RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Tumbuhan
Sahabatku/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki
kepedulian terhadap kehidupan hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan
teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan,serta daur hidup
hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Menemukan
gagasan pokok dalam teks arahan/petunjuk perawatan tumbuhan.
4.2 Menerangkan dan
mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta
daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.2.1 Menyusun
tanggapan dan saran berdasarkan teks petunjuk perawatan.
b) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.6 Mengetahui
konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif
sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak ritmik.
3.6.1 Mengidentifikasi
konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif
sesuai dengan irama (ketukan) dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan penggunaan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor dan manipulatif sesuai dengan
irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6.1 Mempraktikkan
penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif
sesuai dengan irama (ketukan) dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah
Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.1 Memahami
simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Menjelaskan
makna simbol sila ketiga Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap
simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Melakukan
pengamatan tentang perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila ketiga Pancasila
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Membaca teks
tentang perawatan dan pelestarian hutan bakau.
2.
Mengenal dan
mempraktikkan permainan sabuk hijau.
3.
Menggambar simbol
sila ketiga
4.
Pancasila dan
mengamati perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru mengucap
salam dan menyapa siswa.
o
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
o
Guru meminta
salah satu siswa memimpin doa.
o
Guru menjelaskan
topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran
sebelumnya.
o
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran
o
Siswa diminta
membaca teks tentang hutan bakau yang ada dalam buku siswa.
o
Guru memberi
kesempatan bagi siswa yang ingin mengajukan pertanyaan berkaitan dengan teks.
o
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks
o
Siswa berdiskusi
dengan teman sebangku, mencari masalah yang ada dalam teks.
o
Siswa membaca
definisi dan contoh-contoh tanggapan dan saran.
o
Siswa membaca
definisi dan contoh-contoh tanggapan dan saran
o
Siswa membuat
tanggapan dan saran sesuai dengan masalah-masalah yang tertulis di buku
siswa.
o
Siswa dan guru
mendiskusikan tanggapan dan saran yang dibuat oleh siswa.
o
Siswa membaca
peraturan main permainan Sabuk Hijau dan maknanya.
o
Siswa dan guru
mendiskusikan cara bermain Sabuk Hijau.
o
Siswa
mempraktikkan permainan Sabuk Hijau bersama teman sekelas. Pembagian kelompok
dapat dilakukan berdasarkan jenis kelamin atau pertimbangan lain. Jumlah
peserta masing-masing kelompok dapat disesuaikan dengan pertimbangan guru.
Lagu yang dinyanyikan dapat disepakati sebelumnya, yaitu lagu-lagu anak
Nasional ataupun lagu anak daerah.
o
Siswa menggambar
simbol sila ketiga Pancasila dan mewarnainya di buku siswa
o
Siswa menjelaskan
makna gambarnya di depan kelas.
o
Siswa mengamati
sikap dan perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila ketiga Pancasila.
o
Siswa menyebutkan
dan menjelaskan sikap ataupun perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila
ketiga Pancasila.
o
Guru dan siswa
mendiskusikan jawaban-jawaban siswa.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa
petugas piket.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis di
buku siswa
a. Menjawab
pertanyaan berkaitan dengan teks Hutan Bakau.
Jumlah soal: 5
Total skor: 100
b. Menyebutkan 5
perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
Total skor: 100
3. Penilaian
Keterampilan
a. Pengamatan unjuk
kerja memberikan tanggapan dan saran
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Kemampuan
memberikan
tanggapan
dan saran
yang
tepat
sesuai
dengan
masalah.
|
Siswa
memberikan
tanggapan
dan
saran
yang tepat untuk ketiga masalah
|
Siswa
memberikan
tanggapan
dan
saran
yang
tepat
untuk dua
masalah
|
Siswa
memberikan
tanggapan
dan
saran yang
tepat
untuk satu
masalah.
|
Siswa
memberikan
tanggapan
dan
saran
yang
kurang
tepat
|
2.
|
Pemilihan
kata
dalam
memberikan
tanggapan
dan
saran
|
Siswa
menggunakan
kata-kata
yang efektif dalam
memberikan
tanggapan
dan
saran
|
Siswa
menggunakan
kata-kata
yang
efektif
dalam
memberikan
tanggapan
atau
saran
|
Siswa belum
dapat menggunakan
kata-kata
yang
efektif
dalam
memberikan
tanggapan
atau
saran.
|
|
b. Hasil Pengamatan
mempraktikkan permainan Sabuk hijau
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Dapat
bermain dengan sportif.
|
|
|
2.
|
Menguasai
konsep non lokomotor (tidak
berpindah).
|
|
|
3.
|
Melakukan
permainan dengan penuh antusias
|
|
|
c. Hasil pengamatan
aktivitas menggambarkan lambang sila ketiga Pancasila
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Kerapian
dan
kebersihan
hasil
kerja
|
Hasil
kerja rapi
dan bersih
|
Hasil
kerja
bersih
namun
kurang
rapi
|
Hasil
kerja rapi
namun kotor
|
Hasil
kerja
masih
kotor dan
tidak
rapi
|
2
|
Ketepatan
gambar
|
Detail
gambar
sesuai
aslinya.
|
Terdapat
1-3
detail
gambar
tidak
sesuai
aslinya.
|
Terdapat
4-6
detail
gambar
tidak
sesuai
aslinya.
|
Terdapat
6 atau
lebih
detail
gambar
tidak
sesuai aslinya
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Buku siswa.
3. Dua utas tali yang masing-masing diikat melingkar.
Mengetahui, Tijue,
12 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Berilah tanggapan dan saran terhadap
masalah-masalah di bawah ini.
1.
Masalah: Hutan-hutan di Indonesia banyak
yang gundul. Hal ini disebabkan oleh orang-orang yang menebang pohon
sembarangan. Mereka menebang pohon hanya untuk keuntungan sendiri.
Tanggapan: _______________________________
___________________________________________________________________________________________________________________________
Saran:____________________________________
___________________________________________________________________________________________________________________________
2.
Masalah: Di beberapa daerah, masyarakat membuka
lahan untuk bertani atau berladang dengan cara membakar hutan
Tanggapan:
_______________________________
___________________________________________________________________________________________________________________________
Saran:____________________________________
___________________________________________________________________________________________________________________________
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment