RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Tumnuhan
Sahabatku/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mersapi
keagungan Tuhan Yang Maha
Esa atas penciptaan makhluk hidup, benda dan
sifatnya, energy dan
perubahan, bumi dan alam
semesta.
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung
jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan
teks arahan/petunjuk tentang
perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan
pengembangbiakan tanaman
dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Menyusun
teks arahan/ petunjuk tentang perawatan tumbuhan berdasarkan
gambar berseri dengan penggunaan
tanda baca titik dan koma yang tepat
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks
arahan/ petunjuk tentang perawatanhewan
dan tumbuhan serta daur hidup hewan
dan pengembangbiakan tanaman
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.2.1 Menceritakan
teks arahan/petunjuk tentang
perawatan tumbuhan secara lisan.
b) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri
sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.6 Mengetahui
konsep penggunaan kombinasi
pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif
sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan
music dalam aktivitas gerak ritmik.
3.6.1 Mengidentifikasi konsep penggunaan kombinasi
pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif
sesuai dengan irama (ketukan) tanpa musik
dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan penggunaan kombinasi
pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor dan manipulatif
sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan
music dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6.1 Mempraktikkan penggunaan kombinasi pola gerak
dasar lokomotor, non-lokomotor dan
manipulatif sesuai dengan
irama (ketukan) tanpa musik
dalam aktivitas gerak ritmik.
c) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku
bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan
hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan
sekolah.
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, kasih
sayang, percaya diri,
berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan memberi maaf di rumah
dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai
perwujudan moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan
perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
sekitar.
3.1 Memahami
simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda
Pancasila”.
3.1.1 Menjelaskan
makna simbol sila ketiga Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap
simbol sila-silaPancasila.
4.1.1 Melakukan
pengamatan tentang perilaku yang sesuai dengan pengamalan
sila ketiga Pancasila.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Menjelaskan teks
arahan/ petunjuk tentang perawatan pohon
beringin yang di dengar dengan
bahasa sendiri.
2.
Mengenal dan
mempraktikkan permainan Kucing-kucingan dengan iringan tepuk tangan.
3.
Mengenal lambang
sila ketiga Pancasila dan perilaku-perilaku yang mencerminkan sila ketiga
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru mengucap
salam dan menyapa siswa.
o
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
o
Guru meminta
salah satu siswa memimpin doa.
o
Guru menjelaskan
topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
o
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran
o
Siswa diminta
membaca nyaring teks Pohon Beringin.
o
Siswa mendengar
teks arahan/petunjuk perawatan pohon
beringin.
·
Teks: Setiap minggu,
warga bersama-sama membersihkan lingkungan.
·
Pohon beringin ikut dirawat dan dibersihkan juga. Hal pertama yang dilakukan warga adalah memangkas ranting-ranting kecil yang tumbuh
liar.
·
Kemudian warga membasmi benalu pada pohon beringin.
·
Benalu adalah tanaman parasit yang tumbuh di dahan beringin.
·
Benalu menumpang dan mengisap sari makanan pohon beringin. Setelah itu,
warga membersihkan akar beringin dari gangguan
tanaman liar.
·
Ilalang dan rerumputan yang tumbuh di sekitar akar ikut dibersihkan.
·
Terakhir, warga membersihkan daun-daun kering yang berjatuhan.
o
Siswa
menceritakan kembali teks arahan/petunjuk tentang
perawatan tumbuhan yang di dengar dengan
bahasa sendiri
o
Siswa diminta
mengamati gambar-gambar berseri yang
masih acak di buku siswa
o
Siswa diminta
mengurutkan nomor gambar berdasarkan urutan
yang benar.
o
Kemudian siswa
menyusun sebuah teks petunjuk berdasarkan
urutan-urutan gambar yang benar
o
Siswa diminta
membaca teks tentang main kucingkucingan.
o
Siswa mengamati
cara bermain yang dijelaskan di dalam
teks.
o
Guru menanyakan
kepada siswa
o
Pernahkah kamu
bermain permainan ini?
o
Dimana kamu
biasanya bermain permainan ini?
o
Disebut apakah
permainan ini di daerahmu?
o
Berdasarkan
petunjuk permainan di buku siswa, siswa
diminta bermain kucing-kucingan dengan teman
sekelas
o
Siswa diminta mendiskusikan
gambar yang ada di buku
siswa.
o
Guru dapat
menstimulasi siswa berdiskusi dengan mengajukan
pertanyaan-pertanyaan:
·
Tahukah kamu gambar apa yang ditunjukkan oleh ibu guru Udin?
·
Melambangkan apakah gambar itu?
·
Pertanyaan apakah yang timbul di benakmu saat
·
melihat gambar itu?
o
Setelah melihat
gambar itu, siswa membuat pertanyaan
dalam kotak
o
Siswa dan guru
mendiskusikan petanyaanpertanyaan yang
dibuat siswa
o
Siswa diminta
untuk memperhatikan gambar
o
Garuda Pancasila
di buku siswa.
o
Kemudian, siswa
membaca teks tentang simbol sila ketiga
Pancasila.
o
Siswa menuliskan
perilaku-perilaku yang sesuai dengan
sila ketiga Pancasila di rumah dan di sekolah.
o
Kemudian siswa
menggunting dan menempel gambar
perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin oleh salah
satu siswa petugas piket
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Mengurutkan gambar berdasarkan teks
Total skor : 100
25 poin setiap jawaban
3. Penilaian
Keterampilan
a. Menceritakan
kembali teks perawatan pohon beringin yang didengar
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Intonasi.
|
Intonasi
sesuai
dengan
dialog
secara
konsisten
|
Intonasi
sesuai
dengan
dialog
namun
kurang
konsisten
|
Intonasi tidak
sesuai dengan
dialog
|
Tanpa
intonasi
|
2.
|
Kesesuaian
dengan
teks
|
Cerita
yang
ditulis
sesuai
dengan
teks
|
Cerita yang
ditulis sesuai
dengan teks
dengan penambahan
dan pengurangan
yang tidak
mengubah isi
teks
|
Cerita
yang
ditulis
merujuk
pada teks
dengan
penambahan
dan
pengurangan
|
Cerita yang
ditulis tidak
sesuai dengan
teks
|
3.
|
Keaslian
redaksi
cerita
|
Pilihan
kata
dalam
cerita
otentik
|
Pilihan kata
yang digunakan
lebih banyak
redaksi sendiri
(autentik).
|
Menggunakan
kata-kata
dari
teks
dengan
gaya bahasa
sendiri.
|
Menggunakan
seluruh kata
dari teks.
|
b. Menuliskan
kembali teks perawatan berdasarkan gambar berseri menggunakan
tanda titik dan
huruf kapital yang tepat
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Penggunaan
huruf
kapital
dan tanda
titik.
|
Menggunakan
huruf
kapital di awal kalimat,
serta meng
gunakan
tanda
titik di
akhir kalimat
|
Terdapat
1-2
Kesalahan
Dalam penggunaan
huruf
kapital
dan tanda
titik
|
Terdapat
lebih dari 2
kesalahan
dalam penggunaan
huruf kapital
dan tanda titik
|
Tidak
satu pun
kalimat
yang
menggunakan
huruf
kapital
dan tanda
titik
|
2.
|
Kesesuaian
isi
teks yang
ditulis
dengan
gambar
|
Seluruh isi
teks yang ditulis
sesuai judul
atau tema
|
Setengah
atau
lebih isi
teks
sesuai
judul
atau tema
|
Kurang dari
setengah isi
teks sesuai
judul atau tema
|
Semua isi
teks
belum sesuai.
|
3.
|
Penulisan.
|
Penulisan
kata
sudah
tepat
|
Terdapat
1-2
kata yang
belum
tepat
penulisannya
|
Terdapat
lebih
dari 2
kata yang
belum
tepat
penulisannya
|
Semua
kata
belum
tepat
dalam
penulisan
|
4.
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif
|
Semua kalimat
menggunakan
kalimat
yang
efektif
|
Terdapat
1-2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif
|
Terdapat
lebih
dari 2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif
|
Semua
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
belum
efektif
|
c. Bermain
kucing-kucingan
Penilaian :
Pengamatan (Observasi)
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Siswa
mampu mengikuti instruksi
|
|
|
2
|
Siswa terlibat aktif dalam
permainan
|
|
|
3
|
Siswa
mampu menirukan gerakan sesuai
permainan.
|
|
|
d. Menggunting dan
menempel gambar yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Kerapian
dan
Kebersihan
hasil
kerja
|
Hasil
kerja rapi dan bersih
|
Hasil
kerja
bersih
namun
kurang
rapi.
|
Hasil kerja
rapi
namun kotor
|
Hasil
kerja
masih
kotor dan
tidak
rapi
|
2.
|
Ketepatan
menempel
gambar
|
Semua
gambar
perilaku
yang
sesuai
dengan
sila
ketiga
Pancasila
ditempel
di
tempat
yang
telah
disediakan
dengan
tepat
|
Terdapat
1-3
gambar
perilaku
yang
belum tepat
|
Terdapat 4-6
gambar perilaku
yang belum
tepat.
|
Terdapat
6 atau
lebih
gambar
perilaku
yang
belum tepat
|
H. Sumber dan Media
1. Buku siswa
2. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Mengetahui, Tijue,
10 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
AMATI GAMBAR-GAMBAR BERIKUT DENGAN SAKSAMA!
Urutan
gambar yang benar berdasarkan teks adalah:
Sekarang, ayo susun sebuah teks petunjuk
yang
sesuai dengan gambar-gambar yang telah
kamu
urutkan! Gunakan tanda titik pada akhir
kalimat
dan huruf kapital pada awal kalimat dengan tepat!
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment