Home » » TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 5

TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 25 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 6                                       : Indahnya Persahabatan
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Tumnuhan Sahabatku/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mersapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup,benda dan sifatnya, energy dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi teks arahan/petunjuk tentang perawatan tumbuhan yang didengar.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Membuat ringkasan teks arahan/petunjuktentang perawatan tumbuhan secara lisan atau tulis.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif,menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.13 Memahami penghitungan waktu berdasarkan data sehari-hari.
3.13.1 Menjelaskan penghitungan waktu berdasarkan data sehari-hari.
4.13. Membaca, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan data pokok yang ditampilkan pada bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertical dan horizontal.
4.13.1 Menginterpretasikan data berdasarkan grafik yang disajikan.

c) PPKn
1.1 Menerima keberagaman  karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1 Memahami simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara“Garuda Pancasila”.
3.1.1 Memberikan contoh pengamalan sila ketiga Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Berperilaku sesuai dengan sila ketiga Pancasila.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membaca teks tentang petunjuk perawatan tanaman buah di dalam pot gantung.
2.      Menentukan waktu setelah dan sebelum.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengucap salam dan menyapa siswa.
o   Guru memeriksa kehadiran siswa.
o   Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
o   Guru menjelaskan topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
o   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
o   Siswa diminta membaca teks di buku siswa.
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks.
o   Guru dan siswa mendiskusikan jawaban-jawaban siswa
o   Siswa melengkapi bagan tentang pembuatan dan perawatan tanaman gantung sesuai dengan teks.
o   Guru meminta perwakilan siswa membaca bagan yang telah dilengkapi.
o   Siswa mempresentasikan bagan pembuatan dan perawatan yang telah dibuat.
o   Siswa membaca teks tentang kegiatan kelompok
o   Siti, Lani, dan kawan-kawan
o   Siswa diminta untuk mengamati gambar dan penjelasan tentang menghitung waktu sebelum dan sesudah di buku siswa.
o   Guru mengulas tentang jam, waktu sebelum dan sesudah.
o   Siswa diberi waktu untuk bertanya
o   Siswa mengerjakan latihan menentukan waktu sebelum dan sesudah dengan menggunakan gambar jam manual dan tanpa gambar.
o   Siswa diminta menguraikan cara melakukan penghitungan waktu di dalam kotak yang disediakan.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan tentang waktu sesudah dan sebelum
o   Siswa dan guru mendiskusikan jawaban-jawaban Siswa
o   Siswa membaca data yang disajikan tentang waktu pembuatan pot tanaman gantung dengan seksama.
o   Dengan teman sebangku, siswa membuat grafik berdasarkan data yang disajikan.
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan grafik.
o   Guru dan siswa mendiskusikan jawaban-jawaban siswa.
o   Siswa mempresentasikan grafik.
o   Siswa membaca teks tentang manfaat kerja sama.
o   Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya.
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks, di buku siswa.
o   Siswa menyebutkan perilaku-perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
o   Siswa mengisi tabel sesuai dengan perilaku seharihari
o   yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis di buku siswa
a. Menjawab pertanyaan berkaitan dengan teks.
    Jumlah soal: 6

b. Menghitung waktu setelah dan sebelum.
    Jumlah soal : 10

c. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks Manfaat Bekerja sama.
    Jumlah soal : 6
Guru dapat menstimulasi siswa memberikan jawaban-jawaban beragam
untuk masing-masing pertanyaan.
Penilaian diri sendiri: pengamalan perilaku yang sesuai dengan sila ketiga
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

3. Penilaian Keterampilan
Pengamatan unjuk kerja mempresentasikan grafik waktu pembuatan tanaman gantung.

No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Kemampuan
Mempresentasikan data
berdasarkan
grafik
Data yang
dipre sentasikan
akurat
dengan grafik,
disampaikan
dengan bahasa
Indonesia yang
baik.
Siswa mempresentasikan grafik dengan
data yang akurat
menggunakan
bahasa
Indonesia
dan sesekali
menggunakan
bahasa daerah.

Siswa mempresentasikan data
dalam grafik
dengan bahasa
Indonesia yang
dibantu dengan
bahasa daerah


Siswa
Mempresentasikan grafik dibantu guru
sepenuhnya
2.
Kepercayaan
diri dalam
presentasi
Siswa mempresentasikan grafik dengan
yakin dan
percaya diri
Siswa terlihat
ragu-ragu
dalam mempresentasikan grafik
Siswa
mempresentasikan
grafik
dengan bantuan
guru
Belum memiliki
keberanian
untuk mempresentasikan grafik.

H. Sumber dan Media
1.      Buku siswa
2.      Kamus Besar Bahasa Indonesia


Mengetahui,                                                                        Tijue, 13 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027

Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Setelah membaca percakapan di Pada bukumu. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

1.   Di mana Lani dan Siti bercakap-cakap?
………………………………………………………

2.   Mengapa Lani dan Siti merasa perlu membuat pot gantung?
………………………………………………………

3.   Apa yang dibutuhkan untuk membuat sebuah pot gantung?
………………………………………………………

4.   Apakah yang pertama kali harus dilakukan untuk membuat pot gantung?
………………………………………………………

5.   Dimana Lani dan Siti akan menggantung pot setelah selesai membuatnya?
………………………………………………………

2.   Apa yang digunakan untuk menutup bagian atas pot gantung?
………………………………………………………

MEDIA

TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 5






TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 1
TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 2
TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 3
TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 4


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors