Home » » TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 2

TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 31 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : 1/II
Tema 6                                       : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Lingkungan Sekitar Rumahku / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan batuan guru atau teman dalam bahasa lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasi kata-kata yang menyusun suatu teks
3.1.2 Mengidentifikasi teks percakapan dengan tepat
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.1.1 Mengamati dan memperagakan teks percakapan yang telah disediakan
4.1.2 Melakukan percakapan dengan dialog yang dibuat sendiri

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.5.1 Mengamati bentuk-bentuk bangun ruang dengan mengamati gambar dan benda di lingkungan sekitar sekolah
4.7 Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangunbangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
4.7.1 Mengidentifikasi bentuk bangun ruang balok, tabung, dan bola

C. Materi Pembelajaran :
1.      Memperagakan Percakapan tentang Membuang Sampah
2.      Mengamati Bentuk Bangun
3.      Ruang Berbagai Benda

D. Pendekatan :
  1.  Pendekatan          : Scientific
  2.  Strategi                 : Kooperative learning
  3. Teknik                   : Picture and Picture
  4.  Metode                 : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi 

  E. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengingat kembali cerita tentang lingkungan yang bersih dan sehat dari pelajaran sebelumnya.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang dua orang anak yang sedang bercakap-cakap tentang menjaga kebersihan.
o   Siswa mengamati wacana percakapan di buku siswa.
o   Siswa melihat ciri-ciri teks tersebut, misalnya ada nama tokoh, kalimatnya yang merupakan perkataan si tokoh, dan lain-lain.
o   Siswa mengingat kembali bahwa teks tersebut percakapan dan dibaca dengan cara diperankan dengan sejumlah orang sebagai tokoh dalam teks tersebut.
o   Siswa berlatih membaca teks untuk memahami isinya dengan menggunakan intonasi dan ekspresi yang sesuai.
o   Siswa berlatih percakapan dengan gayanya sendiri.
o   Siswa dapat berlatih berpasangan atau dalam kelompok kecil dan saling memberi masukan kepada temannya.
o   Siswa membawakan percakapan di depan kelas secara bergantian
o   Setelah itu siswa menjawab pertanyaan tentang bentuk-bentuk yang mereka ketahui.
o   Siswa mengingat-ingat bentuk benda yang ada di rumah.
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang bentuk kaleng, tempat sampah, bola dunia, boks, dan lainlain.
o   Siswa mengamati benda-benda di kelas atau di luar kelas yang mempunyai bentuk/bangun ruang seperti yang telah disebutkan tadi.
o   Siswa mengerjakan latihan di buku siswa dan jika memerlukan, dapat bertanya lebih mendalam kepada guru sementara siswa mengerjakan tugas guru berkeliling memonitor kegiatan

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit


C.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Peduli Lingkungan
Disiplin
Tanggungjawab
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya



2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis ( Lembar kerja di buku siswa )

3. Penilaian Keterampilan
a. Unjuk kerja melakukan percakapan
Rubrik Penilaian Percakapan berdasarkan Teks
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Ketepatan isi
percakapan dengan teks
Seluruh
percakapan
sesuai dengan
teks
Setengah bagian atau lebih
percakapan sesuai dengan teks
Kurang dari
setengah bagian
percakapan
sesuai dengan
teks
Seluruh bagian
percakapan
belum sesuai
dengan teks
2
Kemampuan
memperagakan
percakapan
Mampu
memperagakan
percakapan
sepenuhnya
dengan
percaya diri,
ekspresif, dan
menggunakan
intonasi suara
yang tepat
Mampu
memperagakan
percakapan
sepenuhnya namun kurang percaya diri, ekspresif, dan kurang
menggunakan
intonasi suara yang tepat
Mampu
memperagakan
percakapan
namun masih
harus dibantu
guru
Siswa belum
mampu
memperagakan
percakapan

b. Observasi kegiatan pengamatan pengenalan bangun ruang
Lembar Pengamatan Pengenalan Bangun Ruang
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
1
Ketepatan dalam mengidentifikasi bangun ruang (balok, tabung dan bola)


2
Antusiasme dalam kegiatan


3
Kemandirian dalam kegiatan



H. Sumber dan Media
1.      Buku siswa
2.      Gambar anak sedang membuang sampah
3.      Benda-benda beraneka bentuk atau model alat peraga balok, tabung, dan bola



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas I



Rosmiati, S.Pd                                                                  Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006                                            NIP. 19650421 198610 2 001





Lembar Kerja Siswa
(LKS)



MEDIA
TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 2


TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB1


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors