Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 2

TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 2 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 6                                  : Indahnya Negeriku
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Keindahan Alam  Negeriku/ 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menemukan informasi tentang jenis-jenis sumber daya alam hayati-nonhayati dan pemanfaatannya melalui kegiatan membaca teks tentang Kepulauan Raja Ampat
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menuliskan hasil pengamatan tentang satu tempat dalam bentuk paragraph sederhana setelah keiatan membaca, membandingkan, dan menjawab pertanyaan.

b) Matematika
2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran
3.7 Menentukan operasi penjumlahan dan pengurangan desimal.
3.7.1 Menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan desimal.
 4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
4.1.1 Memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari menggunakan konsep decimal dan persen melalui kegiatan eksplorasi dan latihan.

c) IPS
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
3.3.1 Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam hayatinonhayati dan pemanfaatannya melalui kegiatan membaca, observasi dan mengumpulkan data.
4.3 Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya.
4.3.1 Mengidentifikasi jenis mata pencarian masyarakat sekitar dan hubungannya dengan SDA melalui kegiatan membaca, observasi dan mengumpulkan data.
.
C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengidentifikasikan keragaman SDA hayati nonhayati.
2.      Menuliskan keindahan alam tempat tinggal.
3.      Memecahkan masalah desimal dan persen.

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks deskripsi tentang kepulauan Raja
o   Ampat di pulau Papua dan menjawab pertanyaan bacaan.
o   Siswa diperbolehkan untuk berdiskusi dengan seorang teman saat menjawab pertanyaan bacaan.

Jawaban yang diharapkan:
·         Sumber Daya Alam Hayati, disebut juga SDA biotik yaitu segala sesuatu yang berasal dari alam, hidup, dan bisa diperbarui. Contoh: terumbu karang dan berbagai jenis ikan
·         Sumber Daya Alam Nonhayati, disebut juga SDA abiotik, yaitu segala sesuatu yang berasal dari alam, dan tidak bisa diperbarui. Contoh: tanah daratan di pulau, pasir di pantai, air laut, batu karang.
·         Manfaat dari sumber daya alam nonhayati bagi masyarakat yang tinggal di kepulauan Raja Ampat
-          Tanah daratan di pulau, manfaatnya: sebagai tempat tinggal dtempat hidup manusia, tumbuhan, dan hewan di darat.
-          Perbukitan, manfaatnya: tempat hidup beragam hewan dan tumbuhan, tempat wisata.
-          Pantai berpasir, manfaatnya: tempat hidup hewan pantai dan sebagai batas antara darat dan laut.
-          Air Laut, manfaatnya: tempat hidup biota laut dan penyeimbang alam.
·         Manfaat dari sumber daya alam hayati bagi masyarakat yang tinggal di kepulauan Raja Ampat
-          Terumbu karang, manfaatnya: tempat tinggal dan berkembang biak ikan dan objek wisata.
-          Beragam jenis ikan, manfaatnya: dikonsumsi manusia dan objek wisata.
-          Lima jenis pekerjaan masyarakat yang tinggal di wilayah di kepulauan Raja Ampat dengan adanya jenis sumber daya alam tersebut yaitu nelayan, peternak terumbu karang, peternak udang, pemandu wisata, pekerja di penginapan lokasi wisata.
-          Hubungan antara sumber daya alam dan masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut beserta kesimpulannya.
·         Beragam sumber daya alam memungkinkan manusia yang ada di wilayah tersebut untuk memanfaatkan dan mengolahnya, sehingga muncul jenis-jenis pekerjaan yang berhubungan dengan SDA yang ada.
o   Siswa mengamati sumber daya alam nonhayati yang ada di wilayah tempat tinggal mereka, menuliskan manfaatnya, dan jenis-jenis pekerjaan yang muncul dengan adanya sumber daya alam tersebut.
o   Siswa menuliskannya dalam tabel



Informasi Guru
PARAGRAF DESKRIPTIF
o   Pada dasarnya, paragraf deskriptif menggambarkan orang, tempat, atau sebuah benda sehingga tampak seperti sebuah potret dalam pikiran pembaca. Bahkan, lewat katakata yang digunakannya, penulis membantu pembaca melihat, menyentuh, merasakan, mencium, mencicipi objek tersebut. Secara sederhana, penggambaran melalui paragraph deskriptif merangsang setiap indera pembaca terlibat dalam pengkonkretan objek tersebut.
o   Disarankan dalam penulisan paragraf deskriptif menggunakan kata-kata khusus (spesifik) sebab lebih membantu pembaca menciptakan gambaran mental yang jelas tentang bagaimana objek itu terlihat, terasa, terdengar, dan tercium.

Kalimat dengan kata umum
o   Kami mendengar bunyi dari dapur.
o   Tercium bau masakan dari arah rumahnya.
o   Dia mengendarai sepeda motor.

Kalimat dengan kata khusus
o   Kami mendengar gelas pecah dari dapur.
o   Tercium bau bawang dan cabai yang sedang digoreng dari arah rumahnya.
o   Dia mengendarai Honda Tiger dengan warna merah metalik menyala.
o   Contoh Paragraf Deskriptif
-          Malam ini indah sekali.
-          Di langit, bintang–bintang berkelip–kelip memancarkan cahaya temaram.
-           Hawa dingin menusuk kulit.
-           Sesekali terdengar suara jangkrik,burung malam, dan kelelawar mengusik sepinya malam.
-          Angin berembus pelan dan tenang.
o   Siswa berdiskusi bersama seorang teman untuk membandingkan dua jenis kalimat:
-          Kalimat biasa (A) dan Kalimat deskripsi (B).
o   Siswa berlatih menulis paragraf deskripsi berdasarkan gambar dengan melihat contoh kalimat di kolom B
o   Siswa menuliskan situasi di luar kelas dalam bentuk paragraf deskripsi.
o   Siswa berlatih memecahkan masalah tentang jumlah nominal kekayaan alam yang terdapat di Kepulauan Raja Ampat.
o   Siswa membulatkan bilangan desimal, kemudian mengubah persentase menjadi bilangan bulat.

Contoh:
-          Dari seluruh pulau dengan luas wilayah sekitar 46.000 km2, 12,9% berupa daratan dan dan sisanya lautan
o   Berapakah luas daratan?
o   Berapakah luas lautan?
-          Siswa juga mengerjakan latihan penjumlahan dan pengurangan desimal.
Jawab:
o   Luas daratan 12,9% bulatkan menjadi 13%
o   Luas daratan yaitu: 13/100 x 46.000 = 5.980km2
o   Luas lautan 46.000 – 5.980 = 40.020km2
-          Siswa menuliskan tentang hal-hal yang telah dipelajari hari ini, menuliskan perasaan sebagai anak Indonesia dengan wilayah negara yang kaya dengan sumber daya alam dan keindahan alamnya, serta hal-hal yang akan mereka lakukan untuk menjaga kelestarian keindahan alam dan kekayaan di dalamnya.

Pengayaan
-          Siswa menulis tentang satu lokasi di daerah mereka yang memiliki pemandangan alam yang indah, dalam bentuk paragraf singkat sesuai dengan contoh yang terdapat di buku siswa.

Remedial
-          (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
-          Siswa yang belum dapat mengerjakan soal latihan mengubah persen ke desimal dan sebaliknya, kemudian minta untuk mengerjakan ulang dengan pendampingan guru. Guru bisa memberikan soal-soal tambahan untuk meningkatkan pemahaman siswa paling banyak 2x pertemuan remedial.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses                : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

1.      Tugas observasi menemukan berbagai SDA hayati/nonhayati di lingkungan sekolah, periksa kebenarannya dan dinilai dengan menggunakan angka.
2.      Daftar periksa tulisan deskripsi siswa tentang “Keadaan di Lingkungan Sekolahku”
No
Kriteria
Pencapaian
Sudah
50%
Belum
1
Mencantumkan kalimat yang secara rinci menggambarkan
situasi objek alam di lingkungan sekolah yang dimaksud.



2
Mencantumkan kalimat yang secara rinci menjelaskan lokasi tempat



3
Pemilihan kata sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia



4
Cerita mudah dimengerti



5
Rangkaian kalimat rapi dan runtut, sesuai kaidah S-P-O-K



6
Penggunaan huruf besar tepat dan benar



7
Penggunaan tanda baca, titik, dan koma tepat dan benar




3.      Tugas latihan soal persen dan desimal diberikan skor.
4.      Penilaian sikap (cinta tanah air, tekun dan teliti).
(terlampir).
                         
F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Foto-foto/kartu pos tentang keindahan kepulauan Raja Ampat, foto-foto keindahan laut tempat lain di Indonesia, seperti Bunaken.
-          SDA hayati dan nonhayati yang ada di lingkungan sekolah dan tempat tinggal siswa.
-          Lingkungan sekolah..


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004







LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)



No
Jenis Sumber Daya Alam, Pemanfaatannya, serta Jenis Pekerjaan
Hayati
Manfaat
Jenis Pekerjaan
SDA
Nonhayati
Manfaat
Jenis Pekerjaan
1.
Ikan
Makanan
Peternak ikan, Penjual ikan
Air
Air Minum
Es buah
Pegawai Industri air mineral
Penjual Es
























































































MEDIA

TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 2

TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors