RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 6 :
Indahnya Negeriku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Keindahan Alam Negeriku/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya
alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta
permasalahan sosial
2.4 Memiliki
kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menemukan
informasi tentang tempat-tempat wisata yang terkenal akan keindahannya di
Indonesia melalui kegiatan membaca,diskusi, dan menjawab pertanyaan.
4.4 Menyajikan teks
cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam
teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menceritakan
secara lisan dan tulisan tentang satu tempat wisata di daerahnya dengan memperhatikan
penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar melalui kegiatan bercerita.
b) IPS
1.3 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan
perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan
dan teman sebaya
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
3.5.1 Mengidentifikasi
keindahan alam, sumber daya alam yang terkandung di dalamnya serta hubungannya
dengan masyarakat sekitar
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
4.5.1 Menjelaskan
hubungan keindahan alam dan sumber daya alam dengan kehidupan masyarakat
setempat melalui kegiatan mengamati gambar, membuat dan menjawab pertanyaan,
membaca dan diskusi.
c) PPKn
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan
perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak
dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Merumuskan
sikap-sikap yang wajib dilakukan terhadap kelestarian keindahan lingkungan alam
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Menjelaskan
alasan pentingnya menjaga kelestarian keindahan lingkungan melalui kegiatan mengamati
gambar dan diskusi.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Mengenal keindahan
alam beberapa tempat wisata di Indonesia.
2. Menggali informasi
teks tentang keindahan alam.
3.
Diskusi dan presentasi.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
lima foto tentang keindahan alam Indonesia, kemudian membuat paling sedikit
o
10 pertanyaan
berdasarkan foto-foto tersebut. Saat membuat pertanyaan minta siswa untuk
memperhatikan beberapa hal berikut:
·
Lokasi tempat dan
jenis kenampakan alam
·
Sumber daya alam
yang ada di dalamnya.
·
Manfaat sumber
daya alam bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya.
·
Mata pencarian
masyarakat yang tinggal di lokasi tersebut
·
Sikap masyarakat
yang tinggal di dalam lingkungan terhadap alam sekitar.
·
Akibat dari sikap masyarakat terhadap kelestarian
dan keindahan alam lingkungan tersebut.
·
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku
siswa
Pertanyaan-pertanyaan
yang diharapkan muncul:
o
Siswa menukarkan
daftar pertanyaan yang telah dibuat dengan seorang teman, minta mereka untuk
saling membaca pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat dan memperbaikinya jika
pertanyaan yang dibuat sulit dipahami
o
Siswa membaca
kembali pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka buat di kegiatan satu. Secara
berpasangan, minta mereka untuk saling menjawab pertanyaan masingmasing, dengan
mengikuti langkah-langkah yang tersedia:
·
Baca daftar
pertanyaan milik teman pasangannya.
·
Cari jawabannya
dengan menggunakan informasi yang terdapat di dalam teks bacaan tentang Keindahan
Alam Negeriku.
·
Tulis jawaban
pada sehelai kertas.
·
Diskusikan
jawaban mereka.
·
Tuliskan jawaban
pada tempat yang tersedia!
Jawaban yang diharapkan:
o
Nama tempat wisata, yaitu Gunung Bromo, sawah
berundak Bali, Danau Toba, pantai dan wisata bawah laut Raja Ampat, dan hutan
Kalimantan.
o
Lokasi di setiap pulau di Indonesia.
o
Kekayaan sumber daya alam hayati, seperti beragam
tumbuhan dan hewan di laut, dan hewan serta tumbuhan di hutan. Juga sumber
daya alam nonhayati seperti keindahan pantai pasir, danau, dan pegunungan.
o
Kekayaan alam tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai
obyek wisata dan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat yang tinggal.
o
Jenis mata pencarian masyarakat yang tinggal di
sekitar lokasi, nelayan di pantai, nelayan di sawah, dst.
o
Sikap yang harus dilakukan masyarakat sekitar untuk
menjaga kelestarian dan keindahan tempat wisata, contohnya sikap peduli
lingkungan, seperti buang sampah ke tempat sampah, tidak merusak tumbuhan,
dst.
o
Masyarakat harus memiliki sikap-sikap tersebut
supaya kelestarian alam juga terjaga sehingga mata pencarian masyarakat juga
tidak terganggu.
o
Siswa kembali
membaca teks berjudul Keindahan Alam Negeriku pada halaman sebelumnya.
Minta mereka untuk mencari kata-kata yang tidak dimengerti, gunakan kamus
Bahasa Indonesia untuk mencari arti kata tersebut, kemudian buat masingmasing
satu kalimat untuk setiap kata. Siswa menuliskan jawaban mereka pada tempat yang
tersedia.
Contoh:
o
Siswa memilih
satu lokasi di wilayah tempat tinggal mereka yang terkenal dengan keindahan
alamnya dan banyak dikunjungi oleh warga sekitar atau warga dari daerah lain.
Siswa diminta untuk menceritakan berbagai hal tentang tempat wisata pilihan mereka
dengan memperhatikan hal-hal berikut:
·
Nama tempat dan
lokasi tempat wisata.
·
Keindahan alam,
hewan, dan tumbuhan yang ada di lokasi tersebut.
·
Akibat positif
yang dirasakan masyarakat sekitar dengan adanya tempat wisata tersebut.
·
Sikap-sikap yang
harus dilakukan baik oleh warga sekitar maupun oleh para pengunjung untuk
melestarikan tempat wisata tersebut.
o
Siswa
diperbolehkan untuk membuat ilustrasi gambar atau menempelkan foto tempat wisata
di bawah tulisan mereka. Jika belum selesai, siswa bisa melanjutkan tugas ini
di rumah.
o
tempat wisata
yang telah mereka tulis. Guru meminta siswa untuk saling menilai presentasi teman
di buku masing-masing, menggunakan rubrik yang tersedia.
o
Siswa mengamati gambar tentang anak-anak yang
merusak tempat wisata.
o
Siswa membaca pertanyaan terkait hal tersebut,
melakukan diskusi bersama seorang teman dan menuliskan pendapat mereka.
Pengayaan:
o
Siswa menceritakan kelebihan/ keunikan yang dimiliki
oleh masyarakat di daerah tempat tinggal masing-masing, yang berkaitan dengan
jenis-jenis profesi yang berhubungan dengan kekayaan alam dan keindahannya.
Remedial
o
(Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum
tuntas dalam menguasai konsep).
o
Bagi siswa yang belum berani melakukan presentasi,
bisa berlatih bersama guru danmelakukan presentasi di depan guru dan beberapa
teman
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay
(uraian).
Penilaian
1.
Daftar
Periksa Bahasa Indonesia tulisan siswa: Tempat Wisata di Daerahku
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
||
Sudah
|
50%
|
Belum
|
||
1
|
Mencantumkan
nama tempat wisata.
|
|
|
|
2
|
Mencantumkan
nama lokasi wisata
|
|
|
|
3
|
Menjelaskan
keindahan lokasi wisata
|
|
|
|
4
|
Mencantumkan
jenis hewan dan tumbuhan yang ada di lokasitersebut.
|
|
|
|
5
|
Mencantumkan
akibat positif yang dirasakan masyarakat sekitar dengan adanya tempat wisata
tersebut.
|
|
|
|
6
|
Mencantumkan
contoh paling sedikit dua sikap yang harus dilakukan baik oleh warga sekitar
maupun oleh para pengunjung untuk melestarikan tempat wisata tersebut
|
|
|
|
7
|
Tulisan
terbaca dan rapi
|
|
|
|
8
|
Huruf
besar dan tanda baca tepat
|
|
|
|
9
|
Menggunakan
kosakata baku
|
|
|
|
2. Tabel
tulisan siswa tentang 10 jenis nama tempat wisata, lokasi, dan kekayaan alam yang
terkandung di dalamnya di nilai dengan angka.
3. Penilaian
sikap (rasa ingin tahu).
(terlampir).
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Foto-foto tempat
wisata di Indonesia yang terkenal dengan keindahannya.
-
Kamus Bahasa
Indonesia
-
Kondisi lingkungan (tempat wisata) dan jenis profesi
masyarakat.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
•
Cari paling sedikit 10 kata di dalam bacaan tersebut yang kamu tidak ketahui
artinya.
•
Cari arti kata-kata tersebut di kamus, tuliskan pada kolom yang tersedia.
• Buat satu kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut.
No
|
Kata-kata sulit
|
Arti kata
|
Contoh pemakaian
dalam kalimat
|
1.
|
Membentang
|
tampak
terhampar
|
Sawah
para petani di desa
membentang
dari kaki bukit hingga ke tepi hutan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment