Home » » TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 4

TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 25 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 6                                       : Indahnya Persahabatan
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Tumbuhan Sahabatku/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki kepedulian terhadap kehidupan hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan,serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Menemukan gagasan pokok dalam teks arahan/petunjuk perawatan tumbuhan.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menyusun tanggapan dan saran berdasarkan teks petunjuk perawatan.

b) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.6 Mengetahui konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak ritmik.
3.6.1 Mengidentifikasi konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6.1 Mempraktikkan penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.

c) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.1 Memahami simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Menjelaskan makna simbol sila ketiga Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Melakukan pengamatan tentang perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila ketiga Pancasila

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membaca teks tentang perawatan dan pelestarian hutan bakau.
2.      Mengenal dan mempraktikkan permainan sabuk hijau.
3.      Menggambar simbol sila ketiga
4.      Pancasila dan mengamati perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengucap salam dan menyapa siswa.
o   Guru memeriksa kehadiran siswa.
o   Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
o   Guru menjelaskan topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
o   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
o   Siswa diminta membaca teks tentang hutan bakau yang ada dalam buku siswa.
o   Guru memberi kesempatan bagi siswa yang ingin mengajukan pertanyaan berkaitan dengan teks.
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks
o   Siswa berdiskusi dengan teman sebangku, mencari masalah yang ada dalam teks.
o   Siswa membaca definisi dan contoh-contoh tanggapan dan saran.
o   Siswa membaca definisi dan contoh-contoh tanggapan dan saran
o   Siswa membuat tanggapan dan saran sesuai dengan masalah-masalah yang tertulis di buku siswa.
o   Siswa dan guru mendiskusikan tanggapan dan saran yang dibuat oleh siswa.
o   Siswa membaca peraturan main permainan Sabuk Hijau dan maknanya.
o   Siswa dan guru mendiskusikan cara bermain Sabuk Hijau.
o   Siswa mempraktikkan permainan Sabuk Hijau bersama teman sekelas. Pembagian kelompok dapat dilakukan berdasarkan jenis kelamin atau pertimbangan lain. Jumlah peserta masing-masing kelompok dapat disesuaikan dengan pertimbangan guru. Lagu yang dinyanyikan dapat disepakati sebelumnya, yaitu lagu-lagu anak Nasional ataupun lagu anak daerah.
o   Siswa menggambar simbol sila ketiga Pancasila dan mewarnainya di buku siswa
o   Siswa menjelaskan makna gambarnya di depan kelas.
o   Siswa mengamati sikap dan perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila ketiga Pancasila.
o   Siswa menyebutkan dan menjelaskan sikap ataupun perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila ketiga Pancasila.
o   Guru dan siswa mendiskusikan jawaban-jawaban siswa.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis di buku siswa
a. Menjawab pertanyaan berkaitan dengan teks Hutan Bakau.
Jumlah soal: 5
Total skor: 100
b. Menyebutkan 5 perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
Total skor: 100

3. Penilaian Keterampilan
a. Pengamatan unjuk kerja memberikan tanggapan dan saran
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Kemampuan
memberikan
tanggapan
dan saran
yang tepat
sesuai dengan
masalah.
Siswa
memberikan
tanggapan dan
saran yang tepat untuk ketiga masalah
Siswa
memberikan
tanggapan dan
saran yang
tepat untuk dua
masalah
Siswa
memberikan
tanggapan dan
saran yang
tepat untuk satu
masalah.


                     
Siswa
memberikan
tanggapan dan
saran yang
kurang tepat
2.
Pemilihan
kata dalam
memberikan
tanggapan dan
saran
Siswa
menggunakan
kata-kata yang efektif dalam
memberikan
tanggapan dan
saran
Siswa
menggunakan
kata-kata yang
efektif dalam
memberikan
tanggapan atau
saran
Siswa belum dapat menggunakan
kata-kata yang
efektif dalam
memberikan
tanggapan atau
saran.





b. Hasil Pengamatan mempraktikkan permainan Sabuk hijau

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Dapat bermain dengan sportif.


2.
Menguasai konsep non lokomotor (tidak
berpindah).


3.
Melakukan permainan dengan penuh antusias



c. Hasil pengamatan aktivitas menggambarkan lambang sila ketiga Pancasila
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Kerapian dan
kebersihan
hasil kerja
Hasil kerja rapi
dan bersih
Hasil kerja
bersih namun
kurang rapi
Hasil kerja rapi
namun kotor
Hasil kerja
masih kotor dan
tidak rapi
2
Ketepatan
gambar
Detail gambar
sesuai aslinya.
Terdapat 1-3
detail gambar
tidak sesuai
aslinya.
Terdapat 4-6
detail gambar
tidak sesuai
aslinya.
Terdapat 6 atau
lebih detail
gambar tidak
sesuai aslinya
H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Buku siswa.
3.      Dua utas tali yang masing-masing diikat melingkar.


Mengetahui,                                                                        Tijue, 12 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Berilah tanggapan dan saran terhadap masalah-masalah di bawah ini.

1.   Masalah: Hutan-hutan di Indonesia banyak yang gundul. Hal ini disebabkan oleh orang-orang yang menebang pohon sembarangan. Mereka menebang pohon hanya untuk keuntungan sendiri.
Tanggapan: _______________________________
___________________________________________________________________________________________________________________________


Saran:____________________________________
___________________________________________________________________________________________________________________________


2.   Masalah: Di beberapa daerah, masyarakat membuka lahan untuk bertani atau berladang dengan cara membakar hutan
Tanggapan: _______________________________
___________________________________________________________________________________________________________________________

Saran:____________________________________
___________________________________________________________________________________________________________________________

 MEDIA

TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 4


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors