RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 1/ Pembelajaran :
Air/ 3
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.2
Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan
hewan dan tumbuhan.
2.3
Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota
keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau
bahasa daerah
3.1
Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta
jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1
Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan,
dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantupenyajian.
3.1.2
Menjelaskan isi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
3.1.3
Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
4.1.1
Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
3.6 Mengetahui
satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang
baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan
masalah nyatasecara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang,selanjutnya memeriksa
kebenaran jawabnya.
3.6.1 Mengukur
panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan tidak baku.
3.6.2 Mengukur
panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm dan m.
4.5.1 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan panjang benda.
4.5.2 Memeriksa kebenaran
pemecahan masalah yang berkata dengan panjang benda
c) SBdP
1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan
Tuhan.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni
3.3
Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
3.3.1
Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari
4.11 Menirukan
gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan
dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
4.11.4
Menirukan gerakan aliran air sungai.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Menjelaskan
isi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
2.
Mencatat
hasil pengamatan tentang alam sekitar.
3.
Menulis
laporan sederhana tentang hasil pengamatan.
4.
Mengukur
panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan tidak baku.
5.
Mengukur
panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm dan m.
6.
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan panjang benda.
7.
Memeriksa
kebenaran pemecahan masalah yang berkata dengan panjang benda.
8.
Menentukan
bahan dan alat dalam membuat karya seni.
9.
Menentukan
teknik dalam membuat karya seni dengan cermat.
10. Menirukan gerakan aliran sungai
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
cuplikan berita tentang bencana banjir (mengamati).
o
Siswa membaca
cuplikan berita yang melaporkan tentang bahaya banjir di suatu daerah yang
ditunjukkan dengan tinggi air di sebuah pintu air (mengamati).
o
Kemudian siswa
menjawab pertanyaan berdasarkan laporan dalam cuplikan berita (menalar).
o
Jawaban siswa
diperiksa oleh guru, bila masih ada
o
jawaban yang
tidak sesuai dengan bacaan, siswa diminta untuk membaca kembali cuplikan
berita tersebut (mengomunikasikan).
o
Kegiatan ayo
menulis ini diawali dengan pencarian informasi dari sumber-sumber lain,
misalnya buku, majalah, surat kabar, atau internet yang ada di perpustakaan.
Sumber-sumber lain ini disesuaikan dengan kondisi kelas. Siswa juga dapat
mencari informasi dengan bertanya kepada guru-guru dari kelas lain.
o
Siswa menulis
laporan tentang bencana banjir yang terjadi sesuai berita yang didapat (menalar).
o
Laporan ditulis
berdasarkan informasi yang diperoleh siswa. Informasi yang dibutuhkan dapat
dicari berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada buku siswa (menalar).
Setelah pertanyaan-pertanyaan itu terjawab, siswa menuliskan dalam bentuk
laporan pada kolom yang tersedia dengan menggunakan huruf tegak bersambung secara
rapi.
o
Siswa mengamati
gambar bendungan yang ada di sebuah waduk (mengamati). Pengamatan
gambar itu untuk mengantarkan pada kegiatan pengukuran panjang dengan satuan
baku centimeter dan meter.
o
Siswa mengetahui
alat-alat ukur melalui gambar yang ada di buku siswa. Untuk membantu
memudahkan pemahaman, guru menyiapkan alat-alat tersebut untuk diperlihatkan
kepada siswa.
o
Siswa memahami
kegunaan masing-masing alat ukur sesuai benda yang diukurnya.
o
Siswa mengukur
panjang benda-benda yang ada di kelas (mencoba).
o
Hasil pengukuran
langsung dituliskan di dalam buku (mengomunikasikan).
o
Kemudian siswa
menaksir panjang beberapa benda (menalar). Hasil taksiran ditulis ke
dalam tabel pada buku siswa. Untuk memeriksa apakah hasil taksirannya benar atau
mendekati benar, siswa mengukur panjang benda-benda yang ditaksirnya itu
dengan alat ukur satuan baku.
o
Hasil kerja siswa
dibahas di kelas dengan bertanya jawab antarsiswa untuk mengetahui jawaban
sejauh mana para siswa dapat menaksir panjang benda (mengomunikasikan).
o
Kemampuan
menaksir panjang benda dapat dilihat dari berapa benda yang benar ditaksir panjangnya.
o
Siswa mengamati
gambar aliran air sungai. Ada aliran air yang tenang, ada aliran air yang
deras.
o
Secara
berkelompok (setiap kelompok terdiri atas 4 orang), siswa menirukan gerakan
aliran air sungai. Mula-mula air sungai yang tenang, kemudian air sungai yang
deras.
Kegiatan
Pengayaan
o
Jika siswa sudah
mampu menjelaskan sebuah isi teks laporan, siswa diberikan latihan lanjutan
terkait materi.
o
Jika siswa sudah
mampu mengukur panjang benda dengan menggunakan satuan tidak baku dan baku,
siswa diberikan tugas lanjutan terkait materi.
o
Jika siswa sudah
mampu membuat kreasi cetak timbul dari benda-benda di sekitar, siswa diberikan
tugas lanjutan membuat kreasi cetak timbul menggunakan benda yang berbeda.
Kegiatan Remedial
o
Jika siswa belum
mampu menjelaskan sebuah isi teks laporan, siswa diberikan pembelajaran
tambahan terkait materi.
o
Jika siswa belum
mampu mengukur panjang benda dengan menggunakan satuan tidak baku dan baku,
siswa diberikan bimbingan dalam mengukur panjang benda.
o
Jika siswa belum
mampu membuat kreasi cetak timbul dari benda-benda di sekitar, siswa diberi
bimbingan dengan teknik yang benar.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes
tertulis: Daftar Periksa dan Skor
• Penilaian Mengajukan Pertanyaan.
No
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Mampu mengajukan pertanyaan
|
|
|
2.
|
Mampu
menjawab pertanyaan teman
|
|
|
•
Menjawab pertanyaan dari teks laporan
Jumlah soal: 4 soal
Jawaban:
1.
Disesuaikan dengan jawaban siswa (skor 25)
2.
Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat (skor 25)
3.
180 cm (skor 25)
4.
Disesuaikan dengan jawabn siswa (skor 25)
•
Menjawab pertanyaan tentang kegunaan alat ukur
Jumlah soal: 4 soal
Jawaban:
1. Benda yang lebih pendek atau panjangnya kurang dari 30 cm (skor 25)
2. Kain (skor 25)
3. Benda yang lebih pendek (skor 25)
4. Benda yang panjang (skor 25)
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Observasi dan Unjuk Kerja
a. Menulis laporan
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
huruf
besar, dan
tanda
baca
|
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama
orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat
|
Terdapat 1-2
kesalahan dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik
|
Terdapat
lebih dari 2
kesalahan dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik
|
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik
|
2.
|
Kesesuaian
isi
teks
yang ditulis
dengan
tema
|
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai tema
|
Setengah atau
lebih isi teks
sesuai tema
|
Kurang dari
setengah isi teks sesuai tema
|
Seluruh isi teks
belum sesuai
dengan tema
|
3.
|
Penulisan
|
Penulisan kata
sudah tepat
|
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat
penulisannya
|
Terdapat lebih
dari 2 kata yang belum tepat
penulisannya
|
Seluruh kata
belum tepat
dalam penulisan
|
4.
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif
|
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
|
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
|
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif
|
b. Mengukur Panjang Benda
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Keterampilan
dalam
mengukur
|
Siswa mampu
melakukan
pengukuran
dengan sangat
tepat dengan
menggunakan
alat ukur tak
baku
|
Siswa mampu
melakukan
pengukuran
dengan cukup
tepat dengan
menggunakan
alat ukur tak
baku
|
Siswa kurang
mampu
melakukan
pengukuran
dengan tepat
dengan
menggunakan
alat ukur tak
baku
|
Siswa tidak
mampu
melakukan
pengukuran
dengan
menggunakan
alat ukur tak
baku
|
2.
|
Kemampuan
membandingkan
hasil
pengukuran
|
Siswa sangat
mampu dalam
membandingkan
hasil pengukuran
benda
|
Siswa cukup
mampu dalam
membandingkan
hasil pengukuran
benda
|
Siswa kurang
mampu dalam
membandingkan
hasil pengukuran
benda
|
Siswa tidak
mampu dalam
membandingkan
hasil pengukuran
benda
|
c. Menirukan Gerakan Aliran Air Sungai
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian
Gerak
|
Semua gerakan
yang dilakukan
mendukung
kesesuaian
dengan gerakan
air sungai
|
Sebagian besar
gerakan yang
dilakukan
mendukung
kesesuaian
dengan gerakan
air
|
Hanya sebagian
kecil gerakan
yang dilakukan
mendukung
kesesuaian
dengan gerakan
air
|
Gerakan yang
dilakukan tidak
mendukung
kesesuaian
dengan gerakan
air sungai
|
|
SIkap kerja sama
|
Siswa
menunjukkan
antusias yang sangat besar untuk
bekerja sama
membentuk
gerakan air
sungai
|
Sebanyak satu
kali, siswa tidak
antusias dalam
bekerja sama
membentuk
gerakan air
sungai
|
Sebanyak
dua
kali
sampai tiga
kali,
siswa tidak antusias dalam bekerja
sama membentuk
gerakan
air
sungai
|
Siswa tidak
antusias dalam
bekerja sama
membentuk
gerakan air
sungai
|
F. Sumber dan Media
1.
Cuplikan berita
tentang banjir
2.
Gambar penanda
tinggi air di sebuah bendungan
3.
Gambar orang
mengukur panjang kolam
4.
Gambar meteran yang
menunjukkan panjang benda
5.
Gambar beberapa
alat ukur
6.
Gambar aliran
sungai
Mengetahui, Tijue,
3 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
1. Judul apakah yang sesuai dengan teks tersebut?
______________________________________________
2. Di manakah kejadian itu? __________________________
3. Berapa meter tinggi air di waduk tersebut? _____________
4. Usaha apa yang bisa kita lakukan untuk menghadapi kejadian
itu? ___________________________________________
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment