Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 6

TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 25 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 5/1
Tema 5                                   : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Indonesiaku, Bangsa yang Cinta Damai / 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tang­gung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa
3.1.1 Mengidentifikasikan prinsip-prinsip seni dalam berkarya seni rupa
4.2 Menggambar dekoratif berdasarkan motif hias nusantara dengan menerapkan irama dan keseimbangan
4.2.1 Menggambar dekoratif di kain dengan memanfaatkan motif hias nusantara..

b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan dan lingkungan alam
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menjelaskan manfaat perdagangan internasional dalam bidang pengembangan teknologi
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1 Memaparkan pentingnya kegiatan perdagangan internasional dalam bidang pengembangan teknologi bagi Indonesia.

c) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
3.4.1 Menjelaskan hubungan antara koperasi dengan nilai-nilai persatuan.
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
4.4.1 Menyebutkan tindakan untuk meningkatkan penerapan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar dan sekolah

d) IPS
1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku peduli, gotong-royong, tanggungjawab dalam berpar­tisipasi penanggulangan permasalahan lingkungan hidup
3.4 Memahami manusia Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
3.4.1 Mengenal bentuk, fungsi, dan peran kelembagaan ekonomi yang ada di masyarakat.
4.4 Menceritakan secara tertulis pemahaman tentang manusia Indonesia dan aktivitasnya yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
4.4.1 Membuat artikel sederhana mengenai manusia Indonesia dan aktivitasnya yang terkait dengan fungsi dan perannya di lembaga sosial,ekonomi, dan budaya.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Prinsip seni dalam berkarya seni rupa
2.      Isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa indonesia
3.      Nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
4.      Bentuk, fungsi, dan peran kelembagaan ekonomi yang ada di masyarakat.

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bangsa sebagai bangsa Indonesiaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Kegiatan: MENGAMATI
o   Setelah mencermati percakapan yang disajikan pada buku siswa, dan mencari hubungan koperasi dengan nilai-nilai persatuan.
o   Setelah percakapan selesai, siswa memberikan pendapatnya tentang percakapan tersebut
o   Guru dapat memberikan pertanyaan arah seperti Apakah yang dimaksud dengan Koperasi? Apakah fungsi koperasi? Bagaimana koperasi sesuai dengan nilai-nilai persatuan?
o   Guru membimbing siswa dalam memahami topik yang dibahas

MENGUMPULKAN INFORMASI
o   Siswa berdiskusi bersama dengan kelompoknya tentang perilaku-perilaku atau tindakan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai-nilai persatuan di lingkungan sekitar dan sekolah
o   Siswa menggunakan keterampilan menanyanya untuk mencari informasi tentang tindakan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai-nilai persatuan
o   Siswa bersama dengan kelompoknya menuliskan hasil diskusinya dan mempresentasikannya di depan kelas

MENGASOSIASI
o   Siswa membaca teks bacaan di buku siswa secara mandiri.
o   Guru membuat kelompok diskusi yang terdiri dari 4-5 orang siswa
o   Guru menjelaskan kegiatan selanjutnya yaitu mengamati hubungan kegiatan ekonomi dengan kondisi geografis alam
o   Siswa mengamati kondisi geografis di daerahnya dan mengidentifikasikan kegiatan ekonomi yang terjadi di daerahnya.
o   Siswa menganalisis hubungan geografis dengan perekonomian masyarakat
Rubrik “Laporan Kelompok” untuk mengukur ketercapaian kompetensi

MENANYA
o   Setelah selesai menjawab pertanyaan, siswa menuliskan pertanyaan yang ingin diketahui lebih banyak tentang topik yang dibahas
o   Siswa menggali informasi dengan bertanya kepada orangtua atau guru
o   Siswa menuliskan pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal yang ingin mereka ketahui berdasarkan gambar yang mereka amati sebelumnya.
o   Siswa menuliskan pertanyaan-pertanyaan tersebut di “Kartu Tanya” yang mereka buat sendiri atau di buku lalu menukarkannya dengan teman yang lain.
o   Guru memfasilitasi diskusi tentang pertanyaan-pertanyaan yang muncul.
o   Siswa mencari informasi yang penting dari bacaan tersebut dan membuat ringkasan tentang informasi penting yang mereka temukan dari bacaan.
o   Siswa secara bergantian membacakan ringkasannya, siswa lain menyimak dan memberikan tanggapan jika diperlukan.

MENGASOSIASI
o   Siswa diingatkan kembali tentang peran dan penting nya iklan dalam kegiatan perekonomian.
o   Siswa menyebutkan fungsi dan peran iklan secara umum yang mereka ketahui.
o   Guru mengarahkan diskusi dengan meminta siswa menjelaskan kembali kriteria umum iklan yang baik dan jenis iklan yang mereka ketahui.
o   Guru menunjukkan sebuah iklan dari surat kabar atau majalah dan meminta siswa untuk mendeskripsikan semua informasi yang mereka dapatkan dari iklan tersebut
o   Siswa menjelaskan pendapat mereka tentang iklan tersebut: apakah menarik, mengundang mereka untuk membaca, menemukan manfaat dari informasi yang diberikan, merasa terdorong untuk membeli atau mengikuti saran yang diberikan pada iklan tersebut.
o   Dengan menggunakan metode yang sama, siswa mengamati gambar iklan yang ada pada buku siswa.
o   Siswa menjelaskan informasi yang mereka dapatkan dari iklan tersebut dan menuliskannya di dalam buku.
o   Secara bergantian siswa menjelaskan informasi yang didapatkan dari iklan tersebut.
o   Siswa lain menyimak dan guru memfasilitasi diskusi. (Kegiatan Mencoba)

MENGKOMUNIKASIKAN
o   Guru menjelaskan tentang kekayaan budaya Indonesia
o   Guru menjelaskan kekayaan budaya daerah yang patut dilestarikan. Salah satu dari kebudayaan itu adalah kain
o   Guru menjelaskan kembali tentang prinsip seni rupa
o   Siswa dapat memilih teknik melukis yang akan digunakan
o   Guru membimbing siswa dalam membuat motif kain
o   Siswa membuat kerajinan tangan dengan membuat lukisan motif kain
Rubrik “Membuat motif kain” untuk mengukur ketercapaian kompetensi.

REMEDIAL
1.      Sebutkan teknik melukis yang kamu ketahui
2.      Sebutkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai persatuan
3.      Apakah kita perlu mengamalkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari?
4.      Apa yang kamu lakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam keluarga?
5.      Sebutkan dasar-dasar seni rupa
6.      Sebutkan kegiatan ekonomi yang kamu ketahui

PENGAYAAN : –

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian
                        Rubrik membuat motif kain
            Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Tekhnik
(Pengetahuan)
Keseluruhan gambar menggunakan teknik menggambar: prinsip dan tata cara menggambar yang benar
Gambar mengguna­kan teknik menggam­bar: prinsip dan tata cara menggambar yang benar
Beberapa bagian pada gambar menggunakan teknik menggambar: prinsip dan tata cara menggambar yang benar
Hanya sedikit bagian pada gambar yang menggunakan teknik meng­gambar: prinsip dan tata cara menggambar yang benar
Keteraturan dan kekonstanan bentuk sangat baik sesuai dengan proporsi dan komposisi
Keteraturan dan kekonstanan bentuk baik sesuai dengan proporsi dan komposisi
Keteraturan dan kekonstanan bentuk cukup sesuai dengan proporsi dan komposisi
Keteraturan dan kekonstanan bentuk kurang sesuai dengan proporsi dan komposisi
Kemandirian dan pengumpulan tugas
Menunjukkan kemandirian penuh dalam pengerjaan tugas dan mengumpul­kan tugas se­belum waktu yang ditentu­kan
Man­diri dalam pengerjaan tugas dan tepat waktu dalam me-ngumpulkan tugas
Menunjukkan kemandirian namun belum stabil dalam sebagian be­sar proses dan terlambat me-ngumpulkan tugas
Belum me-nunjukkan kemandirian dan sangat terlambat me-ngumpulkan tugas
Keterampilan
Sangat terampil dalam membuat motif hias nusantara
Terampil dalam membuat motif hias nusantara
Cukup terampil dalam membuat motif hias nusantara
Kurang terampil dalam membuat motif hias nusantara
                                                        
F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Pengetahuan tentang Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Gambar-gambar contoh Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Teori ciri dan karakteristik Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Teknik membuat pertanyaan wawancara, melakukan wawancara dan membuat laporan hasil wawancara

Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Warnailah  Motif Hias Nusantara Berikut:


MEDIA

TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 6






Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors