Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 1

TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 2 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 6                                  : Indahnya Negeriku
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Keindahan Alam Negeriku/ 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menemukan informasi tentang tempat-tempat wisata yang terkenal akan keindahannya di Indonesia melalui kegiatan membaca,diskusi, dan menjawab pertanyaan.
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menceritakan secara lisan dan tulisan tentang satu tempat wisata di daerahnya dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar melalui kegiatan bercerita.

b) IPS
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1 Mengidentifikasi keindahan alam, sumber daya alam yang terkandung di dalamnya serta hubungannya dengan masyarakat sekitar
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5.1 Menjelaskan hubungan keindahan alam dan sumber daya alam dengan kehidupan masyarakat setempat melalui kegiatan mengamati gambar, membuat dan menjawab pertanyaan, membaca dan diskusi.

c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Merumuskan sikap-sikap yang wajib dilakukan terhadap kelestarian keindahan lingkungan alam
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Menjelaskan alasan pentingnya menjaga kelestarian keindahan lingkungan melalui kegiatan mengamati gambar dan diskusi.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengenal keindahan alam beberapa tempat wisata di Indonesia.
2.      Menggali informasi teks tentang keindahan alam.
3.      Diskusi dan presentasi.

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati lima foto tentang keindahan alam Indonesia, kemudian membuat paling sedikit
o   10 pertanyaan berdasarkan foto-foto tersebut. Saat membuat pertanyaan minta siswa untuk memperhatikan beberapa hal berikut:
·         Lokasi tempat dan jenis kenampakan alam
·         Sumber daya alam yang ada di dalamnya.
·         Manfaat sumber daya alam bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya.
·         Mata pencarian masyarakat yang tinggal di lokasi tersebut
·         Sikap masyarakat yang tinggal di dalam lingkungan terhadap alam sekitar.
·         Akibat dari sikap masyarakat terhadap kelestarian dan keindahan alam lingkungan tersebut.
·         Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa

Pertanyaan-pertanyaan yang diharapkan muncul:
  • Apa nama-nama tempat wisata dalam foto-foto tersebut?
  • Di mana lokasi tempat-tempat wisata tersebut?
  • Kekayaan alam apa saja yang terkandung di tempat-tempat wisata tersebut?
  • Apa manfaat kekayaan alam tersebut bagi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi wista?
  • Apa jenis-jenis mata pencarian masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi tersebut?
  • Bagaimana sikap yang harus dilakukan masyarakat sekitar untuk menjaga kelestarian dan keindahan tempat wisata? Berikan contohnya!
  • Mengapa masyarakat tersebut harus memiliki sikap-sikap tersebut di atas? berikan alasannya.
 o   Siswa menukarkan daftar pertanyaan yang telah dibuat dengan seorang teman, minta mereka untuk saling membaca pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat dan memperbaikinya jika pertanyaan yang dibuat sulit dipahami
o   Siswa membaca kembali pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka buat di kegiatan satu. Secara berpasangan, minta mereka untuk saling menjawab pertanyaan masingmasing, dengan mengikuti langkah-langkah yang tersedia:
·         Baca daftar pertanyaan milik teman pasangannya.
·         Cari jawabannya dengan menggunakan informasi yang terdapat di dalam teks bacaan tentang Keindahan Alam Negeriku.
·         Tulis jawaban pada sehelai kertas.
·         Diskusikan jawaban mereka.
·         Tuliskan jawaban pada tempat yang tersedia!

Jawaban yang diharapkan:
o   Nama tempat wisata, yaitu Gunung Bromo, sawah berundak Bali, Danau Toba, pantai dan wisata bawah laut Raja Ampat, dan hutan Kalimantan.
o   Lokasi di setiap pulau di Indonesia.
o   Kekayaan sumber daya alam hayati, seperti beragam tumbuhan dan hewan di laut, dan hewan serta tumbuhan di hutan. Juga sumber daya alam nonhayati seperti keindahan pantai pasir, danau, dan pegunungan.
o   Kekayaan alam tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai obyek wisata dan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat yang tinggal.
o   Jenis mata pencarian masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi, nelayan di pantai, nelayan di sawah, dst.
o   Sikap yang harus dilakukan masyarakat sekitar untuk menjaga kelestarian dan keindahan tempat wisata, contohnya sikap peduli lingkungan, seperti buang sampah ke tempat sampah, tidak merusak tumbuhan, dst.
o   Masyarakat harus memiliki sikap-sikap tersebut supaya kelestarian alam juga terjaga sehingga mata pencarian masyarakat juga tidak terganggu.
o   Siswa kembali membaca teks berjudul Keindahan Alam Negeriku pada halaman sebelumnya. Minta mereka untuk mencari kata-kata yang tidak dimengerti, gunakan kamus Bahasa Indonesia untuk mencari arti kata tersebut, kemudian buat masingmasing satu kalimat untuk setiap kata. Siswa menuliskan jawaban mereka pada tempat yang tersedia.
Contoh:
o   Siswa memilih satu lokasi di wilayah tempat tinggal mereka yang terkenal dengan keindahan alamnya dan banyak dikunjungi oleh warga sekitar atau warga dari daerah lain. Siswa diminta untuk menceritakan berbagai hal tentang tempat wisata pilihan mereka dengan memperhatikan hal-hal berikut:
·         Nama tempat dan lokasi tempat wisata.
·         Keindahan alam, hewan, dan tumbuhan yang ada di lokasi tersebut.
·         Akibat positif yang dirasakan masyarakat sekitar dengan adanya tempat wisata tersebut.
·         Sikap-sikap yang harus dilakukan baik oleh warga sekitar maupun oleh para pengunjung untuk melestarikan tempat wisata tersebut.

o   Siswa diperbolehkan untuk membuat ilustrasi gambar atau menempelkan foto tempat wisata di bawah tulisan mereka. Jika belum selesai, siswa bisa melanjutkan tugas ini di rumah.
o   tempat wisata yang telah mereka tulis. Guru meminta siswa untuk saling menilai presentasi teman di buku masing-masing, menggunakan rubrik yang tersedia.
o   Siswa mengamati gambar tentang anak-anak yang merusak tempat wisata.
o   Siswa membaca pertanyaan terkait hal tersebut, melakukan diskusi bersama seorang teman dan menuliskan pendapat mereka.

Pengayaan:
o   Siswa menceritakan kelebihan/ keunikan yang dimiliki oleh masyarakat di daerah tempat tinggal masing-masing, yang berkaitan dengan jenis-jenis profesi yang berhubungan dengan kekayaan alam dan keindahannya.

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o   Bagi siswa yang belum berani melakukan presentasi, bisa berlatih bersama guru danmelakukan presentasi di depan guru dan beberapa teman

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    :  Essay (uraian).

Penilaian
1.      Daftar Periksa Bahasa Indonesia tulisan siswa: Tempat Wisata di Daerahku
No
Kriteria
Pencapaian
Sudah
50%
Belum
1
Mencantumkan nama tempat wisata.



2
Mencantumkan nama lokasi wisata



3
Menjelaskan keindahan lokasi wisata



4
Mencantumkan jenis hewan dan tumbuhan yang ada di lokasitersebut.



5
Mencantumkan akibat positif yang dirasakan masyarakat sekitar dengan adanya tempat wisata tersebut.



6
Mencantumkan contoh paling sedikit dua sikap yang harus dilakukan baik oleh warga sekitar maupun oleh para pengunjung untuk melestarikan tempat wisata tersebut



7
Tulisan terbaca dan rapi



8
Huruf besar dan tanda baca tepat



9
Menggunakan kosakata baku




2.      Tabel tulisan siswa tentang 10 jenis nama tempat wisata, lokasi, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya di nilai dengan angka.

3.      Penilaian sikap (rasa ingin tahu).
(terlampir).
                         
F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Foto-foto tempat wisata di Indonesia yang terkenal dengan keindahannya.
-          Kamus Bahasa Indonesia
-          Kondisi lingkungan (tempat wisata) dan jenis profesi masyarakat.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004





LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)



• Cari paling sedikit 10 kata di dalam bacaan tersebut yang kamu tidak ketahui
artinya.
• Cari arti kata-kata tersebut di kamus, tuliskan pada kolom yang tersedia.
• Buat satu kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut.


No

Kata-kata sulit


Arti kata


Contoh pemakaian dalam kalimat
1.
Membentang
tampak
terhampar
Sawah para petani di desa
membentang dari kaki bukit hingga ke tepi hutan





























































MEDIA

TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 1
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors