Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 5

TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 29 December 2016




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Air/ 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
3.2.1 Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.4 Mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1 Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga

b) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
3.3.2 Menjelaskan isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.Indikator
4.3.3 Membacakan teks buku harian anggota keluarga yang telah ditulis

c) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.9 Memahami manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.9.1 Mengidentifikasi berbagai aktivitas pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik.
3.9.2 Mengidentifikasi berbagai aktivitas pendinginan setelah melakukan aktivitas.
4.9 Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.9.1 Mempraktikkan kegiatan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.9.2 Mempraktikkan kegiatan pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.      Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga dengan tanggung jawab.
3.      Mengidentifikasi teks buku harian tentang egiatan anggota keluarga.
4.      Menjelaskan isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
5.      Membacakan teks buku harian anggota keluarga yang telah ditulis.
6.      Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
7.      Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik.

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar kejadian yang menunjukkan usaha menjaga kebersihan air dan menghemat air (mengamati). Gambar-gambar itu misalnya anak mencuci kakinya langsung di ember. Jawaban anak tidak hanya benar atau salah. Guru harus memperhatikan alasan yang dikemukakan oleh siswa atas jawaban benar atau salah.
o   Gambar-gambar di buku siswa bisa ditambahkan oleh guru dengan gambar-gambar lain sesuai konteks sekolah dan daerah. Misalnya, air yang digunakan untuk pengairan sawah. Guru dapat bertanya jawab dengan siswa mengenai manfaat air dan cara menjaga kelestarian air.
o   Siswa bercerita mengenai tata tertib yang berlaku di rumahnya untuk menjaga kebersihan air (mengomuni kasikan).
o   Siswa diminta mengamati gambar yang ada di buku siswa (mengamati). Dari situ siswa akan membandingkan dengan yang dialaminya di rumah.
o   Siswa menuliskan kegiatan menjaga kebersihan air di rumahnya (menalar). Tulisan itu dibuat dalam bentuk teks buku harian. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat teks buku harian adalah tanggal kejadian, apa kejadiannya, siapa yang terlibat dalam kejadian itu, di mana kejadiannya.
o   Teks buku harian dituliskan oleh siswa pada kolom yang tersedia.
o   Pada aktivitas ini, guru menjelaskan tentang renang, terutama hal-hal yang harus dilakukan sebelum kegiatan berenang.
o   Sebelum berenang, siswa melakukan gerakan pemanasan.
o   Siswa melakukan gerakan pemanasan seperti dicontohkan oleh guru (mencoba).
o   Siswa melakukan aktivitas permainan atau bila memungkinkan, pada jam ini siswa berenang dengan didampingi oleh guru (mencoba).
o   Siswa melakukan gerakan pendinginan setelah berenang (mencoba).
o   Pada kegiatan renang ini, guru melakukan penilaian bukan diutamakan pada kemahirannya berenang, tetapi lebih pada keberanian dan ketaatan siswa pada aturan yang berlaku.
o   Bila tidak memungkinkan kegiatan renang, siswa mendemon strasikan gerakan renang di bawah bimbingan guru
o   Siswa mengamati gambar yang berkaitan kegiatan setelah berenang. (mengamati)
o   Siswa memberi tanda centang pada gambar yang menunjukkan kegitan yang diperbolehkan setelah berenang (menalar).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari di rumah, siswa diberikan penanaman agar selalu membiasakan diri untuk mematuhi tata tertib di mana saja berada.
o   Jika siswa sudah mampu menulis teks buku harian, siswa diberikan tugas lanjutan untuk menulis teks buku harian tentang kegiatannya di hari Minggu.
o   Jika siswa sudah mampu menceritakan kegiatan yang boleh dan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik, siswa diberikan tugas lanjutan terkait materi.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa belum mampu mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari di rumah, siswa diberikan bimbingan dalam mengemukan pendapat.
o   Jika siswa belum mampu menulis teks buku harian, siswa diberikan bimbingan dalam menulis teks buku harian yang benar.
o   Jika siswa belum mampu menceritakan kegiatan yang boleh dan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik, siswa diberikan tugas tambahan terkait materi.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes tertulis: Daftar Periksa dan Skor
• Penilaian Mengajukan Pertanyaan
.
No
Kriteria
Tercapai
Ya
Tidak
1.
Mampu mengajukan pertanyaan


2.
Mampu menjawab pertanyaan teman



• Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar
Jumlah soal: 3 soal
Jawaban:
1. Salah, alasan: menyebabkan air dalam ember kotor.
2. Salah, alasan: pemborosan air
3. Salah, alasan: pemborosan air
• Menentukan kegiatan yang boleh dilakukan setelah berenang
Jumlah soal: 5 soal
Jawaban:
1. X (skor 20)
2. P (skor 20)
3. X (skor 20)
4. X (skor 20)
5. P (skor 20)

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Observasi dan Unjuk Kerja
a. Menceritakan tata tertib di rumah dalam menjaga kebersihan air

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
bercerita
Cerita yang
disampaikan
lengkap dan
sesuai dengan
tema
Cerita sesuai
dengan tema,
namun kurang
lengkap

Cerita kurang
sesuai dengan
tema dan kurang lengkap
Cerita tidak
sesuai dengan
tema

Volume Suara
Volume suara
keras dan jelas
Volume suara
jelas
Volume suara
kurang jelas
Suara sangat
pelan dan tidak
jelas

b. Menulis teks buku harian tentang menjaga kebersihan air di rumahnya
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
huruf besar, dan
tanda baca
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat dan nama orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat
Terdapat 1-2
kesalahan dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik
Terdapat
lebih dari 2
kesalahan dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik
2.
Kesesuaian isi
teks yang ditulis
dengan tema
buku harian
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai dengan
tema
Setengah atau
lebih isi teks
sesuai dengan
tema
Kurang dari
setengah isi teks
sesuai dengan
tema
Seluruh isi teks
belum sesuai
tema
3.
Penulisan
Penulisan kata
sudah tepat
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat
penulisannya
Terdapat lebih
dari 2 kata yang belum tepat
penulisannya
Seluruh kata
belum tepat
dalam penulisan
4.
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif

c. Melakukan kegiatan pemanasan, renang dan pendinginan
Lembar penilaian kegiatan pemanasan, renang dan pendinginan
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Siswa mampu mengikuti instruksi


2.
Siswa mampu mempraktikkan cara menjaga
kebersihan dengan benar


3.
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran



F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa
2.      Gambar tentang bebagai kegiatan menyangkut tata tertib di rumah.
3.      Gambar gerakan pemanasan
4.      Gambar gerakan pendinginan
5.      Gambar tentang kegiatan yang boleh dan tidak boleh
6.      dilakukan setelah berenang



Mengetahui,                                                                        Tijue, 5 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Perhatikanlah gambar di bawah ini dengan teliti!
Menurutmu, apakah perbuatan dalam gambar ini benar? Jelaskan alasan dari jawabanmu itu!


TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 5


TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 1
TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 2
TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 3
TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors