RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 6 :
Indahnya Negeriku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Keindahan Alam Negeriku/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya
alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta
permasalahan social
2.4 Memiliki
kepedulian terhadap lingkungan
dan sumber daya alam
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan
tentang lingkungan dan sumber
daya alam dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata
baku
3.4.1 Menemukan
informasi khusus tentang
manfaat hutan melalui kegiatan
membaca, diskusi, serta
membuat dan menjawab pertanyaan.
4.4 Menyajikan teks
cerita petualangan tentang
lingkungan dan sumber daya alam
secara mandiri dalam teks bahasa
Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata
baku
4.4.1 Menuliskan
pengalaman tentang menyikapi
perilaku merugikan lingkungan
dalam bentuk paragraph sederhana
setelah kegiatan diskusi, dan
mengomunikasikan secara lisan
dengan memperhatikan penggunaan
kosa kata baku
b) PJOK
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus
dipelihara dan dibina, sebagai
wujud syukur kepada sang Pencipta
2.7 Menerima
kekahalahan dan kemenangan
dalam permainan 3.2
memahami konsep variasi dan kombinasi
gerak dasar lokomotor, non
lokomotor, dan manipulative dalam
berbagai permainan dan atau
olahraga tradisional bola kecii.
2.7.1 Melempar
dan menangkap bola menyusur
tanah, mendatar, melambung,
dan memukul bola kasti yang
dilempar teman.
4.2 mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulative
yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan dan atau
olahraga tradisional bola kecil
4.2.1 Bermain
kasti
c) PPKn
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah, sekolah dan
masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan
perilaku sesuai dengan hak
dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan
masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak
dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Memberikan
contoh perilaku peduli lingkungan
dan menjelaskan pentingnya
memiliki sikap tersebut melalui
kegiatan mengamati gambar,
wawancara, diskusi, dan
presentasi.
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga di
lingkungan rumah, sekolah dan
masyarakat
4.2.1 Mengaplikasikan
perilaku peduli lingkungan
setelah kegiatan wawancara,
diskusi, dan presentasi.
d) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya, serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; obyektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan
inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskrisikan
hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Menjelaskan
hubungan antara hutan dan
lingkungan melalui kegiatan
menganalisis teks bacaan.
4.6 Menyajikan
laporan tentang sumberdaya
alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.2.1 Menyajikan
laporan tentang manfaat
hutan bagi kelestarian keindahan
lingkungan melalui kegiatan
percobaan.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Menganalisis sikap
peduli lingkungan.
2. Observasi, wawancara,
presentasi, dan diskusi.
3.
Bermain kasti.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
foto hutan Kalimantan dan membaca teks
singkat tentang keindahan hutan kalimantan, kemudian
menuliskan hal-hal yang telah mereka ketahui, yang
ingin diketahui, dan yang ingin mereka lakukan kaitannya
dengan hutan. Siswa menuliskannya dalam bentuk
bagan KWL(know, want, learned) Chart
o
Siswa membaca teks tentang hutan dan manfaatnya bagi
kehidupan.
o
Siswa menuliskan manfaat hutan dari teks yang telah
dibaca, dan menuliskan dalam
bagan berbentuk
pohon yang telah tersedia:
Jawaban yang diharapkan:
o
Manfaat hutan bagi kehidupan:
o
Tempat hidup tumbuhan.
o
Penghasil O2/oksigen, dan menanggulangi pencemaran
udara.
o
Sebagai penjaga keteraturan air dalam tanah.
o
Tempat hidup hewan langka agar tidak musnah/punah.
o
Menjaga tanah agar tidak terjadi erosi.
o
Menghasilkan beragam SDA.
o
Bisa dibuka sebagai lahan pertanian atau pemukiman
penduduk
o
Siswa membaca informasi singkat tentang Tebang Pilih
Tanam (TPT)
o
Siswa melakukan 2 jenis percobaan untuk mengetahui
fungsi pohon/tanaman bagi
kehidupan di bumi.
·
Siswa melakukan 2 jenis percobaan. Untuk teknik
pelaksanaannya, siswa bisa dibagi dalam
beberapa kelompok kecil dan minta setiap kelompok untuk mempersiapkan sendiri alat dan bahan percobaan. Sebelum melakukan percobaan, minta siswa untuk
melakukan prediksi/ hipotesis apa
yang akan terjadi pada:
-
Tanah/bukit hijau/hutan jika gundukan tanah ditutup rumput yang
disiram air.
-
Tanah/bukit gundul jika Gundukan tanah tanpa rumput
yang disiram air.
·
Setelah percobaan, siswa menuliskan apa yang terjadi
pada dua jenis gundukan tanah tersebut.
·
Lakukan diskusi singkat bersama siswa tentang arti
Tebang Pilih Tanam. Biarkan siswa mengeluarkan
pendapat sebanyak-banyaknya tentang arti TPT dan hubungannnya dengan hasil percobaan
o
Siswa kemudian
menuliskan kesimpulan hasil percobaan berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukannya.
o
Siswa melakukan
percobaan, siswa menuliskan kesimpulan hasil percobaan berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukannya
o
Siswa mengamati 4 gambar perilaku yang mencerminkan
perilaku menjaga lingkungan
hutan dan perilaku
tidak menjaga lingkungan hutan.
o
Siswa melingkari gambar-gambar yang menunjukkan
perilaku peduli lingkungan.
o
Siswa menuliskan alasan mengapa gambar yang mereka
lingkari termasuk ke dalam
perilaku yang
menjaga lingkungan.
o
Siswa mencari informasi tambahan untuk mendapatkan
paling sedikit 10 contoh perilaku peduli dengan keindahan lingkungan dan 10 contoh perilaku merusak
keindahan lingkungan.
o
Siswa bisa saling bertanya pada teman-teman di kelas
atau bertanya pada guru-guru
maka orang dewasa
yang ada di sekolah.
o
Siswa mengklasifikasikan perilaku-perilaku tersebut
ke dalam perilaku bertanggungjawab yang peduli keindahan lingkungan dan perilaku tidak bertanggungjawab
yang merusak keindahan
lingkungan, dan menuliskannya dalam tabel yang tersedia. Contoh tabel di buku siswa:
o
Bedasarkan data yang
telah didapat, siswa menuliskan kesimpulan secara umum mengenai dua jenis perilaku tersebut:
Kesimpulan yang diharapkan:
o
Bersama seorang teman siswa mengomunikasikan secara
bergantian, hasil pencarian
data dan kesimpulan
mengenai dua jenis perilaku tersebut. Siswa menyebutkan contoh-contohnya dan menjelaskan dengan
singkat alasannya.
o
Siswa saling menilai presentasi teman dengan
menggunakan rubrik yang tersedia.
o
Berdasarkan
informasi yang telah didapat tentang pentingnya memiliki sikap peduli dengan keindahan lingkungan, siswa membuat sebuah
tulisan sederhana mengenai pengalaman
menjaga keindahan lingkungan.
Pengayaan
o
Siswa menulis
tentang satu jenis Sumber Daya Alam yang terdapat di daerah tempat
o
tinggalnya,
menjelaskan jenis SDA dan manfaat SDA tersebut bagi masyarakat di daerahnya.
o
Tulisan siswa
dalam bentuk paragraf sederhana.
Remedial
o
(Kegiatan
remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o
Siswa yang belum
dapat memberikan contoh-contoh fungsi tanaman/pohon bagi kehidupan, bisa diminta untuk melakukan observasi
ulang didampingi seorang tema yang
mampu membantu untuk memberikan pemahaman “Peer Assistance”.
o
Siswa yang belum
memahami bentuk tulisan deskriptif bisa diminta untuk berlatih kembali menulis satu paragraf pendek, lihat
langkah-langkah penulisan di pembelajaran hari
kedua.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
4.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1. Tulisan Bahasa
Indonesia siswa dalam bagan berbentuk pohon tentang manfaat hutan
berdasarkan teks
bacaan diperiksa kebenarannya.
2.
Kesimpulan hasil percobaan IPA diperiksa kebenarannya.
4. Hasil tugas
wawancara siswa tentang perilaku peduli lingkungan dan perilaku merusak
lingkungan dalam
bentuk tabel, diperiksa kebenarannya, dan diskor.
5. Daftar Periksa
PPKn tulisan siswa tentang “Sikapku terhadap teman yang merusak
lingkungan”.
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
||
Sudah
|
50%
|
Belum
|
||
1
|
Kalimat
yang digunakan menggambarkan secara rinci perilaku
yang
dilakukan teman saat merusak/mengotori lingkungan
|
|
|
|
2
|
Kalimat
yang digunakan menggambarkan secara rinci perilaku
yang
dilakukan saat menyikapi perilaku teman tersebut
|
|
|
|
3
|
Mencantumkan
kalimat yang secara rinci menggambarkan
situasi objek alam atau tempat
sebelum dirusak/dikotori teman
|
|
|
|
4
|
Mencantumkan
kalimat yang secara rinci menggambarkan
situasi
objek alam atau tempat setelah dirusak/dikotori teman.
|
|
|
|
5
|
Mencantumkan
kalimat yang secara rinci menjelaskan lokasi
tempat
kejadian
|
|
|
|
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Tanah, tanaman kecil/rumput, selang, air
keran/pancuran, untuk percobaan IPA
-
Foto-foto tentang berbagai jenis hutan di Indonesia.
-
Guru dan staf sekolah saat siswa melakukan wawancara.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
Temukan
manfaat dari hutan dari teks tadi dan tuliskan dalam bagan berikut:
MEDIA
Hutan Kalimatan |
Penduduk Asli Pulau Kalimantan |
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment