RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 1/II
Tema 6 :
Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Lingkungan Sekitar
Rumahku / 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1
Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan malam dengan batuan guru atau teman dalam
bahasa lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasi
kata-kata yang menyusun suatu teks
3.1.2 Mengidentifikasi
teks percakapan dengan tepat
4.1
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
4.1.1 Mengamati
dan memperagakan teks percakapan yang telah disediakan
4.1.2 Melakukan
percakapan dengan dialog yang dibuat sendiri
b) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli,
disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk
melalui pengalaman belajar.
3.5
Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.5.1 Mengamati
bentuk-bentuk bangun ruang dengan mengamati gambar dan benda di lingkungan
sekitar sekolah
4.7
Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangunbangun datar atau pola bangun datar
yang sudah ada
4.7.1 Mengidentifikasi
bentuk bangun ruang balok, tabung, dan bola
C. Materi Pembelajaran :
1. Memperagakan
Percakapan tentang
Membuang Sampah
2. Mengamati
Bentuk Bangun
3. Ruang
Berbagai Benda
D. Pendekatan :
1. Pendekatan :
Scientific
2. Strategi : Kooperative learning
3. Teknik : Picture and Picture
4. Metode
: Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
E.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengingat
kembali cerita tentang lingkungan yang bersih dan sehat dari pelajaran
sebelumnya.
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang dua orang anak yang sedang
bercakap-cakap tentang menjaga kebersihan.
o
Siswa mengamati
wacana percakapan di buku siswa.
o
Siswa melihat
ciri-ciri teks tersebut, misalnya ada nama tokoh, kalimatnya yang merupakan
perkataan si tokoh, dan lain-lain.
o
Siswa mengingat
kembali bahwa teks tersebut percakapan dan dibaca dengan cara diperankan dengan
sejumlah orang sebagai tokoh dalam teks tersebut.
o
Siswa berlatih
membaca teks untuk memahami isinya dengan menggunakan intonasi dan ekspresi yang
sesuai.
o
Siswa berlatih
percakapan dengan gayanya sendiri.
o
Siswa dapat
berlatih berpasangan atau dalam kelompok kecil dan saling memberi masukan
kepada temannya.
o
Siswa membawakan
percakapan di depan kelas secara bergantian
o
Setelah itu siswa
menjawab pertanyaan tentang bentuk-bentuk yang mereka ketahui.
o
Siswa
mengingat-ingat bentuk benda yang ada di rumah.
o
Siswa menjawab
pertanyaan guru tentang bentuk kaleng, tempat sampah, bola dunia, boks, dan
lainlain.
o
Siswa mengamati
benda-benda di kelas atau di luar kelas yang mempunyai bentuk/bangun ruang
seperti yang telah disebutkan tadi.
o
Siswa mengerjakan
latihan di buku siswa dan jika memerlukan, dapat bertanya lebih mendalam kepada
guru sementara siswa mengerjakan tugas guru berkeliling memonitor kegiatan
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
C.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Peduli Lingkungan
|
Disiplin
|
Tanggungjawab
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis (
Lembar kerja di buku siswa )
3. Penilaian
Keterampilan
a. Unjuk kerja
melakukan percakapan
Rubrik Penilaian
Percakapan berdasarkan Teks
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ketepatan
isi
percakapan
dengan teks
|
Seluruh
percakapan
sesuai
dengan
teks
|
Setengah
bagian atau lebih
percakapan
sesuai dengan teks
|
Kurang
dari
setengah
bagian
percakapan
sesuai
dengan
teks
|
Seluruh
bagian
percakapan
belum
sesuai
dengan teks
|
2
|
Kemampuan
memperagakan
percakapan
|
Mampu
memperagakan
percakapan
sepenuhnya
dengan
percaya
diri,
ekspresif,
dan
menggunakan
intonasi
suara
yang
tepat
|
Mampu
memperagakan
percakapan
sepenuhnya
namun kurang percaya diri, ekspresif, dan kurang
menggunakan
intonasi
suara yang tepat
|
Mampu
memperagakan
percakapan
namun masih
harus dibantu
guru
|
Siswa
belum
mampu
memperagakan
percakapan
|
b. Observasi
kegiatan pengamatan pengenalan bangun ruang
Lembar Pengamatan
Pengenalan Bangun Ruang
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum terlihat (√)
|
1
|
Ketepatan dalam mengidentifikasi bangun ruang
(balok, tabung dan bola)
|
|
|
2
|
Antusiasme dalam kegiatan
|
|
|
3
|
Kemandirian
dalam kegiatan
|
|
|
H. Sumber dan Media
1. Buku siswa
2. Gambar anak
sedang membuang sampah
3. Benda-benda
beraneka bentuk atau model alat peraga balok, tabung, dan bola
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas I
Rosmiati, S.Pd Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006 NIP. 19650421
198610 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment