Home » » TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 6

TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 2 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                          : 1/II
Tema 6                                       : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 2/ Pembelajaran         : Lingkungan Sekitar Rumahku / 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.1.1 Mengidentifikasi cara dan aturan lomba memilah barang bekas
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Mempraktikkan lomba memilahbarang bekas

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.5.1 Mengidentifikasi bentuk bangun ruang suatu benda
3.5.2 Mengelompokkan benda berdasarkan bangun ruang
 
C. Materi Pembelajaran :
1.      Melakukan Lomba Memilah Barang Bekas
2.      Mengelompokkan Benda Berdasarkan Bentuk Ruang
3.      Menjelaskan Pengelompokkan Benda

D. Pendekatan :
  1.  Pendekatan          : Scientific
  2.  Strategi                 : Kooperative learning
  3. Teknik                   : Picture and Picture
  4.  Metode                 : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi 

  E. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengingat kembali tentang sampah organic dan nonorganik.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang lingkungan yang kotor. Siswa akan bekerja berkelompok untuk membersihkan lingkungan dengan cara mengumpulkan dan memilah sampah.
o   Siswa menuju luar ruang kelas untuk memulai kegiatan.
o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan dua keranjang sampah, satu untuk sampah organik dan satu untuk sampah nonorganik.
o   Setiap kelompok berlomba mengumpulkan sampah sebanyak-banyaknya dalam waktu yang ditentukan.
o   Setelah waktu yang ditentukan berakhir, siswa berkumpul untuk melihat kelompok mana yang mengumpulkan sampah terbanyak sebagai pemenang.
o   Siswa mengungkapkan alasan mereka menggolongkan suatu jenis sampah sebagai organik dan nonorganik.
o   Siswa mengungkapkan perasaan mereka dalam mengikuti kegiatan.
o   Selanjutnya siswa akan menggunakan sampah yang telah dikelompokkan dalam lomba memilah sampah untuk kegiatan berikut ini.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa sampah nonorganik akan didaur ulang, namun harus dikelompokkan dulu berdasarkan bentuknya.
o   Siswa mengerjakan latihan di buku siswa

Kegiatan alternatif :
o   Selain membuat kupu-kupu dari barang bekas bentuk tabung, siswa dapat membuat mainan dari barang bekas berbentuk balok (misalnya kardus bekas kemasan susu bubuk).
o   Setelah siswa memahami konsep bangun ruang, siswa dapat ditugaskan membawa benda berbentuk balok, tabung, dan bola dari rumah. Siswa juga diminta menunjukkan dan menjelaskan bentuk ruang benda itu di depan kelas.

Remedial:
o   Guru mengulang konsep bangun ruang bagi siswa yang belum memahaminya

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit


C.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Peduli Lingkungan
Disiplin
Tanggungjawab
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis ( Lembar kerja di buku siswa )

3. Penilaian Keterampilan
a. Pengamatan kegiatan memilah barang bekas
Lembar Lomba Memilah Barang Bekas
No
Kriteria


1
Siswa mampu mengelompokkan barang bekas dengan tepat ( organik atau non organik )


2
Siswa terlibat aktif dalam kegiatan


3
Siswa menunjukkan sikap tertib selama kerja
kelompok



H. Sumber dan Media
1.      Keranjang sampah
2.      Berbagai sampah organik dan nonorganik di sekitar sekolah
3.      Berbagai sampah organik dan nonorganik, jika perlu telah disiapkan guru, misalnya botol minum bekas, kotak minum kemasan, dan lain-lain



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas I



Rosmiati, S.Pd                                                                  Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006                                            NIP. 19650421 198610 2 001


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Pasangkan benda sesuai dengan bentuk ruangnya.

TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 6

TEMA 6 KELAS 1 SUB 2 PB 6


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors