RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 1/ Pembelajaran :
Air/ 2
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.2
Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan
hewan dan tumbuhan.
2.3
Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota
keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau
bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks
laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1
Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
4.1 Mengamati dan
mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alamsekitar, hewan, dan tumbuhan
serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.2 Membacakan
laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang
jelas
b) PPKn
1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3
Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam
kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekola
3.2 Mengenal tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah.
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah.
3.2.1
Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.2
Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1 Melaksanakan
tata tertib di lingkungan keluarga
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang
terbentuk melalui pengalaman belajar
3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik
tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
sekitar.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang
atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan
uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya.
3.6.2 Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm
dan m.
3.10.2 Mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai
terkecil ke terbesar.
4.5.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda.
d) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.9
Memahami manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan
aktivitas fisik.
3.9.1
Mengidentifikasi berbagai aktivitas pemanasan sebelum melakukan aktivitas
fisik.
3.9.2
Mengidentifikasi berbagai aktivitas pendinginan setelah melakukan aktivitas.
4.9
Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas
fisik.
4.9.1
Mempraktikkan kegiatan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.9.2
Mempraktikkan kegiatan pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa
dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
2. Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan
aktivitas fisik.
3. Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan
aktivitas fisik.
4. Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan
tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
5. Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.
6. Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan
baku cm dan m.
7. Mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai
terkecil ke terbesar.
8. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang
benda.
9. Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar
dengan lafal dan intonasi yang jelas.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal pembelajaran,
guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi
gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan
dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
gambar yang terdapat di buku siswa mengenai suasana banjir di suatu daerah
(mengamati).
o
Siswa bertanya
jawab dengan teman di sebelahnya mengenai kejadian yang dialami penduduk bila
terjadi banjir (menalar).
o
Siswa juga
bertanya jawab akibat yang ditimbulkan karena bencana banjir.
o
Siswa melengkapi
kalimat berdasarkan gambar yang sudah diamati (menalar).
o
Kata-kata yang
dituliskan siswa bisa berbeda. Gurumemberikan umpan balik atas jawaban yang
dituliskan oleh siswa.
o
Beberapa siswa
diminta membacakan jawabannya (mengomunikasikan). Siswa yang lain menanggapi.
Guru memfasilitasi diskusi kelas.
o
Siswa membaca
teks yang ada di buku siswa (mengamati).
o
Kegiatan membaca
ini sebagai pengantar aktivitas jasmani yang akan dilakukan siswa.
o
Teks dibaca
bersama-sama. Guru mengamati kebersamaan siswa dalam membaca. Bila ada siswa yang
tidak antusias membaca, guru mengajak siswa tersebut untuk ikut membaca.
Siswa membaca dengan suara nyaring dan penuh percaya diri.
o
Siswa mengamati
gambar pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik (mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik (mengamati).
o
Salah seorang
siswa diminta membaca teks tentang aktivitas fisik yang akan dilakukan yaitu
permainan mengisi galon (mengamati).
o
Siswa diberikan
pengarahan tentang aktivitas fisik, gerakan pemanasan dan pendinginan yang
akan dilakukan (mengomunikasikan)
o
Siswa melakukan
gerakan pemanasan sebelum melakukan permainan mengisi galon (mencoba).
o
Siswa melakukan
permainan mengisi galon (mencoba).
o
Dalam permainan
ini setiap kelompok berlomba memindahkan air dari baskom ke dalam kolam.
o
Siswa melakukan
gerakan pendinginan setelah selesai permainan (mencoba).
o
Permainan ini
dilakukan bersama guru PJOK. Penilaian dilakukan sepanjang permainan
berlangsung. Guru mengamati sikap toleransi siswa kepada temannya ketika bermain.
Permainan bisa diganti dengan permainan tradisional. Yang utama dalam
permainan ini adalah siswa diberi kesempatan untuk bergerak dan bermain bersama
dengan temannya di sekolah. Diharapkan siswa mengembangkan sikap toleransi
dan kerja sama, selain juga untuk menjaga kesehatan jasmani.
o
Siswa mengamati
gambar tentang aturan di rumah yang ada kaitannya dengan tema air
(mengamati).
o
Siswa diminta
menentukan gambar yang menunjukkan sikap mematuhi aturan di rumah (menalar).
Siswa diajak bertanya mengenai gambar, siswa diminta menjelaskan mengenai
aturan tersebut. Tanya jawab dilakukan dalam diskusi kelas. Guru dapat
mengamati siswa dalam bertanya jawab. Arahkan siswa untuk dapat mengajukan
pertanyaan tentang gambar atau segala hal yang berhubungan dengan aturan
penghematan air dan pemeliharaaan kebersihan lingkungan.
o
Berlatih
memadukan muatan pelajaran matematika dan Bahasa Indonesia. Dalam kegiatan
ini perlu disediakan penggaris dan benda-benda yang nantinya akan diiukur.
o
Siswa mengamati
gambar tentang pengukuran panjang benda menggunakan satuan baku (centimeter
dan meter). Guru menjelaskan bahwa 1 meter = 100 centimeter (mengamati).
o
Siswa dibagi
dalam kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4 sampai 5 siswa.
o
Kemudian siswa
mengukur benda-benda yang sebenarnya (mencoba). Siswa menentukan
benda-benda di sekitar yang akan diukur dengan satuan baku. Usahakan benda-benda
yang ada di gambar disediakan juga benda sesungguhnya untuk diukur siswa.
o
Setiap kelompok
yang melakukan kegiatan pengukuran, membuat laporan tentang kegiatan
pengukuran tersebut. Siswa diberi kebebasan dalam menuliskan laporannya. Guru
mengemukakan persayaratan yang ada di dalam laporan adalah alat dan bahan
yang harus disediakan, cara kerja, dan kesimpulan.
o
Siswa membuat
laporan bersama-sama dalam kelompok mengenai kegiatan pengukuran yang
dilakukan (mencoba).
o
Laporan tersebut
dibacakan di depan kelas oleh wakil kelompok (mengomunikasikan).
o
Lakukan diskusi
antarkelompok (mengomunikasikan).
Kegiatan
Pengayaan
o
Jika siswa sudah
mampu mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib
yang berlaku, siswa diberikan latihan lanjutan yang berhubungan dengan tata tertib
di lingkungan rumah.
o
Jika siswa sudah
mampu membacakan teks laporan yang ditulis, siswa diberikan latihan lanjutan
yang berkaitan dengan teks laporan.
o
Jika siswa sudah
mampu mengukur panjang benda, siswa diberikan tugas lanjutan seperti membandingkan
dan mengurutkan hasil pengukuran.
o
Jika siswa sudah
mampu mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas
fisik, siswa diberikan tugas lanjutan terkait materi.
Kegiatan Remedial
o
Jika siswa belum
mampu mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib
yang berlaku, siswa diberikan pembelajaran tambahan tentang tata tertib di lingkungan
rumah.
o
Jika siswa belum
mampu membacakan teks laporan yang ditulis, siswa diberikan bimbingan dalam
menulis dan membacakan teks laporan.
o
Jika siswa belum
mampu mengukur panjang benda, siswa diberikan bimbingan dalam mengukur
panjang benda.
o
Jika siswa belum
mampu mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan
aktivitas fisik, siswa diberikan pembelajaran tambahan terkait materi.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes
tertulis: Daftar Periksa dan Skor
•
Penilaian Mengajukan Pertanyaan
No
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Mampu mengajukan pertanyaan
|
|
|
2.
|
Mampu
menjawab pertanyaan teman
|
|
|
•
Mengisi titik berdasarkan gambar
Jumlah
soal: 5 soal
Jawaban:
1.
Banjir
2.
Kebanjiran
3.
Mogok
4.
Membuang sampah ke sungai, hutan yang gundul
5.
Membuang sampah pada tempatnya, tidak menebang hutan
sembarangan
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Observasi dan Unjuk Kerja
a. Melakukan permainan mengisi galon
Lembar penilaian permainan mengisi gallon
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
1.
|
Siswa
mampu mengikuti instruksi
|
|
|
2.
|
Siswa
mampu mempraktikkan cara menjaga
kebersihan dengan benar
|
|
|
3.
|
Siswa
terlibat aktif dalam pembelajaran
|
|
|
a. Mengukur Panjang Benda
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Keterampilan
dalam mengukur
|
Siswa mampu
melakukan
pengukuran
dengan sangat
tepat dengan
menggunakan
alat ukur tak bak
|
Siswa mampu
melakukan
pengukuran
dengan cukup
tepat dengan
menggunakan
alat ukur tak baku
|
Siswa kurang
mampu
melakukan
pengukuran
dengan tepat
dengan
menggunakan
alat ukur tak baku
|
Siswa tidak
mampu
melakukan
pengukuran
dengan
menggunakan
alat ukur tak baku
|
|
Kemampuan
membandingkan
hasil
pengukuran
|
Siswa sangat
mampu dalam
menbandingkan
hasil pengukuran
benda
|
Siswa cukup
mampu dalam
menbandingkan
hasil pengukuran
benda
|
Siswa
kurang
mampu
dalam
menbandingkan
hasil
pengukuran
benda
|
Siswa tidak
mampu dalam
menbandingkan
hasil pengukuran
benda
|
b. Menulis teks laporan tentang kegiatan mengukur
benda
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda baca
|
Menggunakan
huruf
besar di
awal
kalimat
dan
nama
orang,
serta
menggunakan
tanda
titik di
akhir
kalima
|
Terdapat 1-2
kesalahan dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik
|
Terdapat
lebih dari 2
kesalahan dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik
|
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik
|
2.
|
Kesesuaian
isi teks yang
ditulis dengan
tema
|
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai tema
|
Setengah atau
lebih isi teks
sesuai tema
|
Kurang dari
setengah isi teks
sesuai tema
|
Seluruh isi teks
belum sesuai
dengan tema
|
3.
|
Penulisan
|
Penulisan kata
sudah tepat
|
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat
penulisannya
|
Terdapat lebih
dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Seluruh kata
belum tepat
dalam penulisan
|
4.
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif
|
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
|
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang
efektif
|
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif
|
c. Membacakan teks laporan yang ditulis
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kemampuan
Membaca Teks
|
Siswa mampu
Membaca keseluruhan teks
dengan lanca
|
Siswa mampu
membaca
seluruh teks,
tetapi kurang
lanca
|
Siswa kurang
mampu
membaca
|
Siswa belum
mampu
membaca teks
|
2.
|
Volume Suara
|
Volume suara
keras dan
jelas
|
Volume suara
jelas
|
Volume suara
kurang jelas
|
Suara sangat
pelan dan tidak
jelas
|
F. Sumber dan Media
1. Buku Siswa
2. Gambar suasana banjir
3. Gambar kegiatan kerja bakti
4. Gambar gerakan pemanasan
5. Gambar gerakan pendinginan
6. Gambar tentang tata tertib di rumah
7. Gambar alat-alat kebersihan
8. Gambar Edo dan kakak Edo mengukur panjang benda
9. Gambar tentang cara mengukur panjang benda menggunakan satuan baku.
Mengetahui, Tijue,
2 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Berilah
tanda centang (v') untuk kegiatan yang mematuhi tata tertib di rumah!
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment