RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 6 :
Indahnya Negeriku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Keindahan Alam Negeriku/ 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.3 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan
perilaku santun, toleran dan
peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1 Mengidentifikasi
tempat-tempat wisata melalui kegiatan membaca peta.
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5.1 Menceritakan
melalui tulisan tempat
wisata alam di Indonesia serta
manfaatnya bagi masyarakat.
b) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya, serta
mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hatihati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan
inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskrisikan
hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Mengidentifikasi
dan membandingkan jenis-jenis SDA hayati-nonhayati
melalui kegiatan membaca.
4.6 Menyajikan
laporan tentang sumberdaya
alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6. Melaporkan
melalui tulisan tentang beragam
sumber daya alam yang terkandung
di beberapa tempat wisata alam
melalui kegiatan Library Research
c) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber
daya alam, alat teknologi
modern dan tradisional, perkembangan
teknologi, energi, serta
permasalahan sosial
2.4 Memiliki
kepedulian terhadap lingkungan
dan sumber daya alam
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan
tentang lingkungan dan sumber
daya alam dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata
baku
3.4.1 Menemukan
informasi tentang tempat
wisata Pegunungan Tengger
melalui kegiatan membaca.
4.4 Menyajikan teks
cerita petualangan tentang
lingkungan dan sumber daya alam
secara mandiri dalam teks bahasa
Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata
baku
4.4.1 Menceritakan
laporan perjalanan secara
lisan dan tulisan menggunakan
peta perjalanan wisata.
.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Membuat laporan perjalanan.
- Membaca peta perjalanan.
- Presentasi.
- Menghitung skala pada peta.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang
lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca
teks tentang Taman Nasional Bromo
o
Tengger Semeru,
dan menjawab pertanyaan.
o
Siswa membaca
peta satelit provinsi Jawa Timur, untuk mengetahui rute terdekat menuju lokasi TN-BTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru):
Jawaban yang diharapkan:
o
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS)
o
Terletak di antara 3 wilayah kabupaten di provinsi Jawa Timur.
o
Jenis-jenis SDA hayati: berbagai jenis tumbuhan dan hewan. SDA nonhayati: gunung dan pegunungan, lautan pasir, air terjun, danau, dsb.
o
Jenis-jenis pekerjaan yang terdapat di wilayah tersebut: petani, pedagang makanan, pengusaha penginapan, dan penyewaan mobil.
o
Cara masyarakat Tengger menyikapi lingkungan tempat mereka hidup: menebang dan menanam kembali.
o
Hal yang bisa dipelajari dari kehidupan masyarakat Tengger:
o
“Menghargai alam dengan merawat alam tempat tinggal kita”
o
Siswa membaca
peta lokasi TN-BTS dan mengerjakan tugas kelompok mereka.
o
Setiap kelompok
bebas memilih kota keberangkatan: Probolinggo, Lumajang, atau Malang.
o
Siswa disarankan
untuk mencari informasi lebih banyak lagi mengenai TN-BTS dari berbagai media, sehingga rencana perjalanan mereka
akan rinci dan sempurna.
o
Setiap kelompok
mempresentasikan rencana perjalanan mereka di depan kelompok lainnya, dan bandingkanlah untuk mengetahui kelompok yang
memiliki rencana perjalanan yang
paling rinci dan lengkap.
Contoh Jawaban:
•
Rute terdekat Jarak yang akan ditempuh menuju
lokasi:
•
Jadwal Harian:
Hari dan Tanggal: ......
Persiapan lain:
§ Jumlah dan jenis
pakaian yang dibawa: ...
§ Perlengkapan lain
yang harus di bawa: obat-obatan dan perlengkapan
mandi.
§ Jenis makanan
yang dibawa: ...
o
Siswa berlatih
membaca skala pada atlas. Kota
o
Siswa menuliskan
hal-hal yang telah dipelajari hari ini, kesulitan yang ditemukan pada saat proses belajar, serta hal-hal lain yang ingin
mereka ketahui.
Pengayaan
o
Jika tersedia
buku atlas di sekolah, minta siswa yang telah selesai dengan tugas, untuk berlatih kembali menghitung jarak beberapa kota yang
ada di kabupaten tempat mereka tinggal
menggunakan skala pada peta di buku atlas.
Remedial
o
(Kegiatan
remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o
Siswa yang belum
lancar menghitung skala pada peta, bisa diminta untuk berlatih lagi didampingi seorang teman yang mampu membantu untuk
memberikan pemahaman “Peer
Assistance”.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar :
Essay (uraian).
Penilaian
1.
Jawaban Bahasa Indonesia pemahaman bacaan diperiksa dan diskor
2. Daftar Periksa
tugas kelompok tentang “Rencana Perjalanan Menuju TN-BTS”
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
||
Sudah
|
50%
|
Belum
|
||
1
|
a. Rute
terdekat jarak yang akan ditempuh menuju lokasi,
lengkap
dan benar
|
|
|
|
2
|
b.
Jadwal Harian, sesuai dengan jarak tempuh.
|
|
|
|
3
|
c.
Persiapan lain:
• Jenis pakaian
• Jenis makanan
•
Perlengkapan lain
|
|
|
|
3. Tugas menghitung
skala diperiksa dan diberikan 5 skor
4. Penilaian sikap
(tekun dan teliti).
( terlampir )
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Foro-foto tambahan Gunung Bromo, Semeru, dan Tengger
-
Buku Atlas
-
Peta ukuran besar, untuk memberi contoh saat belajar
tentang skala.
-
Buku-buku pendukung tentang tempat-tempat wisata alam
di Indonesia sebagai sumber informasi
tambahan bagi siswa.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
Jawab pertanyan berikut berdasarkan teks bacaan dan gambar di
atas!
1.
Apakah
nama lokasi objek wisata tersebut?
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
2.
Di
manakah lokasi objek wisata tersebut?
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
3.
Sebutkan
jenis-jenis SDA hayati dan nonhayati yang terdapat di Taman Nasional Bromo,
Tengger, dan Semeru!
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
4.
Bagaimana
cara masyarakat Tengger menyikapi lingkungan tempat mereka hidup?
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
5.
Apa
yang bisa dipelajari dari kehidupan masyarakat Tengger?
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment