RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 1/II
Tema 6 :
Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Lingkungan Sekitar
Rumahku / 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan
kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri
sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan
prasarana pembelajaran
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai
dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan
usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.1.1 Mengidentifikasi cara dan aturan lomba memilah
barang bekas
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai
dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha,
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Mempraktikkan lomba memilahbarang bekas
b) Matematika
1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta
tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
3.5
Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.5.1 Mengidentifikasi
bentuk bangun ruang suatu benda
3.5.2 Mengelompokkan
benda berdasarkan bangun ruang
C. Materi Pembelajaran :
1. Melakukan
Lomba Memilah
Barang Bekas
2. Mengelompokkan
Benda Berdasarkan Bentuk Ruang
3. Menjelaskan
Pengelompokkan Benda
D. Pendekatan :
1. Pendekatan :
Scientific
2. Strategi : Kooperative learning
3. Teknik : Picture and Picture
4. Metode
: Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
E.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengingat
kembali tentang sampah organic dan nonorganik.
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang lingkungan yang kotor. Siswa akan
bekerja berkelompok untuk membersihkan lingkungan dengan cara mengumpulkan
dan memilah sampah.
o
Siswa menuju luar
ruang kelas untuk memulai kegiatan.
o
Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan dua keranjang sampah, satu
untuk sampah organik dan satu untuk sampah nonorganik.
o
Setiap kelompok
berlomba mengumpulkan sampah sebanyak-banyaknya dalam waktu yang ditentukan.
o
Setelah waktu
yang ditentukan berakhir, siswa berkumpul untuk melihat kelompok mana yang
mengumpulkan sampah terbanyak sebagai pemenang.
o
Siswa
mengungkapkan alasan mereka menggolongkan suatu jenis sampah sebagai organik
dan nonorganik.
o
Siswa
mengungkapkan perasaan mereka dalam mengikuti kegiatan.
o
Selanjutnya siswa
akan menggunakan sampah yang telah dikelompokkan dalam lomba memilah sampah
untuk kegiatan berikut ini.
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru bahwa sampah nonorganik akan didaur ulang, namun
harus dikelompokkan dulu berdasarkan bentuknya.
o
Siswa mengerjakan
latihan di buku siswa
Kegiatan alternatif :
o
Selain membuat
kupu-kupu dari barang bekas bentuk tabung, siswa dapat membuat mainan dari
barang bekas berbentuk balok (misalnya kardus bekas kemasan susu bubuk).
o
Setelah siswa memahami
konsep bangun ruang, siswa dapat ditugaskan membawa benda berbentuk balok,
tabung, dan bola dari rumah. Siswa juga diminta menunjukkan dan menjelaskan
bentuk ruang benda itu di depan kelas.
Remedial:
o
Guru mengulang
konsep bangun ruang bagi siswa yang belum memahaminya
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
C.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian;
a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Peduli Lingkungan
|
Disiplin
|
Tanggungjawab
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis (
Lembar kerja di buku siswa )
3. Penilaian
Keterampilan
a.
Pengamatan kegiatan memilah barang bekas
Lembar
Lomba Memilah Barang Bekas
No
|
Kriteria
|
|
|
1
|
Siswa
mampu mengelompokkan barang bekas dengan tepat ( organik atau non organik )
|
|
|
2
|
Siswa terlibat aktif dalam kegiatan
|
|
|
3
|
Siswa
menunjukkan sikap tertib selama kerja
kelompok
|
|
|
H. Sumber dan Media
1. Keranjang
sampah
2. Berbagai
sampah organik dan nonorganik di sekitar sekolah
3. Berbagai
sampah organik dan nonorganik, jika perlu telah disiapkan guru, misalnya botol
minum bekas, kotak minum kemasan, dan lain-lain
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas I
Rosmiati, S.Pd Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006 NIP. 19650421
198610 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Pasangkan benda sesuai dengan bentuk
ruangnya.
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment