Home » » TEMA 5 KELAS 5SUB 3 PB 3

TEMA 5 KELAS 5SUB 3 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 24 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 5/1
Tema 5                                  : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 3/ Pembelajaran    : Indonesiaku, Bangsa yang Cinta Damai / 3
Alokasi Waktu                      : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agaman yang dianutnya
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
3.1.1 Menentukan akar pangkat 3 pada bilangan kubik
3.1.2 Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga
4.11 Membentuk berbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan
4.11.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan konsep bilangan berpangkat tiga

b) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan atas dasar musyawarah mufakat
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.1.1 Memberikan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1 Menceritakan perilaku di sekolah sesuai nilai-nilai dari sila keempat Pancasila dalam lambang Negara

c) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan dan lingkungan alam
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur serta bertanggung jawab dan disiplin tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1 Menunjukkan contoh-contoh pertukaran barang antara Indonesia dan luar negeri.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1 Menyajikan penjelasan tentang manfaat pertukaran barang antara Indoensia dan luar negeri secara tertulis dan lisan

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
2.      Nilai simbol-simbol pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.      Isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bangsa sebagai bangsa Indonesiaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Kegiatan: MENGAMATI
o   Siswa mencermati gambar yang ada pada buku siswa
o   Siswa mengulang kembali pembelajaran tentang-sila-sila Pancasila
o   Peserta didik membaca tentang bunyi sila ketiga dan keempat Pancasila?
o   Siswa membaca teks bacaan secara mandiri
o   Siswa menyimak pendapat temannya tentang perilaku yang mencerminkan sila ketiga dan keempat Pancasila
o   Siswa mengisi tabel yang menunjukkan perilaku yang mencerminkan sila ketiga dan keempat Pancasila
o   Siswa melihat gambar Pancasila dalam memahami topik yang dibahas
o   Guru membimbing siswa agar kegiatan berlangsung sesuai dengan tujuan

MENANYA
o   Pembelajaran dilanjutkan dengan mengamati gambar di buku siswa
o   Siswa mengajukan pertanyaan tentang gambar yang ada
o   Siswa mengidentifikasi pertanyaan tentang kegiatan yang dilakukan siswa pada gambar tersebut
o   Siswa menanyakan teks bacaan tentang menghias kelas dengan mandiri
o   Siswa saling bertanya-jawab tentang suasana kegiatan yang dilakukan bersama teman-temannya
o   Siswa mengajukan pertanyaan dengan kalimat pertanyaan yang tepat

MENGUMPULKAN INFORMASI
o   Siswa mencari dari berbagai sumber tentang kerjasama perdagangan antar Indonesia dan Negara lain
o   Siswa mengulang pembelajaran tentang ekspor dan impor
o   Peserta didik mengumpulkan informasi tentang barang-barang apa saja yang kita ekspor
o   Siswa membuat peta pikiran tentang contoh-contoh produk ekpor Indonesia
o   Siswa bekerjasama dengan teman sebangku menentukan jenis data tentang ekspor impor yang akan mereka kumpulkan
o   Siswa mengumpulkan data tentang macam-macam barang yang diekspor oleh Indonesia
Rubrik “Peta Pikiran” untuk mengukur ketercapaian kompetensi

MENGASOSIASI
o   Guru membuat kelompok diskusi yang terdiri dari 4-5 siswa
o   Siswa menyimpulkan manfaat musyawarah dan mufakat dalam kegiatan ekspor dan impor
o   Siswa menyimpulkan hasil diskusinya dalam bentuk laporan tertulis
o   Guru dapat berkeliling untuk memastikan kegiatan diskusi berjalan sesuai dengan topik bahasan
o   Pemahaman siswa tentang manfaat ekspor dan impor
o   Sikap percaya diri saat mengemukakan pendapat
Rubrik atau checklist “Diskusi Kelompok” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.

MENGKOMUNIKASIKAN
o   Siswa menyajikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti.
o   Siswa mencoba menyelesaikan soal bilangan kuadrat dipapan tulis
o   Siswa menyelesaikan soal dengan teliti
o   Siswa yang memerlukan pemahaman tentang bilangan kuadrat
o   Siswa memaparkan pemahamannya tentang konsep bilangan pangkat tiga melalui proses penyelesaian soal-soal matematika yang disajikan

REMEDIAL
1.      Sebutkan Pancasila sila ketiga?
2.      Sebutkan Pancasila sila keempat?
3.      Sebutkan perilaku yang menerminkan sila ketiga Pancasila.
4.      Sebutkan perilaku yang menerminkan sila keempat Pancasila.
5.      Apa tujuan kegiatan musyawarah?
6.      Sebutkan perilaku yang mencerminkan pengamalan sila-sila Pancasila.
7.      Mengapa kita harus mengamalkan sila-sila Pancasila dalamkehidupan sehari-hari?
8.      Sebutkan contoh produk ekpor Indonesia ke Negara lain.
9.      Apa tujuan kegiatan ekspor dan impor?
10.  Mengapa Negara Indoensia melakukan kegiatan ekpor?

PENGAYAAN
Membuat Majalah Dinding (Mading)
Dalam kegiatan ini siswa akan melakukan kegiatan dengan menggunakan pendekatan jigsaw yang sudah dimodifikasi untuk keperluan tujuan pembelajaran ini. Siswa juga didorong untuk melakukan musyawarah di dalam kelas untuk mencapai mufakat atau kata sepakat. Dari kegiatan ini siswa diharapkan mampu melakukan riset sederhana dengan mencari, menyeleksi dan menggunakan informasi yang ada dan disajikan dengan cara yang menarik yaitu lewat majalah dinding.

Langkah Kegiatan:
o   Guru menjelaskan tujuan dan tahapan kegiatan, bisa juga diawali dengan melakukan review tentang kegiatan pembelajaran sebelumnya, karena memang berhubungan.
o   Siswa bekerja dalam kelompok yang terdiri dari tiga orang paling banyak.
o   Siswa secara bersama memelajari peta pikran tentang sektor-sektor yang menghasilkan komoditas ekspor seperti pertanian, pertmbangan, kehutanan, perikanan, jasa dan industry.
o   Guru meminta siswa untuk menentukan cara untuk mengundi bagian mana yang akan dibahas oleh masing-masing kelompok.
o   (Kegiatan ini mendorong siswa untuk melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat). Guru hanya memfasilitasi dan membiarkan siswa menentukan dengan cara mereka berdasarkan kesepakatan mereka bagaimana menentukan undian.
o   Setelah setiap kelompok mendapatkan bagiannya untuk dibahas secara mendalam, siswa bekerja dalam kelompok dan mendiskusikan cara penyelesaikan tugas tersebut. Sekali lagi proses musyawarah terjadi. Guru memantau dan mengawasi, hanya memberikan bantuan bila dirasa perlu.
o   Setiap kelompok mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang komoditas ekspor dari sektor masing-masing.
o   Kelompok siswa mendiskusikan penempatan gambar dan informasi pada sebuah kertas karton yang akan dijadikan media membuat mading.
o   Siswa mempresentasikan hasil karyanya kepada siswa lain yang diharapkan menyimak dan memberikan tanggapan yang membangun. Siswa lain didorong untuk bertanya kepada kelompok yang mempresentasikan hasil karyanya.
o   Guru memfasilitasi diskusi dan menjadi moderator untuk setiap pertanyaan yang muncul untuk dijawab oleh kelompok yang bersangkutan.
o   Siswa membuat kesimpulan sederhana dari hasil presentasi kelompok-kelompok dan membacakannya secara bergantian. Guru memberikan apresiasi.

Kriteria keberhasilan:
o   Siswa dapat melakukan musyawarah secara alami dan mendapatkan mufakat
o   Musyawarah dillakukan secara terbuka dan adil
o   Setiap kelompok mampu melakukan musyawarah untuk berbagi tugas dengan baik.
o   Siswa dapat mencari informasi yang sesuai dan akurat untuk bahan madingnya.
o   Mading terlihat rapi, menarik dan memberikan informasi yang lengkap tentang sektor andalan pemerintah untuk ekspor.
o   Siswa dapat mempresentasikan madingnya dengan penuh bercaya diri dan mampu menjawab pertanyaan yang diberikan

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian

Rubrik Membuat Peta Pikiran
Kompetensi yang dinilai:
o   Pengetahuan siswa tentang barang-barang ekspor antara Indonesia dengan luar negri
o   Keterampilan siswa dalam mencari informasi dari bacaan dan menyajikannya dalam bentuk peta pikiran
o   Sikap kecermatan dan ketelitian siswa dalam mencari dan menyajikan informasi

Aspek
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Isi dan Pengeta­huan:
Isi mind map leng­kap, me-nunjukkan pengeta­huan penu­lis yang baik atas materi yang disaji­kan
Mind map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi.
Mind map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi.
Mind map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami sebagian besar materi.
Mind map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami beberapa bagian dari materi.
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar:
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan mind map
Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam mind map
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam mind map
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan sebagian besar kalimat dalam mind map
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan beberapa bagian dari mind map
SIkap:
Mind map dibuat dengan mandiri, cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan materi yang ditugaskan
Mind map dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa penambahan kreatifitas untuk menjelaskan materi
Keseluruhan mind map dibuat dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Sebagian besar mind map dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Hanya beberapa bagian mind map dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Keterampi­lan Pe­nulisan:
Mind map dibuat de-ngan benar, sistematis, dan menarik menunjuk­kan ke-terampilan pembuatan mind map yang baik
Keseluruhan mind map yang sangat menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan membuat mind map yang tinggi dari pembuatnya
Keseluruhan mind map yang menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan membuat mind map yang baik dari pembuatnya
Sebagian besar mind map yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan membuat mind map yang terus berkembang dari pembuatnya
Bagian-bagian mind map yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan membuat mind map yang dapat terus ditingkatkan

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =


Rubrik Diskusi Kelompok
Kompetensi yang dinilai:
o    Pengetahuan siswa tentang topik yang didiskusikan (manfaat ekspor impor)
o    Keterampilan siswa dalam mengemukakan pendapat dan berdiskusi
o    Sikap bekerjasama dalam berdiskusi
                         
            Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Semua pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang manfaat kegiatan ekspor impor sangat berkaitan dan masuk diakal
Pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang manfaat kegiatan ekspor impor masuk diakal
Beberapa pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang manfaat kegiatan ekspor impor dan hanya beberapa yang berkaitan dan masuk diakal
Hanya sedikit pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang manfaat kegiatan ekspor impor dan hanya sedikit yang berkaitan dan masuk diakal
Sikap Kerjasama
Seluruh ang­gota terlihat bersungguh-sungguh dalam mem­persiapkan presentasi mereka
Beberapa ang­gota terlihat bersungguh-sungguh dalam memper­siapkan pre­sentasi mereka
Seluruh ang­gota terlihat bermain-main namun masih mau memper­lihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam penga­wasan guru
Seluruh anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Keterampilan berbicara
Pengucapan pendapat secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti
Pengucapan pendapat di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti
Pengucapan pendapat tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengar
Pengucapan pendapat secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti


F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Teks bacaan tentang kehidupan berkebangsaan dan bernegara, Makna simbol Pancasila, Konsep bilangan akar pangkat tiga.



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006


Lembar Kerja Siswa
(LKS)



Tuliskan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan sila ketiga dan keempat Pancasila. Tuliskan dalam tabel berikut.

NO
Contoh Perilaku di Sekolah

Sesuai Sila Ketiga Pancasila
Sesuai Sila Keempat Pancasila

1

Mengutamakan persatuan dengan teman.


Menghormati usulan yang berbeda.

2
……………………………........................
……………………………........................

……………………………........................
……………………………........................


3
……………………………........................
……………………………........................

……………………………........................
……………………………........................


4
……………………………........................
……………………………........................

……………………………........................
……………………………........................


5
……………………………........................
……………………………........................

……………………………........................
……………………………........................


6
……………………………........................
……………………………........................

……………………………........................
……………………………........................


7
……………………………........................
……………………………........................

……………………………........................
……………………………........................


8
……………………………........................
……………………………........................

……………………………........................
……………………………........................


9
……………………………........................
……………………………........................

……………………………........................
……………………………........................


10
……………………………........................
……………………………........................

……………………………........................
……………………………........................

 
MEDIA

TEMA 5 KELAS 5SUB 3 PB 3


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors