Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 4

TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 23 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                       : 4/II
Tema 6                                    : Indahnya Negeriku
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan/ 4
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung Jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6.1 Mendeskripsikan hubungan antara kegiatan manusia dan kelangkaan hewan
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut
4.7.1 Menyimpulkan hasil penelitian terhadap perilaku makhluk hidup

b) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung Jawab dalam mengerjakan tugas
3.7 Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
3.7.1 Menjelaskan konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan persen dan desimal
4.2 Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen
4.2.1 Mengaplikasikan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan persen dan desimal

c) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1 Menyebutkan contoh interaksi manusia dengan lingkungan alam
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5.1 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengenal unggas langka Indonesia
2.      Menceritakan perilaku manusia sehubungan
3.      dengan unggas langka
4.      Menulis laporan berdasarkan telaah literatur
 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar burung cendrawasih.
o   Siswa membuat pertanyaan yang mereka ingin ketahui lebih lanjut tentang gambar
o   Siswa membaca teks dan mendiskusikan secara berkelompok.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa (Mengapa burung cendrawasih dijuluki sebagai burung dari surga? Mendeskripsikan keindahan burung cenderawasih jantan).
o   Siswa menuliskan 5 informasi penting lainnya tentang burung cenderawasih.
o   Berdasarkan teks, siswa mengkaji kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cenderawasih.
o   Siswa menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam.
o   Siswa mengemukakan pendapat mereka tentang perilaku manusia terhadap hewan langka.
o   Siswa memberikan saran tentang pelestarian burung cenderawasih.
o   Siswa mengamati gambar tentang berbagai jenis burung cenderawasih.
o   Siswa membaca teks tentang berbagai jenis burung cenderawasih.
o   Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa menuliskan persamaan dan perbedaan cenderawasih kuning dan astrapia ribbon-tailed dalam diagram venn.
o   Kemudian, siswa menuliskan persamaan dan perbedaan antara cenderawasih biru dan cenderawasih merah.
o   Siswa menjelaskan jenis cenderawasih yang mereka sukai beserta alasan.
o   Siswa menuliskan sedikitnya 5 keindahan yang mereka temukan pada berbagai jenis Cenderawasih
o   Secara berkelompok, siswa menganalisis tabel tentang hasil penelitian tentang tingkat kesukaan burung cenderawasih terhadap jenis pakan (makanan) di Taman Burung dan Taman Anggrek Biak.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (3 hal yang mereka pelajari di hari ini, bagian yang sudah mereka pahami dengan baik, bagian yang belum dipahami, serta hal apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut).
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150, Buku Guru.

Pengayaan
o   Siswa menggali informasi tentang burung-burung langka di Indonesia melalui berbagai media dan berbagai cara, misalnya melalui studi pustaka, membaca koran dan majalah, internet, serta mewawancarai guru dan orang dewasa lain yang disesuaikan dengan potensi sekolah masing-masing.
o   Siswa bereksplorasi membuat soal sendiri tentang penjumlahan dan pengurangan desimal dan persen, berdasarkan data yang terdapat pada tabel. Siswa saling bertukar soal dan menjawab soal yang telah dibuat pasangan masing-masing

Remedial
(Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal dan persen (mengerjakan dengan benar 50% atau kurang dari soal yang diberikan) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan bantuan media dan kartu permainan pecahan. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
1. IPA dinilai dengan daftar periksa
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menuliskan persamaan dan perbedaan antara cenderawasih kuning kecil dan astrapia ribbontailed.


2
Siswa mampu menuliskan persamaan dan perbedaan antara cendrawasih biru dan cenderawasih merah.


3
Siswa mampu menjelaskan jenis cenderawasih yang mereka sukai.


4
Siswa mampu menuliskan 5 keindahan yang mereka temukan pada burung cenderawasih.



2. IPS dinilai dengan daftar periksa
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menceritakan kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cenderawasih melalui teks deskripsi



2
Siswa mampu mengemukan pendapat mereka secara tertulis tentang perilaku manusia terhadap burung cenderawasih.



3
Siswa mampu memberikan saran untuk pelestarian burung cenderawasih



3. Matematika dinilai dengan daftar periksa

No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Berdasarkan tabel hasil penelitian, siswa mampu
menentukan makanan yang paling banyak dimakan oleh burung cenderawasih dalam bentuk desimal.


2
Berdasarkan tabel hasil penelitian, siswa mampu
menentukan makanan yang paling sedikit dimakan oleh burung cenderawasih dalam bentuk desimal.


3
Siswa mampu menentukan persentase selisih antara makanan yang paling banyak dimakan dengan yang paling sedikit dimakan oleh burung cenderawasih.


4
Siswa mampu menentukan pada hari ke berapa papaya paling sedikit dimakan cenderawasih dan pada hari ke berapa paling banyak? Kemudian, menentukan selisihnya


5
Siswa mampu menjumlahkan ulat sagu yang dimakan cenderawasih di hari ke-1 dan ke-2.


6
Siswa mampu menyimpulkan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal dan persen



4. Penilaian sikap (rasa ingin tahu).
(terlampir)

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Kertas karton dan alat menggambar



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,




Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 4


Setelah membaca teks bacaan pada buku tentang burung cenderawasih, jawablah dan diskusikan pertanyaan berikut bersama temanmu!
1.      Mengapa burung cenderawasih dijuluki sebagai burung surga?
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………   


2.      Deskripsikan keindahan burung cenderawasih!
…………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………

3.      Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cenderawasih? Deskripsikan!
…………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………

4.      Bagaimana pendapatmu tentang perilaku manusia tersebut?
 ………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………


5.      Apa saranmu agar kelestarian burung cenderawasih tetap terjaga?
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
MEDIA

TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 4



TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 1
TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 2
TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 3



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors