RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 6 :
Indahnya Negeriku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan/ 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada
sang Pencipta.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.6 Disiplin dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik
3.6 Mengetahui
konsep kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya daerah mengikuti
irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
3.6.1 Menjelaskan pola gerak dasar berirama
4.6 Mempraktikkan gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya
daerah mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6.1 Mempraktikkan pola gerak dasar langkah dan ayunan mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik
b) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber
daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi,
energi, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki
kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menemukan
informasi penting dalam teks tentang sumber daya alam
4.4 Menyajikan teks
cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam
teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menceritakan
kembali teks cerita petualangan menggunakan katakata sendiri.
c) PPKn
1.1 Menghargai kebhinnekatunggalikaan
dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah
dan masyarakat sekitar
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan
perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan masyarakat
sekitar
2.3 Menunjukkan
perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak
dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Menjelaskan
hak dan kewajiban sebagai warga terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari
dengan wawacara.
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Melaporkan
hasil wawancara secara lisan dan tulisan
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Mengenal keindahan
bawah laut
2. Menggali informasi
dari teks petualangan bergambar
3.
Mempresentasikan hasil wawancara
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati gambar tentang pantai yang indah dan
keanekaragaman hewan dan tumbuhan di pantai dan bawah laut.
o
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku
siswa.
o
Siswa menceritakan cerita petualangan
o
Siswa menceritakan pengalaman mereka berpetualang
o
Setelah mengenal keanekaragaman makhluk hidup di
pantai, siswa mengikuti kegiatan ragam gerak berirama.
o
Siswa menyaksikan dan mendengarkan penjelasan dari
guru tentang pola gerak dasar berirama bertema lingkungan hidup dilandasi
konsep gerak yang mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan music
o
Setelah belajar tentang keanekaragaman tumbuhan dan
hewan di Indonesia, siswa melakukan wawancara secara berkelompok.
o
Setiap kelompok terdiri dari 5 orang. Setiap
kelompok akan mewawancarai warga sekolah (kepala sekolah, guru, staf tata
usaha) sehubungan dengan hak dan kewajiban terhadap lingkungan.
o
Sebagai panduan, siswa dapat meggunakan pertanyaan
yang terdapat dalam buku siswa.
o
Siswa mempresentasikan hasil wawancara yang telah
mereka lakukan dengan
o
teknik “satu tamu datang, dan satu tamu pergi”,
yaitu perwakilan dari kelompokak akan berkeliling dari satu kelompok ke
kelompok lainnya untuk mempresentasikan hasil wawancara
o
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150, Buku Guru
Pengayaan
o
Siswa membaca
teks tambahan tentang keanekaragaman hewan dan tumbuhan bawah laut Indonesia,
yang diambil dari buku-buku referensi perpustakaan atau dari berbagai situs
internet (disesuaikan dengan potensi sekolah).
Remedial
o
(Kegiatan
remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o
Siswa yang masih
memerlukan penguatan dalam melakukan presentasi hasil wawancara (hasil
penilaian berdasarkan rubrik 50% atau kurang) akan mengikuti kegiatan remedial
selama 30 menit setelah pulang sekolah. Guru akan menelaah aspek yang belum
optimal. Siswa berlatih untuk mengembangkan aspek tersebut dengan panduan
dari guru.
o
Penilaian PJOK dinilai dengan Rubrik
o
Bentuk dan Teknik Penilaian
o
Bentuk Penilaian
o
Setelah memelajari semua gerakan senam irama di
atas, tugaskan kepada siswa untuk mempraktikkan semua gerakan di atas.
Penilaian keterampilan gerakan yaitu
o
Kontinuitas gerakan yang dihasilkan seiring dengan
alunan musik.
o
Gerakan yang satu dengan yang lainnya berkelanjutan
(tidak patah-patah)
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
• PJOK dinilai dengan
Rubrik
Bentuk dan Teknik
Penilaian
1. Bentuk
Penilaian
Setelah memelajari semua gerakan senam irama di atas, tugaskan kepada
siswa untuk mempraktikkan semua gerakan di atas. Penilaian keterampilan
gerakan yaitu
a.
Kontinuitas gerakan
yang dihasilkan seiring dengan alunan musik.
b.
Gerakan yang satu dengan
yang lainnya berkelanjutan (tidak patah-patah)
2. Bahasa
Indonesia dinilai dengan:
a) Rubrik
Menceritakan
kembali teks petualangan dinilai dengan rubric
Kriteria
|
Skor (5)
|
Skor (4)
|
Skor (3)
|
Skor (2)
|
Skor (1)
|
1.
Gerakan
ayunan
satu
lengan ke
depan dan
ke belakang
|
a. Sikap pemulaan:
• Berdiri tegak
• Kedua tangan di samping
badan
b. Hitungan 1:
• ayunkan tangan kanan ke
depan dan tangan kiri ke
belakang
• diikuti kedua lutut mengeper.
c. Hitungan 2:
• Tangan kanan
diayunkan ke belakang dan
tangan kiri ke depan.
• diikuti kedua lutut mengeper.
d. Pandangan mata ke depan
dan badan
agak diputar ke
samping.
e. Sikap akhir: kembali ke
sikap permulaan atau bisa
ke sikap permulaan
untuk gerakan
selanjutnya.
|
Jika siswa
mampu
melakukan
empat
kriteria
dengan benar
|
Jika
siswa
mampu
melakukan
tiga
kriteria
dengan
benar
|
Jika
siswa
mampu
melakukan
dua kriteria
dengan benar
|
Jika siswa
mampu
melakukan
satu kriteria
dengan
benar
|
2.
Gerakan
ayunan
dua
lengan ke
belakang
dan ke
depan
|
a. Sikap permulaan:
• berdiri tegak
melangkahkan kaki kiri
• kedua lengan lurus ke
Depan
• pandangan ke depan
b. Hitungan 1:
• kedua lengan diayunkan
ke belakang samping kiri
• diikuti kedua lutut
mengeper.
c. Hitungan 2:
• Kedua lengan diayunkan
kembali ke depan
• diikuti kedua lutut mengeper
d. Hitungan 3:
• kedua lengan diayunkan
ke belakang samping
kanan
• diikuti kedua lutut mengeper
e. Hitungan 4:
• Kedua lengan diayunkan
kembali ke depan
• diikuti kedua lutut mengeper
f. Pandangan selalu mengikuti ayunan lengan
g. Sikap akhir
• kembali ke sikap
permulaan atau bisa
|
Jika siswa
mampu
melakukan
empat kriteria
dengan benar
|
Jika siswa
mampu
melakukan
tiga kriteria
dengan
benar
|
Jika
siswa
mampu
melakukan
dua kriteria
dengan benar
|
Jika
siswa
mampu
melakukan
satu kriteria
dengan
benar
|
3. Gerakan
Ayunan
Lengan Silang
dan rentang
di muka
badan
|
a. Sikap permulaan:
• berdiri tegak langkahkan
kaki kiri
• kedua lengan
direntangkan
• pandangan kedepan
b. Hitungan 1:
• kedua lengan
disilangkan di depan dada
• diikuti kedua lutut
mengeper
c. Hitungan 2:
• kedua lengan
direntangkan setinggi
bahu
• diikuti kedua lutut mengeper
d. Pandangan ke arah kanan
lalu bergantian ke kiri sesuai ayunan lengan
e. Sikap akhir
• kembali ke sikap
permulaan atau bisa ke
sikap permulaan untuk gerakan selanjutnya.
|
Jika siswa
mampu
melakukan
empat
kriteria
dengan benar
|
Jika siswa
mampu
melakukan
tiga kriteria
dengan
benar
|
Jika siswa
mampu
melakukan
dua kriteria
dengan benar
|
Jika
siswa
mampu
melakukan
satu
kriteria
dengan
benar
|
4. Gerakan
ayunandua
lengan
memutar ke
kiri dan ke
kanan
|
a. Sikap permulaan tegak,
anjur kaki kiri, kedua lengan ke samping kanan.
b. Hitungan 1 dan 2: putar
kedua lengan di depan badan, diikuti kaki
melangkah 2 langkah ke
samping kiri.
c. Pada hitungan 2 : kedua lengan di samping kiri,
d. Hitungan 3 dan 4: Putar kembali ke arah
sebaliknya
e. Sikap akhir:
Sikap akhir adalah sikap
setelah melakukan
semua gerakan, yaitu:
• Berdiri dengan sikap
tegak rileks
• kedua tangan rapat si
samping badan
|
Jika
siswa
mampu
melakukan
empat
kriteria
dengan benar
|
Jika
siswa
mampu
melakukan
tiga
kriteria
dengan
benar
|
Jika
siswa
mampu
melakukan
dua
kriteria
dengan benar
|
Jika
siswa
mampu
melakukan
satu
kriteria
dengan
benar
|
3. PPKn dinilai dengan daftar periksa
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Berdasarkan hasil wawancara, siswa mampu
melaporkan tentang hak dalam pemanfaatan lingkungan berikut 3 contohnya.
|
|
|
Siswa
melaporkan kewajiban terhadap lingkungan dan memberikan 3 contoh.
|
|
|
Berdasarkan
hasil wawancara, siswa melaporkan kewajiban yang belum dilaksanakan
|
|
|
Siswa
melaporkan kewajiban terhadap lingkungan yang banyak dilanggar oleh
masyarakat.
|
|
|
4. Bahasa Indonesia
dinilai dengan rubrik
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih Lagi
|
Struktur Cerita
|
Memuat
awal,
pertengahan,
dan akhir cerita yang ditulis dengan
lengkap
|
Memuat awal,
pertengahan, dan akhir cerita,
namun kurang lengkap
|
Cerita
tidak memuat
salah
satu aspek (awal, pertengahan, atau akhir)
|
Latar Cerita
|
Memuat
latar (setting) dalam cerita yang ditulis secara detail
|
Memuat
latar (setting) cerita, namun kurang
detail
|
Tidak memuat latar
(setting) dalam cerita
|
Tokoh Cerita
|
Memuat
nama tokoh dengan lengkap
|
Memuat nama tokoh, namun kurang lengkap
|
Tidak
memuat nama
tokoh cerita
|
Keruntutan
|
Seluruh kalimat runtut
|
Terdapat
1-2 kalimat yang tidak runtut
|
Terdapat 3 atau lebih
kalimat yang tidak
runtut
|
5. Penilaian
sikap (percaya diri)
(terlampir).
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar Gambar hewan
langka dan tidak langka
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
Berdasarkan
teks, tulis cerita petualangan berdasarkan imajinasimu, jika suatu
hari kamu berkunjung ke pantai Derawan !
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
MEDIA
PANTAI DERAWAN, KALIMANTAN TIMUR |
PANTAI CANGGU, BALI |
TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 1
TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 2
TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 3
TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment