Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 3

TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 3 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 6                                   : Indahnya Negeriku
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Keindahan Alam Negeriku/ 3
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan social
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menemukan informasi khusus tentang manfaat hutan melalui kegiatan membaca, diskusi, serta membuat dan menjawab pertanyaan.
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menuliskan pengalaman tentang menyikapi perilaku merugikan lingkungan dalam bentuk paragraph sederhana setelah kegiatan diskusi, dan mengomunikasikan secara lisan dengan memperhatikan penggunaan kosa kata baku

b) PJOK
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
2.7 Menerima kekahalahan dan kemenangan dalam permainan 3.2 memahami konsep variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulative dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecii.
2.7.1 Melempar dan menangkap bola menyusur tanah, mendatar, melambung, dan memukul bola kasti yang dilempar teman.
4.2 mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulative yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil
4.2.1 Bermain kasti

c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Memberikan contoh perilaku peduli lingkungan dan menjelaskan pentingnya memiliki sikap tersebut melalui kegiatan mengamati gambar, wawancara, diskusi, dan presentasi.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Mengaplikasikan perilaku peduli lingkungan setelah kegiatan wawancara, diskusi, dan presentasi.

d) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Menjelaskan hubungan antara hutan dan lingkungan melalui kegiatan menganalisis teks bacaan.
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.2.1 Menyajikan laporan tentang manfaat hutan bagi kelestarian keindahan lingkungan melalui kegiatan percobaan.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menganalisis sikap peduli lingkungan.
2.      Observasi, wawancara, presentasi, dan diskusi.
3.      Bermain kasti.

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati foto hutan Kalimantan dan membaca teks singkat tentang keindahan hutan kalimantan, kemudian menuliskan hal-hal yang telah mereka ketahui, yang ingin diketahui, dan yang ingin mereka lakukan kaitannya dengan hutan. Siswa menuliskannya dalam bentuk bagan KWL(know, want, learned) Chart
o   Siswa membaca teks tentang hutan dan manfaatnya bagi kehidupan.
o   Siswa menuliskan manfaat hutan dari teks yang telah dibaca, dan menuliskan dalam bagan berbentuk pohon yang telah tersedia:
Jawaban yang diharapkan:
o   Manfaat hutan bagi kehidupan:
o   Tempat hidup tumbuhan.
o   Penghasil O2/oksigen, dan menanggulangi pencemaran udara.
o   Sebagai penjaga keteraturan air dalam tanah.
o   Tempat hidup hewan langka agar tidak musnah/punah.
o   Menjaga tanah agar tidak terjadi erosi.
o   Menghasilkan beragam SDA.
o   Bisa dibuka sebagai lahan pertanian atau pemukiman penduduk
o   Siswa membaca informasi singkat tentang Tebang Pilih Tanam (TPT)
o   Siswa melakukan 2 jenis percobaan untuk mengetahui fungsi pohon/tanaman bagi kehidupan di bumi.
·         Siswa melakukan 2 jenis percobaan. Untuk teknik pelaksanaannya, siswa bisa dibagi dalam beberapa kelompok kecil dan minta setiap kelompok untuk mempersiapkan sendiri alat dan bahan percobaan. Sebelum melakukan percobaan, minta siswa untuk melakukan prediksi/ hipotesis apa yang akan terjadi pada:
-          Tanah/bukit hijau/hutan jika gundukan tanah ditutup  rumput yang disiram air.
-          Tanah/bukit gundul jika Gundukan tanah tanpa rumput yang disiram air.
·         Setelah percobaan, siswa menuliskan apa yang terjadi pada dua jenis gundukan tanah tersebut.
·         Lakukan diskusi singkat bersama siswa tentang arti Tebang Pilih Tanam. Biarkan siswa mengeluarkan pendapat sebanyak-banyaknya tentang arti TPT dan hubungannnya dengan hasil percobaan

o   Siswa kemudian menuliskan kesimpulan hasil percobaan berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukannya.
o   Siswa melakukan percobaan, siswa menuliskan kesimpulan hasil percobaan berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukannya
o   Siswa mengamati 4 gambar perilaku yang mencerminkan perilaku menjaga lingkungan hutan dan perilaku tidak menjaga lingkungan hutan.
o   Siswa melingkari gambar-gambar yang menunjukkan perilaku peduli lingkungan.
o   Siswa menuliskan alasan mengapa gambar yang mereka lingkari termasuk ke dalam perilaku yang menjaga lingkungan.
o   Siswa mencari informasi tambahan untuk mendapatkan paling sedikit 10 contoh perilaku peduli dengan keindahan lingkungan dan 10 contoh perilaku merusak keindahan lingkungan.
o   Siswa bisa saling bertanya pada teman-teman di kelas atau bertanya pada guru-guru maka orang dewasa yang ada di sekolah.
o   Siswa mengklasifikasikan perilaku-perilaku tersebut ke dalam perilaku bertanggungjawab yang peduli keindahan lingkungan dan perilaku tidak bertanggungjawab yang merusak keindahan lingkungan, dan menuliskannya dalam tabel yang tersedia. Contoh tabel di buku siswa:
 

 o   Bedasarkan data yang telah didapat, siswa menuliskan kesimpulan secara umum mengenai dua jenis perilaku tersebut:
Kesimpulan yang diharapkan:
  • Pentingnya memiliki perilaku peduli keindahan lingkungan, karena:
  • Lingkungan akan terjaga keindahan dan kelestariannya, sehingga kehidupan hewan dan manusia akan terjaga kelangsungannya.
  • Hindari perilaku merusak keindahan lingkungan, karena: lingkungan akan rusak, hewan, tumbuhan, dan manusia akan terancam punah.
o   Bersama seorang teman siswa mengomunikasikan secara bergantian, hasil pencarian data dan kesimpulan mengenai dua jenis perilaku tersebut. Siswa menyebutkan contoh-contohnya dan menjelaskan dengan singkat alasannya.
o   Siswa saling menilai presentasi teman dengan menggunakan rubrik yang tersedia.
o   Berdasarkan informasi yang telah didapat tentang pentingnya memiliki sikap peduli dengan keindahan lingkungan, siswa membuat sebuah tulisan sederhana mengenai pengalaman menjaga keindahan lingkungan.

Pengayaan
o   Siswa menulis tentang satu jenis Sumber Daya Alam yang terdapat di daerah tempat
o   tinggalnya, menjelaskan jenis SDA dan manfaat SDA tersebut bagi masyarakat di daerahnya.
o   Tulisan siswa dalam bentuk paragraf sederhana.

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o   Siswa yang belum dapat memberikan contoh-contoh fungsi tanaman/pohon bagi kehidupan, bisa diminta untuk melakukan observasi ulang didampingi seorang tema yang mampu membantu untuk memberikan pemahaman “Peer Assistance”.
o   Siswa yang belum memahami bentuk tulisan deskriptif bisa diminta untuk berlatih kembali menulis satu paragraf pendek, lihat langkah-langkah penulisan di pembelajaran hari kedua.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar     : Essay (uraian).


Penilaian
1. Tulisan Bahasa Indonesia siswa dalam bagan berbentuk pohon tentang manfaat hutan
berdasarkan teks bacaan diperiksa kebenarannya.
2. Kesimpulan hasil percobaan IPA diperiksa kebenarannya.
4. Hasil tugas wawancara siswa tentang perilaku peduli lingkungan dan perilaku merusak
lingkungan dalam bentuk tabel, diperiksa kebenarannya, dan diskor.
5. Daftar Periksa PPKn tulisan siswa tentang “Sikapku terhadap teman yang merusak
lingkungan”.

No
Kriteria
Pencapaian
Sudah
50%
Belum
1
Kalimat yang digunakan menggambarkan secara rinci perilaku
yang dilakukan teman saat merusak/mengotori lingkungan



2
Kalimat yang digunakan menggambarkan secara rinci perilaku
yang dilakukan saat menyikapi perilaku teman tersebut



3
Mencantumkan kalimat yang secara rinci menggambarkan
situasi objek alam atau tempat sebelum dirusak/dikotori teman



4
Mencantumkan kalimat yang secara rinci menggambarkan
situasi objek alam atau tempat setelah dirusak/dikotori teman.



5
Mencantumkan kalimat yang secara rinci menjelaskan lokasi
tempat kejadian





F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Tanah, tanaman kecil/rumput, selang, air keran/pancuran, untuk percobaan IPA
-          Foto-foto tentang berbagai jenis hutan di Indonesia.
-          Guru dan staf sekolah saat siswa melakukan wawancara.



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004



LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)

Temukan manfaat dari hutan dari teks tadi dan tuliskan dalam bagan berikut:

MEDIA

TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 3
Hutan Kalimatan

TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 3
Penduduk Asli Pulau Kalimantan


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors