Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 4

TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 3 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 4/II
Tema 6                                  : Indahnya Negeriku
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Keindahan Alam Negeriku/ 4
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menemukan informasi tentang tenologi pengolahan persawahan Subak melalui kegiatan membaca dan menganalisis.
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menjelaskan melalui tulisan tentang satu sumber daya alam di lingkungan sekitar serta teknologi pengolahannya menggunakan kosa kata baku.

b) Matematika
2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran
3.14 Memahami penambahan dan pengurangan bilangan decimal
3.14.1 Melakukan operasi hitung bilangan decimal.
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
4.1.1 Memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari menggunakan konsep decimal dan persen melalui teks bacaan..

c) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masingmasing daerah sebagai anugerah tuhan
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.1 Menggambar berdasarkan tema
4.1.1 Menggambar tempat wisata yang pernah dikunjungi
4.2 Membuat karya seni kolase dengan berbagai bahan
4.2.1 Membuat kolase gambar alam yang telah dibuat menggunakan jerami dan bahan alam lainnya serta menuliskan petunjuk cara pembuatannya..

d) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara teknologi subak dengan kehidupan masyarakatnya.
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6.1 Mengidentifikasi dan menjelaskan satu teknologi tradisional/modern dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan survey/observasi.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Menggali informasi.
  2. Mengenal teknologi irigasi subak.
  3. Menggambar dan membuat kolase.
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks tentang produksi padi di kabupaten Tabanan.
o   Siswa menghitung jumlah produksi padi yang dihasilkan oleh kabupaten lainnya di
o   Bali berdasarkan informasi dari bacaan.

Jumlah persentase hasil produksi padi di semua daerah di Bali:
o   (Penjumlahan penurunan):
o   Tabanan: 25,73%.
o   Gianyar: 20,10%,
o   Buleleng: 14,86%,
o   Badung: 13,95%,
o   Bangli: 3,25%.
o   Kabupaten lainnya: 10%
o   Jumlah: 100% x 87,89%

Total produksi padi 2012 mencapai 865.500 ton gabah kering giling
(GKG). Dari total jumlah tersebut, Tabanan menyumbang 25,73%.
o   Berapa ton padi GKG yang dihasilkan oleh kabupaten Tabanan?
o   Jawab : 25,33% bulatkan menjadi 25%
o   865.500 25% = 216.375 ton GKG

o   Siswa menghitung jumlah produksi padi yang dihasilkan daerah lainnya di Bali, berdasarkan contoh.
o   Siswa mencermati bacaan tentang teknologi Subak, kemudian menganalisis isi bacaan dan mencari hubungan sebab akibat yang kemudian terjadi pada kehidupan masyarakat di Bali dengan adanya Subak. Siswa menuliskan dalam bagan sebab akibat yang tersedia.

Jawaban yang diharapkan:


o   Siswa menuliskan kesimpulan mereka tentang Subak.
Kesimpulan yang diharapkan:
o   Teknologi pengairan Subak mengakibatkan semua sawah di Tabanan mendapatkan air, sehingga seluruh sawah tumbuh subur yang mengakibatkan rakyatTabanan hidup sejahtera.

o   Siswa bersama seorang teman, mencari satu teknologi baik tradisional atau modern yang digunakan di daerah tempat tinggal siswa.
o   Teknologi tersebut haruslah teknologi yang digunakan dengan tujuan untuk mengelola sumber daya alam yang ada di daerah tempat tinggal siswa.
o   Siswa menjelaskan dengan singkat teknologi tersebut, melalui tulisan.
o   Berdasarkan informasi yang telah didapatkan, siswa menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan teknologi tersebut, serta membuat kesimpulannya.
o   Siswa membuat kerajinan memakai pelepah pisang kering atau kulit jagung yang telah dikeringkan, di atas pola gambar pemandangan alam. (siswa telah belajar cara menggambar pemandangan alam di semester sebelumnya).
o   Siswa bisa menyiapkan bahan-bahan tersebut pada hari sebelumnya.
o   Siswa bisa melanjutkan tugas ini di rumah, jika tidak selesai di sekolah.
o   Siswa menuliskan refleksi hari ini. Siswa juga menuliskan sikap mereka dalam menggunakan alat-alat teknologi modern dalam kehidupan sehari-hari.

Pengayaan
o   Siswa menuliskan langkah-langkah pembuatan kerajinan yang telah dibuat di atas
o   Ingatkan siswa untuk menulis secara berurutan, jelas dan singkat, mulai dari persiapan bahan, proses menggambar alam, hingga menempel bahan alam pada lukisan.
o   Contoh hasil tulisan siswa:
o   Menggambar pemandangan alam di belakang rumahku.
o   Persiapan alat dan bahan:
  • Kertas karton ukuran..
  • Alat tulis: pensil, penghapus, lem, dan gunting.
  • Kulit jagung/pelepah daun pisang/jerami padi yang telah dikeringkan.
Proses pembuatan:
  • Menggambar gunung, sawah, dan sungai menggunakan pensil di atas karton.
  • Kulit jagung/pelepah daun pisang/jerami padi kemudian digunting sesuai ukuran pada gambar, kemudian ditempel mengikuti garis gambar.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses            : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian
1. Jawaban latihan soal Matematika persen dan desimal diskor
2. Tulisan siswa tentang Subak diperiksa kebenarannya.
3. Daftar Periksa SBdP

No
Kriteria
Pencapaian
Sudah
50%
Belum
1
Gambar jelas



2
Penempelan media rapi sesuai dengan objek gambar



3
Penempelan penuh, sesuai dengan yang direncanakan




5.      Penilaian sikap (tekun dan teliti).
( terlampir )
                         
F. Sumber dan Media
  • Buku Guru
  • Buku Siswa
  • Beragam sumber daya alam yang ada di sekitar lingkungan kelas, sekolah, dan di rumah.
  •  Foto-foto desa Jatiluwih dengan sawah berundaknya
  • Jerami kering, pelepah pisang kering, kulit jagung kering, lem, gunting, karton warna gelap atau terang.
  • Soal-soal tambahan untuk latihan Matematika (desimal dan persen).



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004



LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)

Berdasarkan informasi dari bacaan ,

“Tabanan Penyumbang Produksi Gabah Terbesar di Bali”

Total produksi padi 2012 mencapai 865.500 ton gabah kering giling (GKG). Dari total jumlah tersebut, Tabanan menyumbang 25,73%.

Berapa ton GKG yang dihasilkan oleh kabupaten Tabanan?

Jawab: 25,33% à bulatkan menjadi 25%
865.500 x 25% = 216.375 ton GKG

Hitung jumlah produksi padi yang dihasilkan daerah lainnya!

1.        Gianyar
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………

2.        Buleleng
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………


3.        Badung
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………


4.        Kabupaten lainnya

……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………


5.        Bangli
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
MEDIA

TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors