RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 5 : Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Indonesiaku, Bangsa yang Cinta
Damai / 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui
sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu
pengetahuan
2.4
Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dab rasa cinta tanah air terhadap bencana
alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3
Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan
ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1
Menunjukkan pemanfaatan produk hasil tanaman antara Indonesia dan luar negeri
4.3
Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi
antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1 Merancang iklan
barang perdagangan luar negeri.
b) SBdP
1.1
Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1
Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
3.1
Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa
3.1.1
Menyebutkan prinsip-prinsip seni dalam berkarya seni rupa
4.2
Menggambar dekoratif ber-dasarkan motif hias nusantara dengan menerapkan irama
dan keseimbangan
4.2.1 Menggambar dekoratif dengan memanfaatkan motif
hias nusantara.
c) IPA
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.2
Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
3.2.1
Memberikan contoh bagian-bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan oleh manusia
4.2
Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi
manusia
4.2.1 Merancang rencana pemanfaatan bagian tumbuhan
bagi manusia
d) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain
2.7
Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.1
Memahami pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh
3.1.1
Menceritakan pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh
4.6
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat,
menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan teknik
dasar senam menggunakan alat
4.6.1 Memperagakan gerakan pull up sebagai pola
gerak dominan untuk membentuk keterampilan/teknik dasar senam
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Isi
teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
2.
Dekoratif
ber-dasarkan motif hias nusantara dengan menerapkan irama dan keseimbangan
3.
Bagian
tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
4. Pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Bangsa sebagai bangsa Indonesiaku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Kegiatan:
MENGAMATI
o Siswa membaca teks bacaan tentang
halaman rumah kakek Udin. Ini merupakan kegiatan awal yang meminta siswa
mengamati jenis-jenis tumbuhan yang terdapat di halaman rumah kakek yang
tentunya merupakan jenis tumbuhan yang biasa didapati di halaman rumah siswa.
o Siswa menuliskan hasil pengamatannya
sehubu-ngan dengan jenis-jenis tumbuhan yang ditampilkan dalam gambar. Siswa
mengidentifikasi keberadaan akar, batang, daun, bunga dan buah bagi setiap
jenis tumbuhan yang ada.
o
Guru
membimbing siswa dan memastikan siswa memahami instruksi yang diberikan,
yaitu dengan memberikan tanda centang bagi setiap jenis tumbuhan tersebut.
Rubrik
“Pengamatan” dalam mengukur pencapaian kompetensi siswa
MENGUMPULKAN
INFORMASI
o
Siswa
menggali informasi tentang manfaat-manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia,
mulai dari akar, batang hingga buahnya.
o
Siswa
berupaya mengidentifikasi peranan tumbuhan dalam kegiatan ekspor dan impor,
khususnya non migas.
o Siswa mencari dari berbagai
sumber contoh-contoh jenis tumbuhan yang biasa dipergunakan sebagai tumbuhan
ekspor, misalnya rotan, kayu, buah-buahan seperti mangga, dan masih banyak
lagi.
MENGASOSIASI
o
Siswa
mengamati cara melakukan pull up sebagai bagian dari latihan otot
untuk melatih kekuatannya.
o
Siswa
dengan dibantu oleh dua orang siswa yang lain berupaya untuk melakukan
kegiatan pull up, mengingat gerakan ini termasuk sulit untuk
dilakukan.
o
Kedua
orang teman memegang kedua kaki teman yang akan melakukan pull dan
membantunya dengan cara mendorong kaki teman tersebut.
o
Setelah
terbiasa, siswa mencoba untuk melakukannya sendiri tanpa bantuan siswa lain,
secara bergantian.
o Siswa mencoba melakukannya pada
awal hanya sampai hitungan kelima, kesepuluh dan seterusnya. Aktifitas pull
up ini harus dilakukan secara bertahap untuk menghindari cedera yang
tidak diinginkan.
Penilaian
dengan ceklis ”Melatih Kekuatan Otot Tangan”
MENGKOMUNIKASIKAN
o
Siswa
menayangkan hasil karyanya berupa pot bunga menggunakan bahan-bahan yang
tersedia di alam. Bahan-bahan tersebut bisa berupa ranting, bunga atau
dedaunan.
o
Siswa
mencoba membuah hiasan pot bunga tersebut menggunakan salah satu motif hias
nusantara.
o Siswa bisa menggunakan bantuan
cat air bila perlu untuk mengisi bagian-bagian kosong yang tidak mungkin
diisi oleh bahan-bahan dari alam.
REMEDIAL
1.
Apakah
yang dimaksud dengan kegiatan ekspor dan impor?
2.
Apakah
peranan tumbuhan dalam sebuah kegiatan industri?
3.
Kegiatan
ekspor apakah yang terdapat di daerah tempat tinggalmu?
4.
Berikan
contoh - contoh penggunaan tumbuhan dalam berbagai sektor ekspor non migas.
a.Sektor kehutanan
b.
Sektor industri
c.
Sektor pertanian
d.
Sektor Kerajinan tangan
PENGAYAAN
Manfaat
tumbuhan bagi manusia banyak sekali, salah satunya bagi kesehatan. Di
Indonesia sendiri banyak terdapat tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat. Coba
kumpulkan 5 gambar tanaman asli Indonesia yang berkhasiat sebagai obat.
Berilah penjelasan singkat pada setiap gambar tersebut.
Menjadi Ahli Tanaman
o
Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong siswa melakukan riset
sederhana namun mendalam tentang satu jenis tanaman dengan menggali
informasi, menyeleksi informasi, membuat hubungan, dan menyajikannya dalam
bentuk poster yang dihiasi oleh ornamen dekoratif dari unsur tanaman.
Langkah Kegiatan:
o
Guru
menjelaskan tujuan kegiatan dan tahapannya.
o
Siswa
bekerja di dalam kelompok yang terdiri dari maksimal tiga orang.
o
Siswa
di dalam kelompok mendiskusikan tanaman apa yang hendak mereka identifikasi,
dan memberitahukan kepada Guru untuk dicatat, agar kelompok lain tidak
membahas jenis tanaman yang sama.
o
Siswa
berdiskusi untuk membuat rencana penyelesaian kegiatan dengan membagi tugas
dan mencari informasi sebanyak-banyaknya dengan menggunakan berbagai media.
o
Informasi
yang diperlukan untuk ditampilkan dalam poster: Kelebihan/keistimewaan atau
khasiat dari tanaman
o
Produk
atau hasil olahan yang dihasilkan dari tanaman tersebut. Atau dalam bentuk
apa tanaman tersebut digunakan masyarakat.
o Cara mengolah tanaman sehingga
menjadi produk yang bisa dimanfaatkan banyak orang.
o Siswa juga merencanakan
bagaimana mengatur tata letak poster, informasi apa saja yang akan
ditampilkan, dalam bentuk apa, gambar apa saja yang akan dimunculkan di dalam
poster.
o Siswa berlokaborasi untuk
mengerjakan kegiatan. Guru memfasilitasi, memberikan arahan dan bimbingan
jika diperlukan.
o Siswa diberi kebebasan untuk
mengambil keputusan di dalam kelompok untuk mengatur penyelesaian kegiatan.
o Dalam waktu yang ditentukan siswa
menampilkan posternya di depan kelas.
o Semua anggota kelompok
bertindak sebagai seorang Ahli Tanaman yang memahami betul tentang tanaman
yang mereka pilih, dan menjelaskannya kepada siswa lain.
o Siswa lain menyimak dan
memberikan tanggapan. Guru memfasilitasi diskusi.
Kriteria
Keberhasilan:
o
Semua
informasi dalam poster disampaikan dengan jelas, detil dan akurat.
o
Semua
informasi yang diminta disajikan dalam poster.
o
Bahasa
yang digunakan dalam poster adalah bahasa persuasi yang efektif
o
Tata
letak poster menarik dan mengundang minat untuk dibaca.
o Ornamen dekoratif yang
digunakan pada poster merupakan ornament turunan atau modifikasi dari bentuk
bagian tanaman.
o
Ornament
dekoratif terlihat artistik dan dibuat dengan kreatif.
o
Siswa
dapat bekerja sama dengan baik
o
Siswa
dapat menyelesaikan kegiatan tepat pada waktunya
o Siswa dapat mempresentasikan
hasil pekerjaannya dengan penuh percaya diri, mampu menjawab pertanyaan
dengan baik dan akurat
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Menghias Pot Bunga
Kompetensi
yang dinilai:
o Pengetahuan
siswa tentang motif hias
o Keterampilan
dan kreatifitas siswa dalam menghias pot bunga
o Sikap
disiplin dalam mengerjakan tugas
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kreativitas
|
Pot bunga dihias menggunakan motif yang lain daripada yang lain,
unik dan menarik. Bahan-bahan alam yang dipergunakan juga banyak ragamnya
|
Pot bunga dihias menggunakan motif yang hias nusantara yang
diberikan, namun bahan-bahan alam yang dipergunakan banyak ragamnya
|
Pot bunga dihias menggunakan motif yang hias nusantara yang
diberikan, dan bahan-bahan alam yang dipergunakan kurang banyak ragamnya
|
Pot bunga dihias menggunakan motif yang terlihat asal-asalan dan
menggunakan bahan-bahan alama yang kurang banyak ragamnya
|
Kerapian
|
Pot bunga dihias dengan sangat rapi dan terlihat ketelitian si
pembuat
|
Pot bunga dihias dengan rapi namun ada beberapa bagian yang
masih terlihat kosong dari bahan alam
|
Pot bunga dihiasi dengan kurang rapi dan ada beberapa bagian
yang masih terlihat kosong dari bahan alam
|
Pot bunga dihiasi dengan sangat tidak rapi, berantakan dan masih
ada beberapa bagian yang terlihat kosong dari bahan alam
|
Ketepatan waktu
|
Pot bunga dikerjakan dan dikumpulkan sebelum waktu yang
ditentukan
|
Pot bunga dikerjakan dan dikumpulkan tepat pada waktu yang
ditentukan
|
Pot bunga dikerjakan dan dikumpulkan sesudah diberi kelonggaran
waktu beberapa saat
|
Pot bunga tetap tidak selesai dikerjakan sekalipun sudah diberi
kelonggaran waktu beberapa saat
|
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar
-gambar bagian tumbuhan, gambar motif hias.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206
201406 2 006
LEMBAR
KERJA SISWA
(LKS)
Tumbuhan sebagai bahan makanan.
Tumbuhan di sekitar kita
banyak yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Bagian-bagian
tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan antara lain akar, batang,
daun, bunga, buah, dan biji.
a. Contoh tumbuhan yang
dimanfaatkan akarnya, yaitu
_______________________________________________________________________
b. Contoh tumbuhan yang
dimanfaatkan batangnya, yaitu
_______________________________________________________________________
c. Contoh tumbuhan yang
dimanfaatkan daunnya, yaitu
_______________________________________________________________________
d. Contoh tumbuhan yang
dimanfaatkan bunganya, yaitu kol, kubis, dan turi. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan
buahnya, yaitu
_______________________________________________________________________
e. Contoh tumbuhan yang
dimanfaatkan bijinya, yaitu
_______________________________________________________________________
Tumbuhan sebagai bahan
obat-obatan.
Bagian-bagian
tumbuhan yang dapat digunakan untuk bahan obat-obatan, antara lain akar,
batang, daun, bunga, dan biji.
a. Contoh tumbuhan yang
dimanfaatkan akarnya untuk obat, yaitu ___________
____________________________________________________________________
b. Contoh tumbuhan yang
dimanfaatkan batangnya untuk obat, yaitu _________
____________________________________________________________________
c. Contoh tumbuhan yang
dimanfaatkan daunnya untuk obat, yaitu __________
____________________________________________________________________
d. Contoh tumbuhan yang
dimanfaatkan bunganya untuk obat, yaitu _________
____________________________________________________________________
e. Contoh tumbuhan yang
dimanfaatkan buahnya untuk obat, yaitu __________
____________________________________________________________________
f.
Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan bijinya untuk obat, yaitu ____________
____________________________________________________________________
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment