Home » » TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 2

TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 25 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                          : 3/1
Tema 6                                       : Indahnya Persahabatan
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Tumnuhan Sahabatku/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mersapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, benda dan sifatnya, energy dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Menyusun teks arahan/ petunjuk tentang perawatan tumbuhan berdasarkan gambar berseri dengan penggunaan tanda baca titik dan koma yang tepat
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/ petunjuk tentang perawatanhewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menceritakan teks arahan/petunjuk tentang perawatan tumbuhan secara lisan.

b) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.6 Mengetahui konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak ritmik.
3.6.1 Mengidentifikasi konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6.1 Mempraktikkan penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa musik dalam aktivitas gerak ritmik.

c) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1 Memahami simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Menjelaskan makna simbol sila ketiga Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-silaPancasila.
4.1.1 Melakukan pengamatan tentang perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila ketiga Pancasila.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menjelaskan teks arahan/ petunjuk tentang perawatan pohon beringin yang di dengar dengan bahasa sendiri.
2.      Mengenal dan mempraktikkan permainan Kucing-kucingan dengan iringan tepuk tangan.
3.      Mengenal lambang sila ketiga Pancasila dan perilaku-perilaku yang mencerminkan sila ketiga

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengucap salam dan menyapa siswa.
o   Guru memeriksa kehadiran siswa.
o   Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
o   Guru menjelaskan topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
o   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
o   Siswa diminta membaca nyaring teks Pohon Beringin.
o   Siswa mendengar teks arahan/petunjuk perawatan pohon beringin.
·         Teks: Setiap minggu, warga bersama-sama membersihkan lingkungan.
·         Pohon beringin ikut dirawat dan dibersihkan juga. Hal pertama yang dilakukan warga adalah memangkas ranting-ranting kecil yang tumbuh liar.
·         Kemudian warga membasmi benalu pada pohon beringin.
·         Benalu adalah tanaman parasit yang tumbuh di dahan beringin.
·         Benalu menumpang dan mengisap sari makanan pohon beringin. Setelah itu, warga membersihkan akar beringin dari gangguan tanaman liar.
·         Ilalang dan rerumputan yang tumbuh di sekitar akar ikut dibersihkan.
·         Terakhir, warga membersihkan daun-daun kering yang berjatuhan.
o   Siswa menceritakan kembali teks arahan/petunjuk tentang perawatan tumbuhan yang di dengar dengan bahasa sendiri
o   Siswa diminta mengamati gambar-gambar berseri yang masih acak di buku siswa
o   Siswa diminta mengurutkan nomor gambar berdasarkan urutan yang benar.
o   Kemudian siswa menyusun sebuah teks petunjuk berdasarkan urutan-urutan gambar yang benar
o   Siswa diminta membaca teks tentang main kucingkucingan.
o   Siswa mengamati cara bermain yang dijelaskan di dalam teks.
o   Guru menanyakan kepada siswa
o   Pernahkah kamu bermain permainan ini?
o   Dimana kamu biasanya bermain permainan ini?
o   Disebut apakah permainan ini di daerahmu?
o   Berdasarkan petunjuk permainan di buku siswa, siswa diminta bermain kucing-kucingan dengan teman sekelas
o   Siswa diminta mendiskusikan gambar yang ada di buku siswa.
o   Guru dapat menstimulasi siswa berdiskusi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan:
·         Tahukah kamu gambar apa yang ditunjukkan oleh ibu guru Udin?
·         Melambangkan apakah gambar itu?
·         Pertanyaan apakah yang timbul di benakmu saat
·         melihat gambar itu?
o   Setelah melihat gambar itu, siswa membuat pertanyaan dalam kotak
o   Siswa dan guru mendiskusikan petanyaanpertanyaan yang dibuat siswa
o   Siswa diminta untuk memperhatikan gambar
o   Garuda Pancasila di buku siswa.
o   Kemudian, siswa membaca teks tentang simbol sila ketiga Pancasila.
o   Siswa menuliskan perilaku-perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila di rumah dan di sekolah.
o   Kemudian siswa menggunting dan menempel gambar perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Mengurutkan gambar berdasarkan teks
Total skor : 100
25 poin setiap jawaban

3. Penilaian Keterampilan
a. Menceritakan kembali teks perawatan pohon beringin yang didengar

No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Intonasi.
Intonasi
sesuai dengan
dialog secara
konsisten
Intonasi sesuai
dengan dialog
namun kurang
konsisten
Intonasi tidak
sesuai dengan
dialog
Tanpa intonasi
2.
Kesesuaian
dengan teks
Cerita yang
ditulis sesuai
dengan teks
Cerita yang
ditulis sesuai
dengan teks
dengan penambahan
dan pengurangan
yang tidak
mengubah isi
teks
Cerita yang
ditulis merujuk
pada teks
dengan
penambahan
dan
pengurangan
Cerita yang
ditulis tidak
sesuai dengan
teks
3.
Keaslian
redaksi cerita
Pilihan kata
dalam cerita
otentik
Pilihan kata
yang digunakan
lebih banyak
redaksi sendiri
(autentik).
Menggunakan
kata-kata dari
teks dengan
gaya bahasa
sendiri.
Menggunakan
seluruh kata
dari teks.

b. Menuliskan kembali teks perawatan berdasarkan gambar berseri menggunakan
tanda titik dan huruf kapital yang tepat

No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Penggunaan
huruf kapital
dan tanda titik.
Menggunakan
huruf kapital di awal kalimat,
serta meng gunakan
tanda titik di
akhir kalimat
Terdapat 1-2
Kesalahan
Dalam penggunaan
huruf kapital
dan tanda titik
Terdapat
lebih dari 2
kesalahan
dalam penggunaan
huruf kapital
dan tanda titik
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf kapital
dan tanda titik
2.
Kesesuaian
isi teks yang
ditulis dengan
gambar
Seluruh isi teks yang ditulis
sesuai judul
atau tema
Setengah atau
lebih isi teks
sesuai judul
atau tema
Kurang dari
setengah isi
teks sesuai
judul atau tema
Semua isi teks
belum sesuai.
3.
Penulisan.
Penulisan kata
sudah tepat
Terdapat 1-2
kata yang
belum tepat
penulisannya
Terdapat lebih
dari 2 kata yang
belum tepat
penulisannya
Semua
kata belum
tepat dalam
penulisan
4.
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Semua kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Semua kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif

c. Bermain kucing-kucingan
Penilaian : Pengamatan (Observasi)
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Siswa mampu mengikuti instruksi


2
Siswa terlibat aktif dalam permainan


3
Siswa mampu menirukan gerakan sesuai
permainan.



d. Menggunting dan menempel gambar yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila

No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Kerapian dan
Kebersihan hasil kerja
Hasil kerja rapi dan bersih
Hasil kerja
bersih namun
kurang rapi.
Hasil kerja rapi
namun kotor
Hasil kerja
masih kotor dan
tidak rapi
2.
Ketepatan
menempel
gambar
Semua gambar
perilaku yang
sesuai dengan
sila ketiga
Pancasila
ditempel di
tempat yang
telah disediakan
dengan tepat
Terdapat
1-3 gambar
perilaku yang
belum tepat
Terdapat 4-6
gambar perilaku
yang belum
tepat.
Terdapat 6 atau
lebih gambar
perilaku yang
belum tepat

H. Sumber dan Media
1.      Buku siswa
2.      Kamus Besar Bahasa Indonesia


Mengetahui,                                                                        Tijue, 10 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

AMATI GAMBAR-GAMBAR BERIKUT DENGAN SAKSAMA!


Urutan gambar yang benar berdasarkan teks adalah:


Sekarang, ayo susun sebuah teks petunjuk yang
sesuai dengan gambar-gambar yang telah kamu
urutkan! Gunakan tanda titik pada akhir kalimat
dan huruf kapital pada awal kalimat dengan tepat!
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………         

MEDIA
TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 2
 
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors