Home » » TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 6

TEMA 6 KELAS 3 SUB 2 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 26 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                          : 3/1
Tema 6                                       : Indahnya Persahabatan
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Tumnuhan Sahabatku/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mersapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup,benda dan sifatnya, energy dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengurutkan pokok-pokok bacaan teks arahan/petunjuk tentang perawatan tumbuhan secara tertulis
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
.4.2.1 Menguraikan gagasan pokok dari teks arahan/ petunjuk tentang perawatan tumbuhan secara lisan.

b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1 Memahami symbol-simbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Berperilaku sesuai dengan sila ketiga Pancasila
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Memberikan contoh pengamalan sila ketiga Pancasila.

c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif,menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.13 Memahami penghitungan waktu berdasarkan data sehari-hari.
3.13.1 Menjelaskan penghitungan waktu berdasarkan data sehari-hari.
4.13. Membaca, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan data pokok yang ditampilkan pada bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertical dan horizontal.
4.13.1 Menginterpretasikan data berdasarkan grafik yang disajikan.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membaca teks tentang petunjuk perawatan tanaman di daerah resapan.
2.      Memahami persatuan dan kerja sama dalam posko penanggulangan banjir sebagai perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
3.      Mengonversi jam ke hari dan menginterpretasi grafik batang.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengucap salam dan menyapa siswa.
o   Guru memeriksa kehadiran siswa.
o   Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
o   Guru menjelaskan topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
o   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
o   Siswa diminta untuk membaca percakapan tentang
o   Apotek Hidup. Masing-masing berperan sebagai
o   Dayu, Siti, Edo, dan Pak Buyung.
o   Siswa lain menyimak percakapan yang dibacakan.
o   Kemudian, siswa diminta menjawab pertanyaanpertanyaan yang berkaitan dengan teks:
  • Siapakah Pak Buyung?
  • Apa manfaat tanaman yang ditanam oleh Pak Buyung?
  • Apa saja yang dilakukan Pak Buyung untuk merawatnya?
  • Sulitkah merawat apotek hidup?
o   Siswa mendiskusikan jawaban-jawaban yang tepat dari pertanyaan-pertanyaan di atas.
o   Siswa melengkapi teks tentang apotek hidup dengan memilih kata-kata yang tersedia.
o   Siswa saling menukar hasil pekerjaan dan memeriksa kebenaran jawaban temannya.
o   Siswa mengamati gambar Pak Buyung menyiram tanaman.
o   Guru menstimulasi siswa dengan pertanyaanpertanyaan berkaitan dengan gambar.
o   Siswa diminta membaca contoh paragraf yang disusun berdasarkan gambar.
o   Guru mengulas tentang penggunaan tanda titik untuk mengakhiri kalimat dan penggunaan huruf kapital untuk awal kalimat dan nama orang.
o   Siswa menyusun paragraf yang mendeskripsikan masing-masing gambar dengan melanjutkan kalimat awal.
o   Guru menstimulasi siswa untuk mendiskusikan paragraf-paragraf yang siswa buat untuk masing-masing gambar.
o   Siswa diminta mengamati teks percakapan Dayu,
o   Siti, dan Edo di rumah Pak Buyung usai melihat-lihat apotek hidup.
o   Guru menegaskan waktu yang mereka bicarakan:
§  Tiba di rumah Pak Buyung pukul 08.45
§  Selesai melihat-lihat apotek hidup pukul 11.30
o   Guru menjelaskan penghitungan durasi dengan menggunakan garis waktu.
o   Siswa menghitung durasi dengan menggunakan garis waktu.
o   Siswa dan guru mendiskusikan garis waktu yang dibuat siswa, membahas kesulitan dan kekeliruan yang dialami siswa dalam membuat garis waktu.
o   Siswa mengamati grafik pemberian pupuk di buku siswa.
o   Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai grafik.
o   Siswa melengkapi kalimat berdasarkan data yang diinterpretasi dari grafik.
o   Siswa dan guru mendiskusikan jawaban-jawaban siswa.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket
o   Siswa mempresentasikan grafik di depan kelas.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin

















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis di buku siswa
a. Melengkapi kalimat rumpang.
Jumlah soal: 5
Total skor: 100
b. Menghitung durasi
Jumlah soal:5
Total skor: 100
c. Melengkapi kalimat berdasarkan data dari grafik.

3. Penilaian Keterampilan
a. Pengamatan unjuk kerja menyusun paragraf berdasarkan gambar
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda
baca
Menggunakan
huruf besar dan
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat.
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam
penggunaan
huruf besar dan
tandatitik.
Terdapat lebih
dari 2 kesalahan
dalam penggunaan
huruf besar dan
tandatitik
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik
2.
Kesesuaian
cerita yang
ditulis dengan
gambar
Seluruh isi cerita yang ditulis sesuai
gambar
Setengah atau
lebih isi cerita
sesuai dengan
gambar
Hampir
keseluruhan
cerita kurang sesuai dengan gambar
Cerita tidak
Sesuai gambar.
3.
Penulisan.
Penulisan kata
sudah tepat
Terdapat 1-2
Kata yang belum
Tepat penulisannya
Terdapat lebih
dari 2 kata yang
belum tepat
penulisannya.
Seluruh kata
belum tepat
dalam penulisan
4.
Penggunaan
kalimat yang
efektif.
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif.




b. Menginterpretasi dan mempresentasikan grafik
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Ketepatan
Penjelasan data
Keseluruhan
Data dijelaskan
dengan tepat
Sebagian besar
Data dijelaskan
dengan tepat
Sebagian
kecil isi data
dijelaskan
dengan tepat
Belum mampu
menjelaskan
data
secara tepat

2.
Menjelaskan
isi data
Mampu
menjelaskan
isi data secara
keseluruhan
Mampu
menjelaskan
sebagian besar
isi data.
Mampu
menjelaskan
sebagian kecil
isi data
Belum mampu
menjelaskan isi
data

Kebahasaan.
Bahasa yang
digunakan
mudah dipahami dan
santun secara
keseluruhan
Bahasa yang
digunakan
sebagian besar
mudah
dipahami dan
santun sebagian
besar
Bahasa yang
digunakan
sebagian kecil
mudah
dipahami dan
santun sebagian
kecil
Bahasa yang
digunakan
belum mudah
dipahami
dan santun

c. Pengamatan unjuk kerja mempraktikkan gerak berdasarkan level dan tempo
   yang berbeda
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Kemampuan
mempraktikkan
gerak tarian
tradisional
sesuai dengan level dan tempo
masingmasing
tarian.
Siswa
mempraktikkan
gerak tarian
tradisional
sesuai dengan
level dan tempo masing-masing tarian.
Siswa
mempraktikkan
gerak tarian
tradisional
sesuai dengan
level masing-masing
tarian namun tempo gerakan masih kurang sesuai

Siswa
mempraktikkan
gerak tarian
tradisional tidak sesuai dengan level dan tempo
masing-masing
tarian.
Siswa
mempraktikkan
gerak tarian
tradisional
dengan bantuan guru sepenuhnya
2
Kepercayaan
diri dalam
menari.
Siswa
mempraktikkan
gerak tarian
tradisional
dengan yakin
dan percaya
diri.
Siswa terlihat
ragu-ragu
dalam mempraktikkan
gerak tarian
tradisional
                    
Siswa
mempraktikkan
gerak tarian
tradisional
dengan
bantuan guru

Siswa belum
memiliki
keberanian
untuk memprak
tikkan
gerak tarian
tradisional.


H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Buku siswa
3.      Penggaris 1 m dan penggaris 30 cm untuk membuat garis waktu.



Mengetahui,                                                                        Tijue, 15 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027




Lembar Kerja Siswa
(LKS)

TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 6


Setelah membaca teks di atas, Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan kalimat lengkap.

1.   Siapa yang membaca koran?
…………………………………………………………

2.   Berita tentang apa yang dibaca?
…………………………………………………………

3.   Apa yang menyebabkan banjir melanda sebagian wilayah Indonesia?
…………………………………………………………

4.   Apakah yang disebut dengan daerah resapan air?
…………………………………………………………

5.   Apa manfaat daerah resapan air pada musim hujan?
…………………………………………………………


MEDIA

TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 6



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors