilai dengan rubrik.
Kriteria
Sangat Baik
(3)
Cukup
(2)
Berlatih Lagi
(1)
Mendengarkan
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara dengan
penuh perhatian
Mendengarkan teman
yang berbicara namun
sesekali masih perlu
diingatkan.

Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
Komunikasi
non-verbal
(kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara)
Merespon dan
Menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.
Merespon dengan
tepat terhadap
komunikasi nonverbal
yang ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi nonverbal yang ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran) (menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
Berbicara dan menerangkan
secara
rinci, merespon
sesuai dengan
topik.
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung.

3. Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik.
Kriteria
1
2
3
Struktur Cerita
Memuat awal, pertengahan,
dan akhir cerita yang ditulis dengan lengkap
Memuat awal,
pertengahan, dan
akhir cerita, namun
kurang lengkap

Cerita tidak memuat
salah satu aspek
(awal, pertengahan,
atau akhir)
Latar Cerita
Memuat latar (setting) dalam cerita yang ditulis secara detail
Memuat latar
(setting) cerita,
namun kurang detail

Tidak memuat latar
(setting) dalam cerita
Tokoh Cerita
Memuat nama tokoh dengan lengkap
Memuat nama tokoh, namun kurang lengkap
Tidak memuat tokoh cerita
Keruntutan
Seluruh kalimat runtut
Terdapat 1-2 kalimat
yang tidak runtut
Terdapat 3 atau lebih kalimat yang tidak runtut
4. PPKn dinilai dengan daftar periksa
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
Siswa mampu menuliskan kaitan antara hak dan kewajiban dengan kelangkaan anggrek


Siswa mampu menuliskan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh warga untuk melestarikan anggrek


Siswa mampu menyimpulkan teks dengan bahasa yang baku dan runtut



5. Penilaian sikap (disiplin).
(Contoh terlampir di halaman 151 Buku Guru).
                         
F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004







Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Baca teks tentang anggrek yang terdapat pada bukumu! Tulis informasi penting yang kamu temukan. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut: 

1.      Apa yang menyebabkan semakin langkanya anggrek di Indonesia?
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………  





2.      Apa kaitan antara hak dan kewajiban sebagai warga dengan kelangkaan anggrek?
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………


3.      Sebagai warga negara yang baik, apa kewajiban yang harus kita laksanakan agar kelestarian anggrek tetap terjaga?
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………


4.      Sehubungan dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara, apa kesimpulanmu tentang teks di atas?
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………



MEDIA
TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 2
Anggrek Ini hidup menempel di dinding

TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 2
Anggrek ini selalu menunduk

TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 2
Spathoglottis

TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 2
Jenis Anggrek tanah hidup menempel di bebatuan

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors