Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 5

TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 3 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 4/II
Tema 6                                  : Indahnya Negeriku
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Keindahan Alam Negeriku/ 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1 Mengidentifikasi tempat-tempat wisata melalui kegiatan membaca peta.
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5.1 Menceritakan melalui tulisan tempat wisata alam di Indonesia serta manfaatnya bagi masyarakat.

b) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Mengidentifikasi dan membandingkan jenis-jenis SDA hayati-nonhayati melalui kegiatan membaca.
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6. Melaporkan melalui tulisan tentang beragam sumber daya alam yang terkandung di beberapa tempat wisata alam melalui kegiatan Library Research

c) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menemukan informasi tentang tempat wisata Pegunungan Tengger melalui kegiatan membaca.
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menceritakan laporan perjalanan secara lisan dan tulisan menggunakan peta perjalanan wisata.
.
C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  • Membuat laporan perjalanan.
  • Membaca peta perjalanan.
  • Presentasi.
  • Menghitung skala pada peta.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks tentang Taman Nasional Bromo
o   Tengger Semeru, dan menjawab pertanyaan.
o   Siswa membaca peta satelit provinsi Jawa Timur, untuk mengetahui rute terdekat menuju lokasi TN-BTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru):

Jawaban yang diharapkan:
o   Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS)
o   Terletak di antara 3 wilayah kabupaten di provinsi Jawa Timur.
o   Jenis-jenis SDA hayati: berbagai jenis tumbuhan dan hewan. SDA nonhayati: gunung dan pegunungan, lautan pasir, air terjun, danau, dsb.
o   Jenis-jenis pekerjaan yang terdapat di wilayah tersebut: petani, pedagang makanan, pengusaha penginapan, dan penyewaan mobil.
o   Cara masyarakat Tengger menyikapi lingkungan tempat mereka hidup: menebang dan menanam kembali.
o   Hal yang bisa dipelajari dari kehidupan masyarakat Tengger:
o   “Menghargai alam dengan merawat alam tempat tinggal kita”

o   Siswa membaca peta lokasi TN-BTS dan mengerjakan tugas kelompok mereka.
o   Setiap kelompok bebas memilih kota keberangkatan: Probolinggo, Lumajang, atau Malang.
o   Siswa disarankan untuk mencari informasi lebih banyak lagi mengenai TN-BTS dari berbagai media, sehingga rencana perjalanan mereka akan rinci dan sempurna.
o   Setiap kelompok mempresentasikan rencana perjalanan mereka di depan kelompok lainnya, dan bandingkanlah untuk mengetahui kelompok yang memiliki rencana perjalanan yang paling rinci dan lengkap.

Contoh Jawaban:
         Rute terdekat Jarak yang akan ditempuh menuju lokasi:
         Jadwal Harian:
Hari dan Tanggal: ......



Persiapan lain:
§  Jumlah dan jenis pakaian yang dibawa: ...
§  Perlengkapan lain yang harus di bawa: obat-obatan dan perlengkapan mandi.
§  Jenis makanan yang dibawa: ...

o   Siswa berlatih membaca skala pada atlas. Kota
o   Siswa menuliskan hal-hal yang telah dipelajari hari ini, kesulitan yang ditemukan pada saat proses belajar, serta hal-hal lain yang ingin mereka ketahui.

Pengayaan
o   Jika tersedia buku atlas di sekolah, minta siswa yang telah selesai dengan tugas, untuk berlatih kembali menghitung jarak beberapa kota yang ada di kabupaten tempat mereka tinggal menggunakan skala pada peta di buku atlas.

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
o   Siswa yang belum lancar menghitung skala pada peta, bisa diminta untuk berlatih lagi didampingi seorang teman yang mampu membantu untuk memberikan pemahaman “Peer Assistance”.

150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar     : Essay (uraian).


Penilaian
1. Jawaban Bahasa Indonesia pemahaman bacaan diperiksa dan diskor
2. Daftar Periksa tugas kelompok tentang “Rencana Perjalanan Menuju TN-BTS”
No
Kriteria
Pencapaian
Sudah
50%
Belum
1
a. Rute terdekat jarak yang akan ditempuh menuju lokasi,
lengkap dan benar



2
b. Jadwal Harian, sesuai dengan jarak tempuh.



3
c. Persiapan lain:
Jenis pakaian
Jenis makanan
Perlengkapan lain




3. Tugas menghitung skala diperiksa dan diberikan 5 skor
4. Penilaian sikap (tekun dan teliti).
    ( terlampir )
                         
F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Foro-foto tambahan Gunung Bromo, Semeru, dan Tengger
-          Buku Atlas
-          Peta ukuran besar, untuk memberi contoh saat belajar tentang skala.
-          Buku-buku pendukung tentang tempat-tempat wisata alam di Indonesia sebagai sumber informasi tambahan bagi siswa.



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004


LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)

 
TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 5
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Jawab pertanyan berikut berdasarkan teks bacaan dan gambar di atas!
1.        Apakah nama lokasi objek wisata tersebut?
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………

2.        Di manakah lokasi objek wisata tersebut?
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………

3.        Sebutkan jenis-jenis SDA hayati dan nonhayati yang terdapat di Taman Nasional Bromo, Tengger, dan Semeru!
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………

4.        Bagaimana cara masyarakat Tengger menyikapi lingkungan tempat mereka hidup?
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………

5.        Apa yang bisa dipelajari dari kehidupan masyarakat Tengger?

…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………

MEDIA

TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 5
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors