RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 6 :
Indahnya Negeriku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Keindahan Alam Negeriku/
2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber
daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi,
energi, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki
kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menemukan
informasi tentang jenis-jenis sumber daya alam hayati-nonhayati dan pemanfaatannya
melalui kegiatan membaca teks tentang Kepulauan Raja Ampat
4.4 Menyajikan teks
cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam
teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menuliskan hasil
pengamatan tentang satu tempat dalam bentuk paragraph sederhana setelah keiatan
membaca, membandingkan, dan menjawab pertanyaan.
b) Matematika
2.1 Menunjukkan
perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran
3.7 Menentukan
operasi penjumlahan dan pengurangan desimal.
3.7.1 Menyelesaikan
operasi penjumlahan dan pengurangan desimal.
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat
sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif
permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen
terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain
serta memeriksa kebenarannya
4.1.1 Memecahkan
masalah dalam kehidupan sehari-hari menggunakan konsep decimal dan persen
melalui kegiatan eksplorasi dan latihan.
c) IPS
1.3 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan
perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan
dan teman sebaya
3.3 Memahami
manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
3.3.1 Mengidentifikasi
jenis-jenis sumber daya alam hayatinonhayati dan pemanfaatannya melalui
kegiatan membaca, observasi dan mengumpulkan data.
4.3 Menceritakan
manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya.
4.3.1 Mengidentifikasi
jenis mata pencarian masyarakat sekitar dan hubungannya dengan SDA melalui kegiatan
membaca, observasi dan mengumpulkan data.
.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Mengidentifikasikan keragaman SDA hayati nonhayati.
2. Menuliskan keindahan alam tempat tinggal.
3.
Memecahkan masalah desimal dan persen.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca
teks deskripsi tentang kepulauan Raja
o
Ampat di pulau
Papua dan menjawab pertanyaan bacaan.
o
Siswa diperbolehkan untuk berdiskusi dengan seorang
teman saat menjawab pertanyaan bacaan.
Jawaban yang diharapkan:
·
Sumber Daya Alam Hayati, disebut juga SDA biotik
yaitu segala sesuatu yang berasal dari alam, hidup, dan bisa diperbarui. Contoh:
terumbu karang dan berbagai jenis ikan
·
Sumber Daya Alam Nonhayati, disebut juga SDA
abiotik, yaitu segala sesuatu yang berasal dari alam, dan tidak bisa
diperbarui. Contoh: tanah daratan di pulau, pasir di pantai, air laut, batu
karang.
·
Manfaat dari sumber daya alam nonhayati bagi
masyarakat yang tinggal di kepulauan Raja Ampat
-
Tanah daratan di pulau, manfaatnya: sebagai tempat
tinggal dtempat hidup manusia, tumbuhan, dan hewan di darat.
-
Perbukitan, manfaatnya: tempat hidup beragam hewan
dan tumbuhan, tempat wisata.
-
Pantai berpasir, manfaatnya: tempat hidup hewan
pantai dan sebagai batas antara darat dan laut.
-
Air Laut, manfaatnya: tempat hidup biota laut dan
penyeimbang alam.
·
Manfaat dari sumber daya alam hayati bagi masyarakat
yang tinggal di kepulauan Raja Ampat
-
Terumbu karang, manfaatnya: tempat tinggal dan
berkembang biak ikan dan objek wisata.
-
Beragam jenis ikan, manfaatnya: dikonsumsi manusia
dan objek wisata.
-
Lima jenis pekerjaan masyarakat yang tinggal di
wilayah di kepulauan Raja Ampat dengan adanya jenis sumber daya alam tersebut
yaitu nelayan, peternak terumbu karang, peternak udang, pemandu wisata,
pekerja di penginapan lokasi wisata.
-
Hubungan antara sumber daya alam dan masyarakat yang
tinggal di wilayah tersebut beserta kesimpulannya.
·
Beragam sumber daya alam memungkinkan manusia yang
ada di wilayah tersebut untuk memanfaatkan dan mengolahnya, sehingga muncul
jenis-jenis pekerjaan yang berhubungan dengan SDA yang ada.
o
Siswa mengamati sumber daya alam nonhayati yang ada
di wilayah tempat tinggal mereka, menuliskan manfaatnya, dan jenis-jenis
pekerjaan yang muncul dengan adanya sumber daya alam tersebut.
o
Siswa menuliskannya dalam tabel
Informasi Guru
PARAGRAF DESKRIPTIF
o
Pada dasarnya, paragraf deskriptif menggambarkan
orang, tempat, atau sebuah benda sehingga tampak seperti sebuah potret dalam
pikiran pembaca. Bahkan, lewat katakata yang digunakannya, penulis membantu
pembaca melihat, menyentuh, merasakan, mencium, mencicipi objek tersebut.
Secara sederhana, penggambaran melalui paragraph deskriptif merangsang setiap
indera pembaca terlibat dalam pengkonkretan objek tersebut.
o
Disarankan dalam penulisan paragraf deskriptif
menggunakan kata-kata khusus (spesifik) sebab lebih membantu pembaca
menciptakan gambaran mental yang jelas tentang bagaimana objek itu terlihat,
terasa, terdengar, dan tercium.
Kalimat dengan kata umum
o
Kami mendengar bunyi dari dapur.
o
Tercium bau masakan dari arah rumahnya.
o
Dia mengendarai sepeda motor.
Kalimat dengan kata khusus
o
Kami mendengar gelas pecah dari dapur.
o
Tercium bau bawang dan cabai yang sedang digoreng
dari arah rumahnya.
o
Dia mengendarai Honda Tiger dengan warna merah
metalik menyala.
o
Contoh Paragraf Deskriptif
-
Malam ini indah sekali.
-
Di langit, bintang–bintang berkelip–kelip
memancarkan cahaya temaram.
-
Hawa dingin
menusuk kulit.
-
Sesekali
terdengar suara jangkrik,burung malam, dan kelelawar mengusik sepinya malam.
-
Angin berembus pelan dan tenang.
o
Siswa berdiskusi
bersama seorang teman untuk membandingkan dua jenis kalimat:
-
Kalimat biasa (A)
dan Kalimat deskripsi (B).
o
Siswa berlatih
menulis paragraf deskripsi berdasarkan gambar dengan melihat contoh kalimat
di kolom B
o
Siswa menuliskan
situasi di luar kelas dalam bentuk paragraf deskripsi.
o
Siswa berlatih
memecahkan masalah tentang jumlah nominal kekayaan alam yang terdapat di
Kepulauan Raja Ampat.
o
Siswa membulatkan
bilangan desimal, kemudian mengubah persentase menjadi bilangan bulat.
Contoh:
-
Dari seluruh
pulau dengan luas wilayah sekitar 46.000 km2, 12,9% berupa daratan dan dan
sisanya lautan
o
Berapakah luas
daratan?
o
Berapakah luas
lautan?
-
Siswa juga
mengerjakan latihan penjumlahan dan pengurangan desimal.
Jawab:
o
Luas daratan
12,9% bulatkan menjadi 13%
o
Luas daratan
yaitu: 13/100 x 46.000 = 5.980km2
o
Luas lautan
46.000 – 5.980 = 40.020km2
-
Siswa menuliskan
tentang hal-hal yang telah dipelajari hari ini, menuliskan perasaan sebagai
anak Indonesia dengan wilayah negara yang kaya dengan sumber daya alam dan
keindahan alamnya, serta hal-hal yang akan mereka lakukan untuk menjaga kelestarian
keindahan alam dan kekayaan di dalamnya.
Pengayaan
-
Siswa menulis
tentang satu lokasi di daerah mereka yang memiliki pemandangan alam yang
indah, dalam bentuk paragraf singkat sesuai dengan contoh yang terdapat di
buku siswa.
Remedial
-
(Kegiatan
remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
-
Siswa yang belum
dapat mengerjakan soal latihan mengubah persen ke desimal dan sebaliknya,
kemudian minta untuk mengerjakan ulang dengan pendampingan guru. Guru bisa
memberikan soal-soal tambahan untuk meningkatkan pemahaman siswa paling banyak
2x pertemuan remedial.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
4.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1)
Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1.
Tugas observasi menemukan berbagai SDA
hayati/nonhayati di lingkungan sekolah, periksa kebenarannya dan dinilai dengan
menggunakan angka.
2.
Daftar
periksa tulisan deskripsi siswa tentang “Keadaan di Lingkungan Sekolahku”
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
||
Sudah
|
50%
|
Belum
|
||
1
|
Mencantumkan
kalimat yang secara rinci menggambarkan
situasi
objek alam di lingkungan sekolah yang dimaksud.
|
|
|
|
2
|
Mencantumkan
kalimat yang secara rinci menjelaskan lokasi tempat
|
|
|
|
3
|
Pemilihan
kata sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia
|
|
|
|
4
|
Cerita
mudah dimengerti
|
|
|
|
5
|
Rangkaian
kalimat rapi dan runtut, sesuai kaidah S-P-O-K
|
|
|
|
6
|
Penggunaan
huruf besar tepat dan benar
|
|
|
|
7
|
Penggunaan
tanda baca, titik, dan koma tepat dan benar
|
|
|
|
3. Tugas
latihan soal persen dan desimal diberikan skor.
4. Penilaian
sikap (cinta tanah air, tekun dan teliti).
(terlampir).
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Foto-foto/kartu pos tentang keindahan kepulauan Raja
Ampat, foto-foto keindahan laut tempat lain di Indonesia, seperti Bunaken.
-
SDA hayati dan nonhayati yang ada di lingkungan
sekolah dan tempat tinggal siswa.
-
Lingkungan sekolah..
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
No
|
Jenis Sumber Daya Alam, Pemanfaatannya, serta Jenis Pekerjaan
|
|||||
Hayati
|
Manfaat
|
Jenis Pekerjaan
|
SDA
Nonhayati
|
Manfaat
|
Jenis Pekerjaan
|
|
1.
|
Ikan
|
Makanan
|
Peternak
ikan, Penjual ikan
|
Air
|
Air
Minum
Es
buah
|
Pegawai
Industri air mineral
Penjual
Es
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MEDIA
TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment