RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 1/ Pembelajaran :
Air/ 6
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3
Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu,dalam
kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2
Mengenal tata tertibdan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah.
3.2.4
Mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupansehari-hari.
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.1
Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.
b) Bahasa Indonesia
1.2
Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan
hewan dan tumbuhan.
2.3
Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota
keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau
bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks
buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.2 Menjelaskan
isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
4.3 Mengungkapkan
teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.2 Menulis teks
buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat
c) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar
3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik
tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
sekitar.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang
atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
3.6.2 Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm
dan m.
3.10.1 Membandingkan hasil pengukuran panjang benda.
4.5 Memecahkan masalah nyatasecara efektif yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan
uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya.
4.5.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda
d) SBdP
1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan
Tuhan.
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai
sumber ide dalam berkarya seni.
3.1
Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
3.1.1
Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
4.1
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur
berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
4.1.4
Menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan tekstur?.
.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Mengemukakan
pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Melaksanakan
tata tertib di lingkungan keluarga.
3.
Menjelaskan
isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
4.
Menulis
teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD.
5.
Mengukur
panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm dan m.
6.
Membandingkan
hasil pengukuran panjang dua benda.
7.
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan panjang benda.
8.
Menentukan
bahan dan alat dalam membuat karya seni
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada buku siswa
terdapat puisi berjudul air. Siswa diarahkan untuk mengamati puisi tersebut
sebelum membacanya (mengamati) .
o
Siswa membaca
puisi secara bergiliran (mencoba).
o
Siswa memahami
isi puisi untuk membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan pada kegiatan
berikutnya (menalar).
o
Guru memberi
contoh puisi yang ditulis berdasarkan teks buku harian (mengamati).
Contoh Teks Buku Harian
Hari ini Senin tanggal 10 Februari
Aku membantu ibu mencuci piring.
Aku senang mencuci piring karena bisa
merasakan kesejukan air.
Air di rumahku harus dihemat.
Ibu selalu berpesan, “Jangan lupa matikan
air.”
Aturan itu selalu kuingat.
Contoh Puisi:
Hemat Air
Setiap hari kurasakan kesejukan air
Setiap hari aku memanfaatkan air
Minum air setiap hari
Mandi setiap hari
Aku bersyukur karena tak pernah kekurangan air
Aku ingin selalu bersahabat dengan air
Aku ingin menjaga air agar selalu ada
Aku akan menghemat air
o
Siswa membaca
kembali teks buku harian yang sudah ditulisnya pada pembelajaran 5 (mengamati).
o
Siswa menulis
puisi berdasarkan teks buku harian yang sudah ditulisnya (menalar).
o
Siswa mengamati
gambar benda-benda yang akan dibandingkan panjangnya (mengamati).
o
Benda-benda
tersebut nantinya akan digunakan pada kegiatan Ayo Berkreasi
o
Siswa
membandingkan panjang beberapa benda dalam bentuk gambar dengan menuliskan
kata lebih panjang, lebih pendek, atau sama panjang pada tempat
yang tersedia (menalar).
o
Hari ini Senin
tanggal 10 Februari
o
Aku membantu ibu
mencuci piring.
o
Aku senang
mencuci piring karena bisa merasakan kesejukan air.
o
Air di rumahku
harus dihemat.
o
Ibu selalu
berpesan, “Jangan lupa matikan air.”
o
Aturan itu selalu
kuingat.
o
Siswa akan
membandingkan benda-benda yang sudah dipersiapkan, seperti gunting, pensil,
sendok, garpu, kotak pensil, kotak pensil warna, kotak krayon.
o
Siswa meletakkan
benda-benda tersebut di atas meja.
o
Siswa bersama
teman sebelahnya bermain tebak-tebakan benda yang lebih panjang (menalar).
o
Secara
bergiliran, siswa yang satu mengambil dua benda, kemudian secara cepat, teman
yang lain menebak benda yang lebih panjang (menalar).
o
Setiap selesai
memilih dua benda dan menebak yang lebih panjang, siswa menuliskan hasilnya
(mengomunikasikan).
o
Pada akhir
kegiatan guru menanyakan berapa pasang benda yang dibandingkan
(mengomunikasikan). Semakin banyak pasangannya semakin bagus. Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok yang dapat menuliskan pasangan benda paling
banyak.
o
Di buku siswa
terdapat dua gambar balok dengan panjang tertentu.
o
Siswa memperkirakan
balok yang lebih panjang (menalar).
o
Siswa membuktikan
perkiraan panjang balok dengan cara mengukur dengan satuan baku (mencoba).
o
Setelah didapat
hasilnya, siswa menuliskan panjangnya di samping gambar (mengomunikasikan).
o
Siswa
membandingkan dua gambar balok tersebut (menalar).
o
Siswa menentukan
balok yang lebih panjang (menalar).
o
Siswa membuat
karya kreasi berupa gambar cetak menggunakan jari (mencoba). Gambar yang
dibuat adalah gambar hewan-hewan air.
o
Siswa menggambar
hewan-hewan air dengan memperhatikan panjang badan hewan-hewan tersebut
(mencoba).
o
Siswa
membandingkan panjang badan hewan hasil karya seninya dengan hewan yang
sesungguhnya berdasarkan informasi yang didapatnya (menalar).
o
Siswa
menceritakan tentang gambarnya kepada teman di sebelahnya (mengomunikasikan).
Kegiatan
Pengayaan
o
Jika siswa sudah
mampu mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan
sehari-hari, siswa diberikan tugas lanjutan berupa menulis cerita sederhana yang
berhubungan dengan tata tertib.
o
Jika siswa sudah
mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda, siswa diberikan
tugas lanjutan yang berhubungan pemecahan masalah terkait materi.
o
Jika siswa sudah
mampu menulis puisi berdasarkan teks buku harian, siswa diberikan tugas
lanjutan membuat puisi sederhana dengan tema bebas.
o
Jika siswa sudah
mampu membuat karya cetak menggunakan jari, siswa diberikan tugas lanjutan
berupa pengembangan membuat karya cetak menggunakan jari dengan tema dibebaskan
kepada siswa
Kegiatan Remedial
o
Jika siswa belum
mampu mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan
sehari-hari, siswa dibimbing secara bertahap dalam mengemukakan pendapat.
o
Jika siswa belum
mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda, siswa diberikan
bimbingan dan tugas tambahan terkait pemecahan masalah tentang panjang benda.
o
Jika siswa belum
mampu menulis puisi berdasarkan teks buku harian, siswa dibimbing secara
bertahap dalam menulis puisi yang benar.
o
Jika siswa belum
mampu membuat karya cetak menggunakan jari, siswa diberikan bimbingan cara
membuat karya cetak menggunakan jari dengan teknik yang benar.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes
tertulis: Daftar Periksa dan Skor
•
Penilaian Mengajukan Pertanyaan
. No
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Mampu mengajukan pertanyaan
|
|
|
2.
|
Mampu
menjawab pertanyaan teman
|
|
|
•
Membandingkan panjang benda berdasarkan gambar
Jumlah
soal: 5 soal
Jawaban:
disesuaikan dengan gambar
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Membaca Puisi
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ekpresi
|
Mimik wajah
dan gerak tubuh
sesuai dengan
teks secara
konsisten
|
Mimik wajah
dan gerak tubuh sesuai dengan teks namun kurang konsisten
|
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak
sesuai dengan
teks
|
Monoton, tanpa
ekspresi
|
2.
|
Lafal
|
Teks
dilafalkan
dengan tepat
dan jelas
|
Ada 1-2
kata yang
kurang tepat
pelafalannya
|
Lebih dari 2 kata belum tepat
pelafalannya
|
Hampir seluruh
kata belum tepat
pelafalannya
|
3.
|
Intonasi
|
Intonasi sesuai
dengan dialog
secara konsisten
|
Intonasi sesuai
dengan dialog
namun kurang
konsisten
|
Intonasi tidak
sesuai dengan
dialog
|
Tanpa intonasi
|
b. Menulis puisi sederhana
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian
dengan
tema
|
Mampu
menulis
puisi
sesuai
dengan
tema
|
Mampu menulis
puisi
sebagian
besar
sesuai
dengan tema
|
Mampu menulis
puisi
sebagian
kecil
sesuai
dengan tema
|
Belum mampu
menulis puisi
sesuai dengan
tema
|
|
Pilihan kata
|
Mampu
menulis
puisi
dengan
pilihan
kata yang
tepat
|
Mampu menulis
dengan
pilihan
kata yang
sebagian
besar
tepat
|
Mampu
menulis
dengan
pilihan
kata yang
sebagian
kecil
tepat
|
Belum
mampu
menulis
sesuai
dengan
pilihan
kata yang tepat
|
c. Aktivitas Membanding Benda
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
dalam
membandingkan
|
Siswa mampu
membandingkan
dua buah benda
dengan mencari
ukuran yang
lebih panjang
atau pendek
|
Siswa mampu
membandingkan
dua buah benda
dengan mencari
ukuran yang
lebih panjang
atau pendek,
namun ada
sedikit kekeliruan
karena kurang
teliti
|
Siswa
kurang
mampu
membandingkan
dua
buah benda
dengan
mencari
ukuran
yang
lebih
panjang
atau
pendek
|
Siswa tidak
mampu
membandingkan
dua buah benda
dengan mencari
ukuran yang
lebih panjang
atau pendek
|
|
Keterampilan
dalam
memilih
benda
yang akan
dibandingkan
|
Siswa sangat
terampil dalam
memilih
bendabenda
untuk
dibandingkan
yaitu
membandingkan
10 atau lebih
pasang benda
|
Siswa cukup
terampil dalam
memilih bendabenda
untuk
dibandingkan,
yaitu
membandingkan
7-9 pasang
benda
|
Siswa kurang
terampil dalam
memilih bendabenda
untuk di
bandingkan yaitu
membandingkan
4-6 pasang
benda
|
Siswa tidak
terampil dalam
memilih bendabenda
untuk di
bandingkan yaitu
membandingkan
kurang dari 4
pasang benda
|
d. Membuat karya cetak dengan jari
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Komposisi
|
Ada
keharmonisan
komposisi karya
yang dirancang
|
Terdapat
sebagian besar
keharmonisan
komposisi karya
yang dirancang
|
Terdapat
sebagian besar
keharmonisan
komposisi karya yang dirancang
|
Tidak ada
keharmonisan
komposisi karya
yang dirancang
|
2.
|
Keindahan
karya yang dihasilkan
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
sangat kagum
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
kagum
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan kurang
enak dilihat
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan tidak enak
dilihat
|
3.
|
Kerapian
|
Karya kerajinan
terlihat sangat
rapi
|
Karya kerajinan
terlihat rapi
|
Karya kerajinan
terlihat kurang
rapi
|
Karya kerajinan
terlihat tidak
rapi
|
F. Sumber
dan Media
1. Buku Siswa
1.
Teks puisi berjudul Air
2.
Gambar alat dan bahan dalam membuat karya cetak dengan
jari
3. Gambar contoh karya cetak dengan jari.
Mengetahui, Tijue,
6 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kunci Jawaban Evaluasi
1. Lebih banyak
2. Lebih banyak
3. Siti, Dayu, Edo
4.
5. Disesuaikan dengan jawaban siswa
6. Telapak kaki ayah
7. Telapak kaki Edo daripada Ayah
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment