RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 1/II
Tema 6 :
Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Lingkungan Sekitar
Rumahku / 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugerah Tuhan.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.3
Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.3.1 Mengidentifikasi
cara dan aturan permainan tangkap bola dengan keranjang sampah
4.3
Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3.1 Bermain
tangkap bola dengan keranjang sampah
b) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1
Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
3.1.1 Membaca
nyaring wacana tentang sampah
4.1
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajiandikator
4.1.1 Menjawab
pertanyaan sesuai isi wacana.
C. Materi Pembelajaran :
1. Bermain
Tangkap Bola dengan
Keranjang
2. Membaca
Nyaring Wacana tentang
Memilah Sampah
D. Pendekatan :
1. Pendekatan :
Scientific
2. Strategi : Kooperative learning
3. Teknik : Picture and Picture
4. Metode
: Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
E.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat
dan Asri”
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru menyampaikan
untuk menjaga lingkungan bersih dan sehat tubuh kita juga harus sehat. Tubuh sehat
dengan berolahraga secara teratur.
o
Siswa akan
berolahraga memasukkan bola ke keranjang.
o
Satu orang siswa
diminta mendampingi guru untuk menjadi pasangan bermain. Siswa lain mengamati
guru mencontohkan melempar dan menangkap bola dengan berbagai teknik:
melempar dari bawah, melempar sejajar dengan dada, dan melempar dengan
melambungkan bola di atas tubuh lalu bola diarahkan ke keranjang bola.
o
Siswa dibagi
menjadi dua kelompok, masing-masing 5 siswa. Siswa lain menjadi penonton.
o
Setiap 5 menit
bergantian dengan kelompok lain sampai semua siswa mendapat kesempatan.
o
Pemenangnya
adalah kelompok yang paling banyak memasukkan bola ke keranjang kelompok
lain.
o
Setelah selesai,
lakukan pendinginan dengan menghirup napas dalam-dalam dan dikeluarkan dari
mulut beberapa kali.
o
Selesai
berolahraga siswa bersiap-siap kembali ke kelas dan melanjutkan kegiatan .
o
Siswa menjawab
pertanyaan guru mengenai bagaimana mereka menjaga kebersihan lingkungan sekitar
rumah.
o
Setelah diarahkan
oleh guru, siswa diharapkan memahami bahwa menjaga kesehatan dimulai dari kebiasaan
hidup bersih. Kesehatan kita dipengaruhi oleh kebersihan lingkungan sekitar
kita, bukan hanya di rumah kita.
o
Lalu siswa diajak
mengamati buku siswa. Siswa dikenalkan dengan sampah organik dan nonorganik.
o
Siswa diminta
mengajukan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan.
o
Kemudian salah
satu siswa diminta membaca wacana dengan nyaring. Siswa lain menyimak.
o
Guru meminta 2
sampai 3 siswa membaca lalu guru berkeliling mengecek siswa yang membaca
untuk menjawab pertanyaan dan membantu jika diperlukan
Catatan:
Guru memberi semua
anak kesempatan untuk membaca dan bercerita di depan kelas dengan menggunakan
nomor urut nama mereka, misalnya untuk membaca dari nomor urut 1 dan untuk
bercerita dari nomor urut terakhir. Dengan demikian, semua anak akan mendapat
kesempatan.
o
Siswa diajak ke
ruang kantor, di sana siswa dan guru mengambil kertas bekas dan sejenisnya.
o
Siswa ke halaman
sekolah dan memungut daundaun yang berserakan.
o
Siswa kembali ke
kelas dan dijelaskan mengenai sampah organik dan nonorganik.
o
Sebagai penutup
guru menugaskan siswa membawa benda-benda untuk pelajaran esok hari
(Membuatkreasi barang bekas).
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
C.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian;
a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Peduli Lingkungan
|
Disiplin
|
Tanggungjawab
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis (
Lembar kerja di buku siswa )
3. Penilaian
Keterampilan
a. Unjuk kerja
Rubrik Penilaian
Bermain Tangkap Bola dengan Keranjang Sampah
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
melakukan
gerak lokomotor dalam melempar
bola
|
Siswa
mampu
melempar
bola mengarah
ke
keranjang
sebanyak 10 kali
|
Siswa 1-2
kali
menunjukkan
ketidakmampuan
melempar
bola
mengarah
ke
keranjang
|
Siswa 3-4
kali
menunjukkan
ketidakmampuan
melempar
bola
mengarah
ke
keranjang
|
Siswa
lebih dari 4 kali menunjukkan
ketidakmampuan
melempar
bola
mengarah
ke
keranjang
|
2
|
Kemampuan
melakukan
gerak
nonlokomotor
dalam
menangkap
bola
dengan
keranjang
sampah
|
Siswa mampu
menangkap
bola dengan keranjang
|
Siswa 3-5
kali
menunjukkan
ketidakmampuan
menangkap
bola
dengan keranjang
|
Siswa
6-10 kali
menunjukkan
ketidakmampuan
menangkap
bola
dengan keranjang
|
Siswa
lebih dari 11
kali
menunjukkan
ketidakmampuan
menangkap
bola
dengan keranjang
|
|
Kemampuan
mengikuti
aturan
permainan
dan
menunjukkan
sportivitas
|
Siswa
melakukan
gerakan
sesuai
dengan
tahapan
permainan
|
Siswa 1-2
kali
melanggar
tahapan
permainan
|
Siswa 3-4
kali
melanggar
tahapan
permainan
|
Siswa
belum
mampu
mengikuti
tahapan
permainan
|
b. Rubrik Kemampuan
Membaca
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
membaca
teks sederhana
|
Siswa
mampu
membaca
keseluruhan teks
|
Siswa mampu
membaca
sebagian
besar teks
|
Siswa
mampu
membaca
sebagian kecil teks
|
Siswa
belum
mampu
membaca teks
|
2
|
Pemahaman
isi teks
deskripsi
sederhana
|
Siswa
mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang
diajukan
|
Siswa
mampu
menjawab
setengah
bagian
atau
lebih jumlah
pertanyaan
yang
diajukan
|
Siswa
mampu
menjawab
kurang dari setengah jumlah
pertanyaan
yang
diajukan
|
Siswa
belum
mampu
menjawab
semua pertanyaan
yang diajukan
|
H. Sumber dan Media
1. Bola
kasti/tenis
2. Tiang bola
keranjang 2 buah
3. Buku siswa
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas I
Rosmiati, S.Pd Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006 NIP. 19650421
198610 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Setelah
membaca cerita “Memilah Sampah”,
maka Jawablah pertanyaan di bawah ini.
1. Pergi ke mana Ibu dan Siti?
.......................................................................................
.......................................................................................
2. Bagaimana mereka memilah sampah?
.......................................................................................
.......................................................................................
3. Berikan contoh sampah organik.
.......................................................................................
.......................................................................................
4. Berikan contoh sampah nonorganik.
.......................................................................................
.......................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment