RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Tumnuhan
Sahabatku/ 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mersapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup,benda dan sifatnya,
energy dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.2 Menguraikan
teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup
hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi
teks arahan/petunjuk tentang perawatan tumbuhan yang didengar.
4.2 Menerangkan dan
mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta
daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.2.1 Membuat
ringkasan teks arahan/petunjuktentang perawatan tumbuhan secara lisan atau
tulis.
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif,menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok
maupun aktivitas sehari-hari.
3.13 Memahami penghitungan
waktu berdasarkan data sehari-hari.
3.13.1 Menjelaskan penghitungan
waktu berdasarkan data sehari-hari.
4.13. Membaca, mendeskripsikan,
dan menginterpretasikan data pokok yang ditampilkan pada bagan dan grafik,
termasuk grafik batang vertical dan horizontal.
4.13.1 Menginterpretasikan
data berdasarkan grafik yang disajikan.
c) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan
perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1 Memahami
simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara“Garuda Pancasila”.
3.1.1 Memberikan
contoh pengamalan sila ketiga Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap
simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Berperilaku
sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Membaca teks
tentang petunjuk perawatan tanaman buah di dalam pot gantung.
2.
Menentukan waktu
setelah dan sebelum.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru mengucap
salam dan menyapa siswa.
o
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
o
Guru meminta
salah satu siswa memimpin doa.
o
Guru menjelaskan
topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran
sebelumnya.
o
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran
o
Siswa diminta
membaca teks di buku siswa.
o
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks.
o
Guru dan siswa
mendiskusikan jawaban-jawaban siswa
o
Siswa melengkapi
bagan tentang pembuatan dan perawatan tanaman gantung sesuai dengan teks.
o
Guru meminta
perwakilan siswa membaca bagan yang telah dilengkapi.
o
Siswa
mempresentasikan bagan pembuatan dan perawatan yang telah dibuat.
o
Siswa membaca
teks tentang kegiatan kelompok
o
Siti, Lani, dan
kawan-kawan
o
Siswa diminta
untuk mengamati gambar dan penjelasan tentang menghitung waktu sebelum dan sesudah
di buku siswa.
o
Guru mengulas
tentang jam, waktu sebelum dan sesudah.
o
Siswa diberi
waktu untuk bertanya
o
Siswa mengerjakan
latihan menentukan waktu sebelum dan sesudah dengan menggunakan gambar jam
manual dan tanpa gambar.
o
Siswa diminta
menguraikan cara melakukan penghitungan waktu di dalam kotak yang disediakan.
o
Siswa menjawab
pertanyaan yang berkaitan tentang waktu sesudah dan sebelum
o
Siswa dan guru
mendiskusikan jawaban-jawaban Siswa
o
Siswa membaca
data yang disajikan tentang waktu pembuatan pot tanaman gantung dengan
seksama.
o
Dengan teman
sebangku, siswa membuat grafik berdasarkan data yang disajikan.
o
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan grafik.
o
Guru dan siswa
mendiskusikan jawaban-jawaban siswa.
o
Siswa
mempresentasikan grafik.
o
Siswa membaca
teks tentang manfaat kerja sama.
o
Guru memberi
kesempatan siswa untuk bertanya.
o
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks, di buku siswa.
o
Siswa menyebutkan
perilaku-perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
o
Siswa mengisi
tabel sesuai dengan perilaku seharihari
o
yang sesuai
dengan sila ketiga Pancasila.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa
petugas piket.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis di
buku siswa
a. Menjawab
pertanyaan berkaitan dengan teks.
Jumlah
soal: 6
b. Menghitung waktu
setelah dan sebelum.
Jumlah
soal : 10
c. Menjawab
pertanyaan berdasarkan teks Manfaat Bekerja sama.
Jumlah
soal : 6
Guru dapat menstimulasi siswa memberikan jawaban-jawaban beragam
untuk masing-masing pertanyaan.
Penilaian diri sendiri: pengamalan perilaku yang sesuai dengan sila
ketiga
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Penilaian Keterampilan
Pengamatan unjuk
kerja mempresentasikan grafik waktu pembuatan tanaman gantung.
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Kemampuan
Mempresentasikan
data
berdasarkan
grafik
|
Data yang
dipre
sentasikan
akurat
dengan
grafik,
disampaikan
dengan
bahasa
Indonesia
yang
baik.
|
Siswa
mempresentasikan grafik dengan
data yang
akurat
menggunakan
bahasa
Indonesia
dan
sesekali
menggunakan
bahasa
daerah.
|
Siswa
mempresentasikan data
dalam
grafik
dengan
bahasa
Indonesia
yang
dibantu
dengan
bahasa daerah
|
Siswa
Mempresentasikan
grafik dibantu guru
sepenuhnya
|
2.
|
Kepercayaan
diri
dalam
presentasi
|
Siswa
mempresentasikan grafik dengan
yakin dan
percaya
diri
|
Siswa
terlihat
ragu-ragu
dalam
mempresentasikan grafik
|
Siswa
mempresentasikan
grafik
dengan
bantuan
guru
|
Belum memiliki
keberanian
untuk
mempresentasikan grafik.
|
H. Sumber dan Media
1. Buku siswa
2. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Mengetahui, Tijue,
13 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Setelah membaca percakapan di Pada
bukumu. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1. Di mana Lani dan Siti
bercakap-cakap?
………………………………………………………
2. Mengapa Lani dan Siti merasa
perlu membuat pot gantung?
………………………………………………………
3. Apa yang dibutuhkan untuk
membuat sebuah pot gantung?
………………………………………………………
4. Apakah yang pertama kali
harus dilakukan untuk membuat pot gantung?
………………………………………………………
5. Dimana Lani dan Siti akan
menggantung pot setelah selesai membuatnya?
………………………………………………………
2. Apa yang digunakan untuk
menutup bagian atas pot gantung?
………………………………………………………
TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 1
TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 2
TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 3
TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment