Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 1

TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 23 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 5/1
Tema 5                                  : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Indonesiaku, Bangsa yang Cinta Damai / 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1 Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan luar negeri.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1 Mempresentasikan contoh iklan barang ekspor

b) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agaman yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
3.1.1 Menentukan akar pangkat 3 pada bilangan kubik
4.11embentuk berbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan
4.11.1  Membentuk kubus yang volumenya sudah ditentukan.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
2.      Konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bangsa sebagai bangsa Indonesiaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Kegiatan: MENGAMATI
o   Siswa membaca dan memahami teks bacaan penggalan berita tentang “Era baru kerjasama Indonesia dan Cina”
o   Siswa menyimak hal penting apa yang terdapat di dalam berita tersebut
o   Siswa mencari bagian - bagian penting dalam berita tersebut dan untuk menuliskan kembali berita tersebut dengan bahasanya sendir

Kegiatan: MENANYA
o   Dengan menghubungkan berita tentang “Era baru kerjasama Indonesia dan Cina” siswa menanya tentang barang-barang apa sajakah yang diimpor Indonesia dari Cina dan barang-barang yang di ekspor dari Indonesia ke Cina
o   Siswa melengkapi tabel dengan informasi - informasi yang mereka dapatkan
o   Siswa saling menanyakan kepada temannya, informasi apa saja yang telah mereka dapatkan, lalu bandingkan dengan informasi yang diperolehnya.
o   Siswa saling bertanya-jawab tentang informasi yang mereka dapatkan didalam tabel
Rubrik “Tabel Informasi” yang terdapat pada buku siswa untuk mengukur pencapaian kompetensi.

MENGUMPULKAN INFORMASI
o   Peserta didik mengumpulkan informasi ekspor - impor sebelumnya, mintalah siswa untuk mengamati teks bacaan yang terdapat pada buku siswa.
o   Siswa menentukan sumber data tentang ekspor - impor
o   Siswa mencari informasi tentang ekspor - impor
o   Siswa mencari informasi tentang manfaat – manfaat lain dari kegiatan ekspor - impor antara Indonesia dengan negara - negara lain

MENGASOSIASI
o   Siswa mengamati iklan sebuah kerajinan yang terdapat pada buku siswa
o   Siswa dalam mengamati iklan tersebut untuk mendapatkan informasi yang terdapat didalam iklan tersebut
o   Siswa untuk menuliskan hasil pengamatan mereka tersebut kedalam kolom “Ayo Mengamati”
o   Peserta didik menentukan hubungan manfaat ekspor-impor antara dua negara
Rubrik “Mengamati Iklan” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.

MENGKOMUNIKASIKAN
o   Siswa menyajikan pelajaran matematika mengenai kubus yang merupakan prisma 3 dimensi
o   Siswa mencoba contoh soal yang terdapat pada buku siswa
o   Siswa menerapkan tentang menentukan akar pangkat tiga
o   Siswa menyajikan hubungan bilangan berpangkat tiga dan akar pangkat tiga yang terdapat didalam buku siswa
o   Stimulasi pemahaman siswa dengan memberikan pertanyaan seperti: pola apa yang mereka peroleh pada perpangkatan tiga? Bagaimana cara memperoleh hasil akar pangkat tiga dari suatu bilangan kubik? Adakah cara atau alternatif lain dalam menentukan akar pangkat tiga bilangan kubik?
o   Latihlah pemahaman siswa dengan meminta mereka untuk mengerjakan soal yang terdapat pada buku siswa
Rubrik “Matematika Akar Pangkat Tiga” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.

REFLEKSI
o   Merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa.
o   Pada aktivitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
o   Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan

REMEDIAL
1.      Hubungan apakah yang dimiliki oleh negara Indonesia dan Cina?
2.      Barang – barang apa sajakah yang di impor oleh Negara Indonesia dari Cina?
3.      Barang – barang apa sajakah yang di ekspor oleh Indonesia ke Negara Cina?
4.      Apakah manfaat dari perdagangan ekspor - impor untuk Negara?
5.      Apakah penyebab terjadinya perdagangan ekspor impor pada sebuah negara?
6.      Dari negara mana sajakah Indonesia mengimpor kebutuhan bahan pangan? Apa sajakah bahan pangan tersebut?
7.      Ke negara mana sajakah Indonesia mengekspor hasil kerajinannya? Hasil kerajinan apa sajakah yang di ekspor?
8.      Selain hubungan perdagangan, hubungan apa sajakah yang dapat dijalin oleh dua Negara?
9.      Informasi apa sajakah yang biasanya terdapat dalam iklan?
10.  Buatlah tiga buah contoh bilangan berpangkat tiga yang berhubungan dengan akar pangkat tiga

PENGAYAAN

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian

Rubrik Tabel Informasi
Kompetensi yang dinilai:
·      Pengetahuan siswa tentang barang-barang yang diekpor dan diimpor ke luar negeri
·      Ketrampilan siswa dalam mencari informasi
·      Keterampilan siswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
·      Sikap kemandirian dan kecermatan siswa dalam mengerjakan tugas

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Isi dan Pengeta­huan
Isi tabel sangat lengkap dan infomatif yang mencakup seluruh informasi barang – barang ekspor & impor.
Isi tabel lengkap dan infomatif yang mencakup informasi barang – barang ekspor & impor.
Isi tabel cukup lengkap yang mencakup beberapa informasi barang – barang ekspor & impor.
Isi tabel kurang lengkap dan tidak mencakup informasi barang – barang ekspor & impor.
Penggunaan Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam Tabel
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam tabel
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan sebagian besar kalimat dalam tabel
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan beberapa bagian dari tabel
Sikap
Tabel dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa penambahan kreativitas untuk menjelaskan materi
Keseluruhan Tabel dibuat dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Sebagian Tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Hanya beberapa bagian Tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =
Rubrik Mengamati Iklan
Komponen yang dinilai:
·      Pengetahuan siswa tentan komponen-komponen iklan
·      Keterampilan siswa dalam mengamati iklan
·      Sikap kecermatan dan ketelitian siswa
                         
            Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Semua informasi yang terdapat dalam iklan sangat lengkap dan sangat sesuai dengan yang terdapat dalam iklan
Informasi yang terdapat dalam iklan cukup lengkap dan sesuai dengan yang terdapat dalam iklan
Informasi yang terdapat dalam iklan kurang lengkap dan namun masih sesuai dengan yang terdapat dalam iklan
Informasi yang terdapat dalam iklan tidak lengkap dan tidak sesuai dengan yang terdapat dalam iklan
Keterampilan
Siswa sangat terampil dalam mengamati dan menuliskan informasi
Siswa cukup terampil dalam mengamati dan menuliskan informasi dan pertanyaan
Siswa kurang terampil dalam mengamati dan menuliskan informasi dan pertanyaan
Siswa tidak terampil dalam mengamati dan menuliskan informasi dan pertanyaan
Sikap
Siswa mengamati iklan dengan sangat mandiri, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu
Siswa mengamati iklan dengan cukup mandiri, cermat dan teliti
Siswa mengamati iklan dengan cermat dan teliti dengan sedikit bantuan guru
Siswa mengamati iklan dengan cukup cermat dan teliti dengan banyak bantuan guru

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =
  
Rubrik Matematika Akar Pangkat Tiga
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Dalam menjawab semua soal siswa sangat teliti dalam menganalisis hubungan perkalian pangkat tiga dan penarikan akar pangkat tiga
Dalam menjawab soal siswa cukup teliti dalam menganalisis hubungan perkalian pangkat tiga dan penarikan akar pangkat tiga
Dalam menjawab beberapa soal siswa kurang teliti dalam menganalisis hubungan perkalian pangkat tiga dan penarikan akar pangkat tiga
Dalam menjawab soal siswa tidak teliti dalam menganalisis hubungan perkalian pangkat tiga dan penarikan akar pangkat tiga
Keterampilan berhitung
Tidak terdapat kesalahan dalam semua hasil penghitungan
Terdapat 1 -2 kesalahan dalam hasil penghitungan
Terdapat 2 - 4 kesalahan dalam hasil penghitungan
Terdapat lebih dari 4 kesalahan dalam hasil penghitungan
Kemandirian & Manajemen Waktu
Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.
Mandiri mengerjakan tugas dan selesai tepat waktu
Masih perlu bimbingan untuk menyelesaikan tugas
Tidak dapat menyelesaikan tugas dan masih perlu bimbingan

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Teks bacaan tentang Era Baru kerjasama Indonesia dan Cina.

Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006

Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Tanyakan kepada temanmu, informasi apa saja yang mereka dapatkan, lalu bandingkan dengan informasi yang kamu peroleh. Saling lengkapilah informasi yang kalian peroleh.
No
Barang-Barang Impor dari Cina ke Indonesia

Barang-Barang Ekspor dari Indonesia ke Cina























































  MEDIA

TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 1
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors