Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 2

TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 23 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 5/1
Tema 5                                  : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Indonesiaku, Bangsa yang Cinta Damai / 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa
3.1.1  Menyebutkan prinsip-prinsip seni dalam berkarya seni rupa
4.2 Menggambar dekoratif berdasarkan motif hias nusantara dengan menerapkan irama dan keseimbangan
4.2.1  Menceritakan makna gambar dekoratif

b) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.2 Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
3.2.1 Mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan yang dapat dimanfaat­kan oleh manusia
4.2 Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia.
4.2.1         Merancang rencana pemanfaatan bagian tumbuhan bagi manusia.

c) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan dan lingkungan alam
2.2 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1 Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan luar negeri.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1 Menyajikan unsur – unsur iklan barang ekspor

d) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain
3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam atletik nomor lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional.
3.3.1  Menjelaskan teknik berlari yang benar
4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam atletik nomor lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional.
4.3.1 Berlari dengan teknik yang benar

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Prinsip-prinsip seni dalam berkarya seni rupa
2.      Bagian-bagian tumbuhan yang dapat dimanfaat­kan oleh manusia
3.      Manfaat adanya pertukaran barang antara indonesia dan luar negeri.
4.      Teknik berlari yang benar

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bangsa sebagai bangsa Indonesiaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Kegiatan: MENGAMATI
o   Peserta didik mulai kegiatan PJOK dengan kegiatan pemanasan, dan guru sosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
o   Siswa mengamati gerakan – gerakan dasar dalam bermain rounders
o   Siswa berlatih gerakan – gerakan tersebut
o   Siswa melihat gerakan rounders dan kelompok dan menentukan regu pemukul dan regu penjaga
o   Siswa bermain dalam pengawasan guru
Rubrik “Teknik Dasar Bermain Rounders ” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.

Kegiatan: MENGAMATI
o   Siswa mengamati tumbuhan yang ada disekitar sekolah
o   Guru menstimulasi rasa ingin tahu siswa dengan menanyakan apakah manfaat dari tumbuhan?
o   Siswa mengamati dan mendiskusikan manfaat lain dari tumbuhan dengan teman sebangku
o   Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi beberapa jenis makanan yang berasal dari tumbuhan dan selain tumbuhan
o   Siswa secara mandiri mengisi tabel jenis makanan yang berasal dari tumbuhan dan selain tumbuhan
o   Siswa mengamati benda – benda disekitarnya dan makanan – makanan yang pernah dimakannya.
o   Siswa untuk menyebutkan satu persatu benda - benda dan tumbuhan yang berasal disekitarnya.
o   Setelah melengkapi tabel mintalah siswa untuk menjawab beberapa pertanyaan seputar barang -barang impor/export, lalu siswa mengamati barang-barang yang terdapat pada tabelnya jika ada yang termasuk barang impor atau ekspor
Rubrik “Pengamatan Tanaman” dan ceklis benar/salah untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.

Kegiatan: MENGUMPULKAN INFORMASI
o   Guru mengingatkan kembali tentang iklan kerajian yang pernah diamati siswa sebelumnya pada pembelajaran 1
o   Siswa melihat kembali informasi - informasi yang mereka tulis tentang iklan tersebut
o   Siswa mencari tahu unsur - unsur apa sajakah yang menjadi daya tarik iklan tersebut dari berbagai sumber
o   Siswa menuliskan unsur - unsur tersebut kedalam kolom unsur - unsur daya tarik iklan
Rubrik “Pengamatan Iklan” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

MENGASOSIASI
o   Siswa mengamati gambar - gambar tas yang terdapat iklan dan mengelompokkannya
o   Guru memberi pemahaman kepada siswa bahwa pada iklan harus terdapat warna dan harmoni serta motif dekoratif
o   Siswa menentukan hubungan makna motif dekoratif dan makna gambar dekoratif
o   Siswa mendiskusikan pertanyaan tersebut dan mempresentasikannya di depan kelas
Rubrik “Presentasi” untuk mengukur ketercapaian kompetensi.

REFLEKSI
o   Merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa.
o   Pada aktivitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.

REMEDIAL
1.      Gerakan apa sajakah yang terdapat dalam permainan rounders?
2.      Berapakah jumlah setiap regu dalam permainan rounders? Terdiri atas regu apa sajakah?
3.      Apa sajakah manfaat dari tumbuhan?
4.      Makanan apa sajakah yang berasal dari tumbuhan dan selain tumbuhan? Masing – masing 5 contoh!
5.      Benda - benda apa sajakah yang ada disekilingmu yang terbuat dari tumbuhan?
6.      Setelah mempelajari unsur - unsur yang terdapat pada iklan, apakah menurutmu yang paling menjadi daya tarik iklan? Mengapa?
7.      Menurutmu warna yang bagaimanakah yang cocok digunakan dalam sebuah iklan?
8.      Sebutkan apa saja yang termasuk motif dekoratif dan gambar dekoratif itu?
9.      Sebutkan apa sajakah tugas dari pemukul dalam permainan rounders?
10.  Bagaimanakah seharusnya lemparan bola pada permainan rounders?

PENGAYAAN
Membuat Iklan Dengan Menggunakan Motif Dekoratif
Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksplorasi lebih mendalam tentang bagian-bagian tanaman dan ciri-cirinya, serta memadukannya dengan pembuatan motif dekoratif yang diilhami oleh bentuk bagian tanaman seperti daun, batang, akar, dan buah atau bunga. Kegiatan eksploratif ini akan dikemas dalam bentuk iklan poster untuk mengiklankan salah satu produk kerajinan tangan khas Indonesia.

Langkah Kegiatan:
o   Guru menjelaskan tujuan kegiatan dan tahapannya.
o   Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok, paling banyak tiga orang.
o   Siswa mengamati bentuk-bentuk bagian tanaman (akar, batang, daun, buah dan atau bunga) untuk dijadikan motif dekoratif seperti yang telah dibuat pada kegiatan pembelajaran sebelumnya.
o   Siswa membuat beberapa motif dekoratif dengan menggunakan pensil warna, krayon atau kertas warna warni, lalu namai motif tersebut dan jelaskan maknanya.
o   Siswa membuat iklan dalam bentuk poster tentang salah satu komoditas andalan dalam bidang kerajinan tangan, seperti batik, gerabah, dan sebagainya.
o   Tampilkan motif baru yang baru dibuat di beberapa bagian poster sebagai penghias atau motif yang akan dipakai dalam benda-benda kerajinan tangan tersebut.
o   Tampilkan iklan poster beserta dengan motif baru kalian dan jelaskan makna serta bagian dari tumbuhan yang mana yang dijadikan sebagai sumber inspirasi.
o   Siswa lain memberikan pendapat dan masukannya dengan bahasa yang sopan kepada teman-teman yang menampilkan hasil pekerjaannya.
o   Siswa melakukan refleksi terutama apa saja yang akan mereka lakukan untuk mem-perbaiki kualitas hasil pekerjaan mereka.
o   Guru memfasilitasi diskusi.

Kriteria Keberhasilan:
o   Hasil motif dekoratif yang dibuat siswa mengandung unsur bagian tanaman.
o   Motif dekoratif yang dihasilkan sangat menarik, rapi dan indah.
o   Siswa dapat menjelaskan cara membuat dan makna motif dekoratif dengan penuh percaya diri.
o   Penjelasan yang disampaikan tentang makna motif dekoratif dan proses kreasinya sangat mudah dimengerti.
o   Siswa dapat membuat iklan yang menarik dan menggunakan informasi yang akurat.
o   Iklan mengakomodasi motif dekoratif sebagai elemen penting dalam iklan tersebut.
o   Siswa dapat bekerja bersama dalam waktu yang singkat.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian

Rubrik Teknik Dasar Bermain Rounders

Kompetensi yang dinilai:
·      Pengetahuan siswa tentang cara melempar, menangkap, dan memukul bola
·      Keterampilan siswa dalam melempar, menangkap, dan memukul bola
·      Sikap disiplin dan sportivitas siswa

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Ketepatan Melempar Bola
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu tim
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada hampir setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu tim
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang cukup baik pada beberapa lemparan kepada teman satu tim
Melempar bola dengan teknik dan kontrol yang kurang baik pada beberapa lemparan kepada teman satu tim
Keterampilan Menangkap Bola
Koordinasi antara gerakan tangan dan ketepatan menangkap sangat baik
Koordinasi antara gerakan tangan dan ketepatan menangkap baik
Koordinasi antara gerakan tangan dan ketepatan menangkap cukup baik
Koordinasi antara gerakan tangan dan ketepatan menangkap cukup baik
Keterampilan Memukul Bola
Ketepatan memukul bola dan posisi pada saat memukul sangat baik
Ketepatan memukul bola dan posisi pada saat memukul baik
Ketepatan memukul bola dan posisi pada saat memukul cukup baik
Ketepatan memukul bola dan posisi pada saat memukul kurang baik
Sikap / Sportivitas
Bermain tertib sesuai aturan dan sportif selama perminan berlangsung
Bermain tertib sesuai aturan dan sportif hampir selama perminan berlangsung
Bermain cukup tertib sesuai aturan dan sportif dalam beberapa menit perminan berlangsung
Bermain kurang tertib dan tidak sesuai aturan hampir sepanjang perminan berlangsung

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =

Rubrik Tugas Pengamatan
Kompetensi yang dinilai:
·           Pengetahuan siswa tentang obyek yang diamati
·           Keterampilan siswa dalam mengamati
·           Ketrampilan dalam menyajikan hasil pengamatan
·           Sikap kesungguhan siswa dalam mengerjakan tugas
                         
            Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Semua jawaban pada tabel sangat benar dan berkaitan dengan gambar
Hampir semua jawaban pada tabel benar dan berkaitan dengan gambar
Beberapa jawaban pada tabel cukup benar dan masih berkaitan dengan gambar
Sebagian besar jawaban pada tabel salah dan tidak berkaitan dengan gambar
Pengamatan
Siswa sangat cermat dalam mengamati benda - benda yang berasal dari tumbuhan disekitarnya.
Siswa cukup cermat dalam mengamati benda - benda yang berasal dari tumbuhan disekitarnya.
Siswa kurang cermat dalam mengamati benda - benda yang berasal dari tumbuhan disekitarnya.
Siswa tidak cermat dalam mengamati benda - benda yang berasal dari tumbuhan disekitarnya.
Laporan
Laporan pengamatan sangat lengkap dan berkaitan dengan topik
Laporan pengamatan cukup lengkap dan berkaitan dengan topik
Laporan pengamatan kurang lengkap namun masih berkaitan dengan topik
Laporan pengamatan tidak lengkap dan kurang berkaitan dengan topik
Sikap
Siswa ber­sungguh-sungguh dalam mem­persiapkan laporan dan mandiri
Siswa cukup bersungguh-sungguh dalam mem­persiapkan laporan cukup mandiri
Siswa kurang bersungguh-sungguh dalam mem­persiapkan laporan dan masih harus diperingatkan oleh guru
Siswa tidak bersungguh-sungguh dalam mem­persiapkan laporan seka­lipun berada dibawah pe-ngawasan guru

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =
Rubrik Mengamati Iklan
Kompetensi yang dinilai:
·      Pengetahuan siswa tentang unsur-unsur dalam iklan
·      Keterampilan siswa dalam mengamati dan menyajikan informasi
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Informasi mencakup semua unsur - unsur yang terdapat dalam iklan dan sangat lengkap sangat sesuai dengan yang terdapat dalam iklan
Informasi mencakup unsur - unsur yang terdapat dalam iklan dan cukup lengkap dan masih sesuai dengan yang terdapat dalam iklan
Informasi hanya mencakup beberapa unsur - unsur yang terdapat dalam iklan dan cukup lengkap namun agak kurang sesuai dengan yang terdapat dalam iklan
Informasi tidak mencakup semua unsur - unsur yang terdapat dalam iklan dan tidak lengkap dan kurang sesuai dengan yang terdapat dalam iklan
Informasi
Semua informasi yang ditulis sangat detil dan menjelaskan semua unsur – unsur daya tarik iklan
Informasi yang ditulis cukup detil dan cukup menjelaskan beberapa unsur – unsur daya tarik iklan
Informasi yang ditulis kurang detil namun masih ada sedikit penjelasan unsur - unsur daya tarik iklan
Informasi yang ditulis tidak detil dan kurang menjelaskan unsur - unsur daya tarik iklan
Keterampilan
Siswa sangat terampil dalam mengamati dan menuliskan informasi
Siswa cukup terampil dalam mengamati dan menuliskan informasi dan pertanyaan
Siswa kurang terampil dalam mengamati dan menuliskan informasi dan pertanyaan
Siswa tidak terampil dalam mengamati dan menuliskan informasi dan pertanyaan

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =


 F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Teks bacaan tentang tanaman, Cara melakukan gerakkan dasar bela diri pencak silat, teks bacaan tentang properti tari.



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006


Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Amatilah benda-benda di sekitarmu dan makanan-makanan yang pernah kamu makan. Adakah di antara benda-benda dan makanan itu berasal dari tumbuhan? Jika ada, sebutkan satu per satu. Tuliskan dalam tabel berikut.

No
Berasal dari Tumbuhan
Benda
Makanan
1
Kursi kayu
Bubur kacang hijau

2

………………………………………

………………………………………

3

………………………………………

………………………………………

4

………………………………………

………………………………………

5

………………………………………

………………………………………


6

………………………………………

………………………………………


7

………………………………………

………………………………………

8

………………………………………

………………………………………

9

………………………………………

………………………………………

10

………………………………………

………………………………………

  

MEDIA
TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 2

TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors