RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Tumnuhan
Sahabatku/ 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mersapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup,benda dan sifatnya,
energy dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.4 Memiliki rasa
percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan
teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup
hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengurutkan
pokok-pokok bacaan teks arahan/petunjuk tentang perawatan tumbuhan secara
tertulis
4.2 Menerangkan dan
mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta
daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
.4.2.1 Menguraikan
gagasan pokok dari teks arahan/ petunjuk tentang perawatan tumbuhan secara
lisan.
b) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan
perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1 Memahami symbol-simbol
sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Berperilaku
sesuai dengan sila ketiga Pancasila
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap
simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Memberikan
contoh pengamalan sila ketiga Pancasila.
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif,menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok
maupun aktivitas sehari-hari.
3.13 Memahami penghitungan
waktu berdasarkan data sehari-hari.
3.13.1 Menjelaskan penghitungan
waktu berdasarkan data sehari-hari.
4.13. Membaca, mendeskripsikan,
dan menginterpretasikan data pokok yang ditampilkan pada bagan dan grafik,
termasuk grafik batang vertical dan horizontal.
4.13.1 Menginterpretasikan
data berdasarkan grafik yang disajikan.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Membaca teks
tentang petunjuk perawatan tanaman di daerah resapan.
2.
Memahami persatuan
dan kerja sama dalam posko penanggulangan banjir sebagai perilaku yang sesuai
dengan sila ketiga Pancasila.
3.
Mengonversi jam ke
hari dan menginterpretasi grafik batang.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru mengucap
salam dan menyapa siswa.
o
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
o
Guru meminta
salah satu siswa memimpin doa.
o
Guru menjelaskan
topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran
sebelumnya.
o
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran.
o
Siswa diminta
untuk membaca percakapan tentang
o
Apotek Hidup.
Masing-masing berperan sebagai
o
Dayu, Siti, Edo,
dan Pak Buyung.
o
Siswa lain
menyimak percakapan yang dibacakan.
o
Kemudian, siswa
diminta menjawab pertanyaanpertanyaan yang berkaitan dengan teks:
o
Siswa
mendiskusikan jawaban-jawaban yang tepat dari pertanyaan-pertanyaan di atas.
o
Siswa melengkapi
teks tentang apotek hidup dengan memilih kata-kata yang tersedia.
o
Siswa saling
menukar hasil pekerjaan dan memeriksa kebenaran jawaban temannya.
o
Siswa mengamati
gambar Pak Buyung menyiram tanaman.
o
Guru menstimulasi
siswa dengan pertanyaanpertanyaan berkaitan dengan gambar.
o
Siswa diminta
membaca contoh paragraf yang disusun berdasarkan gambar.
o
Guru mengulas
tentang penggunaan tanda titik untuk mengakhiri kalimat dan penggunaan huruf kapital
untuk awal kalimat dan nama orang.
o
Siswa menyusun
paragraf yang mendeskripsikan masing-masing gambar dengan melanjutkan kalimat
awal.
o
Guru menstimulasi
siswa untuk mendiskusikan paragraf-paragraf yang siswa buat untuk masing-masing
gambar.
o
Siswa diminta
mengamati teks percakapan Dayu,
o
Siti, dan Edo di
rumah Pak Buyung usai melihat-lihat apotek hidup.
o
Guru menegaskan
waktu yang mereka bicarakan:
§ Tiba di rumah Pak Buyung pukul 08.45
§ Selesai melihat-lihat apotek hidup pukul 11.30
o
Guru menjelaskan
penghitungan durasi dengan menggunakan garis waktu.
o
Siswa menghitung
durasi dengan menggunakan garis waktu.
o
Siswa dan guru
mendiskusikan garis waktu yang dibuat siswa, membahas kesulitan dan
kekeliruan yang dialami siswa dalam membuat garis waktu.
o
Siswa mengamati
grafik pemberian pupuk di buku siswa.
o
Guru memberi
kesempatan siswa untuk bertanya mengenai grafik.
o
Siswa melengkapi
kalimat berdasarkan data yang diinterpretasi dari grafik.
o
Siswa dan guru
mendiskusikan jawaban-jawaban siswa.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas
piket
o
Siswa
mempresentasikan grafik di depan kelas.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa
petugas piket
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||||||||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||||||||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||||||||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||||||||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||||||||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||||||||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||||||||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||||||||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||||||||||||
10
|
Fawniya
|
||||||||||||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||||||||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||||||||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||||||||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||||||||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||||||||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||||||||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||||||||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||||||||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||||||||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||||||||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||||||||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||||||||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||||||||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||||||||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||||||||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||||||||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||||||||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||||||||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||||||||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||||||||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||||||||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||||||||||||
33
|
Alfin
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes
tertulis di buku siswa
a.
Melengkapi kalimat rumpang.
Jumlah
soal: 5
Total
skor: 100
b. Menghitung
durasi
Jumlah
soal:5
Total
skor: 100
c. Melengkapi kalimat berdasarkan data
dari grafik.
3. Penilaian
Keterampilan
a. Pengamatan unjuk
kerja menyusun paragraf berdasarkan gambar
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Penggunaan
huruf
besar,
dan tanda
baca
|
Menggunakan
huruf
besar dan
menggunakan
tanda
titik di
akhir kalimat.
|
Terdapat
1-2
kesalahan
dalam
penggunaan
huruf
besar dan
tandatitik.
|
Terdapat
lebih
dari 2 kesalahan
dalam penggunaan
huruf
besar dan
tandatitik
|
Tidak
satu pun
kalimat
yang
menggunakan
huruf
besar dan
tanda
titik
|
2.
|
Kesesuaian
cerita
yang
ditulis dengan
gambar
|
Seluruh
isi cerita yang ditulis sesuai
gambar
|
Setengah
atau
lebih isi
cerita
sesuai
dengan
gambar
|
Hampir
keseluruhan
cerita kurang
sesuai dengan gambar
|
Cerita
tidak
Sesuai gambar.
|
3.
|
Penulisan.
|
Penulisan
kata
sudah
tepat
|
Terdapat
1-2
Kata yang
belum
Tepat penulisannya
|
Terdapat
lebih
dari 2
kata yang
belum
tepat
penulisannya.
|
Seluruh
kata
belum
tepat
dalam penulisan
|
4.
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif.
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
efektif
|
Terdapat
1-2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif
|
Terdapat
lebih
dari 2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
belum
efektif.
|
b. Menginterpretasi
dan mempresentasikan grafik
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Ketepatan
Penjelasan
data
|
Keseluruhan
Data dijelaskan
dengan tepat
|
Sebagian
besar
Data dijelaskan
dengan tepat
|
Sebagian
kecil isi
data
dijelaskan
dengan tepat
|
Belum
mampu
menjelaskan
data
secara
tepat
|
2.
|
Menjelaskan
isi data
|
Mampu
menjelaskan
isi data
secara
keseluruhan
|
Mampu
menjelaskan
sebagian
besar
isi data.
|
Mampu
menjelaskan
sebagian
kecil
isi data
|
Belum mampu
menjelaskan
isi
data
|
Kebahasaan.
|
Bahasa
yang
digunakan
mudah dipahami
dan
santun
secara
keseluruhan
|
Bahasa
yang
digunakan
sebagian
besar
mudah
dipahami
dan
santun
sebagian
besar
|
Bahasa
yang
digunakan
sebagian
kecil
mudah
dipahami
dan
santun sebagian
kecil
|
Bahasa
yang
digunakan
belum
mudah
dipahami
dan santun
|
c. Pengamatan unjuk
kerja mempraktikkan gerak berdasarkan level dan tempo
yang
berbeda
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Kemampuan
mempraktikkan
gerak tarian
tradisional
sesuai dengan
level dan tempo
masingmasing
tarian.
|
Siswa
mempraktikkan
gerak
tarian
tradisional
sesuai
dengan
level dan
tempo masing-masing tarian.
|
Siswa
mempraktikkan
gerak
tarian
tradisional
sesuai
dengan
level masing-masing
tarian namun
tempo gerakan masih kurang sesuai
|
Siswa
mempraktikkan
gerak
tarian
tradisional
tidak sesuai dengan level dan tempo
masing-masing
tarian.
|
Siswa
mempraktikkan
gerak
tarian
tradisional
dengan bantuan
guru sepenuhnya
|
2
|
Kepercayaan
diri
dalam
menari.
|
Siswa
mempraktikkan
gerak
tarian
tradisional
dengan
yakin
dan
percaya
diri.
|
Siswa
terlihat
ragu-ragu
dalam mempraktikkan
gerak
tarian
tradisional
|
Siswa
mempraktikkan
gerak
tarian
tradisional
dengan
bantuan guru
|
Siswa
belum
memiliki
keberanian
untuk
memprak
tikkan
gerak
tarian
tradisional.
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Buku siswa
3. Penggaris 1 m dan penggaris 30 cm untuk membuat garis waktu.
Mengetahui, Tijue,
15 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Setelah membaca teks di atas, Jawablah pertanyaan-pertanyaan
di bawah ini dengan kalimat lengkap.
1.
Siapa yang membaca koran?
…………………………………………………………
2.
Berita tentang apa yang dibaca?
…………………………………………………………
3.
Apa yang menyebabkan banjir melanda sebagian
wilayah Indonesia?
…………………………………………………………
4.
Apakah yang disebut dengan daerah resapan
air?
…………………………………………………………
5.
Apa manfaat daerah resapan air pada musim
hujan?
…………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment