RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 1/ Pembelajaran :
Air/ 5
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku
toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama,
suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Mengenal tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah.
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah.
3.2.1
Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.4 Mengemukakan
pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1 Melaksanakan
tata tertib di lingkungan keluarga
b) Bahasa Indonesia
1.2
Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan
hewan dan tumbuhan.
2.3
Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota
keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau
bahasa daerah.
3.3
Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik
keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1
Mengidentifikasi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
3.3.2
Menjelaskan isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
4.3
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.Indikator
4.3.3
Membacakan teks buku harian anggota keluarga yang telah ditulis
c) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.9 Memahami
manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas
fisik.
3.9.1
Mengidentifikasi berbagai aktivitas pemanasan sebelum melakukan aktivitas
fisik.
3.9.2
Mengidentifikasi berbagai aktivitas pendinginan setelah melakukan aktivitas.
4.9 Mempraktikkan pemanasan
dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.9.1 Mempraktikkan
kegiatan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.9.2 Mempraktikkan
kegiatan pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Mengemukakan
pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.
Melaksanakan
tata tertib di lingkungan keluarga dengan tanggung jawab.
3.
Mengidentifikasi
teks buku harian tentang egiatan anggota keluarga.
4.
Menjelaskan
isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
5.
Membacakan
teks buku harian anggota keluarga yang telah ditulis.
6.
Menceritakan
kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
7.
Menceritakan
kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
gambar kejadian yang menunjukkan usaha menjaga kebersihan air dan menghemat
air (mengamati). Gambar-gambar itu misalnya anak mencuci kakinya langsung di
ember. Jawaban anak tidak hanya benar atau salah. Guru harus memperhatikan
alasan yang dikemukakan oleh siswa atas jawaban benar atau salah.
o
Gambar-gambar di
buku siswa bisa ditambahkan oleh guru dengan gambar-gambar lain sesuai
konteks sekolah dan daerah. Misalnya, air yang digunakan untuk pengairan sawah.
Guru dapat bertanya jawab dengan siswa mengenai manfaat air dan cara menjaga
kelestarian air.
o
Siswa bercerita
mengenai tata tertib yang berlaku di rumahnya untuk menjaga kebersihan air
(mengomuni kasikan).
o
Siswa diminta
mengamati gambar yang ada di buku siswa (mengamati). Dari situ siswa akan
membandingkan dengan yang dialaminya di rumah.
o
Siswa menuliskan
kegiatan menjaga kebersihan air di rumahnya (menalar). Tulisan itu dibuat
dalam bentuk teks buku harian. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat
teks buku harian adalah tanggal kejadian, apa kejadiannya, siapa yang
terlibat dalam kejadian itu, di mana kejadiannya.
o
Teks buku harian
dituliskan oleh siswa pada kolom yang tersedia.
o
Pada aktivitas ini,
guru menjelaskan tentang renang, terutama hal-hal yang harus dilakukan
sebelum kegiatan berenang.
o
Sebelum berenang,
siswa melakukan gerakan pemanasan.
o
Siswa melakukan
gerakan pemanasan seperti dicontohkan oleh guru (mencoba).
o
Siswa melakukan
aktivitas permainan atau bila memungkinkan, pada jam ini siswa berenang
dengan didampingi oleh guru (mencoba).
o
Siswa melakukan
gerakan pendinginan setelah berenang (mencoba).
o
Pada kegiatan
renang ini, guru melakukan penilaian bukan diutamakan pada kemahirannya
berenang, tetapi lebih pada keberanian dan ketaatan siswa pada aturan yang
berlaku.
o
Bila tidak
memungkinkan kegiatan renang, siswa mendemon strasikan gerakan renang di
bawah bimbingan guru
o
Siswa mengamati
gambar yang berkaitan kegiatan setelah berenang. (mengamati)
o
Siswa memberi
tanda centang pada gambar yang menunjukkan kegitan yang diperbolehkan setelah
berenang (menalar).
Kegiatan Pengayaan
o
Jika siswa sudah
mampu mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan
sehari-hari di rumah, siswa diberikan penanaman agar selalu membiasakan diri
untuk mematuhi tata tertib di mana saja berada.
o
Jika siswa sudah
mampu menulis teks buku harian, siswa diberikan tugas lanjutan untuk menulis
teks buku harian tentang kegiatannya di hari Minggu.
o
Jika siswa sudah
mampu menceritakan kegiatan yang boleh dan yang perlu dihindari setelah
melakukan aktivitas fisik, siswa diberikan tugas lanjutan terkait materi.
Kegiatan Remedial
o
Jika siswa belum
mampu mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan
sehari-hari di rumah, siswa diberikan bimbingan dalam mengemukan pendapat.
o
Jika siswa belum
mampu menulis teks buku harian, siswa diberikan bimbingan dalam menulis teks
buku harian yang benar.
o
Jika siswa belum
mampu menceritakan kegiatan yang boleh dan yang perlu dihindari setelah
melakukan aktivitas fisik, siswa diberikan tugas tambahan terkait materi.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes
tertulis: Daftar Periksa dan Skor
•
Penilaian Mengajukan Pertanyaan
.
No
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Mampu mengajukan pertanyaan
|
|
|
2.
|
Mampu
menjawab pertanyaan teman
|
|
|
•
Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar
Jumlah
soal: 3 soal
Jawaban:
1.
Salah, alasan: menyebabkan air dalam ember kotor.
2.
Salah, alasan: pemborosan air
3. Salah,
alasan: pemborosan air
•
Menentukan kegiatan yang boleh dilakukan setelah berenang
Jumlah
soal: 5 soal
Jawaban:
1. X
(skor 20)
2. P
(skor 20)
3. X
(skor 20)
4. X
(skor 20)
5. P
(skor 20)
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Observasi dan Unjuk Kerja
a. Menceritakan tata tertib di rumah dalam menjaga
kebersihan air
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
bercerita
|
Cerita yang
disampaikan
lengkap dan
sesuai dengan
tema
|
Cerita sesuai
dengan tema,
namun kurang
lengkap
|
Cerita kurang
sesuai dengan
tema dan kurang lengkap
|
Cerita tidak
sesuai dengan
tema
|
|
Volume Suara
|
Volume suara
keras dan jelas
|
Volume suara
jelas
|
Volume
suara
kurang
jelas
|
Suara sangat
pelan dan tidak
jelas
|
b. Menulis teks buku harian tentang menjaga kebersihan
air di rumahnya
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
huruf besar, dan
tanda baca
|
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat
|
Terdapat 1-2
kesalahan dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik
|
Terdapat
lebih dari 2
kesalahan dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik
|
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik
|
2.
|
Kesesuaian isi
teks yang ditulis
dengan tema
buku harian
|
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai dengan
tema
|
Setengah atau
lebih isi teks
sesuai dengan
tema
|
Kurang dari
setengah isi teks
sesuai dengan
tema
|
Seluruh isi teks
belum sesuai
tema
|
3.
|
Penulisan
|
Penulisan kata
sudah tepat
|
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat
penulisannya
|
Terdapat lebih
dari 2 kata yang belum tepat
penulisannya
|
Seluruh kata
belum tepat
dalam penulisan
|
4.
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif
|
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
|
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
|
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif
|
c.
Melakukan kegiatan pemanasan, renang dan pendinginan
Lembar penilaian kegiatan
pemanasan, renang dan pendinginan
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
1.
|
Siswa mampu mengikuti instruksi
|
|
|
2.
|
Siswa
mampu mempraktikkan cara menjaga
kebersihan dengan benar
|
|
|
3.
|
Siswa
terlibat aktif dalam pembelajaran
|
|
|
F. Sumber
dan Media
1. Buku Siswa
2. Gambar tentang bebagai kegiatan menyangkut tata tertib di rumah.
3. Gambar gerakan pemanasan
4. Gambar gerakan pendinginan
5. Gambar tentang kegiatan yang boleh dan tidak boleh
6. dilakukan setelah berenang
Mengetahui, Tijue,
5 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Perhatikanlah
gambar di bawah ini dengan teliti!
Menurutmu,
apakah perbuatan dalam gambar ini benar? Jelaskan alasan dari jawabanmu itu!TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 1
TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 2
TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 3
TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment