RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Tumnuhan
Sahabatku/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mersapi
keagungan Tuhan Yang Maha
Esa atas penciptaan makhluk hidup,benda dan sifatnya, energy dan perubahan, bumi dan alam
semesta.
2.5 Memiliki
kepedulian terhadap kehidupan hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan
teks arahan/petunjuk tentang
perawatan hewan dan tumbuhan,serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman
dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Melengkapi
teks arahan/ petunjuk perawatan tumbuhan.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan
tumbuhan serta daur hidup hewan dan
pengembangbiakan tanaman
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.2.1 Menyusun paragraph berkaitan dengan teks
arahan/petunjuk tentang
perawatan tumbuhan
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah
menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif,menghargai pendapat
dan karya teman sebaya
dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
3.13 Memahami penghitungan waktu berdasarkan
data sehari-hari.
3.13.1 Menginterpretasikan data berdasarkan grafik yang
disajikan.
4.13. Membaca, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan data pokok yang ditampilkan
pada bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertical dan
horizontal.
4.13.1 Menjelaskan penghitungan waktu berdasarkan
data sehari-hari.
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam
berkarya seni dan berkreativitas
sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam
berkarya seni
3.3 Memahami gerak
kuat dan lemah dalam tari dengan
menggunakan musik sebagai iringan.
3.3.1 Menirukan
gerak tari daerah sederhana
4.10 Mengembangkan
gerak alam sekitar ke dalam bentuk tari
bertema mengacu pada gaya tari daerah
berdasarkan level, tempo dan dinamika gerak.
4.10.1 Mengidentifikasi
gerak lemah dan gerak kuat dalam
sebuah tari tradisional.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Membaca teks
tentang perawatan tanaman apotik hidup.
2.
Menghitung durasi.
3.
Mengidentifikasi
dan menirukan gerak lemah dan gerak kuat dalam tari tradisional
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru mengucap
salam dan menyapa siswa.
o
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
o
Guru meminta
salah satu siswa memimpin doa.
o
Guru menjelaskan
topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
o
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran.
o
Siswa diminta
untuk membaca percakapan tentang
o
Apotek Hidup.
Masing-masing berperan sebagai
o
Dayu, Siti, Edo,
dan Pak Buyung.
o
Siswa lain
menyimak percakapan yang dibacakan.
o
Kemudian, siswa
diminta menjawab pertanyaanpertanyaan yang
berkaitan dengan teks:
·
Siapakah Pak
Buyung?
·
Apa manfaat
tanaman yang ditanam oleh Pak Buyung?
·
Apa saja yang
dilakukan Pak Buyung untuk merawatnya?
·
Sulitkah merawat
apotek hidup?
o
Siswa
mendiskusikan jawaban-jawaban yang tepat dari
pertanyaan-pertanyaan di atas.
o
Siswa melengkapi
teks tentang apotek hidup dengan memilih
kata-kata yang tersedia.
o
Siswa saling
menukar hasil pekerjaan dan memeriksa kebenaran
jawaban temannya.
o
Siswa mengamati
gambar Pak Buyung menyiram tanaman.
o
Guru menstimulasi
siswa dengan pertanyaanpertanyaan berkaitan
dengan gambar.
o
Siswa diminta
membaca contoh paragraf yang disusun
berdasarkan gambar.
o
Guru mengulas
tentang penggunaan tanda titik untuk
mengakhiri kalimat dan penggunaan huruf kapital
untuk awal kalimat dan nama orang.
o
Siswa menyusun
paragraf yang mendeskripsikan masing-masing
gambar dengan melanjutkan kalimat
awal.
o
Guru menstimulasi
siswa untuk mendiskusikan paragraf-paragraf
yang siswa buat untuk masingmasing gambar.
o
Siswa diminta
mengamati teks percakapan Dayu,
o
Siti, dan Edo di
rumah Pak Buyung usai melihat-lihat apotek hidup.
o
Guru menegaskan
waktu yang mereka bicarakan:
§ Tiba di rumah Pak Buyung pukul 08.45
§ Selesai melihat-lihat apotek hidup pukul 11.30
o
Guru menjelaskan
penghitungan durasi dengan menggunakan
garis waktu.
o
Siswa menghitung
durasi dengan menggunakan garis waktu.
o
Siswa dan guru
mendiskusikan garis waktu yang dibuat
siswa, membahas kesulitan dan kekeliruan yang
dialami siswa dalam membuat garis waktu.
o
Siswa mengamati
grafik pemberian pupuk di buku siswa.
o
Guru memberi
kesempatan siswa untuk bertanya mengenai
grafik.
o
Siswa melengkapi
kalimat berdasarkan data yang diinterpretasi
dari grafik.
o
Siswa dan guru
mendiskusikan jawaban-jawaban siswa.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1
hari dan berdoa bersama sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing dipimpin oleh
salah satu siswa petugas piket
o
Siswa
mempresentasikan grafik di depan kelas.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1
hari dan berdoa bersama sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah
satu siswa petugas piket
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup dengan
membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis di
buku siswa
a. Melengkapi
kalimat rumpang.
Jumlah soal: 5
Total skor: 100
b. Menghitung
durasi
Jumlah soal:5
Total skor: 100
c. Melengkapi kalimat berdasarkan data dari grafik.
3. Penilaian
Keterampilan
a. Pengamatan unjuk
kerja menyusun paragraf berdasarkan gambar
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Penggunaan huruf besar,
dan tanda
baca
|
Menggunakan
huruf
besar dan menggunakan
tanda
titik di
akhir kalimat.
|
Terdapat
1-2
kesalahan
dalam
penggunaan
huruf
besar dan
tandatitik.
|
Terdapat
lebih
dari 2
kesalahan
dalam penggunaan
huruf
besar dan
tandatitik
|
Tidak
satu pun
kalimat
yang
menggunakan
huruf
besar dan
tanda
titik
|
2.
|
Kesesuaian
cerita
yang
ditulis
dengan
gambar
|
Seluruh
isi cerita
yang
ditulis
sesuai
gambar
|
Setengah
atau
lebih isi
cerita
sesuai
dengan
gambar
|
Hampir
keseluruhan
cerita
kurang
sesuai
dengan gambar
|
Cerita
tidak
sesuai
gambar.
|
3.
|
Penulisan.
|
Penulisan
kata
sudah
tepat
|
Terdapat
1-2
Kata yang belum
tepat
penulisannya
|
Terdapat
lebih
dari 2
kata yang
belum
tepat
penulisannya.
|
Seluruh
kata
belum
tepat
dalam
penulisan
|
4.
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif.
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
efektif
|
Terdapat
1-2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif
|
Terdapat
lebih
dari 2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
belum
efektif.
|
b. Menginterpretasi
dan mempresentasikan grafik
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Ketepatan
Penjelasan data
|
Keseluruhan
Data dijelaskan
dengan
tepat
|
Sebagian
besar
data
dijelaskan
dengan
tepat
|
Sebagian
kecil isi
data
dijelaskan
dengan tepat
|
Belum
mampu
menjelaskan
data
secara
tepat
|
2.
|
Menjelaskan
isi data
|
Mampu
menjelaskan
isi data
secara
keseluruhan
|
Mampu
menjelaskan
sebagian
besar
isi data.
|
Mampu
menjelaskan
sebagian
kecil
isi data
|
Belum mampu
menjelaskan
isi
data
|
|
Kebahasaan.
|
Bahasa
yang
digunakan
mudah
dipahami
dan
santun
secara
keseluruhan
|
Bahasa
yang
digunakan
sebagian
besar
mudah
dipahami
dan
santun
sebagian
besar
|
Bahasa
yang
digunakan
sebagian
kecil
mudah
dipahami
dan
santun sebagian
kecil
|
Bahasa
yang
digunakan
belum
mudah
dipahami
dan santun
|
c. Pengamatan unjuk
kerja mempraktikkan gerak berdasarkan level dan tempo
yang berbeda
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Kemampuan
mempraktikkan
gerak tarian
tradisional
sesuai dengan level dan tempo
masingmasing
tarian.
|
Siswa
mempraktikkan
gerak
tarian
tradisional
sesuai
dengan
level dan
tempo masing-masing tarian.
|
Siswa
mempraktikkan
gerak
tarian
tradisional
sesuai
dengan
level
masingmasing
tarian namun tempo gerakan masih kurang sesuai
|
Siswa
mempraktikkan
gerak
tarian
tradisional
tidak sesuai
dengan
level dan
tempo
masing-masing
tarian.
|
Siswa
mempraktikkan
gerak
tarian
tradisional
dengan bantuan guru
sepenuhnya
|
2
|
Kepercayaan
diri
dalam
menari.
|
Siswa
mempraktikkan
gerak
tarian
tradisional
dengan
yakin
dan
percaya diri.
|
Siswa
terlihat
ragu-ragu
dalam
mempraktikkan
gerak
tarian
tradisional
|
Siswa
mempraktikkan
gerak
tarian
tradisional
dengan
bantuan guru
|
Siswa
belum
memiliki
keberanian
untuk
memprak
tikkan
gerak
tarian
tradisional.
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Buku siswa
3. Penggaris 1 m dan penggaris 30 cm untuk membuat garis waktu.
Mengetahui, Tijue,
11 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Setelah membaca teks
Apotek Hidup, lengkapilah
kalimat-kalimat di
bawah ini dengan kata-kata yang ada di dalam kotak dengan tepat
Di halaman rumahnya, Pak Buyung menanam
banyak __________ __________.
Pak Buyung menanam kunyit, jahe, dan __________
________________.
__________ _________ Pak Buyung berjasa
membantu penyembuhan keluarga dan tetangga.
Menanam apotek hidup tidaklah ______________
Semua orang dapat menanam apotek hidup di
______________
____________.
MEDIA
TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 1
TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 2
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment