Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 5

TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 24 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 5/1
Tema 5                                  : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Indonesiaku, Bangsa yang Cinta Damai / 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.4 Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dab rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1 Menunjukkan pemanfaatan produk hasil tanaman antara Indonesia dan luar negeri
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1 Merancang iklan barang perdagangan luar negeri.

b) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa
3.1.1 Menyebutkan prinsip-prinsip seni dalam berkarya seni rupa
4.2 Menggambar dekoratif ber-dasarkan motif hias nusantara dengan menerapkan irama dan keseimbangan
4.2.1 Menggambar dekoratif dengan memanfaatkan motif hias nusantara.

c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.2 Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
3.2.1 Memberikan contoh bagian-bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan oleh manusia
4.2 Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia
4.2.1 Merancang rencana pemanfaatan bagian tumbuhan bagi manusia

d) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.1 Memahami pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh
3.1.1 Menceritakan pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh
4.6 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan teknik dasar senam menggunakan alat
4.6.1 Memperagakan gerakan pull up sebagai pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/teknik dasar senam

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
2.      Dekoratif ber-dasarkan motif hias nusantara dengan menerapkan irama dan keseimbangan
3.      Bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
4.      Pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bangsa sebagai bangsa Indonesiaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Kegiatan: MENGAMATI
o   Siswa membaca teks bacaan tentang halaman rumah kakek Udin. Ini merupakan kegiatan awal yang me­minta siswa mengamati jenis-jenis tumbuhan yang terdapat di halaman rumah kakek yang tentunya merupakan jenis tumbuhan yang biasa didapati di halaman rumah siswa.
o   Siswa menuliskan hasil pengamatannya sehubu-ngan dengan jenis-jenis tumbuhan yang ditampilkan dalam gambar. Siswa mengidentifikasi keberadaan akar, batang, daun, bunga dan buah bagi setiap jenis tumbuhan yang ada.
o   Guru membimbing siswa dan memastikan siswa memahami instruksi yang diberikan, yaitu dengan memberikan tanda centang bagi setiap jenis tumbuhan tersebut.
Rubrik “Pengamatan” dalam mengukur pencapaian kompetensi siswa

MENGUMPULKAN INFORMASI
o   Siswa menggali informasi tentang manfaat-manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia, mulai dari akar, batang hingga buahnya.
o   Siswa berupaya mengidentifikasi peranan tumbuhan dalam kegiatan ekspor dan impor, khususnya non migas.
o   Siswa mencari dari berbagai sumber contoh-contoh jenis tumbuhan yang biasa dipergunakan sebagai tumbuhan ekspor, misalnya rotan, kayu, buah-buahan seperti mangga, dan masih banyak lagi.

MENGASOSIASI
o   Siswa mengamati cara melakukan pull up sebagai bagian dari latihan otot untuk melatih kekuatannya.
o   Siswa dengan dibantu oleh dua orang siswa yang lain berupaya untuk melakukan kegiatan pull up, mengingat gerakan ini termasuk sulit untuk dilakukan.
o   Kedua orang teman memegang kedua kaki teman yang akan melakukan pull dan membantunya dengan cara mendorong kaki teman tersebut.
o   Setelah terbiasa, siswa mencoba untuk melakukannya sendiri tanpa bantuan siswa lain, secara bergantian.
o   Siswa mencoba melakukannya pada awal hanya sampai hitungan kelima, kesepuluh dan seterusnya. Aktifitas pull up ini harus dilakukan secara bertahap untuk menghindari cedera yang tidak diinginkan.
Penilaian dengan ceklis ”Melatih Kekuatan Otot Tangan”

MENGKOMUNIKASIKAN
o   Siswa menayangkan hasil karyanya berupa pot bunga menggunakan bahan-bahan yang tersedia di alam. Bahan-bahan tersebut bisa berupa ranting, bunga atau dedaunan.
o   Siswa mencoba membuah hiasan pot bunga tersebut menggunakan salah satu motif hias nusantara.
o   Siswa bisa menggunakan bantuan cat air bila perlu untuk mengisi bagian-bagian kosong yang tidak mungkin diisi oleh bahan-bahan dari alam.

REMEDIAL
1.      Apakah yang dimaksud dengan kegiatan ekspor dan impor?
2.      Apakah peranan tumbuhan dalam sebuah kegiatan industri?
3.      Kegiatan ekspor apakah yang terdapat di daerah tempat tinggalmu?
4.      Berikan contoh - contoh penggunaan tumbuhan dalam berbagai sektor ekspor non migas.
a.Sektor kehutanan
b. Sektor industri
c. Sektor pertanian
d. Sektor Kerajinan tangan

PENGAYAAN
Manfaat tumbuhan bagi manusia banyak sekali, salah satunya bagi kesehatan. Di Indonesia sendiri banyak terdapat tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat. Coba kumpulkan 5 gambar tanaman asli Indonesia yang berkhasiat sebagai obat. Berilah penjelasan singkat pada setiap gambar tersebut.
Menjadi Ahli Tanaman
o   Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong siswa melakukan riset sederhana namun mendalam tentang satu jenis tanaman dengan menggali informasi, menyeleksi informasi, membuat hubungan, dan menyajikannya dalam bentuk poster yang dihiasi oleh ornamen dekoratif dari unsur tanaman.

Langkah Kegiatan:
o   Guru menjelaskan tujuan kegiatan dan tahapannya.
o   Siswa bekerja di dalam kelompok yang terdiri dari maksimal tiga orang.
o   Siswa di dalam kelompok mendiskusikan tanaman apa yang hendak mereka iden­tifikasi, dan memberitahukan kepada Guru untuk dicatat, agar kelompok lain tidak membahas jenis tanaman yang sama.
o   Siswa berdiskusi untuk membuat rencana penyelesaian kegiatan dengan membagi tugas dan mencari informasi sebanyak-banyaknya dengan menggunakan berbagai media.
o   Informasi yang diperlukan untuk ditampilkan dalam poster: Kelebihan/keistimewaan atau khasiat dari tanaman
o   Produk atau hasil olahan yang dihasilkan dari tanaman tersebut. Atau dalam bentuk apa tanaman tersebut digunakan masyarakat.
o   Cara mengolah tanaman sehingga menjadi produk yang bisa dimanfaatkan banyak orang.
o   Siswa juga merencanakan bagaimana mengatur tata letak poster, informasi apa saja yang akan ditampilkan, dalam bentuk apa, gambar apa saja yang akan dimunculkan di dalam poster.
o   Siswa berlokaborasi untuk mengerjakan kegiatan. Guru memfasilitasi, memberikan arahan dan bimbingan jika diperlukan.
o   Siswa diberi kebebasan untuk mengambil keputusan di dalam kelompok untuk mengatur penyelesaian kegiatan.
o   Dalam waktu yang ditentukan siswa menampilkan posternya di depan kelas.
o   Semua anggota kelompok bertindak sebagai seorang Ahli Tanaman yang memahami betul tentang tanaman yang mereka pilih, dan menjelaskannya kepada siswa lain.
o   Siswa lain menyimak dan memberikan tanggapan. Guru memfasilitasi diskusi.

Kriteria Keberhasilan:
o   Semua informasi dalam poster disampaikan dengan jelas, detil dan akurat.
o   Semua informasi yang diminta disajikan dalam poster.
o   Bahasa yang digunakan dalam poster adalah bahasa persuasi yang efektif
o   Tata letak poster menarik dan mengundang minat untuk dibaca.
o   Ornamen dekoratif yang digunakan pada poster merupakan ornament turunan atau modifikasi dari bentuk bagian tanaman.
o   Ornament dekoratif terlihat artistik dan dibuat dengan kreatif.
o   Siswa dapat bekerja sama dengan baik
o   Siswa dapat menyelesaikan kegiatan tepat pada waktunya
o   Siswa dapat mempresentasikan hasil pekerjaannya dengan penuh percaya diri, mampu menjawab pertanyaan dengan baik dan akurat

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar       : Essay (uraian).



Penilaian
Rubrik Menghias Pot Bunga
Kompetensi yang dinilai:
o    Pengetahuan siswa tentang motif hias
o    Keterampilan dan kreatifitas siswa dalam menghias pot bunga
o    Sikap disiplin dalam mengerjakan tugas
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Kreativitas
Pot bunga dihias menggunakan motif yang lain daripada yang lain, unik dan menarik. Bahan-bahan alam yang dipergunakan juga banyak ragamnya
Pot bunga dihias menggunakan motif yang hias nusantara yang diberikan, namun bahan-bahan alam yang dipergunakan banyak ragamnya
Pot bunga dihias menggunakan motif yang hias nusantara yang diberikan, dan bahan-bahan alam yang dipergunakan kurang banyak ragamnya
Pot bunga dihias menggunakan motif yang terlihat asal-asalan dan menggunakan bahan-bahan alama yang kurang banyak ragamnya
Kerapian
Pot bunga dihias dengan sangat rapi dan terlihat ketelitian si pembuat
Pot bunga dihias dengan rapi namun ada beberapa bagian yang masih terlihat kosong dari bahan alam
Pot bunga dihiasi dengan kurang rapi dan ada beberapa bagian yang masih terlihat kosong dari bahan alam
Pot bunga dihiasi dengan sangat tidak rapi, berantakan dan masih ada beberapa bagian yang terlihat kosong dari bahan alam
Ketepatan waktu
Pot bunga dikerjakan dan dikumpulkan sebelum waktu yang ditentukan
Pot bunga dikerjakan dan dikumpulkan tepat pada waktu yang ditentukan
Pot bunga dikerjakan dan dikumpulkan sesudah diberi kelonggaran waktu beberapa saat
Pot bunga tetap tidak selesai dikerjakan sekalipun sudah diberi kelonggaran waktu beberapa saat

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar -gambar bagian tumbuhan, gambar motif hias.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006


LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Tumbuhan sebagai bahan makanan.
Tumbuhan di sekitar kita banyak yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Bagian-bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan antara lain akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.
a. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan akarnya, yaitu

_______________________________________________________________________

b. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan batangnya, yaitu

_______________________________________________________________________ 

c. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya, yaitu

_______________________________________________________________________

d. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan bunganya, yaitu kol, kubis, dan turi. Contoh     tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya, yaitu

_______________________________________________________________________

e. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan bijinya, yaitu

_______________________________________________________________________

Tumbuhan sebagai bahan obat-obatan.
Bagian-bagian tumbuhan yang dapat digunakan untuk bahan obat-obatan, antara lain akar, batang, daun, bunga, dan biji.

a. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan akarnya untuk obat, yaitu ___________ 

____________________________________________________________________

 b. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan batangnya untuk obat, yaitu _________ ____________________________________________________________________

c. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya untuk obat, yaitu __________ 

____________________________________________________________________

d. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan bunganya untuk obat, yaitu _________ ____________________________________________________________________

e. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya untuk obat, yaitu __________ 

____________________________________________________________________

f. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan bijinya untuk obat, yaitu ____________ 

____________________________________________________________________

MEDIA
TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 5

TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 5

TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 5
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors