RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 5 : Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Indonesiaku, Bangsa yang Cinta
Damai / 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agaman yang dianutnya
2.2
Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif
3.1
Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan
bilangan pangkat tiga sederhana
3.1.1
Menentukan akar pangkat 3 pada bilangan kubik
3.1.2
Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga
4.11
Membentuk berbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan
4.11.1 Menyelesaikan
masalah yang melibatkan konsep bilangan berpangkat tiga
b) PPKn
1.1
Menghargai semangat kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa
pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial,
dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.3
Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan atas dasar
musyawarah mufakat
3.1
Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
di sekolah
3.1.1
Memberikan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang
terkandung dalam sila keempat Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat
yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
4.1.1 Menceritakan perilaku di sekolah sesuai
nilai-nilai dari sila keempat Pancasila dalam lambang Negara
c) Bahasa Indonesia
1.2
Meresapi anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan dan
lingkungan alam
2.3
Memiliki perilaku santun dan jujur serta bertanggung jawab dan disiplin tentang
ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia
3.3
Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan
ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1
Menunjukkan contoh-contoh pertukaran barang antara Indonesia dan luar negeri.
4.3
Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi
antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1 Menyajikan penjelasan tentang manfaat pertukaran
barang antara Indoensia dan luar negeri secara tertulis dan lisan
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Konsep
perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga
sederhana
2. Nilai simbol-simbol pancasila dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.
Isi
teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Bangsa sebagai bangsa Indonesiaku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Kegiatan:
MENGAMATI
o
Siswa
mencermati gambar yang ada pada buku siswa
o
Siswa
mengulang kembali pembelajaran tentang-sila-sila Pancasila
o
Peserta
didik membaca tentang bunyi sila ketiga dan keempat Pancasila?
o
Siswa
membaca teks bacaan secara mandiri
o
Siswa
menyimak pendapat temannya tentang perilaku yang mencerminkan sila ketiga dan
keempat Pancasila
o Siswa mengisi tabel yang
menunjukkan perilaku yang mencerminkan sila ketiga dan keempat Pancasila
o
Siswa
melihat gambar Pancasila dalam memahami topik yang dibahas
o Guru membimbing siswa agar
kegiatan berlangsung sesuai dengan tujuan
MENANYA
o
Pembelajaran
dilanjutkan dengan mengamati gambar di buku siswa
o
Siswa
mengajukan pertanyaan tentang gambar yang ada
o
Siswa
mengidentifikasi pertanyaan tentang kegiatan yang dilakukan siswa pada gambar
tersebut
o
Siswa
menanyakan teks bacaan tentang menghias kelas dengan mandiri
o
Siswa
saling bertanya-jawab tentang suasana kegiatan yang dilakukan bersama
teman-temannya
o Siswa mengajukan pertanyaan
dengan kalimat pertanyaan yang tepat
MENGUMPULKAN INFORMASI
o
Siswa
mencari dari berbagai sumber tentang kerjasama perdagangan antar Indonesia
dan Negara lain
o
Siswa
mengulang pembelajaran tentang ekspor dan impor
o
Peserta
didik mengumpulkan informasi tentang barang-barang apa saja yang kita ekspor
o
Siswa
membuat peta pikiran tentang contoh-contoh produk ekpor Indonesia
o
Siswa
bekerjasama dengan teman sebangku menentukan jenis data tentang ekspor impor
yang akan mereka kumpulkan
o Siswa mengumpulkan data tentang
macam-macam barang yang diekspor oleh Indonesia
Rubrik “Peta Pikiran”
untuk mengukur ketercapaian kompetensi
MENGASOSIASI
o
Guru
membuat kelompok diskusi yang terdiri dari 4-5 siswa
o
Siswa
menyimpulkan manfaat musyawarah dan mufakat dalam kegiatan ekspor dan impor
o
Siswa
menyimpulkan hasil diskusinya dalam bentuk laporan tertulis
o
Guru
dapat berkeliling untuk memastikan kegiatan diskusi berjalan sesuai dengan
topik bahasan
o
Pemahaman
siswa tentang manfaat ekspor dan impor
o Sikap percaya diri saat
mengemukakan pendapat
Rubrik
atau checklist “Diskusi Kelompok” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.
MENGKOMUNIKASIKAN
o
Siswa
menyajikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan
secara cermat dan teliti.
o
Siswa
mencoba menyelesaikan soal bilangan kuadrat dipapan tulis
o
Siswa
menyelesaikan soal dengan teliti
o
Siswa
yang memerlukan pemahaman tentang bilangan kuadrat
o Siswa memaparkan pemahamannya
tentang konsep bilangan pangkat tiga melalui proses penyelesaian soal-soal
matematika yang disajikan
REMEDIAL
1.
Sebutkan
Pancasila sila ketiga?
2.
Sebutkan
Pancasila sila keempat?
3.
Sebutkan
perilaku yang menerminkan sila ketiga Pancasila.
4.
Sebutkan
perilaku yang menerminkan sila keempat Pancasila.
5.
Apa
tujuan kegiatan musyawarah?
6.
Sebutkan
perilaku yang mencerminkan pengamalan sila-sila Pancasila.
7.
Mengapa
kita harus mengamalkan sila-sila Pancasila dalamkehidupan sehari-hari?
8.
Sebutkan
contoh produk ekpor Indonesia ke Negara lain.
9.
Apa
tujuan kegiatan ekspor dan impor?
10. Mengapa Negara Indoensia
melakukan kegiatan ekpor?
PENGAYAAN
Membuat Majalah Dinding
(Mading)
Dalam kegiatan ini siswa akan
melakukan kegiatan dengan menggunakan pendekatan jigsaw yang sudah
dimodifikasi untuk keperluan tujuan pembelajaran ini. Siswa juga didorong
untuk melakukan musyawarah di dalam kelas untuk mencapai mufakat atau kata
sepakat. Dari kegiatan ini siswa diharapkan mampu melakukan riset sederhana
dengan mencari, menyeleksi dan menggunakan informasi yang ada dan disajikan
dengan cara yang menarik yaitu lewat majalah dinding.
Langkah Kegiatan:
o
Guru
menjelaskan tujuan dan tahapan kegiatan, bisa juga diawali dengan melakukan
review tentang kegiatan pembelajaran sebelumnya, karena memang berhubungan.
o
Siswa
bekerja dalam kelompok yang terdiri dari tiga orang paling banyak.
o
Siswa
secara bersama memelajari peta pikran tentang sektor-sektor yang menghasilkan
komoditas ekspor seperti pertanian, pertmbangan, kehutanan, perikanan, jasa
dan industry.
o
Guru
meminta siswa untuk menentukan cara untuk mengundi bagian mana yang akan
dibahas oleh masing-masing kelompok.
o
(Kegiatan
ini mendorong siswa untuk melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat). Guru
hanya memfasilitasi dan membiarkan siswa menentukan dengan cara mereka
berdasarkan kesepakatan mereka bagaimana menentukan undian.
o
Setelah
setiap kelompok mendapatkan bagiannya untuk dibahas secara mendalam, siswa
bekerja dalam kelompok dan mendiskusikan cara penyelesaikan tugas tersebut.
Sekali lagi proses musyawarah terjadi. Guru memantau dan mengawasi, hanya
memberikan bantuan bila dirasa perlu.
o
Setiap
kelompok mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang komoditas ekspor dari
sektor masing-masing.
o Kelompok siswa mendiskusikan
penempatan gambar dan informasi pada sebuah kertas karton yang akan dijadikan
media membuat mading.
o
Siswa
mempresentasikan hasil karyanya kepada siswa lain yang diharapkan menyimak
dan memberikan tanggapan yang membangun. Siswa lain didorong untuk bertanya
kepada kelompok yang mempresentasikan hasil karyanya.
o
Guru
memfasilitasi diskusi dan menjadi moderator untuk setiap pertanyaan yang
muncul untuk dijawab oleh kelompok yang bersangkutan.
o Siswa membuat kesimpulan
sederhana dari hasil presentasi kelompok-kelompok dan membacakannya secara
bergantian. Guru memberikan apresiasi.
Kriteria keberhasilan:
o
Siswa
dapat melakukan musyawarah secara alami dan mendapatkan mufakat
o
Musyawarah
dillakukan secara terbuka dan adil
o
Setiap
kelompok mampu melakukan musyawarah untuk berbagi tugas dengan baik.
o
Siswa
dapat mencari informasi yang sesuai dan akurat untuk bahan madingnya.
o Mading terlihat rapi, menarik
dan memberikan informasi yang lengkap tentang sektor andalan pemerintah untuk
ekspor.
o
Siswa dapat
mempresentasikan madingnya dengan penuh bercaya diri dan mampu menjawab
pertanyaan yang diberikan
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Membuat Peta Pikiran
Kompetensi
yang dinilai:
o
Pengetahuan siswa tentang barang-barang ekspor antara
Indonesia dengan luar negri
o
Keterampilan siswa dalam mencari informasi dari bacaan
dan menyajikannya dalam bentuk peta pikiran
o
Sikap kecermatan dan ketelitian siswa dalam mencari
dan menyajikan informasi
Aspek
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi
dan Pengetahuan:
Isi
mind map lengkap, me-nunjukkan pengetahuan penulis yang baik atas
materi yang disajikan
|
Mind
map yang
lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi.
|
Mind
map yang
lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi.
|
Mind
map yang
lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami sebagian besar materi.
|
Mind
map yang
lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami beberapa bagian dari
materi.
|
Penggunaan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar:
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan mind map
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam penulisan
keseluruhan kalimat dalam mind map
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat
dalam mind map
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan sebagian besar
kalimat dalam mind map
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan beberapa bagian dari mind
map
|
SIkap:
Mind
map dibuat
dengan mandiri, cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan
materi yang ditugaskan
|
Mind
map dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai
batas waktu, dengan beberapa penambahan kreatifitas untuk menjelaskan materi
|
Keseluruhan
mind map dibuat dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti,
diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
|
Sebagian
besar mind map dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti,
diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
|
Hanya
beberapa bagian mind map dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan
teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
|
Keterampilan
Penulisan:
Mind
map dibuat de-ngan benar, sistematis, dan menarik menunjukkan ke-terampilan
pembuatan mind map yang baik
|
Keseluruhan
mind map yang sangat menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan
membuat mind map yang tinggi dari pembuatnya
|
Keseluruhan
mind map yang menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan
membuat mind map yang baik dari pembuatnya
|
Sebagian
besar mind map yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar,
menunjukkan ketrampilan membuat mind map yang terus berkembang dari
pembuatnya
|
Bagian-bagian
mind map yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan
ketrampilan membuat mind map yang dapat terus ditingkatkan
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
Rubrik
Diskusi Kelompok
Kompetensi
yang dinilai:
o Pengetahuan
siswa tentang topik yang didiskusikan (manfaat ekspor impor)
o Keterampilan
siswa dalam mengemukakan pendapat dan berdiskusi
o Sikap
bekerjasama dalam berdiskusi
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Semua
pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang manfaat kegiatan ekspor impor
sangat berkaitan dan masuk diakal
|
Pendapat
yang diberikan oleh kelompok tentang manfaat kegiatan ekspor impor masuk
diakal
|
Beberapa
pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang manfaat kegiatan ekspor impor
dan hanya beberapa yang berkaitan dan masuk diakal
|
Hanya
sedikit pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang manfaat kegiatan ekspor
impor dan hanya sedikit yang berkaitan dan masuk diakal
|
Sikap Kerjasama
|
Seluruh
anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi mereka
|
Beberapa
anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi mereka
|
Seluruh
anggota terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras
mereka sekalipun dalam pengawasan guru
|
Seluruh
anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh
guru.
|
Keterampilan berbicara
|
Pengucapan
pendapat secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti
|
Pengucapan
pendapat di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti
|
Pengucapan
pendapat tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh
pendengar
|
Pengucapan
pendapat secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak
dapat dimengerti
|
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Teks bacaan
tentang kehidupan berkebangsaan dan bernegara, Makna simbol Pancasila, Konsep
bilangan akar pangkat tiga.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206
201406 2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Tuliskan
contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan sila ketiga dan keempat Pancasila.
Tuliskan dalam tabel berikut.
NO
|
Contoh Perilaku di Sekolah
|
|
Sesuai Sila Ketiga Pancasila
|
Sesuai Sila Keempat Pancasila
|
|
1
|
Mengutamakan persatuan dengan teman.
|
Menghormati usulan yang berbeda.
|
2
|
……………………………........................
……………………………........................
|
……………………………........................
……………………………........................
|
3
|
……………………………........................
……………………………........................
|
……………………………........................
……………………………........................
|
4
|
……………………………........................
……………………………........................
|
……………………………........................
……………………………........................
|
5
|
……………………………........................
……………………………........................
|
……………………………........................
……………………………........................
|
6
|
……………………………........................
……………………………........................
|
……………………………........................
……………………………........................
|
7
|
……………………………........................
……………………………........................
|
……………………………........................
……………………………........................
|
8
|
……………………………........................
……………………………........................
|
……………………………........................
……………………………........................
|
9
|
……………………………........................
……………………………........................
|
……………………………........................
……………………………........................
|
10
|
……………………………........................
……………………………........................
|
……………………………........................
……………………………........................
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment