Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 6

TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 30 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Air/ 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu,dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Mengenal tata tertibdan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.2.4 Mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupansehari-hari.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.1 Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.

b) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.2 Menjelaskan isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.2 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat
 
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
3.6.2 Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm dan m.
3.10.1 Membandingkan hasil pengukuran panjang benda.
4.5 Memecahkan masalah nyatasecara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya.
4.5.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda

d) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
3.1.1 Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
4.1.4 Menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan tekstur?.
.
C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.
3.      Menjelaskan isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
4.      Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD.
5.      Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm dan m.
6.      Membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda.
7.      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda.
8.      Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada buku siswa terdapat puisi berjudul air. Siswa diarahkan untuk mengamati puisi tersebut sebelum membacanya (mengamati) .
o   Siswa membaca puisi secara bergiliran (mencoba).
o   Siswa memahami isi puisi untuk membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan pada kegiatan berikutnya (menalar).
o   Guru memberi contoh puisi yang ditulis berdasarkan teks buku harian (mengamati).

Contoh Teks Buku Harian

Hari ini Senin tanggal 10 Februari
Aku membantu ibu mencuci piring.
Aku senang mencuci piring karena bisa
merasakan kesejukan air.
Air di rumahku harus dihemat.
Ibu selalu berpesan, “Jangan lupa matikan
air.”
Aturan itu selalu kuingat.

Contoh Puisi:
Hemat Air

Setiap hari kurasakan kesejukan air
Setiap hari aku memanfaatkan air
Minum air setiap hari
Mandi setiap hari
Aku bersyukur karena tak pernah kekurangan air
Aku ingin selalu bersahabat dengan air
Aku ingin menjaga air agar selalu ada
Aku akan menghemat air

o   Siswa membaca kembali teks buku harian yang sudah ditulisnya pada pembelajaran 5 (mengamati).
o   Siswa menulis puisi berdasarkan teks buku harian yang sudah ditulisnya (menalar).
o   Siswa mengamati gambar benda-benda yang akan dibandingkan panjangnya (mengamati).
o   Benda-benda tersebut nantinya akan digunakan pada kegiatan Ayo Berkreasi
o   Siswa membandingkan panjang beberapa benda dalam bentuk gambar dengan menuliskan kata lebih panjang, lebih pendek, atau sama panjang pada tempat yang tersedia (menalar).
o   Hari ini Senin tanggal 10 Februari
o   Aku membantu ibu mencuci piring.
o   Aku senang mencuci piring karena bisa merasakan kesejukan air.
o   Air di rumahku harus dihemat.
o   Ibu selalu berpesan, “Jangan lupa matikan air.”
o   Aturan itu selalu kuingat.
o   Siswa akan membandingkan benda-benda yang sudah dipersiapkan, seperti gunting, pensil, sendok, garpu, kotak pensil, kotak pensil warna, kotak krayon.
o   Siswa meletakkan benda-benda tersebut di atas meja.
o   Siswa bersama teman sebelahnya bermain tebak-tebakan benda yang lebih panjang (menalar).
o   Secara bergiliran, siswa yang satu mengambil dua benda, kemudian secara cepat, teman yang lain menebak benda yang lebih panjang (menalar).
o   Setiap selesai memilih dua benda dan menebak yang lebih panjang, siswa menuliskan hasilnya (mengomunikasikan).
o   Pada akhir kegiatan guru menanyakan berapa pasang benda yang dibandingkan (mengomunikasikan). Semakin banyak pasangannya semakin bagus. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang dapat menuliskan pasangan benda paling banyak.
o   Di buku siswa terdapat dua gambar balok dengan panjang tertentu.
o   Siswa memperkirakan balok yang lebih panjang (menalar).
o   Siswa membuktikan perkiraan panjang balok dengan cara mengukur dengan satuan baku (mencoba).
o   Setelah didapat hasilnya, siswa menuliskan panjangnya di samping gambar (mengomunikasikan).
o   Siswa membandingkan dua gambar balok tersebut (menalar).
o   Siswa menentukan balok yang lebih panjang (menalar).
o   Siswa membuat karya kreasi berupa gambar cetak menggunakan jari (mencoba). Gambar yang dibuat adalah gambar hewan-hewan air.
o   Siswa menggambar hewan-hewan air dengan memperhatikan panjang badan hewan-hewan tersebut (mencoba).
o   Siswa membandingkan panjang badan hewan hasil karya seninya dengan hewan yang sesungguhnya berdasarkan informasi yang didapatnya (menalar).
o   Siswa menceritakan tentang gambarnya kepada teman di sebelahnya (mengomunikasikan).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari, siswa diberikan tugas lanjutan berupa menulis cerita sederhana yang berhubungan dengan tata tertib.
o   Jika siswa sudah mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda, siswa diberikan tugas lanjutan yang berhubungan pemecahan masalah terkait materi.
o   Jika siswa sudah mampu menulis puisi berdasarkan teks buku harian, siswa diberikan tugas lanjutan membuat puisi sederhana dengan tema bebas.
o   Jika siswa sudah mampu membuat karya cetak menggunakan jari, siswa diberikan tugas lanjutan berupa pengembangan membuat karya cetak menggunakan jari dengan tema dibebaskan kepada siswa

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa belum mampu mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari, siswa dibimbing secara bertahap dalam mengemukakan pendapat.
o   Jika siswa belum mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda, siswa diberikan bimbingan dan tugas tambahan terkait pemecahan masalah tentang panjang benda.
o   Jika siswa belum mampu menulis puisi berdasarkan teks buku harian, siswa dibimbing secara bertahap dalam menulis puisi yang benar.
o   Jika siswa belum mampu membuat karya cetak menggunakan jari, siswa diberikan bimbingan cara membuat karya cetak menggunakan jari dengan teknik yang benar.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes tertulis: Daftar Periksa dan Skor
• Penilaian Mengajukan Pertanyaan
. No
Kriteria
Tercapai
Ya
Tidak
1.
Mampu mengajukan pertanyaan


2.
Mampu menjawab pertanyaan teman



• Membandingkan panjang benda berdasarkan gambar
Jumlah soal: 5 soal
Jawaban: disesuaikan dengan gambar

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Membaca Puisi
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Ekpresi
Mimik wajah
dan gerak tubuh
sesuai dengan
teks secara
konsisten
Mimik wajah
dan gerak tubuh sesuai dengan teks namun kurang konsisten
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak
sesuai dengan
teks
Monoton, tanpa
ekspresi
2.
Lafal
Teks dilafalkan
dengan tepat
dan jelas
Ada 1-2
kata yang
kurang tepat
pelafalannya
Lebih dari 2 kata belum tepat
pelafalannya
Hampir seluruh
kata belum tepat
pelafalannya
3.
Intonasi
Intonasi sesuai
dengan dialog
secara konsisten
Intonasi sesuai
dengan dialog
namun kurang
konsisten
Intonasi tidak
sesuai dengan
dialog
Tanpa intonasi

b. Menulis puisi sederhana
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kesesuaian
dengan tema
Mampu menulis
puisi sesuai
dengan tema

Mampu menulis
puisi sebagian
besar sesuai
dengan tema
Mampu menulis
puisi sebagian
kecil sesuai
dengan tema
Belum mampu
menulis puisi
sesuai dengan
tema

Pilihan kata
Mampu menulis
puisi dengan
pilihan kata yang
tepat
Mampu menulis
dengan pilihan
kata yang
sebagian besar
tepat
Mampu menulis
dengan pilihan
kata yang
sebagian kecil
tepat

Belum mampu
menulis sesuai
dengan pilihan
kata yang tepat

c. Aktivitas Membanding Benda
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
dalam
membandingkan
Siswa mampu
membandingkan
dua buah benda
dengan mencari
ukuran yang
lebih panjang
atau pendek
Siswa mampu
membandingkan
dua buah benda
dengan mencari
ukuran yang
lebih panjang
atau pendek,
namun ada
sedikit kekeliruan
karena kurang
teliti
Siswa kurang
mampu
membandingkan
dua buah benda
dengan mencari
ukuran yang
lebih panjang
atau pendek
Siswa tidak
mampu
membandingkan
dua buah benda
dengan mencari
ukuran yang
lebih panjang
atau pendek

Keterampilan
dalam memilih
benda yang akan
dibandingkan
Siswa sangat
terampil dalam
memilih bendabenda
untuk
dibandingkan
yaitu
membandingkan
10 atau lebih
pasang benda
Siswa cukup
terampil dalam
memilih bendabenda
untuk
dibandingkan,
yaitu
membandingkan
7-9 pasang
benda
Siswa kurang
terampil dalam
memilih bendabenda
untuk di
bandingkan yaitu
membandingkan
4-6 pasang
benda
Siswa tidak
terampil dalam
memilih bendabenda
untuk di
bandingkan yaitu
membandingkan
kurang dari 4
pasang benda

d. Membuat karya cetak dengan jari
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Komposisi
Ada
keharmonisan
komposisi karya
yang dirancang
Terdapat
sebagian besar
keharmonisan
komposisi karya
yang dirancang
Terdapat
sebagian besar
keharmonisan
komposisi karya yang dirancang
Tidak ada
keharmonisan
komposisi karya
yang dirancang
2.
Keindahan karya yang dihasilkan
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
sangat kagum
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
kagum

Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan kurang
enak dilihat

Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan tidak enak
dilihat
3.
Kerapian
Karya kerajinan
terlihat sangat
rapi
Karya kerajinan
terlihat rapi
Karya kerajinan
terlihat kurang
rapi
Karya kerajinan
terlihat tidak
rapi

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa
1.      Teks puisi berjudul Air
2.      Gambar alat dan bahan dalam membuat karya cetak dengan jari
3.      Gambar contoh karya cetak dengan jari.


Mengetahui,                                                                        Tijue, 6 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,



PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001

Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat























































































































































































































































































Kunci Jawaban Evaluasi
1. Lebih banyak

2. Lebih banyak


3. Siti, Dayu, Edo
4.
5. Disesuaikan dengan jawaban siswa
6. Telapak kaki ayah
7. Telapak kaki Edo daripada Ayah



Lembar Kerja Siswa
(LKS)


 


MEDIA 
 
TEMA 6 KELAS 2 SUB 1 PB 6





Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors