RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 5 : Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Indonesiaku, Bangsa yang Cinta
Damai / 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1
Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3
Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam
sekitar melalui berkarya seni
3.1
Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa
3.1.1
Mengidentifikasikan prinsip-prinsip seni dalam berkarya seni rupa
4.2
Menggambar dekoratif berdasarkan motif hias nusantara dengan menerapkan irama
dan keseimbangan
4.2.1 Menggambar
dekoratif di kain dengan memanfaatkan motif hias nusantara..
b) Bahasa Indonesia
1.2
Meresapi anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan dan
lingkungan alam
2.5
Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan
Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3
Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan
ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1
Menjelaskan manfaat perdagangan internasional dalam bidang pengembangan teknologi
4.3
Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi
antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1 Memaparkan pentingnya kegiatan perdagangan
internasional dalam bidang pengembangan teknologi bagi Indonesia.
c) PPKn
1.1
Menghargai semangat kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa
pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial,
dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.2
Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi,
budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila
dan UUD 1945
3.4
Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
3.4.1
Menjelaskan hubungan antara koperasi dengan nilai-nilai persatuan.
4.4
Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
4.4.1 Menyebutkan tindakan untuk meningkatkan penerapan
persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar dan sekolah
d) IPS
1.3
Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3
Menunjukkan perilaku peduli, gotong-royong, tanggungjawab dalam berpartisipasi
penanggulangan permasalahan lingkungan hidup
3.4
Memahami manusia Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan
peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
3.4.1
Mengenal bentuk, fungsi, dan peran kelembagaan ekonomi yang ada di masyarakat.
4.4
Menceritakan secara tertulis pemahaman tentang manusia Indonesia dan
aktivitasnya yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial,
ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
4.4.1 Membuat artikel sederhana mengenai manusia
Indonesia dan aktivitasnya yang terkait dengan fungsi dan perannya di lembaga
sosial,ekonomi, dan budaya.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Prinsip
seni dalam berkarya seni rupa
2.
Isi
teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa indonesia
3. Nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah
dan masyarakat
4.
Bentuk,
fungsi, dan peran kelembagaan ekonomi yang ada di masyarakat.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Bangsa sebagai bangsa Indonesiaku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Kegiatan:
MENGAMATI
o Setelah mencermati percakapan yang
disajikan pada buku siswa, dan mencari hubungan koperasi dengan nilai-nilai
persatuan.
o
Setelah
percakapan selesai, siswa memberikan pendapatnya tentang percakapan tersebut
o
Guru
dapat memberikan pertanyaan arah seperti Apakah yang dimaksud dengan
Koperasi? Apakah fungsi koperasi? Bagaimana koperasi sesuai dengan
nilai-nilai persatuan?
o Guru membimbing siswa dalam
memahami topik yang dibahas
MENGUMPULKAN INFORMASI
o
Siswa
berdiskusi bersama dengan kelompoknya tentang perilaku-perilaku atau tindakan
yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai-nilai persatuan di lingkungan
sekitar dan sekolah
o
Siswa
menggunakan keterampilan menanyanya untuk mencari informasi tentang tindakan
yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai-nilai persatuan
o Siswa bersama dengan
kelompoknya menuliskan hasil diskusinya dan mempresentasikannya di depan
kelas
MENGASOSIASI
o
Siswa
membaca teks bacaan di buku siswa secara mandiri.
o
Guru
membuat kelompok diskusi yang terdiri dari 4-5 orang siswa
o
Guru
menjelaskan kegiatan selanjutnya yaitu mengamati hubungan kegiatan ekonomi
dengan kondisi geografis alam
o
Siswa
mengamati kondisi geografis di daerahnya dan mengidentifikasikan kegiatan
ekonomi yang terjadi di daerahnya.
o Siswa menganalisis hubungan
geografis dengan perekonomian masyarakat
Rubrik “Laporan Kelompok” untuk mengukur ketercapaian kompetensi
MENANYA
o
Setelah
selesai menjawab pertanyaan, siswa menuliskan pertanyaan yang ingin diketahui
lebih banyak tentang topik yang dibahas
o
Siswa
menggali informasi dengan bertanya kepada orangtua atau guru
o
Siswa
menuliskan pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal yang ingin mereka ketahui
berdasarkan gambar yang mereka amati sebelumnya.
o
Siswa
menuliskan pertanyaan-pertanyaan tersebut di “Kartu Tanya” yang mereka buat
sendiri atau di buku lalu menukarkannya dengan teman yang lain.
o
Guru
memfasilitasi diskusi tentang pertanyaan-pertanyaan yang muncul.
o
Siswa
mencari informasi yang penting dari bacaan tersebut dan membuat ringkasan
tentang informasi penting yang mereka temukan dari bacaan.
o Siswa secara bergantian
membacakan ringkasannya, siswa lain menyimak dan memberikan tanggapan jika
diperlukan.
MENGASOSIASI
o
Siswa
diingatkan kembali tentang peran dan penting nya iklan dalam kegiatan
perekonomian.
o
Siswa
menyebutkan fungsi dan peran iklan secara umum yang mereka ketahui.
o
Guru
mengarahkan diskusi dengan meminta siswa menjelaskan kembali kriteria umum
iklan yang baik dan jenis iklan yang mereka ketahui.
o Guru menunjukkan sebuah iklan
dari surat kabar atau majalah dan meminta siswa untuk mendeskripsikan semua
informasi yang mereka dapatkan dari iklan tersebut
o
Siswa
menjelaskan pendapat mereka tentang iklan tersebut: apakah menarik,
mengundang mereka untuk membaca, menemukan manfaat dari informasi yang
diberikan, merasa terdorong untuk membeli atau mengikuti saran yang diberikan
pada iklan tersebut.
o
Dengan
menggunakan metode yang sama, siswa mengamati gambar iklan yang ada pada buku
siswa.
o
Siswa
menjelaskan informasi yang mereka dapatkan dari iklan tersebut dan
menuliskannya di dalam buku.
o
Secara
bergantian siswa menjelaskan informasi yang didapatkan dari iklan tersebut.
o Siswa lain menyimak dan guru
memfasilitasi diskusi. (Kegiatan Mencoba)
MENGKOMUNIKASIKAN
o
Guru
menjelaskan tentang kekayaan budaya Indonesia
o
Guru
menjelaskan kekayaan budaya daerah yang patut dilestarikan. Salah satu dari
kebudayaan itu adalah kain
o
Guru
menjelaskan kembali tentang prinsip seni rupa
o
Siswa
dapat memilih teknik melukis yang akan digunakan
o
Guru
membimbing siswa dalam membuat motif kain
o Siswa membuat kerajinan tangan
dengan membuat lukisan motif kain
Rubrik
“Membuat motif kain” untuk mengukur ketercapaian kompetensi.
REMEDIAL
1.
Sebutkan
teknik melukis yang kamu ketahui
2.
Sebutkan
perilaku yang mencerminkan nilai-nilai persatuan
3.
Apakah
kita perlu mengamalkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari?
4.
Apa
yang kamu lakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam keluarga?
5.
Sebutkan
dasar-dasar seni rupa
6.
Sebutkan
kegiatan ekonomi yang kamu ketahui
PENGAYAAN : –
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik membuat motif kain
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Tekhnik
(Pengetahuan)
|
Keseluruhan
gambar menggunakan teknik menggambar: prinsip dan tata cara menggambar yang
benar
|
Gambar
menggunakan teknik menggambar: prinsip dan tata cara menggambar yang benar
|
Beberapa
bagian pada gambar menggunakan teknik menggambar: prinsip dan tata cara
menggambar yang benar
|
Hanya
sedikit bagian pada gambar yang menggunakan teknik menggambar: prinsip dan
tata cara menggambar yang benar
|
Keteraturan
dan kekonstanan bentuk sangat baik sesuai dengan proporsi dan komposisi
|
Keteraturan
dan kekonstanan bentuk baik sesuai dengan proporsi dan komposisi
|
Keteraturan
dan kekonstanan bentuk cukup sesuai dengan proporsi dan komposisi
|
Keteraturan
dan kekonstanan bentuk kurang sesuai dengan proporsi dan komposisi
|
|
Kemandirian dan pengumpulan
tugas
|
Menunjukkan
kemandirian penuh dalam pengerjaan tugas dan mengumpulkan tugas sebelum
waktu yang ditentukan
|
Mandiri
dalam pengerjaan tugas dan tepat waktu dalam me-ngumpulkan tugas
|
Menunjukkan
kemandirian namun belum stabil dalam sebagian besar proses dan terlambat
me-ngumpulkan tugas
|
Belum
me-nunjukkan kemandirian dan sangat terlambat me-ngumpulkan tugas
|
Keterampilan
|
Sangat
terampil dalam membuat motif hias nusantara
|
Terampil
dalam membuat motif hias nusantara
|
Cukup
terampil dalam membuat motif hias nusantara
|
Kurang
terampil dalam membuat motif hias nusantara
|
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Pengetahuan tentang
Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Gambar-gambar contoh Iklan Layanan Masyarakat
(ILM), Teori ciri dan karakteristik Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Teknik
membuat pertanyaan wawancara, melakukan wawancara dan membuat laporan hasil
wawancara
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206
201406 2 006
LEMBAR
KERJA SISWA
(LKS)
Warnailah Motif Hias Nusantara Berikut:
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment