Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 4

TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 24 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 5/1
Tema 5                                 : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 3/ Pembelajaran    : Indonesiaku, Bangsa yang Cinta Damai / 4
Alokasi Waktu                      : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agaman yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
3.1.1 Menentukan akar pangkat 3 pada bilangan kubik
3.1.2 Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga
4.11 Membentuk berbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan
4.11.1 Mengolah informasi dari cerita kontekstual yang melibatkan konsep bilangan pangkat tiga.

b) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan atas dasar musyawarah mufakat
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.1.1 Memberikan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1 Menceritakan perilaku di sekolah sesuai nilai-nilai dari sila kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila

c) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.3 Menunjukkan perilaku peduli, gotong-royong, tanggungjawab dalam berpar­tisipasi penanggulangan permasalahan lingkungan hidup
3.5 Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1 Menunjukkan sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika insteraksinya dengan lingkungan ekonominya
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
4.3.1 Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya

d) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan dan lingkungan alam
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1 Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan luar negeri.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1 Mempresentasikan contoh iklan barang ekspor

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
2.       Bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.       Teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bangsa sebagai bangsa Indonesiaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Kegiatan: MENGAMATI
o   Mulai kegiatan dengan mengamati gambar secara cermat tentang berbagai perbedaan kondisi masyarakat.
o   Guru mensosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada tema ini.
o   Siswa memberikan pendapat tentang gambar yang mereka amati
o   Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyan pancingan seperti Apa yang kamu lihat dari gambar-gambar tersebut? Dimanakah mereka tinggal? Apa yang mereka lakukan?
o   Siswa menuliskan hasil pengamatan nya pada kolom yang disediakan dengan rinci.
Rubrik “Menganalisa Gambar” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

MENGUMPULKAN INFORMASI
o   Mulai kegiatan dengan mencari berbagai gambar dari majalah, surat kabar maupun media lainnya tentang kondisi wilayah dan mmengamati gambar secara cermat tentang berbagai perbedaan kondisi masyarakat.
o   Siswa menganalisa gambar dan hasi pengamatan mereka
o   Siswa menjawab pertanyaan acuan yang telah diberikan dengan rinci sesuai dengan pemahaman mereka
o   Siswa dapat mencari informasi tambahan dari surat kabar, majalah amaupun internet untuk melengkapi jawaban mereka
Rubrik “Essay” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

MENGASOSIASI
o   Siswa mengamati soal cerita yang ada dan menganalisa permasalahan dalam soal tersebut
o   Siswa membaca tabel dan melengkapi tabel dengan menentukan panjang sisi (dalam desimeter) dari setiap ukuran yang diinginkan
o   Siswa menghitung hasil nilai dengan teliti
o   Siswa mencatat hasil penghitungan mereka dalam tabel dengan sistematis

REMEDIAL
1.      Jelaskan pendapatmu mengenai kondisi kenampakan alam di daerahmu?
2.      Apa yang dilakukan oleh masyarakat sekitar berkaitan dengan kenampakan alam di sekitar daerahmu?
3.      Apakah daerahmu merupakan wilayah pedesaan atau perkotaan? Jelaskan karakteristiknya?
4.      Berdasarkan pengamatanmu apa masalah yang sering timbul di wilayah pedesaan?
5.      Berdasarkan pengamatanmu apa masalah yang sering timbul di wilayah perkotaan?

Latihan Soal Penghitungan volume kubus (copas buku mtk dwina)
1.      Sebuah bak sampah mempunyai panjang rusuk 80 cm. Berapa volume sampah yang dapat ditampung dalam bak sampah tesebut?
2.      Sebuah bak air berbentuk kubus. Ukuran rusuknya 1 m. Berapa volume air yang dapat ditampung dalam bak air tesebut?
3.      Sebuah kolam ikan memiliki volume 1.331 cm3. Berapa panjang rusuk kolam ikan tersebut?
4.      Dua buah peti kayu berbentuk kubus diisi balok-balok kayu. Panjang rusuknya adalah 63 cm, berapakah volume kedua peti tersebut?
5.      Sebuah penampungan pasir berbentuk kubus memiliki volume 5.832 dm3. Carilah panjang rusuk penampungan pasir tersebut!

PENGAYAAN
Compare and Contrast (Membandingkan)
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi perbedaan dan persamaan antara kondisi perkotaan dan perdesaan dalam hal interaksi masyarakatnya, kegiatan masyarakat, jenis pekerjaan yang berhubungan dengan kondisi geografisnya serta kenampakan alam yang ada pada kedua jenis kondisi tersebut. Kegiatan dikembangkan dengan menambahkan permasalahan yang berhubungan dengan perkalian pangkat tiga. Siswa melakukan eksplorasi untuk memecahkan permasalahan dengan berkolaborasi bersama dengan anggota kelompoknya.

Langkah Kegiatan:
o   Guru menjelaskan tujuan dan tahapan kegiatan.
o   Siswa bekerja dalam kelompok yang terdiri dari tiga atau empat orang siswa.
o   Siswa membuat sebuah tabel-T yang besar pada sebuah kertas karton dan menamai masing-masing dengan “perkotaan” dan “perdesaan”.
o   Siswa mengumpulkan atau menggambar sendiri gambar-gambar yang mewakili kehidupan perkotaan dan perdesaan secara sosial, misalnya jalan-jalan yang padat oleh kendaraan di perkotaan dibandingkan dengan jalan-jalan kecil yang dilalui orang berjalan atau bersepeda dengan perbedaan volume kendaraan yang jelas. Memban-dingkan keadaan pasar, sawah, atau panorama umum keduanya.
o   Siswa memberikan keterangan pada masing-masing gambar yang dibuat atau ditemukan dengan menjelaskan kegiatan, jenis pekerjaan atau kenampakan alam yang ada pada gambar tersebut.
o   Guru mempersiapkan sebuah masalah yang akan dipecahkan oleh semua kelompok dan siswa menuliskan cara pemecahannya pada kertas yang sama.

Permasalahan:
o   Pada kedua tempat tersebut (Kota A dan Desa B) sama-sama akan dibuat sebuah bak penampungan air bersih yang berbentuk KUBUS untuk kebutuhan masyarakatnya.
o   Kota A terdiri dari 50 Kepala Keluarga yang masing-masing terdiri dari 4 orang anggota keluarga. Kebutuhan air setiap orang setiap hari di Kota A adalah 15 liter.
o   Desa B terdiri dari 20 Kepala Keluarga yang masing-masing terdiri dari 4 orang anggota keluarga. Kebutuhan air setiap orang setap hari adalah 15 liter.
Pertanyaan:
o   Berapakah ukuran bak penampungan air minimal yang harus dibuat agar bisa menampung jumlah air bersih sesuai kebutuhan mereka selama satu minggu?
o   Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas, siswa lain menyimak dan memberikan masukan dan tanggapan dengan sopan. Guru menjadi fasilitator.
o   Siswa membuat refleksi dengan menuliskan beberapa pertanyaan lanjutan dan atau hal-hal yang mereka pelajari melalui kegiatan tersebut dan bagaimana mereka meningkatkan cara bekerja sama yang baik pada masa yang akan datang.

Kriteria keberhasilan:
o   Siswa dapat membandingkan dua kondisi tersebut dilengkapi dengan keterangan dan informasi yang detil, lengkap dan akurat.
o   Gambar-gambar yang dipilih atau dibuat mencerminkan perbedaan kondisi perkotaan dan perdesaan yang khas.
o   Jenis-jenis pekerjaan yang dibandingkan mewakili perbedaan kondisi geografis perde­saan dan perkotaan yang dibandingkan.
o   Kenampakan alam baik yang alami maupun buatan digambarkan dan dibandingkan dengan cermat sehingga menunjukkan perbedaan yang khas.
o   Persoalan dapat dipecahkan secara sistematis dan menggunakan tahapan yang runtut.
o   Pemecahan masalah matematika menggunakan konsep bilangan pangkat tiga tanpa melakukan kesalahan penghitungan yang berarti.
o   Siswa dapat berkolaborasi dan bekerja sama dengan baik.


 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).

Penilaian

Ceklis Penilaian Diskusi
(Beri tanda pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian terhadap Temanmu!  Lakukan secara Jujur!)

Kriteria
Ya
Tidak 
Teman saya aktif dalam memberikan pendapat


Teman saya memiliki pengetahuan yang sesuai dengan topik diskusi


Teman saya menghargai pendapat teman lainnya


Teman saya berbicara dengan suara jelas dan nyaring serta intonasi yang bervariasi



Rubrik Essay Analisis Gambar
Kompetensi yang dinilai:
                        Pengetahuan siswa tentang topik gambar (sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentukan dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan ekonominya)
                        Keterampilan siswa dalam mengamati gambar
                        Sikap kecermatan dan ketelitian dalam mengamati gambar
                         
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengeta­huan:
Isi ringkasan lengkap, menunjuk­kan peng­etahuan penulis yang menyeluruh atas materi dan ber­dasarkan gambar
Keseluruhan ringkasan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca, serta disajikan dengan menarik.
Keseluruhan ringkasan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca
Sebagian besar ringkasan dibuat dengan baik dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca
Hanya sebagian kecil ringkasan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan ringkasan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan
SIkap:
Ringkasan dibuat dengan cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan materi yang ditugaskan
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan, disertai juga dengan kreatifitas dalam bekerja menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik dan terpuji
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih dapat terus ditingkatkan
Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki
                                                        
F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar-gambar pedesaan dan perkotaan, Karakteristik masyarakat pedesaan dan perkotaan, menghitung Volume kubus..



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006

Lembar Kerja Siswa
(LKS)

1.    Bagaimana masyarakat wilayah pedesaan dan perkotaan berhubungan dengan alam?
................................................................................................................................................................. 
................................................................................................................................................................. 
.................................................................................................................................................................  
................................................................................................................................................................. 
................................................................................................................................................................. 


2.    Apa pekerjaan sebagian besar masyarakat pedesaan? Apa pula pekerjaan sebagian besar masyarakat perkotaan? Adakah perbedaan jenis pekerjaan di kedua wilayah itu? 
................................................................................................................................................................. 
................................................................................................................................................................. 
.................................................................................................................................................................  
................................................................................................................................................................. 
.................................................................................................................................................................

3.    Adakah perbedaan ukuran komunitas masyarakat pedesaan dan perkotaan? Mana yang lebih besar? 
................................................................................................................................................................. 
................................................................................................................................................................. 
.................................................................................................................................................................  
................................................................................................................................................................. 
.................................................................................................................................................................

4.    Bagaimana kepadatan penduduk wilayah perkotaan dan pedesaan? Wilayah mana yang lebih padat penduduknya? Mengapa?
................................................................................................................................................................. 
................................................................................................................................................................. 
.................................................................................................................................................................  
................................................................................................................................................................. 
................................................................................................................................................................. 


MEDIA

TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 4

TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 4
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors