RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 1/II
Tema 6 :
Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Lingkungan Sekitar
Rumahku / 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
4.1
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindera,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi kosakta bahasa daerah untuk
membantu penyajian
4.1.1 Mengategorikan
kosakata sesuai dengan tema
4.4
Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat penyajian diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajianIndikator
4.4.1 Membuat
kalimat dari kosakata sesuai dengan tema
b) Matematika
1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta
tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
2.2.1 Mengidentifikasi
bentuk bangun ruang suatu benda
3.5
Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermainIndikator
3.5.1 Menggambar
benda yang memiliki bangun ruang balok dan bola
c) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2.1 Menyadari sikap tertib dalam melakukan kerja
kelompok
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
4.2.1 Mempraktikkan sikap tertib dan teratur dalam
melakukan kerja kelompok
C. Materi Pembelajaran :
1. Menggambar
Benda yang Memiliki
Bangun Ruang Balok
dan Tabung
2. Menjelaskan
Sikap Tertib dalam
Melakukan Kerja Kelompok
3. Membuat
Kalimat tentang Kebersihan
D. Pendekatan :
1. Pendekatan :
Scientific
2. Strategi : Kooperative learning
3. Teknik : Picture and Picture
4. Metode
: Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
E.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat
dan Asri”
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa menjawab
pertanyaan guru. Contoh pertanyaan: apakah kamu pernah bekerja sama dengan
teman-teman untuk melaksanakan kegiatan kebersihan lingkungan? (misalnya
menghias lingkungan dalam merayakan hari kemerdekaan, kerja bakti, lomba kebersihan
lingkungan, dan sebagainya).
o
Siswa menjawab
pertanyaan guru dalam kegiatan itu, apa yang dilakukan setiap orang?
o
Guru menyampaikan
cerita tentang perlunya bergotong royong membersihkan dan menghias lingkungan
dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan.
o
Siswa dibagi
menjadi kelompok beranggotakan 4-5m anak. Mereka bekerja sama dalam kelompok
dan membuat kalimat sesuai arahan guru.
o
Siswa diingatkan
bahwa mereka tidak hanya harus menghasilkan kalimat baru, tetapi juga harus
bekerja sama dengan baik dalam waktu yang ditentukan.
o
Setiap kelompok
diminta membacakan kalimatnya.
o
Agar lebih seru,
guru menjadikannya sebuah kompetisi antarkelompok.
o
Contoh kalimat
yang diharapkan, misalnya Dayu dan
o
Siti menyapu
taman. Udin memotong rumput. Ayah
o
Edo membersihkan
selokan yang tersumbat, dan lain-lain.
o
Setelah itu siswa
mendengarkan penjelasan guru, bahwa mereka akan belajar menggambar bangun ruang
balok dan tabung dengan melihat bendabenda di sekitarnya (benda-benda dapat
disiapkan oleh guru, misalnya keranjang sampah berbentuk tabung dan kotak
kemasan, botol minuman berbentuk tabung, dll).
o
Siswa diajak ke
luar kelas dan melihat lingkungan sekitar untuk mengamati benda-benda
sesungguhnya.
o
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok. Mereka bekerja sama menggambar benda yang mereka
lihat dan menuliskan nama bentuknya.
o
Setelah waktu
pengamatan selesai, masing-masing kelompok menyampaikan hasil pengamatannya
di depan kelas.
o
Setelah semua
kelompok menyampaikan laporan, guru melakukan konfirmasi dan penguatan konsep
yang baru dipelajari.
o
Siswa
menyampaikan kesan-kesan mereka dalam mengikuti kegiatan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
C.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian;
a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Peduli Lingkungan
|
Disiplin
|
Tanggungjawab
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis (
Lembar kerja di buku siswa )
3. Penilaian
Keterampilan
a. Unjuk Kerja
membuat kalimat
Rubrik Penilaian
Membuat Kalimat
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ketepatan
membuat
kalimat
dari kata yang ditentukan
|
Kelompok
Mampu membuat
kalimat
dari
semua
kata
yang
ditentukan
dengan tepat
|
Kelompok
Mampu membuat
kalimat
dari
sebagian
besar
kata yang
ditentukan
dengan
tepat
|
Kelompok
Mampu membuat
kalimat
dari
sebagian
kecil
kata yang
ditentukan
dengan
tepat
|
Kelompok
belum mampu
membuat
kalimat dari
semua kata
yang ditentukan
dengan tepat
|
2
|
Ketepatan
waktu
penyelesaian
tugas
|
Kelompok
mampu
menyelesaikan
sebelum
waktu
yang
ditentukan
|
Kelompok
mampu
menyelesaikan
tepat waktu
|
Kelompok
mampu
menyelesaikan
terlambat
maksimal 5
menit dari waktu
yang ditentukan
|
Kelompok
tidak mampu
menyelesaikan
dari waktu yang
ditentukan
|
|
Kerja
sama
kelompok
|
Seluruh
anggota
kelompok
berpartisipasi
aktif
|
Sebagian
besar anggota
kelompok
berpartisipasi
aktif
|
Sebagian
kecil anggota
kelompok
berpartisipasi
aktif
|
Seluruh anggota
kelompok
terlihat pasif
|
b. Pengamatan
kegiatan mengamati bangun ruang
Lembar Pengamatan
kegiatan mengamati bangun ruang berbagai benda
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum terlihat (√)
|
1
|
Siswa mampu mengikuti instruksi guru
|
|
|
2
|
Siswa terlibat aktif dalam kegiatan
|
|
|
3
|
Siswa dapat menyampaikan hasil pengamatan
|
|
|
4
|
Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya
|
|
|
H. Sumber dan Media
1. Buku siswa
2. Benda-benda di
sekitar sekolah
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas I
Rosmiati, S.Pd Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006 NIP. 19650421
198610 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Bacalah kata-kata di bawah ini.
Diskusikan artinya bersama gurumu.
Setelah
itu, buatlah kalimat dari kata-kata tersebut.
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
Carilah benda-benda yang berbentuk balok dan
tabung.
Gambarkan benda-benda itu.
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment