RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 1/II
Tema 6 :
Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Lingkungan Sekitar
Rumahku / 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks
deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.2 Menceritakan
kembali wacana tentang lingkungan sekitar rumah yang bersih dan sehat dengan
bahasa sendiri
4.4 Menyampaikan
teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam Bahasa Indonesia
lisan dan tulisan yang dapat diisi dengaan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
4.4.1 Menceritakan
kembali dengan kalimat sendiri cerita teman tentang lingkungan sekitar rumah
yang bersih dan sehat
b) SBdP
1.1 Merasakan
keindahan alam sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1. Mengenal cara
dan hasil karya seni ekspresi
3.1.1Menghafal
syair lagu
4.7. Menyanyikan
lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
4.7.1 Menyanyikan
lagu di depan teman-teman
c) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2.1
Mengidentifikasi cara-cara menjaga kebersihan lingkungan
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan di sekolah
4.2.1 Menyatakan
pendapat tentang sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan
C. Materi Pembelajaran :
1. Menceritakan
Kembali Cerita
yang Didengar
2. Menyanyi
Lagu Buang di Tong
Sampah
3. Mengemukakan
Pendapat Mengenai
Cara Menjaga Lingkungan
D. Pendekatan :
1. Pendekatan :
Scientific
2. Strategi : Kooperative learning
3. Teknik : Picture and Picture
4. Metode
: Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
E.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat
dan Asri”
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pertemuan, siswa menjawab pertanyaan guru tentang kabar mereka. Bagaimana
mereka pergi ke sekolah? Apakah mereka mengamati keadaan lingkungan sepanjang
perjalanan ke sekolah? Apakah terlihat banyak sampah? Apakah lingkungannya indah
dipandang?
o
Siswa mengingat
kembali pelajaran minggu sebelumnya tentang kebersihan rumah. Siswa menjawab
pertanyaan guru, selain menjaga kebersihan rumah, apa lagi yang harus dijaga kebersihannya?
o
Setelah diarahkan
oleh guru, siswa diharapkan memahami bahwa menjaga kesehatan dimulai dari kebiasaan
hidup bersih. Kesehatan kita dipengaruhi oleh kebersihan lingkungan sekitar
kita, bukan hanya di rumah kita.
o
Siswa membuka
buku siswa. Siswa mengamati gambar dan menyatakan pendapatnya tentang gambar
itu.
o
Siswa
mendengarkan guru bercerita tentang gambar tersebut.
o
Siswa menunjukkan
pemahaman mereka dengan cara menceritakan kembali cerita guru dengan bahasa
mereka sendiri. Siswa melakukannya dengan cara berpasangan mendengarkan
cerita temannya.
o
Mereka dapat
saling membantu dalam mengingat dan menceritakan kembali.
o
Guru berkeliling
mengecek siswa dan membantu jika diperlukan.
o
Setelah semua
mempraktikkan bercerita, siswa diminta mengamati gambar Dayu dan membaca teksnya.
o
Siswa mendengarkan
guru menyanyikan lagu Buang di Tong Sampah dan siswa menirukan.
o
Siswa mengamati
teks lirik lagu Buang di Tong
o
Sampah dan
membacanya bersama-sama.
o
Siswa berlatih
menyanyikan lagu dengan bimbingan guru atau melalui media elektronik.
o
Setelah lancar,
siswa menyanyi satu per satu di depan kelas.
o
Setelah kegiatan
menyanyi siswa diminta mengingat kembali cerita tentang lingkungan yang
bersih dan sehat.
o
Siswa mengamati
gambar lingkungan yang bersih pada buku siswa atau menonton video tentang lingkungan
yang bersih dan sehat.
o
Siswa menjawab
pertanyaan guru tentang apa yang dapat dilakukan untuk mendapatkan lingkungan
yang bersih dan sehat seperti pada gambar tersebut.
o
Apa yang harus
dilakukan oleh orang-orang di lingkungan tersebut?
o
Dengan arahan
guru, siswa dibagi menjadi kelompok beranggotakan 5 - 6 orang.
o
Setiap kelompok
berdiskusi tentang bagaimana sikap tertib dan teratur dalam menjaga
kebersihan lingkungan. Siswa mendapatkan bimbingan dari guru yang berkeliling
mengamati jalannya diskusi.
o
Setelah selesai
berdiskusi, perwakilan setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi
masing-masing.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
C.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian;
a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Peduli Lingkungan
|
Disiplin
|
Tanggungjawab
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis (
Lembar kerja di buku siswa )
3. Penilaian
Keterampilan
a.
Observasi
Lembar
Pengamatan Sikap Menyimak dan Bekerja Sama dengan Teman
No
|
Kriteria
|
|
|
1
|
Siswa mampu
menyimak cerita guru
|
|
|
2
|
Siswa mampu bekerja sama dengan teman
|
|
|
b. Unjuk Kerja
Rubrik Kemampuan
Memahami Teks Lisan dengan Bercerita Berpasangan
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Pemahaman
isi teks dengan cara
menceritakan
kembali
kepada teman
|
Siswa
mampu
menceritakan
kembali
seluruh
teks
dengan
tepat dan
lengkap
|
Siswa
mampu
menceritakan
kembali
sebagian
besar
teks
dengan
tepat dan
lengkap
|
Siswa
mampu
menceritakan
kembali
sebagian
kecil
teks
dengan
tepat dan
lengkap
|
Siswa belum
mampu
menceritakan
kembali
|
2
|
Kerja
sama dengan
pasangan
|
Pasangan
terlihat
aktif
dan
saling
membantu
|
Hanya satu
orang yang aktif
|
Pasangan
terlihat
bekerja
sendiri
dan
tidak
saling membantu
|
Semua
tidak
aktif
|
3. Unjuk Kerja
Menyanyi
Rubrik menyanyi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
bernyanyi
|
Memenuhi
tiga
aspek
(hafal
lirik,
nada tepat, dan ekspresif)
|
Memenuhi
dua
dari tiga
aspek
|
Memenuhi
satu
dari tiga
aspek
|
Belum
mampu
memenuhi
semua aspek
|
2
|
Kepercayaan
diri
|
Tidak
terlihat
ragu-ragu
|
Terlihat raguragu
|
Memerlukan
bantuan guru
|
Belum
berani
Tampil bernyanyi
|
4. Observasi
kegiatan diskusi
Lembar Pengamatan
dalam Berdiskusi
No
|
Kriteria
|
|
|
1
|
Siswa mampu mengikuti diskusi dengan aktif
|
|
|
2
|
Siswa mampu menyatakan pendapat
|
|
|
3
|
Siswa mampu menghargai pendapat orang lain
|
|
|
H. Sumber dan Media
1.
Gambar/poster lingkungan yang bersih dan sehat.
2.
Poster bertuliskan teks lagu Buang di
Tong Sampah (atau tulisan tangan guru di papan tulis)
2.
Gambar/poster/video tentang lingkungan yang bersih dan sehat
3.
Buku siswa
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas I
Rosmiati, S.Pd Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006 NIP. 19650421
198610 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Lakukan
bersama teman-temanmu.
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment