Home » » TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 1

TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 30 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : 1/II
Tema 6                                       : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Lingkungan Sekitar Rumahku / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.2 Menceritakan kembali wacana tentang lingkungan sekitar rumah yang bersih dan sehat dengan bahasa sendiri
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengaan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4.1 Menceritakan kembali dengan kalimat sendiri cerita teman tentang lingkungan sekitar rumah yang bersih dan sehat

b) SBdP
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1. Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
3.1.1Menghafal syair lagu
4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
4.7.1 Menyanyikan lagu di depan teman-teman

c) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2.1 Mengidentifikasi cara-cara menjaga kebersihan lingkungan
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
4.2.1 Menyatakan pendapat tentang sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan

C. Materi Pembelajaran :
1.      Menceritakan Kembali Cerita yang Didengar
2.      Menyanyi Lagu Buang di Tong Sampah
3.      Mengemukakan Pendapat Mengenai Cara Menjaga Lingkungan

D. Pendekatan :
  1.  Pendekatan          : Scientific
  2.  Strategi                 : Kooperative learning
  3. Teknik                   : Picture and Picture
  4.  Metode                 : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi 

  E. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pertemuan, siswa menjawab pertanyaan guru tentang kabar mereka. Bagaimana mereka pergi ke sekolah? Apakah mereka mengamati keadaan lingkungan sepanjang perjalanan ke sekolah? Apakah terlihat banyak sampah? Apakah lingkungannya indah dipandang?
o   Siswa mengingat kembali pelajaran minggu sebelumnya tentang kebersihan rumah. Siswa menjawab pertanyaan guru, selain menjaga kebersihan rumah, apa lagi yang harus dijaga kebersihannya?
o   Setelah diarahkan oleh guru, siswa diharapkan memahami bahwa menjaga kesehatan dimulai dari kebiasaan hidup bersih. Kesehatan kita dipengaruhi oleh kebersihan lingkungan sekitar kita, bukan hanya di rumah kita.
o   Siswa membuka buku siswa. Siswa mengamati gambar dan menyatakan pendapatnya tentang gambar itu.
o   Siswa mendengarkan guru bercerita tentang gambar tersebut.
o   Siswa menunjukkan pemahaman mereka dengan cara menceritakan kembali cerita guru dengan bahasa mereka sendiri. Siswa melakukannya dengan cara berpasangan mendengarkan cerita temannya.
o   Mereka dapat saling membantu dalam mengingat dan menceritakan kembali.
o   Guru berkeliling mengecek siswa dan membantu jika diperlukan.
o   Setelah semua mempraktikkan bercerita, siswa diminta mengamati gambar Dayu dan membaca teksnya.
o   Siswa mendengarkan guru menyanyikan lagu Buang di Tong Sampah dan siswa menirukan.
o   Siswa mengamati teks lirik lagu Buang di Tong
o   Sampah dan membacanya bersama-sama.
o   Siswa berlatih menyanyikan lagu dengan bimbingan guru atau melalui media elektronik.
o   Setelah lancar, siswa menyanyi satu per satu di depan kelas.
o   Setelah kegiatan menyanyi siswa diminta mengingat kembali cerita tentang lingkungan yang bersih dan sehat.
o   Siswa mengamati gambar lingkungan yang bersih pada buku siswa atau menonton video tentang lingkungan yang bersih dan sehat.
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang apa yang dapat dilakukan untuk mendapatkan lingkungan yang bersih dan sehat seperti pada gambar tersebut.
o   Apa yang harus dilakukan oleh orang-orang di lingkungan tersebut?
o   Dengan arahan guru, siswa dibagi menjadi kelompok beranggotakan 5 - 6 orang.
o   Setiap kelompok berdiskusi tentang bagaimana sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan. Siswa mendapatkan bimbingan dari guru yang berkeliling mengamati jalannya diskusi.
o   Setelah selesai berdiskusi, perwakilan setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi masing-masing.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit


C.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Peduli Lingkungan
Disiplin
Tanggungjawab
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya



2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis ( Lembar kerja di buku siswa )

3. Penilaian Keterampilan
a. Observasi
Lembar Pengamatan Sikap Menyimak dan Bekerja Sama dengan Teman

No
Kriteria


1
Siswa mampu menyimak cerita guru


2
Siswa mampu bekerja sama dengan teman



b. Unjuk Kerja
Rubrik Kemampuan Memahami Teks Lisan dengan Bercerita Berpasangan
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pemahaman isi teks dengan cara
menceritakan
kembali kepada teman
Siswa mampu
menceritakan
kembali seluruh
teks dengan
tepat dan lengkap
Siswa mampu
menceritakan
kembali
sebagian besar
teks dengan
tepat dan
lengkap
Siswa mampu
menceritakan
kembali
sebagian kecil
teks dengan
tepat dan
lengkap
Siswa belum
mampu
menceritakan
kembali
2
Kerja sama dengan
pasangan
Pasangan
terlihat aktif
dan saling
membantu
Hanya satu
orang yang aktif
Pasangan
terlihat bekerja
sendiri dan
tidak saling membantu
Semua tidak
aktif

3. Unjuk Kerja Menyanyi
Rubrik menyanyi
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
bernyanyi
Memenuhi tiga
aspek (hafal
lirik, nada tepat, dan ekspresif)

Memenuhi dua
dari tiga aspek
Memenuhi satu
dari tiga aspek
Belum mampu
memenuhi semua aspek
2
Kepercayaan diri
Tidak terlihat
ragu-ragu
Terlihat raguragu
Memerlukan
bantuan guru
Belum berani
Tampil bernyanyi


4. Observasi kegiatan diskusi
Lembar Pengamatan dalam Berdiskusi
No
Kriteria


1
Siswa mampu mengikuti diskusi dengan aktif


2
Siswa mampu menyatakan pendapat


3
Siswa mampu menghargai pendapat orang lain



H. Sumber dan Media
1.      Gambar/poster lingkungan yang bersih dan sehat.
2.      Poster bertuliskan teks lagu Buang di Tong Sampah (atau tulisan tangan guru di papan tulis)
2.      Gambar/poster/video tentang lingkungan yang bersih dan sehat
3.      Buku siswa




Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas I



Rosmiati, S.Pd                                                                  Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006                                            NIP. 19650421 198610 2 001
 

Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Nyanyikan lagu di bawah ini.

Lakukan bersama teman-temanmu.

TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 1

TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 1
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors