Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 3

TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 28 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 2/1
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Air/ 3
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantupenyajian.

3.1.2 Menjelaskan isi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
3.1.3 Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
4.1.1 Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyatasecara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang,selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya.
3.6.1 Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan tidak baku.
3.6.2 Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm dan m.
4.5.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda.
4.5.2 Memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkata dengan panjang benda

c) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
3.3.1 Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
4.11.4 Menirukan gerakan aliran air sungai.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menjelaskan isi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
2.      Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
3.      Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan.
4.      Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan tidak baku.
5.      Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm dan m.
6.      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda.
7.      Memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkata dengan panjang benda.
8.      Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
9.      Menentukan teknik dalam membuat karya seni dengan cermat.
10.  Menirukan gerakan aliran sungai

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati cuplikan berita tentang bencana banjir (mengamati).
o   Siswa membaca cuplikan berita yang melaporkan tentang bahaya banjir di suatu daerah yang ditunjukkan dengan tinggi air di sebuah pintu air (mengamati).
o   Kemudian siswa menjawab pertanyaan berdasarkan laporan dalam cuplikan berita (menalar).
o   Jawaban siswa diperiksa oleh guru, bila masih ada
o   jawaban yang tidak sesuai dengan bacaan, siswa diminta untuk membaca kembali cuplikan berita tersebut (mengomunikasikan).
o   Kegiatan ayo menulis ini diawali dengan pencarian informasi dari sumber-sumber lain, misalnya buku, majalah, surat kabar, atau internet yang ada di perpustakaan. Sumber-sumber lain ini disesuaikan dengan kondisi kelas. Siswa juga dapat mencari informasi dengan bertanya kepada guru-guru dari kelas lain.
o   Siswa menulis laporan tentang bencana banjir yang terjadi sesuai berita yang didapat (menalar).
o   Laporan ditulis berdasarkan informasi yang diperoleh siswa. Informasi yang dibutuhkan dapat dicari berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada buku siswa (menalar). Setelah pertanyaan-pertanyaan itu terjawab, siswa menuliskan dalam bentuk laporan pada kolom yang tersedia dengan menggunakan huruf tegak bersambung secara rapi.
o   Siswa mengamati gambar bendungan yang ada di sebuah waduk (mengamati). Pengamatan gambar itu untuk mengantarkan pada kegiatan pengukuran panjang dengan satuan baku centimeter dan meter.
o   Siswa mengetahui alat-alat ukur melalui gambar yang ada di buku siswa. Untuk membantu memudahkan pemahaman, guru menyiapkan alat-alat tersebut untuk diperlihatkan kepada siswa.
o   Siswa memahami kegunaan masing-masing alat ukur sesuai benda yang diukurnya.
o   Siswa mengukur panjang benda-benda yang ada di kelas (mencoba).
o   Hasil pengukuran langsung dituliskan di dalam buku (mengomunikasikan).
o   Kemudian siswa menaksir panjang beberapa benda (menalar). Hasil taksiran ditulis ke dalam tabel pada buku siswa. Untuk memeriksa apakah hasil taksirannya benar atau mendekati benar, siswa mengukur panjang benda-benda yang ditaksirnya itu dengan alat ukur satuan baku.
o   Hasil kerja siswa dibahas di kelas dengan bertanya jawab antarsiswa untuk mengetahui jawaban sejauh mana para siswa dapat menaksir panjang benda (mengomunikasikan).
o   Kemampuan menaksir panjang benda dapat dilihat dari berapa benda yang benar ditaksir panjangnya.
o   Siswa mengamati gambar aliran air sungai. Ada aliran air yang tenang, ada aliran air yang deras.
o   Secara berkelompok (setiap kelompok terdiri atas 4 orang), siswa menirukan gerakan aliran air sungai. Mula-mula air sungai yang tenang, kemudian air sungai yang deras.

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu menjelaskan sebuah isi teks laporan, siswa diberikan latihan lanjutan terkait materi.
o   Jika siswa sudah mampu mengukur panjang benda dengan menggunakan satuan tidak baku dan baku, siswa diberikan tugas lanjutan terkait materi.
o   Jika siswa sudah mampu membuat kreasi cetak timbul dari benda-benda di sekitar, siswa diberikan tugas lanjutan membuat kreasi cetak timbul menggunakan benda yang berbeda.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa belum mampu menjelaskan sebuah isi teks laporan, siswa diberikan pembelajaran tambahan terkait materi.
o   Jika siswa belum mampu mengukur panjang benda dengan menggunakan satuan tidak baku dan baku, siswa diberikan bimbingan dalam mengukur panjang benda.
o   Jika siswa belum mampu membuat kreasi cetak timbul dari benda-benda di sekitar, siswa diberi bimbingan dengan teknik yang benar.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes tertulis: Daftar Periksa dan Skor
• Penilaian Mengajukan Pertanyaan.
No
Kriteria
Tercapai
Ya
Tidak
1.
Mampu mengajukan pertanyaan


2.
Mampu menjawab pertanyaan teman



• Menjawab pertanyaan dari teks laporan
Jumlah soal: 4 soal
Jawaban:
1.      Disesuaikan dengan jawaban siswa (skor 25)
2.      Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat (skor 25)
3.      180 cm (skor 25)
4.      Disesuaikan dengan jawabn siswa (skor 25)

• Menjawab pertanyaan tentang kegunaan alat ukur
Jumlah soal: 4 soal
Jawaban:
1.      Benda yang lebih pendek atau panjangnya kurang dari 30 cm (skor 25)
2.      Kain (skor 25)
3.      Benda yang lebih pendek (skor 25)
4.      Benda yang panjang (skor 25)

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Observasi dan Unjuk Kerja
a. Menulis laporan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
huruf besar, dan
tanda baca
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama
orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat
Terdapat 1-2
kesalahan dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik
Terdapat
lebih dari 2
kesalahan dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik
2.
Kesesuaian isi
teks yang ditulis
dengan tema
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai tema
Setengah atau
lebih isi teks
sesuai tema
Kurang dari
setengah isi teks sesuai tema

Seluruh isi teks
belum sesuai
dengan tema
3.
Penulisan
Penulisan kata
sudah tepat
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat
penulisannya
Terdapat lebih
dari 2 kata yang belum tepat
penulisannya
Seluruh kata
belum tepat
dalam penulisan
4.
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif

Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif

b. Mengukur Panjang Benda
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Keterampilan
dalam mengukur
Siswa mampu
melakukan
pengukuran
dengan sangat
tepat dengan
menggunakan
alat ukur tak
baku
Siswa mampu
melakukan
pengukuran
dengan cukup
tepat dengan
menggunakan
alat ukur tak
baku
Siswa kurang
mampu
melakukan
pengukuran
dengan tepat
dengan
menggunakan
alat ukur tak
baku
Siswa tidak
mampu
melakukan
pengukuran
dengan
menggunakan
alat ukur tak
baku
2.
Kemampuan
membandingkan
hasil pengukuran
Siswa sangat
mampu dalam
membandingkan
hasil pengukuran
benda
Siswa cukup
mampu dalam
membandingkan
hasil pengukuran
benda
Siswa kurang
mampu dalam
membandingkan
hasil pengukuran
benda
Siswa tidak
mampu dalam
membandingkan
hasil pengukuran
benda

c. Menirukan Gerakan Aliran Air Sungai
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kesesuaian
Gerak
Semua gerakan
yang dilakukan
mendukung
kesesuaian
dengan gerakan
air sungai
Sebagian besar
gerakan yang
dilakukan
mendukung
kesesuaian
dengan gerakan
air
Hanya sebagian
kecil gerakan
yang dilakukan
mendukung
kesesuaian
dengan gerakan
air
Gerakan yang
dilakukan tidak
mendukung
kesesuaian
dengan gerakan
air sungai

SIkap kerja sama
Siswa
menunjukkan
antusias yang sangat besar untuk
bekerja sama
membentuk
gerakan air
sungai
Sebanyak satu
kali, siswa tidak
antusias dalam
bekerja sama
membentuk
gerakan air
sungai
Sebanyak dua
kali sampai tiga
kali, siswa tidak antusias dalam bekerja sama membentuk
gerakan air
sungai
Siswa tidak
antusias dalam
bekerja sama
membentuk
gerakan air
sungai

F. Sumber dan Media
1.    Cuplikan berita tentang banjir
2.    Gambar penanda tinggi air di sebuah bendungan
3.    Gambar orang mengukur panjang kolam
4.    Gambar meteran yang menunjukkan panjang benda
5.    Gambar beberapa alat ukur
6.    Gambar aliran sungai

Mengetahui,                                                                        Tijue, 3 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,



PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001

Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)




1.  Judul apakah yang sesuai dengan teks tersebut?
______________________________________________
2.  Di manakah kejadian itu? __________________________
3.  Berapa meter tinggi air di waduk tersebut? _____________
4.  Usaha apa yang bisa kita lakukan untuk menghadapi kejadian itu? ___________________________________________


 MEDIA

TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 3


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors