Home » » TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 5

TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 2 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                          : 1/II
Tema 6                                       : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 2/ Pembelajaran         : Lingkungan Sekitar Rumahku / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi kosakta bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.1.1 Mengategorikan kosakata sesuai dengan tema
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat penyajian diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajianIndikator
4.4.1 Membuat kalimat dari kosakata sesuai dengan tema

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.2.1 Mengidentifikasi bentuk bangun ruang suatu benda
3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermainIndikator
3.5.1 Menggambar benda yang memiliki bangun ruang balok dan bola

c) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2.1 Menyadari sikap tertib dalam melakukan kerja kelompok
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
4.2.1 Mempraktikkan sikap tertib dan teratur dalam melakukan kerja kelompok

C. Materi Pembelajaran :
1.      Menggambar Benda yang Memiliki Bangun Ruang Balok dan Tabung
2.      Menjelaskan Sikap Tertib dalam Melakukan Kerja Kelompok
3.      Membuat Kalimat tentang Kebersihan

D. Pendekatan :
  1.  Pendekatan          : Scientific
  2.  Strategi                 : Kooperative learning
  3. Teknik                   : Picture and Picture
  4.  Metode                 : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi 

  E. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa menjawab pertanyaan guru. Contoh pertanyaan: apakah kamu pernah bekerja sama dengan teman-teman untuk melaksanakan kegiatan kebersihan lingkungan? (misalnya menghias lingkungan dalam merayakan hari kemerdekaan, kerja bakti, lomba kebersihan lingkungan, dan sebagainya).
o   Siswa menjawab pertanyaan guru dalam kegiatan itu, apa yang dilakukan setiap orang?
o   Guru menyampaikan cerita tentang perlunya bergotong royong membersihkan dan menghias lingkungan dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan.
o   Siswa dibagi menjadi kelompok beranggotakan 4-5m anak. Mereka bekerja sama dalam kelompok dan membuat kalimat sesuai arahan guru.
o   Siswa diingatkan bahwa mereka tidak hanya harus menghasilkan kalimat baru, tetapi juga harus bekerja sama dengan baik dalam waktu yang ditentukan.
o   Setiap kelompok diminta membacakan kalimatnya.
o   Agar lebih seru, guru menjadikannya sebuah kompetisi antarkelompok.
o   Contoh kalimat yang diharapkan, misalnya Dayu dan
o   Siti menyapu taman. Udin memotong rumput. Ayah
o   Edo membersihkan selokan yang tersumbat, dan lain-lain.
o   Setelah itu siswa mendengarkan penjelasan guru, bahwa mereka akan belajar menggambar bangun ruang balok dan tabung dengan melihat bendabenda di sekitarnya (benda-benda dapat disiapkan oleh guru, misalnya keranjang sampah berbentuk tabung dan kotak kemasan, botol minuman berbentuk tabung, dll).
o   Siswa diajak ke luar kelas dan melihat lingkungan sekitar untuk mengamati benda-benda sesungguhnya.
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Mereka bekerja sama menggambar benda yang mereka lihat dan menuliskan nama bentuknya.
o   Setelah waktu pengamatan selesai, masing-masing kelompok menyampaikan hasil pengamatannya di depan kelas.
o   Setelah semua kelompok menyampaikan laporan, guru melakukan konfirmasi dan penguatan konsep yang baru dipelajari.
o   Siswa menyampaikan kesan-kesan mereka dalam mengikuti kegiatan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

C.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Peduli Lingkungan
Disiplin
Tanggungjawab
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis ( Lembar kerja di buku siswa )

3. Penilaian Keterampilan
a. Unjuk Kerja membuat kalimat
Rubrik Penilaian Membuat Kalimat
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Ketepatan
membuat
kalimat dari kata yang ditentukan
Kelompok
Mampu membuat
kalimat dari
semua kata
yang ditentukan
dengan tepat


Kelompok
Mampu membuat
kalimat dari
sebagian besar
kata yang
ditentukan
dengan tepat
Kelompok
Mampu membuat
kalimat dari
sebagian kecil
kata yang
ditentukan
dengan tepat
Kelompok
belum mampu
membuat
kalimat dari
semua kata
yang ditentukan
dengan tepat
2
Ketepatan waktu
penyelesaian
tugas
Kelompok
mampu
menyelesaikan
sebelum waktu
yang ditentukan
Kelompok
mampu
menyelesaikan
tepat waktu
Kelompok
mampu
menyelesaikan
terlambat
maksimal 5
menit dari waktu
yang ditentukan
Kelompok
tidak mampu
menyelesaikan
dari waktu yang
ditentukan

Kerja sama
kelompok
Seluruh anggota
kelompok
berpartisipasi
aktif
Sebagian
besar anggota
kelompok
berpartisipasi
aktif
Sebagian
kecil anggota
kelompok
berpartisipasi
aktif
Seluruh anggota
kelompok
terlihat pasif

b. Pengamatan kegiatan mengamati bangun ruang
Lembar Pengamatan kegiatan mengamati bangun ruang berbagai benda
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
1
Siswa mampu mengikuti instruksi guru


2
Siswa terlibat aktif dalam kegiatan


3
Siswa dapat menyampaikan hasil pengamatan


4
Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya



H. Sumber dan Media
1. Buku siswa
2. Benda-benda di sekitar sekolah


Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas I



Rosmiati, S.Pd                                                                  Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006                                            NIP. 19650421 198610 2 001


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

 

Bacalah kata-kata di bawah ini.
 
Diskusikan artinya bersama gurumu.
Setelah itu, buatlah kalimat dari kata-kata tersebut.
................................................................................................................................................................ 
................................................................................................................................................................ 
................................................................................................................................................................ 
................................................................................................................................................................ 
................................................................................................................................................................ 
................................................................................................................................................................ 
................................................................................................................................................................ 
................................................................................................................................................................       

Carilah benda-benda yang berbentuk balok dan
tabung.
Gambarkan benda-benda itu.

MEDIA
TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 5
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors