RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 6 :
Indahnya Negeriku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPA
1.1 Bertambah keimanannya
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hatihati; bertanggung Jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
2.2 Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan
penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.7 Mendeskripsikan hubungan
antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan laporan
tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6.1 Mendeskripsikan
hubungan antara kegiatan manusia dan kelangkaan hewan
4.7 Menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta
kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut
4.7.1 Menyimpulkan hasil
penelitian terhadap perilaku makhluk hidup
b) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli,
disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung Jawab dalam mengerjakan
tugas
3.7 Menentukan hasil operasi
penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
3.7.1 Menjelaskan konsep
operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan persen dan desimal
4.2 Menyatakan pecahan ke
bentuk desimal dan persen
4.2.1 Mengaplikasikan
operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan persen dan desimal
c) IPS
1.2 Menjalankan
ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan
mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.3 Menunjukkan
perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan
dan teman sebaya
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
3.5.1 Menyebutkan
contoh interaksi manusia dengan lingkungan alam
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
4.5.1 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Mengenal unggas
langka Indonesia
2. Menceritakan perilaku
manusia sehubungan
3. dengan unggas langka
4.
Menulis laporan berdasarkan telaah literatur
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati gambar burung cendrawasih.
o
Siswa membuat pertanyaan yang mereka ingin ketahui
lebih lanjut tentang gambar
o
Siswa membaca teks dan mendiskusikan
secara berkelompok.
o
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat
di buku siswa (Mengapa burung cendrawasih dijuluki sebagai burung dari surga?
Mendeskripsikan keindahan burung cenderawasih jantan).
o
Siswa menuliskan 5 informasi penting
lainnya tentang burung cenderawasih.
o
Berdasarkan teks, siswa mengkaji kaitan
antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cenderawasih.
o
Siswa menceritakan manusia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam.
o
Siswa mengemukakan pendapat mereka
tentang perilaku manusia terhadap hewan langka.
o
Siswa memberikan saran tentang
pelestarian burung cenderawasih.
o
Siswa mengamati gambar tentang berbagai jenis burung
cenderawasih.
o
Siswa membaca teks tentang berbagai jenis burung
cenderawasih.
o
Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa
menuliskan persamaan dan perbedaan cenderawasih kuning dan astrapia
ribbon-tailed dalam diagram venn.
o
Kemudian, siswa menuliskan persamaan dan perbedaan
antara cenderawasih biru dan cenderawasih merah.
o
Siswa menjelaskan jenis cenderawasih yang mereka
sukai beserta alasan.
o
Siswa menuliskan sedikitnya 5 keindahan yang mereka
temukan pada berbagai jenis Cenderawasih
o
Secara berkelompok, siswa menganalisis tabel tentang
hasil penelitian tentang tingkat kesukaan burung cenderawasih terhadap jenis
pakan (makanan) di Taman Burung dan Taman Anggrek Biak.
o
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku
siswa
o
Siswa melakukan perenungan dengan
menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (3 hal yang mereka
pelajari di hari ini, bagian yang sudah mereka pahami dengan baik, bagian
yang belum dipahami, serta hal apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut).
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan
perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150,
Buku Guru.
Pengayaan
o
Siswa menggali informasi tentang
burung-burung langka di Indonesia melalui berbagai media dan berbagai cara,
misalnya melalui studi pustaka, membaca koran dan majalah, internet, serta
mewawancarai guru dan orang dewasa lain yang disesuaikan dengan potensi
sekolah masing-masing.
o
Siswa bereksplorasi membuat soal sendiri
tentang penjumlahan dan pengurangan desimal dan persen, berdasarkan data yang
terdapat pada tabel. Siswa saling bertukar soal dan menjawab soal yang telah
dibuat pasangan masing-masing
Remedial
(Kegiatan
remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o
Siswa yang belum
tuntas dalam memahami konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan
desimal dan persen (mengerjakan dengan benar 50% atau kurang dari soal yang
diberikan) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan bantuan
media dan kartu permainan pecahan. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah
jam sekolah
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1. IPA dinilai
dengan daftar periksa
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Siswa
mampu menuliskan persamaan dan perbedaan antara
cenderawasih kuning kecil dan astrapia ribbontailed.
|
|
|
2
|
Siswa
mampu menuliskan persamaan dan perbedaan antara
cendrawasih biru dan cenderawasih merah.
|
|
|
3
|
Siswa
mampu menjelaskan jenis cenderawasih yang mereka sukai.
|
|
|
4
|
Siswa
mampu menuliskan 5 keindahan yang mereka temukan pada
burung cenderawasih.
|
|
|
2. IPS dinilai
dengan daftar periksa
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Siswa
mampu menceritakan kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung
cenderawasih melalui teks deskripsi
|
|
|
2
|
Siswa
mampu mengemukan pendapat mereka secara tertulis tentang perilaku manusia
terhadap burung cenderawasih.
|
|
|
3
|
Siswa mampu memberikan saran untuk pelestarian burung
cenderawasih
|
|
|
3. Matematika dinilai dengan daftar periksa
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Berdasarkan
tabel hasil penelitian, siswa mampu
menentukan
makanan yang paling banyak dimakan oleh burung cenderawasih dalam bentuk
desimal.
|
|
|
2
|
Berdasarkan
tabel hasil penelitian, siswa mampu
menentukan
makanan yang paling sedikit dimakan oleh burung
cenderawasih dalam bentuk desimal.
|
|
|
3
|
Siswa
mampu menentukan persentase selisih antara makanan yang paling banyak dimakan
dengan yang paling
sedikit dimakan oleh burung cenderawasih.
|
|
|
4
|
Siswa
mampu menentukan pada hari ke berapa papaya paling sedikit dimakan
cenderawasih dan pada hari ke berapa paling banyak? Kemudian, menentukan
selisihnya
|
|
|
5
|
Siswa
mampu menjumlahkan ulat sagu yang dimakan cenderawasih di hari ke-1 dan ke-2.
|
|
|
6
|
Siswa
mampu menyimpulkan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal dan
persen
|
|
|
4. Penilaian sikap
(rasa ingin tahu).
(terlampir)
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Kertas karton dan
alat menggambar
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Setelah membaca teks bacaan pada buku tentang burung cenderawasih,
jawablah dan diskusikan pertanyaan berikut bersama temanmu!
1. Mengapa burung cenderawasih dijuluki sebagai burung surga?
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
2. Deskripsikan keindahan burung cenderawasih!
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
3. Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung
cenderawasih? Deskripsikan!
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
4. Bagaimana pendapatmu tentang perilaku manusia tersebut?
………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
5. Apa saranmu agar kelestarian burung cenderawasih tetap terjaga?
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………MEDIA
TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 1
TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 2
TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 3
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment