Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 2

TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 28 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/1
Tema 6                                   : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Air/ 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alamsekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.2 Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas

b) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekola
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
3.2.1 Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.2 Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1 Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga

c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya.
3.6.2 Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm dan m.
3.10.2 Mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.5.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda.

d) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.9 Memahami manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.9.1 Mengidentifikasi berbagai aktivitas pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik.
3.9.2 Mengidentifikasi berbagai aktivitas pendinginan setelah melakukan aktivitas.
4.9 Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.9.1 Mempraktikkan kegiatan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.9.2 Mempraktikkan kegiatan pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
2.      Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
3.      Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.      Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
5.      Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.
6.      Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm dan m.
7.      Mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
8.      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda.
9.      Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas.

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar yang terdapat di buku siswa mengenai suasana banjir di suatu daerah (mengamati).
o   Siswa bertanya jawab dengan teman di sebelahnya mengenai kejadian yang dialami penduduk bila terjadi banjir (menalar).
o   Siswa juga bertanya jawab akibat yang ditimbulkan karena bencana banjir.
o   Siswa melengkapi kalimat berdasarkan gambar yang sudah diamati (menalar).
o   Kata-kata yang dituliskan siswa bisa berbeda. Gurumemberikan umpan balik atas jawaban yang dituliskan oleh siswa.
o   Beberapa siswa diminta membacakan jawabannya (mengomunikasikan). Siswa yang lain menanggapi. Guru memfasilitasi diskusi kelas.
o   Siswa membaca teks yang ada di buku siswa (mengamati).
o   Kegiatan membaca ini sebagai pengantar aktivitas jasmani yang akan dilakukan siswa.
o   Teks dibaca bersama-sama. Guru mengamati kebersamaan siswa dalam membaca. Bila ada siswa yang tidak antusias membaca, guru mengajak siswa tersebut untuk ikut membaca. Siswa membaca dengan suara nyaring dan penuh percaya diri.
o   Siswa mengamati gambar pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik (mengamati).
o   Salah seorang siswa diminta membaca teks tentang aktivitas fisik yang akan dilakukan yaitu permainan mengisi galon (mengamati).
o   Siswa diberikan pengarahan tentang aktivitas fisik, gerakan pemanasan dan pendinginan yang akan dilakukan (mengomunikasikan)
o   Siswa melakukan gerakan pemanasan sebelum melakukan permainan mengisi galon (mencoba).
o   Siswa melakukan permainan mengisi galon (mencoba).
o   Dalam permainan ini setiap kelompok berlomba memindahkan air dari baskom ke dalam kolam.
o   Siswa melakukan gerakan pendinginan setelah selesai permainan (mencoba).
o   Permainan ini dilakukan bersama guru PJOK. Penilaian dilakukan sepanjang permainan berlangsung. Guru mengamati sikap toleransi siswa kepada temannya ketika bermain. Permainan bisa diganti dengan permainan tradisional. Yang utama dalam permainan ini adalah siswa diberi kesempatan untuk bergerak dan bermain bersama dengan temannya di sekolah. Diharapkan siswa mengembangkan sikap toleransi dan kerja sama, selain juga untuk menjaga kesehatan jasmani.
o   Siswa mengamati gambar tentang aturan di rumah yang ada kaitannya dengan tema air (mengamati).
o   Siswa diminta menentukan gambar yang menunjukkan sikap mematuhi aturan di rumah (menalar). Siswa diajak bertanya mengenai gambar, siswa diminta menjelaskan mengenai aturan tersebut. Tanya jawab dilakukan dalam diskusi kelas. Guru dapat mengamati siswa dalam bertanya jawab. Arahkan siswa untuk dapat mengajukan pertanyaan tentang gambar atau segala hal yang berhubungan dengan aturan penghematan air dan pemeliharaaan kebersihan lingkungan.
o   Berlatih memadukan muatan pelajaran matematika dan Bahasa Indonesia. Dalam kegiatan ini perlu disediakan penggaris dan benda-benda yang nantinya akan diiukur.
o   Siswa mengamati gambar tentang pengukuran panjang benda menggunakan satuan baku (centimeter dan meter). Guru menjelaskan bahwa 1 meter = 100 centimeter (mengamati).
o   Siswa dibagi dalam kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4 sampai 5 siswa.
o   Kemudian siswa mengukur benda-benda yang sebenarnya (mencoba). Siswa menentukan benda-benda di sekitar yang akan diukur dengan satuan baku. Usahakan benda-benda yang ada di gambar disediakan juga benda sesungguhnya untuk diukur siswa.
o   Setiap kelompok yang melakukan kegiatan pengukuran, membuat laporan tentang kegiatan pengukuran tersebut. Siswa diberi kebebasan dalam menuliskan laporannya. Guru mengemukakan persayaratan yang ada di dalam laporan adalah alat dan bahan yang harus disediakan, cara kerja, dan kesimpulan.
o   Siswa membuat laporan bersama-sama dalam kelompok mengenai kegiatan pengukuran yang dilakukan (mencoba).
o   Laporan tersebut dibacakan di depan kelas oleh wakil kelompok (mengomunikasikan).
o   Lakukan diskusi antarkelompok (mengomunikasikan).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib yang berlaku, siswa diberikan latihan lanjutan yang berhubungan dengan tata tertib di lingkungan rumah.
o   Jika siswa sudah mampu membacakan teks laporan yang ditulis, siswa diberikan latihan lanjutan yang berkaitan dengan teks laporan.
o   Jika siswa sudah mampu mengukur panjang benda, siswa diberikan tugas lanjutan seperti membandingkan dan mengurutkan hasil pengukuran.
o   Jika siswa sudah mampu mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik, siswa diberikan tugas lanjutan terkait materi.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa belum mampu mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib yang berlaku, siswa diberikan pembelajaran tambahan tentang tata tertib di lingkungan rumah.
o   Jika siswa belum mampu membacakan teks laporan yang ditulis, siswa diberikan bimbingan dalam menulis dan membacakan teks laporan.
o   Jika siswa belum mampu mengukur panjang benda, siswa diberikan bimbingan dalam mengukur panjang benda.
o   Jika siswa belum mampu mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik, siswa diberikan pembelajaran tambahan terkait materi.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes tertulis: Daftar Periksa dan Skor
• Penilaian Mengajukan Pertanyaan
No
Kriteria
Tercapai
Ya
Tidak
1.
Mampu mengajukan pertanyaan


2.
Mampu menjawab pertanyaan teman



• Mengisi titik berdasarkan gambar
Jumlah soal: 5 soal
Jawaban:
1.      Banjir
2.      Kebanjiran
3.      Mogok
4.      Membuang sampah ke sungai, hutan yang gundul
5.      Membuang sampah pada tempatnya, tidak menebang hutan sembarangan

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Observasi dan Unjuk Kerja
a. Melakukan permainan mengisi galon
Lembar penilaian permainan mengisi gallon
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Siswa mampu mengikuti instruksi


2.
Siswa mampu mempraktikkan cara menjaga
kebersihan dengan benar


3.
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran



a. Mengukur Panjang Benda
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Keterampilan
dalam mengukur
Siswa mampu
melakukan
pengukuran
dengan sangat
tepat dengan
menggunakan
alat ukur tak bak
Siswa mampu
melakukan
pengukuran
dengan cukup
tepat dengan
menggunakan
alat ukur tak baku
Siswa kurang
mampu
melakukan
pengukuran
dengan tepat
dengan
menggunakan
alat ukur tak baku
Siswa tidak
mampu
melakukan
pengukuran
dengan
menggunakan
alat ukur tak baku

Kemampuan
membandingkan
hasil pengukuran
Siswa sangat
mampu dalam
menbandingkan
hasil pengukuran
benda
Siswa cukup
mampu dalam
menbandingkan
hasil pengukuran
benda
Siswa kurang
mampu dalam
menbandingkan
hasil pengukuran
benda
Siswa tidak
mampu dalam
menbandingkan
hasil pengukuran
benda

b. Menulis teks laporan tentang kegiatan mengukur benda
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda baca
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama
orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalima
Terdapat 1-2
kesalahan dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik
Terdapat
lebih dari 2
kesalahan dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik


Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik
2.
Kesesuaian
isi teks yang
ditulis dengan
tema
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai tema
Setengah atau
lebih isi teks
sesuai tema

Kurang dari
setengah isi teks
sesuai tema
Seluruh isi teks
belum sesuai
dengan tema
3.
Penulisan
Penulisan kata
sudah tepat
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat
penulisannya
Terdapat lebih
dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
Seluruh kata
belum tepat
dalam penulisan
4.
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif

c. Membacakan teks laporan yang ditulis
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Kemampuan
Membaca Teks
Siswa mampu
Membaca keseluruhan teks
dengan lanca
Siswa mampu
membaca
seluruh teks,
tetapi kurang
lanca
Siswa kurang
mampu
membaca
Siswa belum
mampu
membaca teks
2.
Volume Suara
Volume suara
keras dan jelas
Volume suara
jelas
Volume suara
kurang jelas
Suara sangat
pelan dan tidak
jelas


F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa
2.      Gambar suasana banjir
3.      Gambar kegiatan kerja bakti
4.      Gambar gerakan pemanasan
5.      Gambar gerakan pendinginan
6.      Gambar tentang tata tertib di rumah
7.      Gambar alat-alat kebersihan
8.      Gambar Edo dan kakak Edo mengukur panjang benda
9.      Gambar tentang cara mengukur panjang benda menggunakan satuan baku.



Mengetahui,                                                                        Tijue, 2 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001

Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat


























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Berilah tanda centang (v') untuk kegiatan yang mematuhi tata tertib di rumah!



MEDIA

TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 2

TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 2


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors