RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 1/ Pembelajaran :
Air/ 4
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku
toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama,
suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Mengenal tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah.
3.2.2
Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuaidengan tata tertib yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.3 Menjelaskan
tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.1 Melaksanakan tata
tertib di lingkungan keluarga.
4.2.1 Melaksanakan
tata tertib di lingkungan keluarga.
b) Bahasa Indonesia
1.2
Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan
hewan dan tumbuhan.
2.3
Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota
keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau
bahasa daerah.
3.3
Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik
keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1
Mengidentifikasi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
4.3
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1
Menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga
c) SBdP
1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan
Tuhan.
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai
sumber ide dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni
rupa.
3.1.1 Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
4.4 Membentuk karya relif dari bahan yang ada di lingkungan sekitar.
4.4.1 Membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Mengelompokkan
berbagai contoh kegiatan yang sesuaidengan tata tertib yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
2.
Menjelaskan
tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.
Mematuhi
tata tertib, siswa dapat melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.
4.
Mengidentifikasi
teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
5.
Membaca
teks buku harian edo, menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga.
6.
Menentukan
bahan dan alat dalam membuat karya seni.
7.
Membentuk
karya relief dari bahan lingkungan sekitar
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
beberapa gambar kegiatan Edo di pagi hari (mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar-gambar tersebut kemudian menuliskan kalimat yang sesuai dengan gambar
(menalar).
o
Kalimat yang
dituliskan siswa akan berbeda antara siswa satu dengan lainnya. Guru
memeriksa kalimat-kalimat yang ditulis siswa dengan memberikan umpan balik.
Guru menilai jawaban siswa.
o
Pengamatan
terhadap gambar-gambar tersebut akan dilanjutkan dengan kegiatan bercerita (mengomunikasikan).
o
Siswa
menceritakan kegiatan-kegiatan yang menggunakan air, terutama kegiatan yang
ada hubungannya dengan tugas-tugas yang dilakukan setiap anggota keluarga di
rumah (mengomunikasikan).
o
Siswa menceritakan tata
tertib di rumah mengenai tugastugas di rumah yang berhubungan dengan manfaat
air (mengomunikasikan).
o
Siswa menyimpulkan tata
tertib yang berlaku di rumahnya (mengomunikasikan).
o
Siswa mengamati beberapa
gambar tentang tata tertib (mengamati)
o
Siswa memberi tanda centang
pada gambar yang menunjukkan kegiatan yang mematuhi tata tertib (menalar)
o
Pada buku siswa terdapat
teks buku harian yang ditulis oleh
o
Edo. Buku harian tersebut
bercerita tentang tugas-tugas di rumah yang berhubungan dengan manfaat air.
o
Siswa membaca teks secara
bergiliran di depan kelas (mengamati).
o
Supaya kegiatan tidak
membosankan, guru dapat menyelingi dengan menyanyi atau bertanya jawab tentang
hal-hal yang berhubungan dengan manfaat air.
o
Akan lebih menarik bila
guru bertanya tentang pengalaman siswa mengenai manfaat air.
o
Semua siswa diberi giliran
membaca di depan kelas (mengomunikasikan).
o
Kegiatan menanya
lebih diarahkan pada hal-hal yang mempertanyakan tentang manfaat air. Siswa
diberi stimulus agar dapat mempertanyakan, tidak sekadar bertanya.
o
Berilah contoh
pertanyaan yang menarik, misalnya, “Air yang bagaimanakah yang bermanfaat
bagi kehidupan manusia?”
o
Siswa membuat
pertanyaan yang dituliskan di buku siswa (menalar).
o
Siswa bertukar
buku dengan temannya agar saling menjawab pertanyaan.
o
Siswa saling
memeriksa jawaban temannya (manalar).
o
Siswa secara
berpasangan saling menanggapi pertanyaan dan jawaban masing-masing
(mengomunikasikan).
o
Siswa membuat
kreasi berupa karya seni dari bubur kertas (mencoba). Karya seni yang dibuat
merupakan benda yang ada hubungannya dengan manfaat air
o
Karya yang dibuat
siswa akan berbeda-beda sesuai minat masing-masing. Apabila siswa mau
membentuk kreasi lain, tentu saja tidak dilarang. Namun, sedapat mungkin,
arahkan siswa untuk membentuk kreasi yang ada hubungannya dengan air.
Kegiatan Pengayaan
o
Jika siswa sudah
mampu mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah, siswa diberikan tugas lanjutan
tentang yang berkaitan dengan tata tertib di rumah.
o
Jika siswa sudah
mampu mengidentifikasi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga,
siswa diberikan tugas lanjutan menulis teks buku harian tentang kegiatan anggota
keluarganya di rumah.
o
Jika siswa sudah
mampu membuat karya seni berupa wadah air menggunakan bubur kertas, siswa
diberikan tugas lanjutan menggunakan bahan yang sama namun ragam bentuk yang
dibuat dibebaskan kepada masing-masing siswa.
Kegiatan Remedial
o
Jika siswa belum
mampu mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah, siswa diberikan pembelajaran
tambahan terkait materi.
o
Jika siswa belum
mampu mengidentifikasi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga,
siswa dibimbing dengan kegiatan tanya jawab terkait teks laporan.
o
Jika siswa belum
mampu membuat karya seni berupa wadah air menggunakan bubur kertas, siswa
dibimbing membuat karya tersebut dengan teknik yang benar.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes
tertulis: Daftar Periksa dan Skor
• Penilaian Mengajukan Pertanyaan.
No
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Mampu mengajukan pertanyaan
|
||
2.
|
Mampu
menjawab pertanyaan teman
|
•
Menentukan kegiatan yang mematuhi tata tertib berdasarkan gambar
Jumlah soal: 4 soal
Jawaban:
1. X (skor 25)
2. P (skor 25)
3. X (skor 25)
4. P (skor 25)
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Menuliskan kalimat berdasarkan gambar
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Keefektifan
dan
kesesuaian
kalimat
dengan
gambar
|
Kalimat efektif
dan sesuai
dengan gambar
|
Kalimat efektif,
namun kurang
sesuai dengan
gambar
|
Kalimat kurang
efektif dan
kurang sesuai
dengan gambar
|
Kalimat tidak
sesuai dengan
gambar
|
Penggunaan
huruf besar, dan
tanda baca
|
Seluruh kalimat
menggunakan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama
orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat
|
Terdapat 1-2
kalimat yang
salah dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik
|
Lebih dari 2
kalimat yang
salah dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik
|
Semua kalimat
salah dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik
|
a. Bercerita tentang kegiatan sehari-hari dan tata
tertib di rumah
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
bercerita
|
Cerita yang
disampaikan
lengkap dan
sesuai dengan
tema
|
Cerita sesuai
dengan tema,
namun kurang
lengkap
|
Cerita kurang
sesuai dengan
tema dan kurang lengkap
|
Cerita tidak
sesuai dengan
tema
|
Volume
Suara
|
Volume suara
keras dan jelas
|
Volume suara
jelas
|
Volume suara
kurang jelas
|
Suara sangat
pelan dan tidak
jelas
|
b. Membacakan teks buku harian Edo
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca
Teks
|
Siswa mampu
membaca
keseluruhan teks dengan lancar
|
Siswa mampu
membaca
seluruh teks,
tetapi kurang
lancar
|
Siswa
kurang
mampu
membaca
|
Siswa belum
mampu
membaca teks
|
Volume
Suara
|
Volume suara
keras dan jelas
|
Volume suara
jelas
|
Volume
suara
kurang
jelas
|
Suara sangat
pelan dan tidak
jelas
|
c. Membuat karya rerief dari bubur kertas
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Komposisi
|
Ada
keharmonisan
komposisi karya yang dirancang
|
Terdapat
sebagian besar
keharmonisan
komposisi karya yang dirancang
|
Terdapat
sebagian besar
keharmonisan
komposisi karya yang dirancang
|
Tidak ada
keharmonisan
komposisi karya
yang dirancang
|
Keindahan karya
yang dihasilkan
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
sangat kagum
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
kagum
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan kurang
enak dilihat
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan tidak enak
dilihat
|
|
Kerapian
|
Karya kerajinan
terlihat sangat
rapi
|
Karya kerajinan
terlihat rapi
|
Karya kerajinan
terlihat kurang
rapi
|
Karya kerajinan
terlihat tidak
rapi
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa
2.
Gambar
beberapa contoh kegitan Edo di pagi hari.
3.
Gambar
contoh kegiatan yang mematuhi dan tidak mematuhi tata tertib.
4.
Gambar
relief botol minum dari bubur kertas..
Mengetahui, Tijue,
4 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Amatilah
gambar berikut dengan teliti.
Tuliskan kalimat yang sesuai dengan gambar itu!
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment