RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 5 : Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Indonesiaku, Bangsa yang Cinta
Damai / 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agaman yang dianutnya
2.1
Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti
aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab
dalam mengerjakan tugas
3.1
Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan
pangkat tiga sederhana
3.1.1
Menentukan akar pangkat 3 pada bilangan kubik
3.1.2
Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga
4.11
Membentuk berbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan
4.11.1 Mengolah
informasi dari cerita kontekstual yang melibatkan konsep bilangan pangkat tiga.
b) PPKn
1.1
Menghargai semangat kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa
pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial,
dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.3
Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan atas dasar
musyawarah mufakat
3.1
Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
di sekolah
3.1.1
Memberikan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang
terkandung dalam sila kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat
yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
4.1.1 Menceritakan perilaku di sekolah sesuai
nilai-nilai dari sila kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
c) IPS
1.2
Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk
Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan
politik dalam masyarakat
2.3
Menunjukkan perilaku peduli, gotong-royong, tanggungjawab dalam berpartisipasi
penanggulangan permasalahan lingkungan hidup
3.5
Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1
Menunjukkan sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan
sifat dinamika insteraksinya dengan lingkungan ekonominya
4.3
Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis
di wilayah Indonesia
4.3.1 Menyusun sebuah laporan tertulis tentang
aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis
di lingkungannya
d) Bahasa Indonesia
1.2
Meresapi anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan dan
lingkungan alam
2.5
Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan
Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3
Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan
ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1
Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan luar negeri.
4.3
Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi
antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1 Mempresentasikan contoh iklan barang ekspor
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan di sekolah
2. Bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3. Teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai
kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Bangsa sebagai bangsa Indonesiaku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Kegiatan:
MENGAMATI
o Mulai kegiatan dengan mengamati gambar
secara cermat tentang berbagai perbedaan kondisi masyarakat.
o Guru mensosialisasikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai pada tema ini.
o Siswa memberikan pendapat tentang gambar
yang mereka amati
o Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa
dengan memberikan pertanyaan-pertanyan pancingan seperti Apa yang kamu lihat
dari gambar-gambar tersebut? Dimanakah mereka tinggal? Apa yang mereka
lakukan?
o
Siswa
menuliskan hasil pengamatan nya pada kolom yang disediakan dengan rinci.
Rubrik “Menganalisa Gambar”
untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
MENGUMPULKAN
INFORMASI
o
Mulai
kegiatan dengan mencari berbagai gambar dari majalah, surat kabar maupun
media lainnya tentang kondisi wilayah dan mmengamati gambar secara cermat
tentang berbagai perbedaan kondisi masyarakat.
o
Siswa
menganalisa gambar dan hasi pengamatan mereka
o
Siswa
menjawab pertanyaan acuan yang telah diberikan dengan rinci sesuai dengan
pemahaman mereka
o Siswa dapat mencari informasi
tambahan dari surat kabar, majalah amaupun internet untuk melengkapi jawaban
mereka
Rubrik “Essay” untuk mengukur
pencapaian kompetensi siswa
MENGASOSIASI
o
Siswa
mengamati soal cerita yang ada dan menganalisa permasalahan dalam soal
tersebut
o Siswa membaca tabel dan
melengkapi tabel dengan menentukan panjang sisi (dalam desimeter) dari setiap
ukuran yang diinginkan
o
Siswa
menghitung hasil nilai dengan teliti
o Siswa mencatat hasil
penghitungan mereka dalam tabel dengan sistematis
REMEDIAL
1. Jelaskan
pendapatmu mengenai kondisi kenampakan alam di daerahmu?
2. Apa
yang dilakukan oleh masyarakat sekitar berkaitan dengan kenampakan alam di
sekitar daerahmu?
3. Apakah
daerahmu merupakan wilayah pedesaan atau perkotaan? Jelaskan
karakteristiknya?
4. Berdasarkan
pengamatanmu apa masalah yang sering timbul di wilayah pedesaan?
5. Berdasarkan
pengamatanmu apa masalah yang sering timbul di wilayah perkotaan?
Latihan Soal Penghitungan volume
kubus (copas buku mtk dwina)
1.
Sebuah
bak sampah mempunyai panjang rusuk 80 cm. Berapa volume sampah yang dapat
ditampung dalam bak sampah tesebut?
2.
Sebuah
bak air berbentuk kubus. Ukuran rusuknya 1 m. Berapa volume air yang dapat
ditampung dalam bak air tesebut?
3.
Sebuah
kolam ikan memiliki volume 1.331 cm3. Berapa panjang rusuk kolam ikan
tersebut?
4.
Dua
buah peti kayu berbentuk kubus diisi balok-balok kayu. Panjang rusuknya
adalah 63 cm, berapakah volume kedua peti tersebut?
5.
Sebuah
penampungan pasir berbentuk kubus memiliki volume 5.832 dm3. Carilah panjang
rusuk penampungan pasir tersebut!
PENGAYAAN
Compare
and Contrast (Membandingkan)
Kegiatan
ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi
perbedaan dan persamaan antara kondisi perkotaan dan perdesaan dalam hal
interaksi masyarakatnya, kegiatan masyarakat, jenis pekerjaan yang
berhubungan dengan kondisi geografisnya serta kenampakan alam yang ada pada
kedua jenis kondisi tersebut. Kegiatan dikembangkan dengan menambahkan
permasalahan yang berhubungan dengan perkalian pangkat tiga. Siswa melakukan
eksplorasi untuk memecahkan permasalahan dengan berkolaborasi bersama dengan
anggota kelompoknya.
Langkah
Kegiatan:
o
Guru
menjelaskan tujuan dan tahapan kegiatan.
o
Siswa
bekerja dalam kelompok yang terdiri dari tiga atau empat orang siswa.
o
Siswa
membuat sebuah tabel-T yang besar pada sebuah kertas karton dan menamai
masing-masing dengan “perkotaan” dan “perdesaan”.
o
Siswa
mengumpulkan atau menggambar sendiri gambar-gambar yang mewakili kehidupan
perkotaan dan perdesaan secara sosial, misalnya jalan-jalan yang padat oleh
kendaraan di perkotaan dibandingkan dengan jalan-jalan kecil yang dilalui
orang berjalan atau bersepeda dengan perbedaan volume kendaraan yang jelas.
Memban-dingkan keadaan pasar, sawah, atau panorama umum keduanya.
o
Siswa
memberikan keterangan pada masing-masing gambar yang dibuat atau ditemukan
dengan menjelaskan kegiatan, jenis pekerjaan atau kenampakan alam yang ada
pada gambar tersebut.
o
Guru
mempersiapkan sebuah masalah yang akan dipecahkan oleh semua kelompok dan
siswa menuliskan cara pemecahannya pada kertas yang sama.
Permasalahan:
o Pada kedua tempat tersebut
(Kota A dan Desa B) sama-sama akan dibuat sebuah bak penampungan air bersih
yang berbentuk KUBUS untuk kebutuhan masyarakatnya.
o
Kota
A terdiri dari 50 Kepala Keluarga yang masing-masing terdiri dari 4 orang
anggota keluarga. Kebutuhan air setiap orang setiap hari di Kota A adalah 15
liter.
o
Desa
B terdiri dari 20 Kepala Keluarga yang masing-masing terdiri dari 4 orang
anggota keluarga. Kebutuhan air setiap orang setap hari adalah 15 liter.
Pertanyaan:
o
Berapakah
ukuran bak penampungan air minimal yang harus dibuat agar bisa menampung
jumlah air bersih sesuai kebutuhan mereka selama satu minggu?
o
Siswa
mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas, siswa lain menyimak dan
memberikan masukan dan tanggapan dengan sopan. Guru menjadi fasilitator.
o Siswa membuat refleksi dengan
menuliskan beberapa pertanyaan lanjutan dan atau hal-hal yang mereka pelajari
melalui kegiatan tersebut dan bagaimana mereka meningkatkan cara bekerja sama
yang baik pada masa yang akan datang.
Kriteria keberhasilan:
o
Siswa
dapat membandingkan dua kondisi tersebut dilengkapi dengan keterangan dan
informasi yang detil, lengkap dan akurat.
o
Gambar-gambar
yang dipilih atau dibuat mencerminkan perbedaan kondisi perkotaan dan
perdesaan yang khas.
o
Jenis-jenis
pekerjaan yang dibandingkan mewakili perbedaan kondisi geografis perdesaan
dan perkotaan yang dibandingkan.
o
Kenampakan
alam baik yang alami maupun buatan digambarkan dan dibandingkan dengan cermat
sehingga menunjukkan perbedaan yang khas.
o
Persoalan
dapat dipecahkan secara sistematis dan menggunakan tahapan yang runtut.
o
Pemecahan
masalah matematika menggunakan konsep bilangan pangkat tiga tanpa melakukan
kesalahan penghitungan yang berarti.
o Siswa dapat berkolaborasi dan
bekerja sama dengan baik.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Ceklis
Penilaian Diskusi
(Beri
tanda √ pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian
terhadap Temanmu! Lakukan secara
Jujur!)
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Teman saya aktif dalam
memberikan pendapat
|
|
|
Teman saya memiliki pengetahuan
yang sesuai dengan topik diskusi
|
|
|
Teman saya menghargai pendapat
teman lainnya
|
|
|
Teman saya berbicara dengan
suara jelas dan nyaring serta intonasi yang bervariasi
|
|
|
Rubrik Essay Analisis Gambar
Kompetensi
yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang topik gambar (sifat dan
karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentukan dan sifat dinamika
interaksinya dengan lingkungan ekonominya)
Keterampilan siswa dalam mengamati gambar
Sikap kecermatan dan ketelitian dalam mengamati gambar
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan:
Isi
ringkasan lengkap, menunjukkan pengetahuan penulis yang menyeluruh atas
materi dan berdasarkan gambar
|
Keseluruhan
ringkasan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat
yang berguna bagi pembaca, serta disajikan dengan menarik.
|
Keseluruhan
ringkasan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat
yang berguna bagi pembaca
|
Sebagian
besar ringkasan dibuat dengan baik dan dapat memberikan informasi singkat
yang berguna bagi pembaca
|
Hanya
sebagian kecil ringkasan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan
informasi singkat yang berguna bagi pembaca
|
Penggunaan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan ringkasan
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam
keseluruhan penulisan
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan
penulisan
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian
besar penulisan
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian
kecil penulisan
|
SIkap:
Ringkasan
dibuat dengan cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan
materi yang ditugaskan
|
Kecermatan,
ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan, disertai
juga dengan kreatifitas dalam bekerja menunjukkan kualitas sikap yang sangat
baik dan terpuji
|
Kecermatan,
ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan
kualitas sikap yang sangat baik
|
Kecermatan,
ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan
kualitas sikap yang masih dapat terus ditingkatkan
|
Kecermatan,
ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan
kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki
|
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar-gambar
pedesaan dan perkotaan, Karakteristik masyarakat pedesaan dan perkotaan,
menghitung Volume kubus..
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206
201406 2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
1.
Bagaimana
masyarakat wilayah pedesaan dan perkotaan berhubungan dengan alam?
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
2.
Apa pekerjaan
sebagian besar masyarakat pedesaan? Apa pula pekerjaan sebagian besar
masyarakat perkotaan? Adakah perbedaan jenis pekerjaan di kedua wilayah itu?
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
3.
Adakah perbedaan
ukuran komunitas masyarakat pedesaan dan perkotaan? Mana yang lebih besar?
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
4.
Bagaimana
kepadatan penduduk wilayah perkotaan dan pedesaan? Wilayah mana yang lebih
padat penduduknya? Mengapa?
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment