Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 6

TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 23 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 6                                   : Indahnya Negeriku
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan/ 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menceritakan kembali proses membuat gambar pemandangan
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Mempresentasikan makna yang terkandung pada gambar

b) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
2.3 Menunjukkan perilaku sikap mengenal sikap disiplin, tanggung Jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
2.3 Menyebutkan alur cara menggambar pemandangan alam
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media kreatif
4.1 Menggambar berdasarkan tema
4.1.1 Menggambar dan mewarnai pemandangan alam

c) EVALUASI

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mempresentasikan deskripsi gambar alam
2.      Keanekaragaman hewan dan tumbuhan langka
3.      Penjumlahan dan pengurangan desimal dan persen
 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa menyiapkan sketsa gambar hitam putih tentang lingkungan yang telah mereka buat sebelumnya. Kemudian, mereka mengaplikasikan teknik pewarnaaan yang sesuai dengan tema
o   Siswa menceritakan gambar pemandangan yang telah mereka buat kepada teman dalam satu kelompok secara bergantian.
o   Siswa dalam kelompok dapat saling mempertanyakan gambar yang telah dibuat untuk menggali informasi lebih lanjut, baik tentang proses pembuatan maupun objek yang terdapat pada gambar.
o   Siswa menyelesaikan berbagai soal yang berkaitan dengan mengurutkan, penjumlahan, dan pengurangan bilangan desimal dan persen.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa mendeskripsikan hubungan antara manusia, sumber daya alam, dan teknologi di Indonesia.
o   Siswa menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga negara terhadap lingkungan.
o   Siswa menjabarkan upaya yang perlu dilakukan untuk melestarikan hewan langka di Indonesia.
o   Siswa membuat peta pikiran tentang keanekaragaman dan keindahan makhluk hidup yang telah mereka pelajari.

Pengayaan
o   Siswa dapat menggali informasi dari berbagai sumber (wawancara orang dewasa, studi pustaka, majalah dan surat kabar, serta internet) tentang hewan dan tumbuhan langka di Indonesia. Pengayaan ini disesuaikan dengan potensi sekolah masingmasing.

Remedial
(Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami tentang tema keanekaragaman hewan dan tumbuhan Indonesia pada salah satu mata pelajaran (menjawab dengan benar 50% atau kurang dari soal yang diberikan) akan mengikuti kegiatan remedial selama 30 menit setelah jam sekolah pada pertemuan berikutnya. Pengenalan konsep dapat diberikan dengan menggunakan benda/pengalaman konkret.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

1. SBdP dan Bahasa Indonesia dinilai dengan daftar periksa.
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa menggambar sesuai tema.



2
Siswa mampu mewarnai dengan kombinasi warna yang serasi dan sesuai tema.



3
Siswa mampu menjelaskan proses pembuatan gambar (awal, tengah, dan akhir)



4
Siswa mampu mempresentasikan makna yang terkandung dalam gambar dengan kalimat yang runtut.



2. Lembar Kerja Matematika dinilai dengan skoring.
3. IPA dinilai dengan daftar periksa untuk Peta Pikiran.
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menuliskan sedikitnya 2 jenis hewan langka.



2
Siswa mampu mendeskripsikan keindahan 2 hewan langka dengan rinci.



3
Siswa mampu menuliskan 2 jenis tumbuhan langka.



4
Siswa mampu mendeskripsikan keindahan 2 jenis tumbuhan langka.



5
Siswa mampu menuliskan sedikitnya 2 jenis hewan laut.



6
Siswa mampu mendeskripsikan sedikitnya 2 jenis hewan laut.



4. PPKn dinilai dengan daftar periksa
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menjelaskan hak sebagai warga negara terhadap hewan dan tumbuhan



2
Siswa mampu memberikan contoh hak sebagai warga Negara terhadap hewan dan tumbuhan



3
Siswa mampu menjelaskan kewajiban sebagai warga negara terhadap hewan dan tumbuhan



4
Siswa mampu menyebutkan sedikitnya 3 contoh kewajiban sebagai
warga negara terhadap pelestarian hewan dan tumbuhan.



5. Penilaian sikap (teliti)
(terlampir).

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar Gambar hewan langka dan tidak langka



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004



LEMBAR KEJA SISWA 
(LKS)




MEDIA

Perhatikan tabel rata-rata presentase aktivitas harian orangutan di beberapa lokasi penelitian di Kalimantan berikut!
TEMA 6 KELAS 4 SUB 1 PB 6
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors