Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 4

TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 28 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 2/II
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 1/ Pembelajaran    : Air/ 4
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah.
3.2.2 Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuaidengan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.3 Menjelaskan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.1 Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.
4.2.1 Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.

b) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga

c) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
3.1.1 Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
4.4 Membentuk karya relif dari bahan yang ada di lingkungan sekitar.
4.4.1 Membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.        Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuaidengan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.        Menjelaskan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.        Mematuhi tata tertib, siswa dapat melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.
4.        Mengidentifikasi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
5.        Membaca teks buku harian edo, menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga.
6.        Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
7.        Membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan Edo di pagi hari (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar-gambar tersebut kemudian menuliskan kalimat yang sesuai dengan gambar (menalar).
o   Kalimat yang dituliskan siswa akan berbeda antara siswa satu dengan lainnya. Guru memeriksa kalimat-kalimat yang ditulis siswa dengan memberikan umpan balik. Guru menilai jawaban siswa.
o   Pengamatan terhadap gambar-gambar tersebut akan dilanjutkan dengan kegiatan bercerita (mengomunikasikan).
o   Siswa menceritakan kegiatan-kegiatan yang menggunakan air, terutama kegiatan yang ada hubungannya dengan tugas-tugas yang dilakukan setiap anggota keluarga di rumah (mengomunikasikan).
o   Siswa menceritakan tata tertib di rumah mengenai tugastugas di rumah yang berhubungan dengan manfaat air (mengomunikasikan).
o   Siswa menyimpulkan tata tertib yang berlaku di rumahnya (mengomunikasikan).
o   Siswa mengamati beberapa gambar tentang tata tertib (mengamati)
o   Siswa memberi tanda centang pada gambar yang menunjukkan kegiatan yang mematuhi tata tertib (menalar)
o   Pada buku siswa terdapat teks buku harian yang ditulis oleh
o   Edo. Buku harian tersebut bercerita tentang tugas-tugas di rumah yang berhubungan dengan manfaat air.
o   Siswa membaca teks secara bergiliran di depan kelas (mengamati).
o   Supaya kegiatan tidak membosankan, guru dapat menyelingi dengan menyanyi atau bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan manfaat air.
o   Akan lebih menarik bila guru bertanya tentang pengalaman siswa mengenai manfaat air.
o   Semua siswa diberi giliran membaca di depan kelas (mengomunikasikan).
o   Kegiatan menanya lebih diarahkan pada hal-hal yang mempertanyakan tentang manfaat air. Siswa diberi stimulus agar dapat mempertanyakan, tidak sekadar bertanya.
o   Berilah contoh pertanyaan yang menarik, misalnya, “Air yang bagaimanakah yang bermanfaat bagi kehidupan manusia?”
o   Siswa membuat pertanyaan yang dituliskan di buku siswa (menalar).
o   Siswa bertukar buku dengan temannya agar saling menjawab pertanyaan.
o   Siswa saling memeriksa jawaban temannya (manalar).
o   Siswa secara berpasangan saling menanggapi pertanyaan dan jawaban masing-masing (mengomunikasikan).
o   Siswa membuat kreasi berupa karya seni dari bubur kertas (mencoba). Karya seni yang dibuat merupakan benda yang ada hubungannya dengan manfaat air
o   Karya yang dibuat siswa akan berbeda-beda sesuai minat masing-masing. Apabila siswa mau membentuk kreasi lain, tentu saja tidak dilarang. Namun, sedapat mungkin, arahkan siswa untuk membentuk kreasi yang ada hubungannya dengan air.

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah, siswa diberikan tugas lanjutan tentang yang berkaitan dengan tata tertib di rumah.
o   Jika siswa sudah mampu mengidentifikasi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga, siswa diberikan tugas lanjutan menulis teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarganya di rumah.
o   Jika siswa sudah mampu membuat karya seni berupa wadah air menggunakan bubur kertas, siswa diberikan tugas lanjutan menggunakan bahan yang sama namun ragam bentuk yang dibuat dibebaskan kepada masing-masing siswa.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa belum mampu mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah, siswa diberikan pembelajaran tambahan terkait materi.
o   Jika siswa belum mampu mengidentifikasi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga, siswa dibimbing dengan kegiatan tanya jawab terkait teks laporan.
o   Jika siswa belum mampu membuat karya seni berupa wadah air menggunakan bubur kertas, siswa dibimbing membuat karya tersebut dengan teknik yang benar.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes tertulis: Daftar Periksa dan Skor
• Penilaian Mengajukan Pertanyaan.
No
Kriteria
Tercapai
Ya
Tidak
1.
Mampu mengajukan pertanyaan


2.
Mampu menjawab pertanyaan teman



• Menentukan kegiatan yang mematuhi tata tertib berdasarkan gambar
Jumlah soal: 4 soal
Jawaban:
1. X (skor 25)
2. P (skor 25)
3. X (skor 25)
4. P (skor 25)

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Menuliskan kalimat berdasarkan gambar
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Keefektifan
dan kesesuaian
kalimat dengan
gambar
Kalimat efektif
dan sesuai
dengan gambar
Kalimat efektif,
namun kurang
sesuai dengan
gambar
Kalimat kurang
efektif dan
kurang sesuai
dengan gambar

Kalimat tidak
sesuai dengan
gambar

Penggunaan
huruf besar, dan
tanda baca
Seluruh kalimat
menggunakan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama
orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat
Terdapat 1-2
kalimat yang
salah dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik
Lebih dari 2
kalimat yang
salah dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik
Semua kalimat
salah dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik

a. Bercerita tentang kegiatan sehari-hari dan tata tertib di rumah
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
bercerita
Cerita yang
disampaikan
lengkap dan
sesuai dengan
tema
Cerita sesuai
dengan tema,
namun kurang
lengkap
Cerita kurang
sesuai dengan
tema dan kurang lengkap
Cerita tidak
sesuai dengan
tema

Volume Suara
Volume suara
keras dan jelas
Volume suara
jelas
Volume suara
kurang jelas
Suara sangat
pelan dan tidak
jelas

b. Membacakan teks buku harian Edo
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca Teks
Siswa mampu
membaca
keseluruhan teks dengan lancar
Siswa mampu
membaca
seluruh teks,
tetapi kurang
lancar
Siswa kurang
mampu
membaca
Siswa belum
mampu
membaca teks

Volume Suara
Volume suara
keras dan jelas
Volume suara
jelas
Volume suara
kurang jelas
Suara sangat
pelan dan tidak
jelas

c. Membuat karya rerief dari bubur kertas
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Komposisi
Ada
keharmonisan
komposisi karya yang dirancang
Terdapat
sebagian besar
keharmonisan
komposisi karya yang dirancang
Terdapat
sebagian besar
keharmonisan
komposisi karya yang dirancang
Tidak ada
keharmonisan
komposisi karya
yang dirancang

Keindahan karya
yang dihasilkan
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
sangat kagum
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
kagum
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan kurang
enak dilihat
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan tidak enak
dilihat

Kerapian
Karya kerajinan
terlihat sangat
rapi
Karya kerajinan
terlihat rapi
Karya kerajinan
terlihat kurang
rapi
Karya kerajinan
terlihat tidak
rapi

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa
2.      Gambar beberapa contoh kegitan Edo di pagi hari.
3.      Gambar contoh kegiatan yang mematuhi dan tidak mematuhi tata tertib.
4.      Gambar relief botol minum dari bubur kertas..



Mengetahui,                                                                        Tijue, 4 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001




Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Amatilah gambar berikut dengan teliti.
Tuliskan kalimat yang  sesuai dengan gambar itu!


TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 4

TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 4


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors