RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 6 :
Indahnya Negeriku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada
sang Pencipta.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.6 Disiplin dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik
3.3 Memahami konsep
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotorr dan nonlokomotor untuk
membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari melalui permainan dan atau
olahraga tradisional
3.3.1 Mengenal kombinasi gerak dasar lokomotor jalan cepat dan lari
melalui permainan tentang lingkungan hidup
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor untuk membentuk gerakan
dasar atletik jalan cepat dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui
permainan dan atau olahraga tradisional
4.1.1 Mempraktikkan kombinasi gerakdasar lokomotor jalan cepat dan lari melalui permainan tentang lingkungan
hidup
b) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber
daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi,
energi, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki
kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menemukan
informasi penting dalam teks petualangan
4.4 Menyajikan teks
cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam
teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menuliskan
pengalaman melalui cerita petualangan
c) PPKn
1.1 Menghargai kebhinnekatunggalikaan
dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan
masyarakat sekitar
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan
perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan masyarakat
sekitar
2.3 Menunjukkan
perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak
dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Menjelaskan
hak dan kewajiban sebagai warga sehubungan dengan pemanfaatan sumber daya alam
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Menemukan
contoh pelaksanaan kewajiban sebagai warga terhadap lingkungan
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
·
Menuliskan
pengalaman berpetualang
·
Menjelaskan
kewajiban terhadap lingkungan
·
Melakukan
permainan pemburu dan hewan langka
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru menyampaikan bahwa hutan adalah tempat tinggal
bagi berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Jika pohon-pohon di hutan ditebang,
akan mengganggu kenyamanan hewan yang ada di sana. Selain itu, kehidupan mereka
juga terancam oleh para pemburu liar. Saat ini semakin banyak hewan dan
tumbuhan yang langka dikarenakan pembalakan dan perburuan liar.
o
Guru menyampaikan kepada siswa bahwa sesaat lagi
mereka akan melakukan permainan “Pemburu dan Badak Jawa”.
o
Dengan panduan guru, siswa berkumpul di halaman
sekolah.
o
Siswa mendengarkan penjelasan dan instruksi guru
tentang permainan “Pemburu dan Badak Jawa”.
o
Secara berkelompok siswa melakukan permainan.
o
Melalui permainan ini diharapkan tumbuh kesadaran
tentang pentingya menjaga dan menghargai lingkungan, khususnya Badak Jawa
sebagai salah satu hewan langka di Indonesia.
o
Keterampilan yang diperlukan untuk permainan ini
adalah lari cepat (Sprint).
Berikut adalah informasi yang perlu diketahui oleh
guru.
SPRINT (LARI CEPAT)
Pengertian Sprint
atau lari cepat
o
Sprint atau lari cepat merupakan salah satu nomor lomba
dalam cabang olahraga atletik. Sprint atau lari cepat merupakan
perlombaan lari di mana peserta berlari dengan kecepatan maksimal sejak start
sampai finish sepanjang jarak yang ditempuh.
Pembelajaran lari
Bentuk-bentuk
pembelajaran lari.
o
Bentuk-bentuk
pembelajaran teknik dasar lari jarak pendek antara lain sebagai berikut.
Permainan
sederhana, pemburu dan badak Jawa
o
Siswa membuat
lingkaran besar dengan berpegangan tangan.
o
Guru menunjuk 2
orang siswa untuk menjadi si
o
Pemburu dan si
badak Jawa
o
Cara mainnya,
badak Jawa harus lari jangan sampai tertangkap oleh pemburu
o
Jika badak Jawa
ingin menyelamatkan diri, badak Jawa harus menepuk punggung teman yang lain
yang membuat lingkaran.
o
Bagi teman yang
ditepuk, dia ganti menjadi badak Jawa.
o
Jika badak
tertangkap oleh pemburu, maka siswa yang menjadi badak Jawa ganti menjadi
pemburu, begitu juga sebaliknya. pemburu ganti menjadi badak Jawa.
o
Begitu seterusnya
sampai semua siswa merasakan menjadi pemburu dan badak Jawa.
Lomba lari
berkelompok
o
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok yang sama banyak Guru membuat lintasan lari dengan
jarak 8-10 meter, di garis finish ditaruh patok sebagai penanda.
o
Semua anggota tim
berdiri di belakang garis start
o
Pada isyarat
tertentu anggota pertama dari setiap tim lari menuju patok, kemudian berputar
pada patok itu dan kembali menuju garis start tempat anggota tim berikutnya
berdiri.
o
Begitu seterusnya
sampai semua anggota tim melakukan hal serupa.
Lomba lari
mengambil bola
o
Siswa bersiap di
garis start
o
Guru membuat
lintasan lari dengan jarak 20 meter, pada garis finish ditaruh bola
sebagai penanda.
o
Setelah ada
aba-aba “ya”, berlari menuju ke arah bola dan mengambilnya
o
Siswa yang paling
awal menyentuh bola dinyatakan pemenang.
o
Setelah selesai melakukan permainan, siswa
berdiskusi dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru: Apa
yang kamu pelajari dari kegiatan ini? Apa manfaatnya bagi kamu? Nilai-nilai
apa saja bisa diteladani? Apa yang akan kamu lakukan selanjutnya?
o
Guru menyampaikan informasi kepada siswa:
o
Badak Jawa atau Badak Bercula Satu adalah salah satu
spesies satwa terlangka di dunia.
o
Binatang ini hanya bisa dijumpai di Taman Nasional
Ujung Kulon (Banten). Badak Jawa juga merupakan spesies badak yang paling
langka di antara lima spesies badak yang ada di dunia dan masuk dalam Daftar
Merah badan konservasi dunia, yaitu dalam kategori terancam punah. Populasi
badak ini sekitar 35 hingga 45 ekor saja (hasil sensus Badak 2011).
o
Guru menyampaikan
bahwa selain keanekaragaman hewan, Tuhan juga menganugerahkan kepada bangsa
Indonesia tumbuhan yang beraneka ragam dengan berbagai keindahannya. Salah
satunya adalah keindahan anggrek Indonesia yang terkenal sampai ke
mancanegara.
o
Siswa mengamati gambar dan membaca kisah petualangan
tentang Pesona Kecantikan Anggrek Indonesia
o
Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar dan
teks.
o
Siswa saling menukar pertanyaan yang mereka buat dan
menjawab pertanyaan tersebut sesuai pengalaman dan pengetahuan yang mereka
miliki.
o
Siswa menuliskan informasi penting dari teks yang
mereka baca pada bagan yang terdapat di buku siswa.
o
Siswa menukar j awaban dengan pasangan.
o
Siswa menjelaskan mengapa informasi yang mereka
tulis adalah penting.
o
Siswa saling memberikan komentar atas hasil
pekerjaan yang mereka buat.
o
Guru mengamati proses diskusi dengan berkeliling
dari satu kelompok ke kelompok lainnya.
o
Guru membuat catatan tentang apa yang diamati.
Selain itu, guru juga memberikan motivasi kepada siswa agar terlibat secara
aktif dalam diskusi Siswa menceritakan kembali secara ringkas, runtut, dan
menggunakan katakata sendiri teks yang telah mereka baca pada bagan yang
telah disediakan di buku siswa.
o
Siswa menuliskan keindahan yang mereka temukan pada
anggrek Indonesia
o
Siswa menulis cerita petualangan berdasarkan
pengalaman sendiri tentang keindahan tumbuhan.
o
Siswa membaca sebuah teks dari surat kabar
o
Siswa menjawab petanyaan yang terdapat dalam buku
siswa (Apa yang menyebabkan semakin langkanya anggrek di Indonesia? Apa
kaitan antara hak dan kewajiban sebagai warga? Apa yang harus dilakukan agar
kelestarian anggrek tetap terjaga? Nilai-nilai apa yang dipelajari dari teks
tersebut? Apa kesimpulan dari teks?)
o
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (Sebutkan 3 hal yang kamu pelajari
hari ini, Hal apa yang menurutmu menarik
dari kegiatan hari ini? Apa manfaat yang kamu peroleh dari pelajaran hari
ini? Nilai-nilai luhur apa yang kamu pelajari? Hal apa lagi yang ingin kamu
ketahui lebih lanjut? Apa langkah-langkah yang akan kamu lakukan untuk
mengetahuinya?)
o
Guru dapat
menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada
lampiran 1, halaman 150, Buku Guru.
Pengayaan
o
Siswa dapat
mencari informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, majalah, surat kabar,
ensiklopedia, internet, dan melalui wawancara langsung tentang tumbuhan
langka
o
yang ada di
Indonesia)
Remedial
o
(Kegiatan
remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o
Siswa yang belum
dapat menulis cerita secara runtut dan detail akan diberikan kegiatan
tambahan selama 30 menit setelah pulang sekolah. Guru akan melatih siswa mendeskripsikan
benda konkret sesuai dengan tema yang sedang dibahas. Selain itu, guru juga
memberi penguatan kepada siswa tentang bagaimana menulis secara runtut.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1. PJOK dinilai dengan rubrik.
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
1.
Melakukan gerak dasar lari
|
·
Kaki
melangkah lebar dan secepat mungkin
·
Lengan
diayunkan secara bergantian dan konsisten
·
Sikap
posisi badan agak condong ke depan
|
Jika
siswa mampu
melakukan
dua kriteria
dengan benar
|
Jika siswa
mampu
melakukan dual
kriteria dengan
tidak benar
|
2. PJOK dinilai dengan rubrik.
Kriteria
|
Sangat Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Berlatih Lagi
(1)
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan
teman
yang sedang
berbicara
dengan
penuh perhatian
|
Mendengarkan
teman
yang
berbicara namun
sesekali
masih perlu
diingatkan.
|
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
|
Komunikasi
non-verbal
(kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara)
|
Merespon
dan
Menerapkan
komunikasi nonverbal dengan tepat.
|
Merespon
dengan
tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman.
|
Membutuhkan
bantuan
dalam
memahami
bentuk
komunikasi
nonverbal yang ditunjukkan
teman.
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide,
perasaan,
pikiran) (menyampaikan
ide,
perasaan,
pikiran)
|
Isi
pembicaraan
menginspirasi
teman.
Selalu
mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
|
Berbicara
dan menerangkan
secara
rinci,
merespon
sesuai
dengan
topik.
|
Jarang
berbicara
selama
proses diskusi
berlangsung.
|
3. Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik.
Kriteria
|
1
|
2
|
3
|
Struktur Cerita
|
Memuat
awal, pertengahan,
dan akhir
cerita yang ditulis dengan lengkap
|
Memuat
awal,
pertengahan,
dan
akhir
cerita, namun
kurang lengkap
|
Cerita tidak memuat
salah satu aspek
(awal, pertengahan,
atau akhir)
|
Latar Cerita
|
Memuat
latar (setting) dalam cerita yang ditulis secara detail
|
Memuat latar
(setting)
cerita,
namun
kurang detail
|
Tidak
memuat latar
(setting) dalam cerita
|
Tokoh Cerita
|
Memuat
nama tokoh dengan lengkap
|
Memuat
nama tokoh, namun kurang lengkap
|
Tidak
memuat tokoh cerita
|
Keruntutan
|
Seluruh
kalimat runtut
|
Terdapat
1-2 kalimat
yang
tidak runtut
|
Terdapat
3 atau lebih kalimat yang tidak runtut
|
4.
PPKn dinilai dengan daftar periksa
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Siswa
mampu menuliskan kaitan antara hak dan kewajiban dengan kelangkaan anggrek
|
|
|
Siswa
mampu menuliskan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh warga untuk
melestarikan anggrek
|
|
|
Siswa
mampu menyimpulkan teks dengan bahasa yang baku dan runtut
|
|
|
5. Penilaian
sikap (disiplin).
(Contoh
terlampir di halaman 151 Buku Guru).
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Baca teks tentang anggrek yang terdapat pada bukumu! Tulis informasi
penting yang kamu temukan. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut:
1. Apa yang
menyebabkan semakin langkanya anggrek di Indonesia?
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
2. Apa kaitan antara
hak dan kewajiban sebagai warga dengan kelangkaan anggrek?
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
3. Sebagai warga
negara yang baik, apa kewajiban yang harus kita laksanakan agar kelestarian
anggrek tetap terjaga?
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
4. Sehubungan dengan
hak dan kewajiban sebagai warga negara, apa kesimpulanmu tentang teks di atas?
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
MEDIA
Anggrek Ini hidup menempel di dinding |
Anggrek ini selalu menunduk |
Spathoglottis |
Jenis Anggrek tanah hidup menempel di bebatuan |
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment