RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 1/II
Tema 6 :
Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Lingkungan Sekitar
Rumahku / 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
4.1
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu
4.1.1 Mengidentifikasi
kosakata yang menyusun teks deskriptif tentang benda-benda yang behubungan
dengan kebersihan.
4.4
Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
4.4.1 Menjelaskan
arti kosakata yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan
b) SBdP
1.1 Merasakan
keindahan alam sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat, serta fungsinya
dalam membuat prakarya
3.4.1 Membuat mainan kupu-kupu dari barang bekas
4.13 Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan
alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel
4.13.1 Menentukan barang bekas yang akan dibuat
menjadi mainan sederhana
C. Materi Pembelajaran :
1.
Mengenal Kata-kata
yang Berhubungan dengan Kebersihan Lingkungan
2.
Membuat Kupu-kupu
dari Barang Bekas.
D. Pendekatan :
1. Pendekatan :
Scientific
2. Strategi : Kooperative learning
3. Teknik : Picture and Picture
4. Metode
: Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
E.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Setelah membaca
nyaring, siswa menjawab pertanyaan guru tentang bagaimana mereka membuang
sampah di rumah. Apakah dibuang di bak sampah? Apakah dibuang di sungai, atau
ditimbun di halaman? Bagaimana cara membuang sampah yang baik? Apakah mereka
harus memilah sampah?
o
Setelah menyimak
penjelasan dan contoh dari guru, siswa mengingat kembali kata-kata yang berhubungan
dengan kebersihan (jika diperlukan siswa dapat membaca kembali wacana pada pembelajaran
hari sebelumnya).
o
Siswa mencari
kata-kata baru dalam wacana tersebut.
o
Siswa
mengungkapkan pendapat tentang arti kata-kata tersebut berdasarkan wacana,
dengan bimbingan guru.
o
Siswa menjawab
pertanyaan di buku siswa.
o
Selanjutnya siswa
diminta menyiapkan barangbarang bekas berbentuk tabung, misalnya kaleng minuman
ringan, gelondong tisu toilet, gulungan yang dibuat dari kertas bekas yang
cukup tebal, dan lain-lain, yang telah dibawa dari rumah.
o
Siswa membuka
buku siswa dan mengamati gambar kupu-kupu di taman yang indah.
o
Siswa mendengar
penjelasan guru bahwa taman yang bersih dan terawat akan menarik kupu-kupu untuk
datang.
o
Siswa mendengar
penjelasan guru bahwa mereka akan membuat mainan kupu-kupu dari benda-benda yang
mereka bawa.
o
Siswa menyiapkan
barang bekas yang mereka bawa.
o
Siswa memahami
bahwa benda-benda tersebut berbentuk tabung. Jika tidak ada benda berbentuk tabung,
siswa dapat membuat sendiri dengan menggulung kertas bekas yang cukup tebal.
o
Siswa menyimak
penjelasan guru bagaimana membuat mainan kupu-kupu.
o
Siswa membuat
mainan kupu-kupu seperti dicontohkan guru dan mengembangkan sesuai dengan
kreativitas mereka.
Contoh karya
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
C.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian;
a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Peduli Lingkungan
|
Disiplin
|
Tanggungjawab
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis (
Lembar kerja di buku siswa )
3. Penilaian
Keterampilan
a. Unjuk kerja
Rubrik Membuat
Mainan Kupu-Kupu
No
|
Kriteria
|
||
1
|
|||
2
|
b. Unjuk Kerja
Rubrik Kemampuan
Memahami Teks Lisan dengan Bercerita Berpasangan
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kreativitas
|
Menunjukkan
tiga
aspek (bentuk,
penggunaan
warna,
dan
penambahan
hiasan)
|
Menunjukkan
dua dari
tiga
aspek
|
Menunjukkan
satu dari
tiga
aspek
|
Belum
memenuhi
semua aspek
|
2
|
Kerapian
dalam menggunting
dan
menempel
|
Menunjukkan
semua
hasil
guntingan
dan
tempelan
yang
rapi
|
Menunjukkan
salah satu hasil
guntingan atau
tempelan yang
rapi
|
Menggunting
dan
menempel
dengan
bantuan guru
|
Belum mampu
menggunting
dan menempel
|
H. Sumber dan Media
1. Buku siswa
2. Barang-barang
bekas berbentuk tabung, misalnya kaleng minuman ringan, gelondong tisu toilet, gulungan
yang dibuat dari kertas bekas yang cukup tebal, dll.
3. Kertas
warna-warni, spidol/pensil warna/krayon, gunting, selotip dan lem
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas I
Rosmiati, S.Pd Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006 NIP. 19650421
198610 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Pasangkan kata-kata di kiri
dan kanan
Adakah kata-kata lain yang baru kamu kenal?
Tuliskan kata-kata itu.
Diskusikan artinya dengan temanmu!
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment