Home » » TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 6

TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 3 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 6                                  : Indahnya Negeriku
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Keindahan Alam Negeriku/ 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran
3.14 Memahami penambahan dan pengurangan bilangan decimal
3.14.1 Melakukan operasi hitung bilangan decimal.
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
4.1.1 Memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari menggunakan konsep decimal dan persen melalui teks bacaan.

b) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Memecahkan masalah tentang perilaku peduli lingkungan dan menjelaskan pentingnya memiliki  sikap tersebut melalui kegiatan membaca dan menganalisis teks bacaan.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Memecahkan masalah tentang perilaku peduli lingkungan dan menjelaskan pentingnya memiliki sikap tersebut melalui kegiatan membaca dan menganalisis teks bacaan.

c) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menemukan informasi tentang Danau Toba melalui kegiatan membaca.
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menceritakan laporan tentang satu tempat wisata secara lisan dan tulisan melalui kegiatan membuat poster dan peta perjalanan.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  • Mengenal keindahan alam Danau Toba.
  • Membuat poster.
  • Evaluasi.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Negeriku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca senyap teks tentang danau Toba dan menjawab pertanyaan berdasarkan teks.

Jawaban yang diharapkan:
o   Lokasi dan keadaan Danau Toba:
o   Sejarah terjadinya danau Toba:
o   Perilaku untuk menjaga kelestarian dan
o   keindahan Danau Toba:

o   Siswa melakukan kegiatan tanya jawab bersama seorang teman di kelas berdasarkan teks
o   tentang Danau Toba. Saat membuat pertanyaan, siswa memperhatikan hal-hal berikut:
-          Lokasi dan keadaan Danau Toba.
-          Sejarah terjadinya danau Toba.
-          Langkah-langkah menjaga kelestarian dan keindahan Danau Toba.

Contoh pertanyaan dan jawaban yang diharapkan muncul:
o   Di manakah lokasi Danau Toba berada?
o   Bagaimana pemandangan di sekitar Danau Toba?
o   Bagaimana proses terjadinya Danau Toba?
o   Bagaimana cara kita menjaga kelestarian dan keindahan Danau Toba?
Jawaban:
o   Danau Toba berada di Provinsi Sumatra Utara.
o   Danau Toba memiliki pesona alam yang indah dan menarik, karena dikelilingi lembah dan bukit-bukit hijau bak permadani.
o   Pada 75.000 tahun yang lalu Danau Toba adalah sebuah gunung berapi super yang meletus. Letusannya terjadi selama satu minggu. Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera, yang kemudian terisi oleh air dan menjadi sebuah danau, yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.
o   Cara kita menjaga kelestarian dan keindahan Danau Toba, contohnya: menjaga kebersihan lingkungan danau dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

o   Siswa membuat poster tentang satu tempat wisata yang ada di daerah mereka, dengan memperhatikan kriteria yang telah ditentukan.
o   Siswa mengampanyekan poster yang telah dibuat di depan teman-teman sekolah dari kelas yang lain.
o   Siswa bisa memasang poster tersebut di lingkungan sekolah.
o   Siswa membuat peta perjalanan dari sekolah menuju ke lokasi wisata yang ada di poster, dengan memperhatikan contoh peta perjalanan pada pelajaran sebelumnya.
o   Siswa membaca teks tentang jumlah pengunjung
o   Gunung Bromo, kemudian mengerjakan latihan “problem solving”, memecahkan masalah yang berkaitan tentang jumlah wistawan yang datang ke Gunung Bromo.

o   Siswa membaca informasi dari teks tentang pengunjung Gunung Semeru. Siswa berdiskusi untuk memecahkan masalah terkait tentang banyaknya pengunjung Gunung Semeru dan menuliskan jawabannya.

o   Siswa menuliskan tentang:
         Materi yang telah dipelajari selama satu minggu.
         Kesimpulan tentang wilayah negara Indonesia.
         Perasaan sebagai seorang anak Indonesia yang memiliki banyak tempat dengan pemandangan yang indah dan terkenal hingga ke mancanegara.
         Sikap yang seharusnya kita miliki untuk menjaga kelestarian dan keindahan alam Indonesia.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
1.      Rubrik Penilaian Bahasa Indonesia dan PPKn - “Poster Tempat Wisata di Daerahku”
Keterampilan
Sangat Baik
Baik
Cukup
Dilatih Lagi
Kalimat yang
digunakan
Kalimat jelas dan mudah dipahami
Serta menggambarkan
suasana lokasi wisata
Kalimat jelas dan mudah
dipahami, tetapi kurang menggambarkan suasana lokasi wisata.
Kalimat menggambarkan suasana lokasi wisata, tetapi kurang jelas dan sulit dipahami
Kalimat tidak
Menggambarkan suasana lokasi wisata dan tidak jelas serta sulit dipahami

Gambar /foto
Pemilihan
Kata
Foto/gambar jelas, sesuai
dengan kalimat deskripsi.
Foto/gambar
jelas, tapi
kurang sesuai
dengan kalimat
deskripsi.
Foto/gambar
kurang jelas
tapi sesuai
dengan kalimat
deskripsi.
Foto/gambar
tidak jelas dan tidak sesuai dengan kalimat
deskripsi.

Seluruh kata yang dipilih
sesuai dengan bahasa Indonesia
baku.
75% kata yang dipilih sesuai Dengan bahasa
Indonesia baku
50% kata yang dipilih sesuai
dengan bahasa
Indonesia baku
Hanya 25%
kata yang
dipilih sesuai
dengan bahasa
Indonesia baku

Kemampuan
berbicara dan
sikap saat
mengomuni
kasikan poster
1. Mampu berbicara dengan pilihan kata yang baik dan benar
2. Menggunakan bahasa yang sopan.
3. Kalimat teratur dan mudah dipahami
4. Bersikap sopan.
5. Berbicara sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
6. Tertib
Hanya
memenuhi 4-5 kriteria
Hanya
memenuhi 3
kriteria
Hanya
memenuhi 2
kriteria

2.      Tabel tulisan siswa tentang 10 jenis nama tempat wisata, lokasi, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya di nilai dengan angka.
3.      Penilaian sikap (rasa ingin tahu).
(terlampir).
                         
F. Sumber dan Media
  • Buku Guru
  • Buku Siswa
  • Kertas karton putih dan alat tulis untuk membuat poster.
  • Foto-foto lokasi wisata di lingkungan sekitar sekolah atau foto tempat wista yang ada di kota tempat siswa tinggal.

Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004



LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)

TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 6
Bromo-Semeru

Bacalah teks Jumlah Pengunjung Bromo-Semeru Melonjak, kemudian jawablah pertanyaan berikut
1.         Jika jumlah wisatawan ke Bromo dan Semeru pada hari biasa rata-rata adalah1.000 orang, dan naik 500% pada hari Sabtu dan Minggu.
a.       Berapakah total jumlah wisatawan pada hari Sabtu dan Minggu?
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………

b.      Berapakah total jumlah wisatawan selama satu bulan?(4 minggu/28 hari)
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………

2.        Lakukan survei untuk mencari tahu jumlah pengunjung/wisatawan yang datang ke lokasi wisata yang ada di dekat tempat tinggalmu (lokasi wisata yang kamu buat posternya).
a.       Hitung total jumlah pengunjung pada hari biasa dan hari libur selama 1 bulan.
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………

b.      Hitung persentase kenaikan jumlah wisatawan yang datang pada akhir pekan
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………


MEDIA

TEMA 6 KELAS 4 SUB 2 PB 6

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors