RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 5 : Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Indonesiaku, Bangsa yang Cinta
Damai / 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1
Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.2
Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.1
Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa
3.1.1
Menyebutkan prinsip-prinsip seni dalam
berkarya seni rupa
4.2
Menggambar dekoratif berdasarkan motif hias nusantara dengan menerapkan irama
dan keseimbangan
4.2.1 Menceritakan makna gambar dekoratif
b) IPA
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.2
Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
3.2.1
Mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan oleh manusia
4.2
Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi
manusia.
4.2.1
Merancang rencana pemanfaatan bagian tumbuhan
bagi manusia.
c) Bahasa Indonesia
1.2
Meresapi anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan dan
lingkungan alam
2.2
Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air rangkaian listrik,
sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta
sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3
Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan
ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1
Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan luar negeri.
4.3
Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi
antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1 Menyajikan unsur – unsur iklan barang ekspor
d) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain
3.3
Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam atletik nomor
lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau
olahraga tradisional.
3.3.1
Menjelaskan teknik berlari yang benar
4.3
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam atletik nomor
lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau
olahraga tradisional.
4.3.1 Berlari dengan teknik yang benar
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Prinsip-prinsip
seni dalam berkarya seni rupa
2. Bagian-bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan oleh
manusia
3. Manfaat adanya pertukaran barang antara indonesia dan
luar negeri.
4.
Teknik
berlari yang benar
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Bangsa sebagai bangsa Indonesiaku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Kegiatan:
MENGAMATI
o Peserta didik mulai kegiatan PJOK dengan
kegiatan pemanasan, dan guru sosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
o Siswa mengamati gerakan – gerakan dasar
dalam bermain rounders
o Siswa berlatih gerakan – gerakan
tersebut
o Siswa melihat gerakan rounders dan
kelompok dan menentukan regu pemukul dan regu penjaga
o
Siswa
bermain dalam pengawasan guru
Rubrik “Teknik Dasar Bermain Rounders ” untuk mengukur pencapaian
kompetensi siswa.
Kegiatan: MENGAMATI
o
Siswa
mengamati tumbuhan yang ada disekitar sekolah
o
Guru
menstimulasi rasa ingin tahu siswa dengan menanyakan apakah manfaat dari
tumbuhan?
o
Siswa
mengamati dan mendiskusikan manfaat lain dari tumbuhan dengan teman sebangku
o
Guru
membimbing siswa untuk mengidentifikasi beberapa jenis makanan yang berasal
dari tumbuhan dan selain tumbuhan
o
Siswa
secara mandiri mengisi tabel jenis makanan yang berasal dari tumbuhan dan
selain tumbuhan
o
Siswa
mengamati benda – benda disekitarnya dan makanan – makanan yang pernah
dimakannya.
o
Siswa
untuk menyebutkan satu persatu benda - benda dan tumbuhan yang berasal
disekitarnya.
o Setelah melengkapi tabel
mintalah siswa untuk menjawab beberapa pertanyaan seputar barang -barang
impor/export, lalu siswa mengamati barang-barang yang terdapat pada tabelnya
jika ada yang termasuk barang impor atau ekspor
Rubrik “Pengamatan Tanaman” dan ceklis benar/salah untuk mengukur
pencapaian kompetensi siswa.
Kegiatan:
MENGUMPULKAN INFORMASI
o Guru mengingatkan kembali
tentang iklan kerajian yang pernah diamati siswa sebelumnya pada pembelajaran
1
o
Siswa
melihat kembali informasi - informasi yang mereka tulis tentang iklan
tersebut
o
Siswa
mencari tahu unsur - unsur apa sajakah yang menjadi daya tarik iklan tersebut
dari berbagai sumber
o Siswa menuliskan unsur - unsur
tersebut kedalam kolom unsur - unsur daya tarik iklan
Rubrik “Pengamatan Iklan” untuk mengukur pencapaian kompetensi
siswa
MENGASOSIASI
o
Siswa
mengamati gambar - gambar tas yang terdapat iklan dan mengelompokkannya
o
Guru
memberi pemahaman kepada siswa bahwa pada iklan harus terdapat warna dan
harmoni serta motif dekoratif
o
Siswa
menentukan hubungan makna motif dekoratif dan makna gambar dekoratif
o Siswa mendiskusikan pertanyaan
tersebut dan mempresentasikannya di depan kelas
Rubrik “Presentasi” untuk mengukur ketercapaian kompetensi.
REFLEKSI
o
Merupakan
media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan
dipahami siswa.
o
Pada
aktivitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
REMEDIAL
1.
Gerakan
apa sajakah yang terdapat dalam permainan rounders?
2.
Berapakah
jumlah setiap regu dalam permainan rounders? Terdiri atas regu apa sajakah?
3.
Apa
sajakah manfaat dari tumbuhan?
4.
Makanan
apa sajakah yang berasal dari tumbuhan dan selain tumbuhan? Masing – masing 5
contoh!
5.
Benda
- benda apa sajakah yang ada disekilingmu yang terbuat dari tumbuhan?
6.
Setelah
mempelajari unsur - unsur yang terdapat pada iklan, apakah menurutmu yang
paling menjadi daya tarik iklan? Mengapa?
7.
Menurutmu
warna yang bagaimanakah yang cocok digunakan dalam sebuah iklan?
8.
Sebutkan
apa saja yang termasuk motif dekoratif dan gambar dekoratif itu?
9.
Sebutkan
apa sajakah tugas dari pemukul dalam permainan rounders?
10. Bagaimanakah seharusnya
lemparan bola pada permainan rounders?
PENGAYAAN
Membuat
Iklan Dengan Menggunakan Motif Dekoratif
Kegiatan
ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksplorasi lebih
mendalam tentang bagian-bagian tanaman dan ciri-cirinya, serta memadukannya
dengan pembuatan motif dekoratif yang diilhami oleh bentuk bagian tanaman
seperti daun, batang, akar, dan buah atau bunga. Kegiatan eksploratif ini
akan dikemas dalam bentuk iklan poster untuk mengiklankan salah satu produk
kerajinan tangan khas Indonesia.
Langkah
Kegiatan:
o
Guru
menjelaskan tujuan kegiatan dan tahapannya.
o
Siswa
dibagi ke dalam beberapa kelompok, paling banyak tiga orang.
o
Siswa
mengamati bentuk-bentuk bagian tanaman (akar, batang, daun, buah dan atau
bunga) untuk dijadikan motif dekoratif seperti yang telah dibuat pada
kegiatan pembelajaran sebelumnya.
o
Siswa
membuat beberapa motif dekoratif dengan menggunakan pensil warna, krayon atau
kertas warna warni, lalu namai motif tersebut dan jelaskan maknanya.
o
Siswa
membuat iklan dalam bentuk poster tentang salah satu komoditas andalan dalam
bidang kerajinan tangan, seperti batik, gerabah, dan sebagainya.
o
Tampilkan
motif baru yang baru dibuat di beberapa bagian poster sebagai penghias atau
motif yang akan dipakai dalam benda-benda kerajinan tangan tersebut.
o
Tampilkan
iklan poster beserta dengan motif baru kalian dan jelaskan makna serta bagian
dari tumbuhan yang mana yang dijadikan sebagai sumber inspirasi.
o
Siswa
lain memberikan pendapat dan masukannya dengan bahasa yang sopan kepada
teman-teman yang menampilkan hasil pekerjaannya.
o
Siswa
melakukan refleksi terutama apa saja yang akan mereka lakukan untuk
mem-perbaiki kualitas hasil pekerjaan mereka.
o Guru memfasilitasi diskusi.
Kriteria Keberhasilan:
o
Hasil
motif dekoratif yang dibuat siswa mengandung unsur bagian tanaman.
o
Motif
dekoratif yang dihasilkan sangat menarik, rapi dan indah.
o Siswa dapat menjelaskan cara
membuat dan makna motif dekoratif dengan penuh percaya diri.
o
Penjelasan
yang disampaikan tentang makna motif dekoratif dan proses kreasinya sangat
mudah dimengerti.
o
Siswa
dapat membuat iklan yang menarik dan menggunakan informasi yang akurat.
o
Iklan
mengakomodasi motif dekoratif sebagai elemen penting dalam iklan tersebut.
o Siswa dapat bekerja bersama
dalam waktu yang singkat.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Teknik Dasar Bermain Rounders
Kompetensi
yang dinilai:
·
Pengetahuan siswa tentang cara melempar, menangkap,
dan memukul bola
·
Keterampilan siswa dalam melempar, menangkap, dan
memukul bola
·
Sikap disiplin dan sportivitas siswa
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Ketepatan Melempar Bola
|
Mampu
melempar bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada setiap lemparan dengan
tepat kepada teman satu tim
|
Mampu
melempar bola dengan teknik dan kontrol yang baik pada hampir setiap lemparan
dengan tepat kepada teman satu tim
|
Mampu
melempar bola dengan teknik dan kontrol yang cukup baik pada beberapa
lemparan kepada teman satu tim
|
Melempar
bola dengan teknik dan kontrol yang kurang baik pada beberapa lemparan kepada
teman satu tim
|
Keterampilan Menangkap Bola
|
Koordinasi
antara gerakan tangan dan ketepatan menangkap sangat baik
|
Koordinasi
antara gerakan tangan dan ketepatan menangkap baik
|
Koordinasi
antara gerakan tangan dan ketepatan menangkap cukup baik
|
Koordinasi
antara gerakan tangan dan ketepatan menangkap cukup baik
|
Keterampilan Memukul Bola
|
Ketepatan
memukul bola dan posisi pada saat memukul sangat baik
|
Ketepatan
memukul bola dan posisi pada saat memukul baik
|
Ketepatan
memukul bola dan posisi pada saat memukul cukup baik
|
Ketepatan
memukul bola dan posisi pada saat memukul kurang baik
|
Sikap / Sportivitas
|
Bermain
tertib sesuai aturan dan sportif selama perminan berlangsung
|
Bermain
tertib sesuai aturan dan sportif hampir selama perminan berlangsung
|
Bermain
cukup tertib sesuai aturan dan sportif dalam beberapa menit perminan
berlangsung
|
Bermain
kurang tertib dan tidak sesuai aturan hampir sepanjang perminan berlangsung
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
Rubrik
Tugas Pengamatan
Kompetensi
yang dinilai:
·
Pengetahuan siswa tentang obyek yang diamati
·
Keterampilan siswa dalam mengamati
·
Ketrampilan dalam menyajikan hasil pengamatan
·
Sikap kesungguhan siswa dalam mengerjakan tugas
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Semua jawaban pada tabel sangat
benar dan berkaitan dengan gambar
|
Hampir semua jawaban pada tabel
benar dan berkaitan dengan gambar
|
Beberapa jawaban pada tabel
cukup benar dan masih berkaitan dengan gambar
|
Sebagian besar jawaban pada
tabel salah dan tidak berkaitan dengan gambar
|
Pengamatan
|
Siswa sangat cermat dalam
mengamati benda - benda yang berasal dari tumbuhan disekitarnya.
|
Siswa cukup cermat dalam
mengamati benda - benda yang berasal dari tumbuhan disekitarnya.
|
Siswa kurang cermat dalam
mengamati benda - benda yang berasal dari tumbuhan disekitarnya.
|
Siswa tidak cermat dalam
mengamati benda - benda yang berasal dari tumbuhan disekitarnya.
|
Laporan
|
Laporan pengamatan sangat
lengkap dan berkaitan dengan topik
|
Laporan pengamatan cukup
lengkap dan berkaitan dengan topik
|
Laporan pengamatan kurang
lengkap namun masih berkaitan dengan topik
|
Laporan pengamatan tidak
lengkap dan kurang berkaitan dengan topik
|
Sikap
|
Siswa bersungguh-sungguh dalam
mempersiapkan laporan dan mandiri
|
Siswa cukup bersungguh-sungguh
dalam mempersiapkan laporan cukup mandiri
|
Siswa kurang bersungguh-sungguh
dalam mempersiapkan laporan dan masih harus diperingatkan oleh guru
|
Siswa tidak bersungguh-sungguh
dalam mempersiapkan laporan sekalipun berada dibawah pe-ngawasan guru
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
Rubrik Mengamati Iklan
Kompetensi
yang dinilai:
·
Pengetahuan siswa tentang unsur-unsur dalam iklan
·
Keterampilan siswa dalam mengamati dan menyajikan
informasi
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Informasi mencakup semua unsur
- unsur yang terdapat dalam iklan dan sangat lengkap sangat sesuai dengan
yang terdapat dalam iklan
|
Informasi mencakup unsur -
unsur yang terdapat dalam iklan dan cukup lengkap dan masih sesuai dengan
yang terdapat dalam iklan
|
Informasi hanya mencakup
beberapa unsur - unsur yang terdapat dalam iklan dan cukup lengkap namun agak
kurang sesuai dengan yang terdapat dalam iklan
|
Informasi tidak mencakup semua
unsur - unsur yang terdapat dalam iklan dan tidak lengkap dan kurang sesuai
dengan yang terdapat dalam iklan
|
Informasi
|
Semua informasi yang ditulis
sangat detil dan menjelaskan semua unsur – unsur daya tarik iklan
|
Informasi yang ditulis cukup
detil dan cukup menjelaskan beberapa unsur – unsur daya tarik iklan
|
Informasi yang ditulis kurang
detil namun masih ada sedikit penjelasan unsur - unsur daya tarik iklan
|
Informasi yang ditulis tidak
detil dan kurang menjelaskan unsur - unsur daya tarik iklan
|
Keterampilan
|
Siswa sangat terampil dalam
mengamati dan menuliskan informasi
|
Siswa cukup terampil dalam
mengamati dan menuliskan informasi dan pertanyaan
|
Siswa kurang terampil dalam
mengamati dan menuliskan informasi dan pertanyaan
|
Siswa tidak terampil dalam
mengamati dan menuliskan informasi dan pertanyaan
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Teks bacaan
tentang tanaman, Cara melakukan gerakkan dasar bela diri pencak silat, teks
bacaan tentang properti tari.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206
201406 2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Amatilah
benda-benda di sekitarmu dan makanan-makanan yang pernah kamu makan. Adakah di
antara benda-benda dan makanan itu berasal dari tumbuhan? Jika ada, sebutkan
satu per satu. Tuliskan dalam tabel berikut.
No
|
Berasal dari Tumbuhan
|
|
Benda
|
Makanan
|
|
1
|
Kursi kayu
|
Bubur kacang
hijau
|
2
|
………………………………………
|
………………………………………
|
3
|
………………………………………
|
………………………………………
|
4
|
………………………………………
|
………………………………………
|
5
|
………………………………………
|
………………………………………
|
6
|
………………………………………
|
………………………………………
|
7
|
………………………………………
|
………………………………………
|
8
|
………………………………………
|
………………………………………
|
9
|
………………………………………
|
………………………………………
|
10
|
………………………………………
|
………………………………………
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment