Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 5

TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 23 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 4/II
Tema 6                                  : Indahnya Negeriku
Sub Tema 1/ Pembelajaran    : Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan/ 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.6 Disiplin dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
3.6 Mengetahui konsep kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya daerah mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
3.6.1 Menjelaskan pola gerak dasar berirama
4.6 Mempraktikkan gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya daerah mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6.1 Mempraktikkan pola gerak dasar langkah dan ayunan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik

b) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menemukan informasi penting dalam teks tentang sumber daya alam
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menceritakan kembali teks cerita petualangan menggunakan katakata sendiri.

c) PPKn
1.1 Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dengan wawacara.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Melaporkan hasil wawancara secara lisan dan tulisan

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengenal keindahan bawah laut
2.      Menggali informasi dari teks petualangan bergambar
3.      Mempresentasikan hasil wawancara
 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar tentang pantai yang indah dan keanekaragaman hewan dan tumbuhan di pantai dan bawah laut.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa menceritakan cerita petualangan
o   Siswa menceritakan pengalaman mereka berpetualang
o   Setelah mengenal keanekaragaman makhluk hidup di pantai, siswa mengikuti kegiatan ragam gerak berirama.
o   Siswa menyaksikan dan mendengarkan penjelasan dari guru tentang pola gerak dasar berirama bertema lingkungan hidup dilandasi konsep gerak yang mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan music
o   Setelah belajar tentang keanekaragaman tumbuhan dan hewan di Indonesia, siswa melakukan wawancara secara berkelompok.
o   Setiap kelompok terdiri dari 5 orang. Setiap kelompok akan mewawancarai warga sekolah (kepala sekolah, guru, staf tata usaha) sehubungan dengan hak dan kewajiban terhadap lingkungan.
o   Sebagai panduan, siswa dapat meggunakan pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa mempresentasikan hasil wawancara yang telah mereka lakukan dengan
o   teknik “satu tamu datang, dan satu tamu pergi”, yaitu perwakilan dari kelompokak akan berkeliling dari satu kelompok ke kelompok lainnya untuk mempresentasikan hasil wawancara
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150, Buku Guru

Pengayaan
o   Siswa membaca teks tambahan tentang keanekaragaman hewan dan tumbuhan bawah laut Indonesia, yang diambil dari buku-buku referensi perpustakaan atau dari berbagai situs internet (disesuaikan dengan potensi sekolah).

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o   Siswa yang masih memerlukan penguatan dalam melakukan presentasi hasil wawancara (hasil penilaian berdasarkan rubrik 50% atau kurang) akan mengikuti kegiatan remedial selama 30 menit setelah pulang sekolah. Guru akan menelaah aspek yang belum optimal. Siswa berlatih untuk mengembangkan aspek tersebut dengan panduan dari guru.
o   Penilaian PJOK dinilai dengan Rubrik
o   Bentuk dan Teknik Penilaian
o   Bentuk Penilaian
o   Setelah memelajari semua gerakan senam irama di atas, tugaskan kepada siswa untuk mempraktikkan semua gerakan di atas. Penilaian keterampilan gerakan yaitu
o   Kontinuitas gerakan yang dihasilkan seiring dengan alunan musik.
o   Gerakan yang satu dengan yang lainnya berkelanjutan (tidak patah-patah)

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
PJOK dinilai dengan Rubrik
Bentuk dan Teknik Penilaian
1. Bentuk Penilaian
Setelah memelajari semua gerakan senam irama di atas, tugaskan kepada
siswa untuk mempraktikkan semua gerakan di atas. Penilaian keterampilan
gerakan yaitu
a.       Kontinuitas gerakan yang dihasilkan seiring dengan alunan musik.
b.      Gerakan yang satu dengan yang lainnya berkelanjutan (tidak patah-patah)

2. Bahasa Indonesia dinilai dengan:
a) Rubrik
Menceritakan kembali teks petualangan dinilai dengan rubric

Kriteria
Skor (5)
Skor (4)
Skor (3)
Skor (2)
Skor (1)
1. Gerakan
ayunan satu
lengan ke
depan dan
ke belakang
a. Sikap pemulaan:
• Berdiri tegak
• Kedua tangan di samping badan
b. Hitungan 1:
• ayunkan tangan kanan ke depan dan tangan kiri ke
belakang
• diikuti kedua lutut mengeper.
c. Hitungan 2:
• Tangan kanan
diayunkan ke belakang dan tangan kiri ke depan.
• diikuti kedua lutut mengeper.
d. Pandangan mata ke depan dan badan
agak diputar ke
samping.
e. Sikap akhir: kembali ke
sikap permulaan atau bisa ke sikap permulaan
untuk gerakan
selanjutnya.

Jika siswa
mampu
melakukan
empat
kriteria
dengan benar
Jika siswa
mampu
melakukan
tiga kriteria
dengan
benar
Jika siswa
mampu
melakukan
dua kriteria
dengan benar
Jika siswa
mampu
melakukan
satu kriteria
dengan
benar
2. Gerakan
ayunan dua
lengan ke
belakang
dan ke
depan
a. Sikap permulaan:
• berdiri tegak
melangkahkan kaki kiri
• kedua lengan lurus ke
Depan
• pandangan ke depan
b. Hitungan 1:
• kedua lengan diayunkan
ke belakang samping kiri
• diikuti kedua lutut
mengeper.
c. Hitungan 2:
• Kedua lengan diayunkan
kembali ke depan
• diikuti kedua lutut mengeper
d. Hitungan 3:
• kedua lengan diayunkan
ke belakang samping
kanan
• diikuti kedua lutut mengeper
e. Hitungan 4:
• Kedua lengan diayunkan
kembali ke depan
• diikuti kedua lutut mengeper
f. Pandangan selalu mengikuti ayunan lengan
g. Sikap akhir
• kembali ke sikap
permulaan atau bisa
Jika siswa
mampu
melakukan
empat kriteria
dengan benar
Jika siswa
mampu
melakukan
tiga kriteria
dengan
benar
Jika siswa
mampu
melakukan
dua kriteria
dengan benar
Jika siswa
mampu
melakukan
satu kriteria
dengan
benar
3. Gerakan
Ayunan
Lengan Silang
dan rentang
di muka
badan
a. Sikap permulaan:
• berdiri tegak langkahkan
kaki kiri
• kedua lengan
direntangkan
• pandangan kedepan
b. Hitungan 1:
• kedua lengan
disilangkan di depan dada
• diikuti kedua lutut
mengeper
c. Hitungan 2:
• kedua lengan
direntangkan setinggi
bahu
• diikuti kedua lutut mengeper
d. Pandangan ke arah kanan
lalu bergantian ke kiri sesuai ayunan lengan
e. Sikap akhir
• kembali ke sikap
permulaan atau bisa ke
sikap permulaan untuk gerakan selanjutnya.
Jika siswa
mampu
melakukan
empat
kriteria
dengan benar
Jika siswa
mampu
melakukan
tiga kriteria
dengan
benar
Jika siswa
mampu
melakukan
dua kriteria
dengan benar
Jika siswa
mampu
melakukan
satu kriteria
dengan
benar
4. Gerakan
ayunandua
lengan
memutar ke
kiri dan ke
kanan
a. Sikap permulaan tegak,
anjur kaki kiri, kedua lengan ke samping kanan.
b. Hitungan 1 dan 2: putar
kedua lengan di depan badan, diikuti kaki
melangkah 2 langkah ke
samping kiri.
c. Pada hitungan 2 : kedua lengan di samping kiri,
d. Hitungan 3 dan 4: Putar kembali ke arah
sebaliknya
e. Sikap akhir:
Sikap akhir adalah sikap
setelah melakukan
semua gerakan, yaitu:
• Berdiri dengan sikap
tegak rileks
• kedua tangan rapat si
samping badan
Jika siswa
mampu
melakukan
empat
kriteria
dengan benar
Jika siswa
mampu
melakukan
tiga kriteria
dengan
benar
Jika siswa
mampu
melakukan
dua kriteria
dengan benar
Jika siswa
mampu
melakukan
satu kriteria
dengan
benar

3. PPKn dinilai dengan daftar periksa
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
Berdasarkan hasil wawancara, siswa mampu melaporkan tentang hak dalam pemanfaatan lingkungan berikut 3 contohnya.



Siswa melaporkan kewajiban terhadap lingkungan dan memberikan 3 contoh.



Berdasarkan hasil wawancara, siswa melaporkan kewajiban yang belum dilaksanakan



Siswa melaporkan kewajiban terhadap lingkungan yang banyak dilanggar oleh masyarakat.


                         
4. Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik

Kriteria
Bagus
Cukup
Berlatih Lagi
Struktur Cerita
Memuat awal,
pertengahan, dan akhir cerita yang ditulis dengan
lengkap
Memuat awal,
pertengahan, dan akhir cerita, namun kurang lengkap
Cerita tidak memuat
salah satu aspek (awal, pertengahan, atau akhir)
Latar Cerita
Memuat latar (setting) dalam cerita yang ditulis secara detail
Memuat latar (setting) cerita, namun kurang
detail
Tidak memuat latar
(setting) dalam cerita
Tokoh Cerita
Memuat nama tokoh dengan lengkap
Memuat nama tokoh, namun kurang lengkap
Tidak memuat nama
tokoh cerita
Keruntutan
Seluruh kalimat runtut
Terdapat 1-2 kalimat yang tidak runtut
Terdapat 3 atau lebih
kalimat yang tidak
runtut

5. Penilaian sikap (percaya diri)
(terlampir).

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar Gambar hewan langka dan tidak langka



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004


LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)



Berdasarkan teks, tulis cerita petualangan berdasarkan imajinasimu, jika suatu
hari kamu berkunjung ke pantai Derawan !
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................


MEDIA

TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 5
PANTAI DERAWAN, KALIMANTAN TIMUR

TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 5
PANTAI CANGGU, BALI
 
TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 1
TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 2
TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 3
TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors