(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 6 :
Indahnya Negeriku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Keindahan Alam Negeriku/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya
alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta
permasalahan sosial
2.4 Memiliki
kepedulian terhadap lingkungan
dan sumber daya alam
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan
tentang lingkungan dan sumber
daya alam dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata
baku
3.4.1 Menemukan
informasi tentang tenologi
pengolahan persawahan Subak
melalui kegiatan membaca dan
menganalisis.
4.4 Menyajikan teks
cerita petualangan tentang
lingkungan dan sumber daya alam
secara mandiri dalam teks bahasa
Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata
baku
4.4.1 Menjelaskan
melalui tulisan tentang
satu sumber daya alam di
lingkungan sekitar serta teknologi pengolahannya
menggunakan kosa kata baku.
b) Matematika
2.1 Menunjukkan
perilaku patuh, tertib dan
mengikuti prosedur dalam
melakukan operasi hitung campuran
3.14 Memahami
penambahan dan pengurangan bilangan decimal
3.14.1 Melakukan
operasi hitung bilangan decimal.
4.1 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan
masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, desimal dan persen
terkait dengan aktivitas sehari-hari
di rumah, sekolah, atau tempat
bermain serta memeriksa kebenarannya
4.1.1 Memecahkan
masalah dalam kehidupan sehari-hari menggunakan
konsep decimal dan persen melalui teks bacaan..
c) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas
keindahan karya seni dan
karya kreatif masingmasing daerah
sebagai anugerah tuhan
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam mengamati
alam di lingkungan sekitar
untuk mendapatkan ide dalam
berkarya seni
3.4 Mengetahui
berbagai alur cara dan pengolahan
media karya kreatif
4.1 Menggambar
berdasarkan tema
4.1.1 Menggambar
tempat wisata yang pernah
dikunjungi
4.2 Membuat karya
seni kolase dengan berbagai
bahan
4.2.1 Membuat
kolase gambar alam yang telah
dibuat menggunakan jerami dan
bahan alam lainnya serta menuliskan
petunjuk cara pembuatannya..
d) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya, serta
mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; obyektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan
inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskrisikan
hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Mengidentifikasi
dan menjelaskan hubungan
antara teknologi subak dengan
kehidupan masyarakatnya.
4.6 Menyajikan
laporan tentang sumberdaya
alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6.1 Mengidentifikasi
dan menjelaskan satu
teknologi tradisional/modern dalam
kehidupan sehari-hari melalui
kegiatan survey/observasi.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Menggali informasi.
- Mengenal teknologi irigasi subak.
- Menggambar dan membuat kolase.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca teks tentang produksi padi di kabupaten Tabanan.
o
Siswa menghitung jumlah produksi padi yang
dihasilkan oleh kabupaten lainnya di
o
Bali berdasarkan informasi dari bacaan.
Jumlah persentase hasil produksi padi di semua
daerah di Bali:
o
(Penjumlahan penurunan):
o
Tabanan: 25,73%.
o
Gianyar: 20,10%,
o
Buleleng: 14,86%,
o
Badung: 13,95%,
o
Bangli: 3,25%.
o
Kabupaten lainnya: 10%
o
Jumlah: 100% x 87,89%
Total produksi padi 2012 mencapai 865.500 ton gabah
kering giling
(GKG). Dari total jumlah tersebut, Tabanan
menyumbang 25,73%.
o
Berapa ton padi GKG yang dihasilkan oleh kabupaten
Tabanan?
o
Jawab : 25,33% bulatkan menjadi 25%
o
865.500 25% = 216.375 ton GKG
o
Siswa menghitung
jumlah produksi padi yang dihasilkan daerah lainnya di Bali, berdasarkan contoh.
o
Siswa mencermati
bacaan tentang teknologi Subak, kemudian menganalisis isi bacaan dan mencari hubungan sebab akibat yang kemudian
terjadi pada kehidupan masyarakat di Bali
dengan adanya Subak. Siswa menuliskan dalam bagan sebab akibat yang tersedia.
Jawaban yang
diharapkan:
o
Siswa menuliskan
kesimpulan mereka tentang Subak.
Kesimpulan yang
diharapkan:
o
Teknologi
pengairan Subak mengakibatkan semua sawah di Tabanan mendapatkan air, sehingga seluruh sawah tumbuh subur yang
mengakibatkan rakyatTabanan hidup sejahtera.
o
Siswa bersama seorang teman, mencari satu teknologi
baik tradisional atau modern
yang digunakan di
daerah tempat tinggal siswa.
o
Teknologi tersebut haruslah teknologi yang digunakan
dengan tujuan untuk mengelola
sumber daya alam
yang ada di daerah tempat tinggal siswa.
o
Siswa menjelaskan dengan singkat teknologi tersebut,
melalui tulisan.
o
Berdasarkan informasi yang telah didapatkan, siswa
menjawab pertanyaan tentang
kelebihan dan
kekurangan teknologi tersebut, serta membuat kesimpulannya.
o
Siswa membuat
kerajinan memakai pelepah pisang kering atau kulit jagung yang telah dikeringkan, di atas pola gambar pemandangan alam.
(siswa telah belajar cara menggambar pemandangan
alam di semester sebelumnya).
o
Siswa bisa
menyiapkan bahan-bahan tersebut pada hari sebelumnya.
o
Siswa bisa
melanjutkan tugas ini di rumah, jika tidak selesai di sekolah.
o
Siswa menuliskan
refleksi hari ini. Siswa juga menuliskan sikap mereka dalam menggunakan alat-alat teknologi modern dalam kehidupan
sehari-hari.
Pengayaan
o
Siswa menuliskan
langkah-langkah pembuatan kerajinan yang telah dibuat di atas
o
Ingatkan siswa
untuk menulis secara berurutan, jelas dan singkat, mulai dari persiapan bahan, proses menggambar alam, hingga menempel bahan
alam pada lukisan.
o
Contoh hasil
tulisan siswa:
o
Menggambar
pemandangan alam di belakang rumahku.
o
Persiapan alat
dan bahan:
Proses pembuatan:
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1. Jawaban latihan
soal Matematika persen dan desimal diskor
2. Tulisan siswa
tentang Subak diperiksa kebenarannya.
3.
Daftar Periksa SBdP
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
||
Sudah
|
50%
|
Belum
|
||
1
|
Gambar jelas
|
|||
2
|
Penempelan media rapi sesuai dengan objek gambar
|
|||
3
|
Penempelan penuh, sesuai dengan yang direncanakan
|
5. Penilaian
sikap (tekun dan teliti).
( terlampir )
F. Sumber dan Media
- Buku Guru
- Buku Siswa
- Beragam sumber daya alam yang ada di sekitar lingkungan kelas, sekolah, dan di rumah.
- Foto-foto desa Jatiluwih dengan sawah berundaknya
- Jerami kering, pelepah pisang kering, kulit jagung kering, lem, gunting, karton warna gelap atau terang.
- Soal-soal tambahan untuk latihan Matematika (desimal dan persen).
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
Berdasarkan
informasi dari bacaan ,
“Tabanan Penyumbang Produksi Gabah Terbesar di Bali”
Total
produksi padi 2012 mencapai 865.500 ton gabah kering giling (GKG). Dari total
jumlah tersebut, Tabanan menyumbang 25,73%.
Berapa
ton GKG yang dihasilkan oleh kabupaten Tabanan?
Jawab:
25,33% à bulatkan
menjadi 25%
865.500
x 25% = 216.375 ton GKG
Hitung jumlah produksi padi yang dihasilkan daerah lainnya!
1.
Gianyar
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
2.
Buleleng
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
3.
Badung
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
4.
Kabupaten
lainnya
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
5.
Bangli
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment