Home » » TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 4

TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 1 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : 1/II
Tema 6                                       : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Lingkungan Sekitar Rumahku / 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
4.1.1 Mengidentifikasi kosakata yang menyusun teks deskriptif tentang benda-benda yang behubungan dengan kebersihan.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4.1 Menjelaskan arti kosakata yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan

b) SBdP
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat, serta fungsinya dalam membuat prakarya
3.4.1 Membuat mainan kupu-kupu dari barang bekas
4.13 Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel
4.13.1 Menentukan barang bekas yang akan dibuat menjadi mainan sederhana

C. Materi Pembelajaran :
1.      Mengenal Kata-kata yang Berhubungan dengan Kebersihan Lingkungan
2.      Membuat Kupu-kupu dari Barang Bekas.

D. Pendekatan :
  1.  Pendekatan          : Scientific
  2.  Strategi                 : Kooperative learning
  3. Teknik                   : Picture and Picture
  4.  Metode                 : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi 

  E. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
o   Setelah membaca nyaring, siswa menjawab pertanyaan guru tentang bagaimana mereka membuang sampah di rumah. Apakah dibuang di bak sampah? Apakah dibuang di sungai, atau ditimbun di halaman? Bagaimana cara membuang sampah yang baik? Apakah mereka harus memilah sampah?
o   Setelah menyimak penjelasan dan contoh dari guru, siswa mengingat kembali kata-kata yang berhubungan dengan kebersihan (jika diperlukan siswa dapat membaca kembali wacana pada pembelajaran hari sebelumnya).
o   Siswa mencari kata-kata baru dalam wacana tersebut.
o   Siswa mengungkapkan pendapat tentang arti kata-kata tersebut berdasarkan wacana, dengan bimbingan guru.
o   Siswa menjawab pertanyaan di buku siswa.
o   Selanjutnya siswa diminta menyiapkan barangbarang bekas berbentuk tabung, misalnya kaleng minuman ringan, gelondong tisu toilet, gulungan yang dibuat dari kertas bekas yang cukup tebal, dan lain-lain, yang telah dibawa dari rumah.
o   Siswa membuka buku siswa dan mengamati gambar kupu-kupu di taman yang indah.
o   Siswa mendengar penjelasan guru bahwa taman yang bersih dan terawat akan menarik kupu-kupu untuk datang.
o   Siswa mendengar penjelasan guru bahwa mereka akan membuat mainan kupu-kupu dari benda-benda yang mereka bawa.
o   Siswa menyiapkan barang bekas yang mereka bawa.
o   Siswa memahami bahwa benda-benda tersebut berbentuk tabung. Jika tidak ada benda berbentuk tabung, siswa dapat membuat sendiri dengan menggulung kertas bekas yang cukup tebal.
o   Siswa menyimak penjelasan guru bagaimana membuat mainan kupu-kupu.
o   Siswa membuat mainan kupu-kupu seperti dicontohkan guru dan mengembangkan sesuai dengan kreativitas mereka.
Contoh karya

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

C.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Peduli Lingkungan
Disiplin
Tanggungjawab
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis ( Lembar kerja di buku siswa )

3. Penilaian Keterampilan
a. Unjuk kerja
Rubrik Membuat Mainan Kupu-Kupu
No
Kriteria


1



2




b. Unjuk Kerja
Rubrik Kemampuan Memahami Teks Lisan dengan Bercerita Berpasangan
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kreativitas
Menunjukkan
tiga aspek (bentuk,
penggunaan
warna, dan
penambahan
hiasan)
Menunjukkan
dua dari tiga
aspek
Menunjukkan
satu dari tiga
aspek
Belum
memenuhi
semua aspek
2
Kerapian dalam menggunting
dan menempel
Menunjukkan
semua hasil
guntingan dan
tempelan yang
rapi


Menunjukkan
salah satu hasil
guntingan atau
tempelan yang
rapi
Menggunting
dan menempel
dengan bantuan guru
Belum mampu
menggunting
dan menempel

H. Sumber dan Media
1.      Buku siswa
2.      Barang-barang bekas berbentuk tabung, misalnya kaleng minuman ringan, gelondong tisu toilet, gulungan yang dibuat dari kertas bekas yang cukup tebal, dll.
3.      Kertas warna-warni, spidol/pensil warna/krayon, gunting, selotip dan lem




Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas I



Rosmiati, S.Pd                                                                  Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006                                            NIP. 19650421 198610 2 001






Lembar Kerja Siswa
(LKS)



Pasangkan kata-kata di kiri dan kanan



Adakah kata-kata lain yang baru kamu kenal?


Tuliskan kata-kata itu.
Diskusikan artinya dengan temanmu!
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................

MEDIA
TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 4

       

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors