Home » » TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 3

TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 1 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                          : 1/II
Tema 6                                       : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Lingkungan Sekitar Rumahku / 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.3.1 Mengidentifikasi cara dan aturan permainan tangkap bola dengan keranjang sampah
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3.1 Bermain tangkap bola dengan keranjang sampah

b) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Membaca nyaring wacana tentang sampah
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajiandikator
4.1.1 Menjawab pertanyaan sesuai isi wacana.

C. Materi Pembelajaran :
1.      Bermain Tangkap Bola dengan Keranjang
2.      Membaca Nyaring Wacana tentang Memilah Sampah

D. Pendekatan :
  1.  Pendekatan          : Scientific
  2.  Strategi                 : Kooperative learning
  3. Teknik                   : Picture and Picture
  4.  Metode                 : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi 

  E. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyampaikan untuk menjaga lingkungan bersih dan sehat tubuh kita juga harus sehat. Tubuh sehat dengan berolahraga secara teratur.
o   Siswa akan berolahraga memasukkan bola ke keranjang.
o   Satu orang siswa diminta mendampingi guru untuk menjadi pasangan bermain. Siswa lain mengamati guru mencontohkan melempar dan menangkap bola dengan berbagai teknik: melempar dari bawah, melempar sejajar dengan dada, dan melempar dengan melambungkan bola di atas tubuh lalu bola diarahkan ke keranjang bola.
o   Siswa dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing 5 siswa. Siswa lain menjadi penonton.
o   Setiap 5 menit bergantian dengan kelompok lain sampai semua siswa mendapat kesempatan.
o   Pemenangnya adalah kelompok yang paling banyak memasukkan bola ke keranjang kelompok lain.
o   Setelah selesai, lakukan pendinginan dengan menghirup napas dalam-dalam dan dikeluarkan dari mulut beberapa kali.
o   Selesai berolahraga siswa bersiap-siap kembali ke kelas dan melanjutkan kegiatan .
o   Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai bagaimana mereka menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah.
o   Setelah diarahkan oleh guru, siswa diharapkan memahami bahwa menjaga kesehatan dimulai dari kebiasaan hidup bersih. Kesehatan kita dipengaruhi oleh kebersihan lingkungan sekitar kita, bukan hanya di rumah kita.
o   Lalu siswa diajak mengamati buku siswa. Siswa dikenalkan dengan sampah organik dan nonorganik.
o   Siswa diminta mengajukan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan.
o   Kemudian salah satu siswa diminta membaca wacana dengan nyaring. Siswa lain menyimak.
o   Guru meminta 2 sampai 3 siswa membaca lalu guru berkeliling mengecek siswa yang membaca untuk menjawab pertanyaan dan membantu jika diperlukan
Catatan:
Guru memberi semua anak kesempatan untuk membaca dan bercerita di depan kelas dengan menggunakan nomor urut nama mereka, misalnya untuk membaca dari nomor urut 1 dan untuk bercerita dari nomor urut terakhir. Dengan demikian, semua anak akan mendapat kesempatan.
o   Siswa diajak ke ruang kantor, di sana siswa dan guru mengambil kertas bekas dan sejenisnya.
o   Siswa ke halaman sekolah dan memungut daundaun yang berserakan.
o   Siswa kembali ke kelas dan dijelaskan mengenai sampah organik dan nonorganik.
o   Sebagai penutup guru menugaskan siswa membawa benda-benda untuk pelajaran esok hari (Membuatkreasi barang bekas).

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit


C.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Peduli Lingkungan
Disiplin
Tanggungjawab
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya
 
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis ( Lembar kerja di buku siswa )

3. Penilaian Keterampilan
a. Unjuk kerja
Rubrik Penilaian Bermain Tangkap Bola dengan Keranjang Sampah
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
melakukan gerak lokomotor dalam melempar bola
Siswa mampu
melempar bola mengarah
ke keranjang
sebanyak 10 kali

Siswa 1-2 kali
menunjukkan
ketidakmampuan
melempar bola
mengarah ke
keranjang
Siswa 3-4 kali
menunjukkan
ketidakmampuan
melempar bola
mengarah ke
keranjang
Siswa lebih dari 4 kali menunjukkan
ketidakmampuan
melempar bola
mengarah ke
keranjang
2
Kemampuan
melakukan gerak
nonlokomotor
dalam menangkap
bola dengan
keranjang sampah

Siswa mampu
menangkap bola dengan keranjang
Siswa 3-5 kali
menunjukkan
ketidakmampuan
menangkap bola
dengan keranjang
Siswa 6-10 kali
menunjukkan
ketidakmampuan
menangkap bola
dengan keranjang
Siswa lebih dari 11
kali menunjukkan
ketidakmampuan
menangkap bola
dengan keranjang

Kemampuan
mengikuti aturan
permainan dan
menunjukkan
sportivitas
Siswa melakukan
gerakan sesuai
dengan tahapan
permainan

Siswa 1-2 kali
melanggar
tahapan
permainan
Siswa 3-4 kali
melanggar
tahapan
permainan
Siswa belum
mampu mengikuti
tahapan
permainan

b. Rubrik Kemampuan Membaca
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
membaca
teks sederhana
Siswa mampu
membaca
keseluruhan teks
Siswa mampu
membaca sebagian
besar teks

Siswa mampu
membaca sebagian kecil teks
Siswa belum
mampu
membaca teks
2
Pemahaman
isi teks
deskripsi
sederhana
Siswa mampu
menjawab
semua
pertanyaan yang
diajukan

Siswa mampu
menjawab
setengah bagian
atau lebih jumlah
pertanyaan yang
diajukan
Siswa mampu
menjawab kurang dari setengah jumlah
pertanyaan yang
diajukan
Siswa belum
mampu
menjawab
semua pertanyaan yang diajukan
 
H. Sumber dan Media
1.      Bola kasti/tenis
2.      Tiang bola keranjang 2 buah
3.      Buku siswa



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas I



Rosmiati, S.Pd                                                                  Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006                                            NIP. 19650421 198610 2 001




Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Setelah membaca cerita “Memilah Sampah”, maka  Jawablah pertanyaan di bawah ini.

1. Pergi ke mana Ibu dan Siti?
.......................................................................................
.......................................................................................


2. Bagaimana mereka memilah sampah?
.......................................................................................
.......................................................................................


3. Berikan contoh sampah organik.
.......................................................................................
.......................................................................................


4. Berikan contoh sampah nonorganik.
.......................................................................................
.......................................................................................

MEDIA

TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 3
                                         


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors