Home » » TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 2

TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 4 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                          : 5/1
Tema 6                                       : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Tubuh Manusia / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.5 Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
3.5.1  Menyebutkan aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
4.5 Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
4.5.1  Merencanakan program latihan daya tahan secara individual.

b) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragamankarya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa.
3.1.1  Mengidentifikasikan prinsip-prinsip seni dalam berbagai karya seni rupa.
4.3 Menggambar komik dengan menerapkan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan berdasarkan hasil pengamatan.
4.3.1  Menyimpulkan mengenai gambar komik, proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan.

c) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1  Mengidentifikasi anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang di baca.
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1  Menyimpulkan anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang dibaca.

c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang di anutnya.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun kelompok.
3.1 Mendeskripsikan rangka manusia dan fungsinya.
3.1.1  Menyebutkan bagian rangka manusia.
3.1.2  Mengenali tulang rangka manusia
.4.1 Membuat bagan rangka manusia beserta fungsinya.
4.1.1  Mengamati gambar rangka manusia.
4.1.2  Berdiskusi mengenai gambar rangka Manusia

 C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.       Konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani
2.      Prinsip seni dalam berkarya seni rupa.
3.       Isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
4.      Rangka manusia dan fungsinya.

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia dan Hewan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
o   Siswa mengamati gambar anak-anak yang sedang melakukan jalan cepat. Gambar ini menjadi stimulus untuk melakukan diskusi tentang manfaat jalan cepat bagi kesehatan
o   Siswa menuliskan manfaat jalan cepat pada kolom yang disediakan di buku siswa. Kegiatan ini bisa dilakukan secara individual atau berpasangan dengan teman sebangku (disesuaikan dengan kondisi kelas)
o   Siswa membaca teks “Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung”. Teks ini berisi aktivitas-aktivitas fisik yang bermanfaat untuk kesehatan
o   Siswa mencari informasi penting yang terdapat dalam bacaan secara cermat dan teliti (kegiatan membaca)
o   Siswa menggali informasi tentang jenis olahraga yang baik untuk jantung
o   Siswa membuat simpulan berdasarkan teks yang dibaca secara mandiri
o   Guru menstimulasi rasa ingin tahu siswa dengan menanyakan, “Kenapa tubuh kita dapat berdiri tegak?”
o   Siswa mengingat kembali pengetahuan tentang rangka manusia
o   Siswa menggunakan pemahamannya tentang rangka manusia untuk mengklasifikasi rangka menjadi tiga bagian. (Kegiatan Asosiasi)
o   Siswa mengamati gambar rangka manusia (tulang pipa, tulang pendek, dan tulang pipih)
o   Siswa mencari informasi dari berbagai sumber dan dibimbing untuk memahami klasifikasi tulang rangka berdasarkan bentuknya
o   Siswa melakukan diskusi kelas tentang fungsi rangka tubuh manusia dan menuliskan hasilnya pada tabel yang disediakan di buku siswa
o   Siswa mengamati gambar komik, kemudian dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan pengertian menggambar komik
o   Siswa mencari informasi dari berbagai sumber untuk mengetahui langkah-langkah menggambar komik secara mandiri
o   Keterampilan siswa dalam mencari dan menyajikan informasi
o   Keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat saat diskusi

Pengayaan
o   Carilah sebuah komik tentang pendidikan. Setelah itu, amati setiap karakter yang ada di dalam komik. Dapatkah kamu menggambar karakter seperti yang ada di dalam komik tersebut? Selanjutnya, buatlah komik edukatif yang berisi manfaat rangka manusia!

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

 2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
         Keterampilan siswa dalam mengamati
         Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil
pengamatan
ditulis
lengkap, siswa
menunjukkan
pengetahuan
tentang materi
yang disajikan
Hasil pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar secara keseluruhan
dijawab dengan
benar
Hasil pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar
sebagian besar dijawab dengan benar
Hasil pengamatan
gambar
ditulis cukup
lengkap dan
pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
beberapa dijawab
dengan benar
Hasil pengamatan
Gambar ditulis kurang lengkap dan
pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
hanya sedikit
yang dijawab
denganbenar
2
Sikap:
Ketelitian
dalam
mengamati
gambar dan
melihat setiap
komponennya
Teliti dan detail dalam mengamati
setiap komponen
pada gambar
dan mampu
menandai gambar serta menambah kaninformasi
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar


Teliti dan
detail dalam
mengamati
sebagian komponen
pada gambar
Kurang teliti dan
detail dalam
mengamati setiap komponen pada gambar
3
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
Penjelasan
Mudah dipahami dan pemilihan
kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku
Penjelasan
Mudah dipahami dan pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia baku
Penjelasan
Kurang dipahami dan pemilihan
Beberapa kata sesuai dengan
Bahasa Indonesia
baku
Penjelasan
Sulit dipahami
dan pemilihan
kata tidak
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

 
Rubrik Menyimpulkan Teks “Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung”
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang jenis olahraga yang baik untuk jantung
         Kemandirian dan manajemen waktu
         Ketepatan siswa dalam menarik simpulan

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Menunjukkan
pemahaman
yang lebih
tentang berbagai jenis olahraga yang
baik untuk jantung
Menunjukkan
pemahaman
menyeluruh
tentang berbagai jenis olahraga yang baik untuk
jantung
Menunjukkan
pemahaman
yang cukup
tentang berbagai jenis
olahraga yang
baik untuk
jantung
Menunjukkan
pemahaman
yang kurang
tentang berbagai
jenis olahraga
yang baik untuk jantung
Kemandirian
dan
manajemen
waktu
(attitude)
Sangat mandiri
Membaca teks bahkan selesai
Sebelum waktunya
Mandiri mengerjakan
tugas dan selesai tepat waktu
Sesekali perlu
diingatkan
untuk menyelesaikan
tugas
Tidak menyelesaikan
tugas tepat
waktu
Ketepatan
siswa dalam
menarik
simpulan
Simpulan sangat tepat dan sangat
sesuai dengan
teks yang disediakan
Simpulan
tepat dan sesuai dengan teks yang
disediakan
Simpulankurang tepat namun masih sesuai dengan teks yang disediakan
Simpulan
tidak tepat
dan tidak
sesuai dengan
teks yang diberikan

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

Rubrik Diskusi Kelompok Fungsi Rangka Manusia
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang fungsi rangka manusia
         Keterampilan berbicara dan mengungkapkan pendapat
         Sikap kerja sama dan tanggung jawab

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Semua
pendapat yang
diberikan oleh
kelompok
tentang fungsi
rangka manusia
berkaitan dan
masuk akal.
Sebagian besar
pendapat yang
diberikan oleh
kelompok
tentang
fungsi rangka
manusia
berkaitan dan
masuk diakal
Beberapa
pendapat
yang
diberikan
oleh
kelompok
tentang
fungsi rangka
manusia
berkaitan dan
masuk diakal
Hanya sedikit
pendapat yang
diberikan oleh
kelompok
tentang
fungsi rangka
manusia
berkaitan dan
masuk diakal
Sikap
Kerjasama
Seluruh
anggota terlihat
bersungguhsungguh
dalam
berdiskusi dan
mempersiapkan
presentasi
mereka
Beberapa anggota
terlihat
bersungguhsungguh
dalam berdiskusi
dan mempersiapkan
presentasi
mereka
Seluruh anggota
Terlihat bermainmain
namun
masih mau
memperlihatkan
kerja sama mereka
sekalipun
dalam pengawasan
guru
Seluruh
anggota terus
bermain-main
sekalipun
sudah
berulang kali
diperingatkan
oleh guru
Ketrampilan
berbicara
Pengucapan
pendapat secara
keseluruhan
jelas, tidak
menggumam
dan dapat dimengerti
Pengucapan
pendapat
di beberapa
bagian jelas
dan dapat
dimengerti
Pengucapan
pendapat
tidak begitu
jelas tapi
masih bisa
ditangkap
maksudnya
oleh
pendengar
Pengucapan
pendapat
secara
keseluruhan
betul-betul
tidak jelas,
menggumam
dan tidak
dapat
dimengerti


F. Sumber dan Media
  • Buku Guru
  • Buku Siswa
  • Gambar siswa yang sedang melakukan jalan sehat, teks bacaan “Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung”, gambar rangka manusia, konsep rangka manusia, gambar komik..



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006


Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Kerjakan soal-soal berikut!

1. Dayu akan membeli ikat rambut disebuah toko. Di toko tersebut ada 5 lusin ikat rambut . Dayu membeli    setengah lusin.




2. Ibu Ayu seorang penjual kain batik. Ibu Ayu mempunyai persediaan 8 kodi kain batik. Hari ini ibu Ayu sudah menjual 1/4  kodi kain batik.



3. Pak Heri sebagai penjaga kios fotokopi. Di kios Pak Heri terdapat persediaan 6 rim kertas foto kopi. Pak Heri sudah menggunakan 1 1/2  rim kertas untuk memfotokopi.



4. Ibu Nita seorang penjahit. Ibu Nita mempunyai persediaan 1/2  gros kancing baju yang polos.


MEDIA
TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 2



TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 2

TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors