RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Temanku
Sahabatku/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan
dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, benda dan
sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.4 Memiliki rasa
percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan social melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Merumuskan pertanyaan-pertanyaan
berdasarkan teks surat tanggapan pribadi.
4.3 Mengolah dan menyajikan
teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan social di daerah secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menceritakan
kembali isi teks surat tanggapan pribadi berdasarkan pertanyaan yang
dibua
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
3.9 Mengenal
hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang
biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.9.1 Menyebutkan
satuan waktu yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Memecahkan
masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa
kebenaran jawabannya.
4.5.1 Menggunakan pengetahuan
yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
waktu
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.3 Memahami gerak
kuat dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik sebagai iringan.
3.3.1 Mengidentifikasi
gerak kuat dan gerak lemah berdasarkan pengamatan terhadap alam sekitar.
4.9 Mengembangkan
gerak berdasarkan hasil pengamatan alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema.
4.9.1 Menirukan
gerak alam hasil pengamatan dari alam sekitar.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Membaca,
mengidentifikasi, dan menceritakan isi surat teks tanggapan pribadi.
2. Belajar
membaca dan menentukan jam.
3. Mengidentifikasi
dan menirukan gerakan-gerakan berdasarkan pengamatan terhadap permainan Petak
Jongkok
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru mengucap
salam dan menyapa siswa.
o
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
o
Guru meminta
salah satu siswa memimpin doa.
o
Guru menjelaskan
topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran
sebelumnya.
o
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran
o
Salah satu siswa
diminta membaca nyaring teks tentang sahabat pena di buku siswa.
o
Semua siswa
membaca teks surat yang dikirimkan oleh sahabat pena Dayu di dalam hati
o
Siswa menuliskan
pertanyaan yang mungkin muncul setelah membaca teks tersebut.
o
Pertanyaan yang
ditulis dapat berupa pertanyaan terbuka.
o
Misal:
o
Siswa menuliskan
isi surat Sindai dengan bahasanya sendiri.
o
Siswa menulis
dengan bahasa yang santun.
o
Untuk melakukan
kegiatan ini, guru meminta siswa untuk menutup halaman surat Sindai.
o
Guru meminta
salah satu siswa membaca surat balasan dari Dayu untuk Sindai
o
Guru membahas hubungan
antar satuan waktu yang berlaku di dunia.
o
Siswa menyimak
konversi antar satuan waktu.
o
Guru bertanya
pada siswa:
·
Satuan waktu
manakah yang paling lama?
·
Satuan waktu mana
yang paling singkat?
o
Menyusun
satuan-satuan waktu pada garis waktu mulai dari satuan waktu yang paling
singkat hingga satuan waktu yang paling lama.
o
Guru dan siswa
mendiskusikan jawaban-jawaban siswa.
o
Siswa diminta
mengamati gambar anak-anak bermain
o
Petak Jongkok
o
Siswa menjawab
pertanyaan tentang permainan
o
Petak Jongkok
o
Siswa menirukan
gerakan-gerakan permainan Petak
o
Jongkok ke dalam
tarian.
o
Siswa
mengumpulkan buku siswa untuk dinilai.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa
petugas piket.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup dengan
membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
a. Membuat
pertanyaan berdasarkan teks surat tanggapan pribadi
b. Menyusun satuan
waktu pada garis waktu
Jumlah jawaban: 10
Total Skor: 100.
3. Penilaian
Keterampilan
a. Penilaian: Unjuk
Kerja
Menceritakan isi
surat tanggapan pribadi
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Kesesuaian
dengan
teks.
|
Cerita
yang
ditulis
sesuai
dengan teks
|
Cerita
yang
ditulis
sesuai
dengan
teks
dengan
penambahan
dan pengurangan
yang
tidak
mengubah
isi
teks
|
Cerita
yang
ditulis
merujuk
pada teks
dengan
penambahan
dan
pengurangan
|
Cerita
yang
ditulis
tidak
sesuai
dengan
teks.
|
2.
|
Keaslian
redaksi cerita.
|
Pilihan
kata
dalam
cerita
autentik.
|
Pilihan
kata
yang
digunakan
lebih
banyak
redaksi
sendiri
(autenti).
|
Menggunakan
kata-kata
dari
teks
dengan
gaya
bahasa
sendiri.
|
Menggunakan
seluruh
kata
dari teks.
|
Menggambar jam berdasarkan waktu yang
ditentukan
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Akurasi
(ketepatan)
urutan
satuan
waktu
|
Seluruh
satuan waktu tersusun
dalam
urutan
yang benar
|
Dua
satuan
waktu
tidak
tepat
urutannya
|
Tiga
satuan
waktu
tidak
tepat urutannya.
|
Empat
satuan
waktu
tidak
tepat
urutannya
|
2.
|
Akurasi
(ketepatan)
penempatan
satuan
waktu
dalam garis.
|
Seluruh
satuan waktu pada posisi yang tepat
|
Dua
satuan
waktu
tidak
tepat posisinya
|
Tiga
satuan
waktu
tidak
tepat posisinya
|
Empat
satuan
waktu
tidak
tepat posisinya
|
Menirukan
gerakan-gerakan berdasarkan pengamatan terhadap permainan
Petak Jongkok.
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Keaslian
dan
kesesuaian
dengan
tema
|
Siswa
menari
dengan
gerakangerakan
ciptaan
sendiri
yang
sesuai
dengan
pengamatan
permainan
Petak Jongkok.
|
Siswa
menari
dengan
gerakangerakan
improvisasi
dari
gerakan
teman
yang
sesuai
dengan
pengamatan
permainan
Petak
Jongkok
|
Siswa
menari
dengan
gerakangerakan
meniru gerakan
teman
yang
sesuai
dengan
pengamatan
permainan
Petak Jongkok.
|
Siswa
belum
dapat
menarikan
gerakan
yang
sesuai
dengan
pengamatan
permainan
Petak
Jongkok
walau
dengan
bimbingan
penuh
dari guru.
|
2.
|
Konsistensi
gerakan
|
Siswa
menari
dengan
ragam
gerakan
yang
konsisten
dari
awal
hingga
akhir.
|
Siswa
menarikan
sebagian
besar
gerakan
dengan
konsisten.
|
Siswa
menarikan
separuh
gerakan
tarian
dengan
konsisten
|
Siswa
belum
dapat
menari
dengan
gerakangerakan
konsisten.
|
|
Kepercayaan
diri
|
Siswa
dapat
menari
secara
individu
dan
kelompok
dengan
percaya
diri.
|
Siswa
dapat
menari
secara
kelompok
dengan
percaya
diri
|
Siswa
dapat
menari
dengan
motivasi
dan
dorongan
dari
guru.
|
Siswa
belum
dapat
menari
dengan
percaya
diri
walau
dengan
motivasi
dan
dorongan
penuh
dari guru
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Gambar jam
3. Jam
Mengetahui, Tijue,
1 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Satuan-satuan waktu yang berlaku di
dunia!
1 abad :
100 tahun
1 dasawarsa : 10 tahun
1 windu :
8 tahun
1 tahun :
12 bulan
1 bulan :
4 minggu
1 minggu :
7 hari
1 hari :
24 jam
1 jam :
60 menit
1 menit :
60 detik
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment