Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 3

TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 23 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 6                                   : Indahnya Negeriku
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan/ 3
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
2.3 Menunjukkan perilaku sikap mengenal sikap disiplin, tanggung Jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
3.4.1 Mengetahui alur cara menggambar pemandangan alam
4.1 Menggambar berdasarkan tema Indikator:
4.1.2 Menggambar pemandangan alam menggunakan pensil

b) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung Jawab dalam mengerjakan tugas
3.7 Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
3.7.1 Menjelaskan langkah-langkah operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
4.2 Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen
4.2.1 Menyelesaikan soal tentang operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
c) PPKn
1.1 Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Menjelaskan kewajiban sebagai warga sehubungan dengan pemanfaatan tumbuhan
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Mengomunikasikan secara tertulis contoh tindakan untuk melestarikan tumbuhan.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menggambar keindahan alam
2.      Menggali manfaat sumber daya alam (pinus)
3.      Mengaplikasikan konsep desimal
 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyampaikan bahwa keanekaragaman dan keindahan hewan dan tumbuhan di Indonesia merupakan objek yang menarik untuk diabadikan.
o   Setiap hewan dan tumbuhan memiliki keunikan yang tidak pernah membosankan untuk diamati.
o   Hewan dan tumbuhan menjadi sumber ide yang tidak pernah habis bagi penyair dan pelukis. Banyak syair dan lukisan yang isinya menceritakan tentang keindahan hewan dan tumbuhan Indonesia.
o   Siswa mengamati lingkungan di sekitar sekolah.
o   Hasil pengamatan akan menjadi inspirasi bagi siswa untuk menciptakan sebuah lukisan tentang keindahan alam.
o   Sebelumnya, siswa diminta mengamati gambar dan membaca teks yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa berkunjung ke luar kelas secara berkelompok. Setiap kelompok akan menyebar ke tempat yang telah ditentukan guru.
o   Siswa akan mengamati keindahan alam di sekitar mereka sambil membuat sketsa dan catatan penting tentang objek yang akan digambar.
o   Sebelumnya, siswa mencermati terlebih dahulu langkah-langkah cara menggambar alam, yang terdapat dalam buku siswa
o   Berdasarkan beberapa sketsa yang mereka buat, siswa memilih salah satu sketsa yang mereka sukai.
o   Siswa membuat laporan deskriptif terlebih dahulu sebelum mereka melanjutkan menggambar sketsa tersebut secara rinci.
o   Berdasarkan pengamatan dan teks desktiptif yang mereka buat, siswa menyempurnakan sketsa dengan menambah berbagai objek secara lebih rinci.
o   Untuk membuat gambar lebih menarik, siswa juga dapat menuangkan imajinasi mereka ke dalam sketsa
o   Guru menyampaikan bahwa melukis pemandangan alam tidak sama dengan memotret pemandangan alam menggunakan kamera. Kamera memotret alam secara apa adanya, tidak menambah atau mengurangi objek yang dipotret. Sebaliknya, melukis dapat menambah atau mengurangi objek yang dilukis. Penambahan atau pengurangan tersebut bertujuan untuk menambah keindahan objek yang dilukis.
o   Guru menyampaikan bahwa pada pertemuan ini, siswa dapat menghasilkan gambar pemandangan rinci menggunakan pensil. Pada pembelajaran seni berikutnya, siswa akan mewarnai menggunakan pensil warna.
o   Guru menyampaikan bahwa kebanyakan kertas yang digunakan oleh siswa, termasuk kertas untuk menggambar tadi terbuat dari pohon pinus. Setelah diolah kertas tersebut dibuat dalam berbagai ukuran dan digunakan untuk berbagai keperluan
o   Siswa menganalisis tabel tentang ukuran kertas.
o   Guru membaca teks dan mencermati cara menyelesaikan soal
o   Siswa menyelesaikan soal yang terdapat di buku siswa.
o   Siswa membuat soal sendiri
o   Secara berpasangan, siswa menukar soal yang mereka buat.
o   Setiap siswa menjawab soal yang dibuat oleh pasangannya.
o   Siswa membaca teks tentang manfaat pohon pinus.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat mengembangkan jenis pertanyaan untuk perenungan dengan berpedoman kepada panduan yang terdapat pada lampiran 1 yang terdapat pada halaman 150, buku guru.

Pengayaan
o   Siswa dapat memperkaya pengetahuan mereka tentang pelukis Indonesia dan hasil karyanya, dengan bertanya kepada orang dewasa yang ada di sekitar mereka, atau melalui buku perpustakaan, atau situs di internet.

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami tentang operasi penjumlahan dan pengurangan desimal (menjawab dengan benar 50% atau kurang dari soal yang diberikan) akan mengikuti kegiatan remedial selama 30 menit setelah jam sekolah. Pengenalan konsep dapat diberikan dengan menggunakan benda konkret.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
1. SBDP dinilai dengan rubrik menggambar.
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tema
Seluruh gambar dan grafik sesuai tema tentang keindahan alam

Sebagian besar gambar
dan grafik sesuai dengan tema tentang keindahan alam
Sebagian besar gambar
dan grafik tidak sesuai dengan tema tentang keindahan alam

Keterampilan
Dasar
Gambar menunjukkan
perhatian terhadap
detail dan variasi teknik
menggambar
Gambar memiliki banyak bagian yang baik namun
masih perlu diperhalus
lagi. Hanya beberapa
teknik menggambar yang digunakan

Gambar kurang
detail. Usaha optimal dalam menyelesaikan
pekerjaan. Kurang
variasi dalam teknik menggambar
Layout
Penataan sketsa
sangat baik dan
semua aspek digambar dengan sempurna
Sebagian besar sketsa
ditata dengan baik.
Namun beberapa aspek
masih perlu diperhalus.

Sketsa sebagian kecil tertata dengan baik dan tidak proporsional

Usaha
Proyek selesai tepat waktu dan menunjukkan usaha
melebihi yang diharapkan
Bekerja keras dan
Menyelesaikan proyek, namun masih
memerlukan usaha lebih baik lagi
Mengerjakan proyek yang
mudah dengan usaha yang minimal dan masih
memerlukan bantuan.

2. Matematika dinilai dengan scoring
3. PPKn dinilai dengan daftar periksa.
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menuliskan 5 informasi penting yang mereka temukan dalan teks



2
Siswa mampu menuliskan hubungan antara aktivitas dan kebutuhan manusia sehari-hari dengan sumber daya alam (pohon pinus)



3
Siswa mampu menuliskan akibat yang timbul jika suatu masa pohon pinus menjadi langka



4
Siswa mampu menuliskan kewajiban sebagai warga terhadap kelestarian sumber daya alam (pohon pinus)



5
Siswa mampu menuliskan contoh tindakan untuk melestarikan pohon pinus





F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Kertas karton dan alat menggambar

Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,




Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004





LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)


TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 3


1.      Tulis dengan ringkas 5 informasi penting yang kamu temukan dalam teks di atas.
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………    

2.      Apa yang akan terjadi kalau pohon pinus semakin langka?
……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………… 
3.      Apa kewajiban kita terhadap pohon pinus?
……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………… 

4.      Berikan contoh tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian pohon pinus sehingga alam ini tetap sejuk dan indah.

……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………  

MEDIA
TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 3

TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 1
TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors