RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 6 : Organ
Tubuh Manusia dan Hewan
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Tubuh
Manusia / 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab
terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.5 Memahami konsep
aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan
kebugaran jasmani.
3.5.1 Menyebutkan aktivitas latihan daya tahan
jantung dan paru.
4.5 Mempraktikkan
aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran
jasmani.
4.5.1 Merencanakan program latihan daya tahan secara
individual.
b) SBdP
1.1 Menerima
kekayaan dan keragamankarya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui
berkarya seni.
3.1 Mengenal
prinsip seni dalam berkarya seni rupa.
3.1.1 Mengidentifikasikan prinsip-prinsip seni dalam
berbagai karya seni rupa.
4.3 Menggambar
komik dengan menerapkan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan berdasarkan
hasil pengamatan.
4.3.1 Menyimpulkan mengenai gambar komik, proporsi,
komposisi, dan unsur penceritaan.
c) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
serta benda-benda di alam sekitar.
2.1 Memiliki
perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat
magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem
pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi
teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Mengidentifikasi anggota tubuh manusia dan
hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang di baca.
4.2 Menyampaikan
teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
4.2.1 Menyimpulkan anggota tubuh manusia dan hewan, beserta
fungsinya, berdasarkan teks yang dibaca.
c) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang di anutnya.
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud
implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun
kelompok.
3.1 Mendeskripsikan
rangka manusia dan fungsinya.
3.1.1 Menyebutkan bagian rangka manusia.
3.1.2 Mengenali tulang rangka manusia
.4.1 Membuat bagan
rangka manusia beserta fungsinya.
4.1.1 Mengamati gambar rangka manusia.
4.1.2 Berdiskusi mengenai gambar rangka Manusia
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory)
untuk pengembangan kebugaran jasmani
2.
Prinsip seni dalam
berkarya seni rupa.
3. Isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat
magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem
pernapasan
4.
Rangka manusia dan
fungsinya.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia dan Hewan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Kegiatan dimulai
dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
o
Siswa mengamati
gambar anak-anak yang sedang melakukan jalan cepat. Gambar ini menjadi
stimulus untuk melakukan diskusi tentang manfaat jalan cepat bagi kesehatan
o
Siswa menuliskan
manfaat jalan cepat pada kolom yang disediakan di buku siswa. Kegiatan ini
bisa dilakukan secara individual atau berpasangan dengan teman sebangku
(disesuaikan dengan kondisi kelas)
o
Siswa membaca
teks “Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung”. Teks ini berisi
aktivitas-aktivitas fisik yang bermanfaat untuk kesehatan
o
Siswa mencari
informasi penting yang terdapat dalam bacaan secara cermat dan teliti (kegiatan
membaca)
o
Siswa menggali
informasi tentang jenis olahraga yang baik untuk jantung
o
Siswa membuat
simpulan berdasarkan teks yang dibaca secara mandiri
o
Guru menstimulasi
rasa ingin tahu siswa dengan menanyakan, “Kenapa tubuh kita dapat berdiri
tegak?”
o
Siswa mengingat
kembali pengetahuan tentang rangka manusia
o
Siswa menggunakan
pemahamannya tentang rangka manusia untuk mengklasifikasi rangka menjadi tiga
bagian. (Kegiatan Asosiasi)
o
Siswa mengamati
gambar rangka manusia (tulang pipa, tulang pendek, dan tulang pipih)
o
Siswa mencari
informasi dari berbagai sumber dan dibimbing untuk memahami klasifikasi
tulang rangka berdasarkan bentuknya
o
Siswa melakukan
diskusi kelas tentang fungsi rangka tubuh manusia dan menuliskan hasilnya
pada tabel yang disediakan di buku siswa
o
Siswa mengamati
gambar komik, kemudian dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan pengertian
menggambar komik
o
Siswa mencari
informasi dari berbagai sumber untuk mengetahui langkah-langkah menggambar
komik secara mandiri
o
Keterampilan
siswa dalam mencari dan menyajikan informasi
o
Keberanian siswa
dalam mengungkapkan pendapat saat diskusi
Pengayaan
o
Carilah sebuah
komik tentang pendidikan. Setelah itu, amati setiap karakter yang ada di
dalam komik. Dapatkah kamu menggambar karakter seperti yang ada di dalam komik
tersebut? Selanjutnya, buatlah komik edukatif yang berisi manfaat rangka manusia!
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik Mengamati
Gambar
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
•
Keterampilan siswa dalam mengamati
•
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Isi
dan
Pengetahuan:
Hasil
pengamatan
ditulis
lengkap,
siswa
menunjukkan
pengetahuan
tentang
materi
yang
disajikan
|
Hasil pengamatan
gambar
ditulis
lengkap
dan
pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
secara keseluruhan
dijawab
dengan
benar
|
Hasil
pengamatan
gambar
ditulis
lengkap
dan
pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar
sebagian
besar dijawab dengan benar
|
Hasil pengamatan
gambar
ditulis
cukup
lengkap
dan
pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
beberapa dijawab
dengan benar
|
Hasil
pengamatan
Gambar
ditulis kurang lengkap dan
pertanyaan-pertanyaan
yang
berkaitan
dengan
gambar
hanya
sedikit
yang
dijawab
denganbenar
|
2
|
Sikap:
Ketelitian
dalam
mengamati
gambar
dan
melihat
setiap
komponennya
|
Teliti
dan detail dalam mengamati
setiap
komponen
pada
gambar
dan
mampu
menandai
gambar serta menambah kaninformasi
|
Teliti
dan
detail
dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar
|
Teliti
dan
detail
dalam
mengamati
sebagian
komponen
pada
gambar
|
Kurang
teliti dan
detail
dalam
mengamati
setiap komponen pada gambar
|
3
|
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
|
Penjelasan
Mudah dipahami
dan pemilihan
kata
sesuai dengan bahasa Indonesia baku
|
Penjelasan
Mudah
dipahami dan pemilihan
beberapa
kata
sesuai
dengan
bahasa
Indonesia baku
|
Penjelasan
Kurang dipahami
dan pemilihan
Beberapa kata
sesuai dengan
Bahasa Indonesia
baku
|
Penjelasan
Sulit
dipahami
dan
pemilihan
kata
tidak
sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Menyimpulkan Teks “Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung”
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang jenis olahraga yang baik untuk jantung
•
Kemandirian dan manajemen waktu
•
Ketepatan siswa dalam menarik simpulan
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Menunjukkan
pemahaman
yang
lebih
tentang berbagai
jenis olahraga yang
baik
untuk jantung
|
Menunjukkan
pemahaman
menyeluruh
tentang berbagai
jenis olahraga yang baik untuk
jantung
|
Menunjukkan
pemahaman
yang
cukup
tentang berbagai
jenis
olahraga
yang
baik
untuk
jantung
|
Menunjukkan
pemahaman
yang
kurang
tentang
berbagai
jenis
olahraga
yang
baik untuk jantung
|
Kemandirian
dan
manajemen
waktu
(attitude)
|
Sangat
mandiri
Membaca
teks bahkan selesai
Sebelum
waktunya
|
Mandiri mengerjakan
tugas dan
selesai tepat waktu
|
Sesekali
perlu
diingatkan
untuk menyelesaikan
tugas
|
Tidak
menyelesaikan
tugas
tepat
waktu
|
Ketepatan
siswa
dalam
menarik
simpulan
|
Simpulan sangat
tepat dan sangat
sesuai
dengan
teks yang
disediakan
|
Simpulan
tepat dan
sesuai dengan teks yang
disediakan
|
Simpulankurang
tepat namun masih sesuai dengan teks yang disediakan
|
Simpulan
tidak
tepat
dan
tidak
sesuai
dengan
teks
yang diberikan
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik Diskusi Kelompok Fungsi
Rangka Manusia
Kompetensi
yang dinilai:
•
Pengetahuan
siswa tentang fungsi rangka manusia
•
Keterampilan
berbicara dan mengungkapkan pendapat
•
Sikap kerja
sama dan tanggung jawab
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Semua
pendapat yang
diberikan oleh
kelompok
tentang fungsi
rangka manusia
berkaitan dan
masuk akal.
|
Sebagian besar
pendapat yang
diberikan oleh
kelompok
tentang
fungsi rangka
manusia
berkaitan dan
masuk diakal
|
Beberapa
pendapat
yang
diberikan
oleh
kelompok
tentang
fungsi
rangka
manusia
berkaitan
dan
masuk
diakal
|
Hanya
sedikit
pendapat
yang
diberikan
oleh
kelompok
tentang
fungsi
rangka
manusia
berkaitan
dan
masuk
diakal
|
Sikap
Kerjasama
|
Seluruh
anggota terlihat
bersungguhsungguh
dalam
berdiskusi dan
mempersiapkan
presentasi
mereka
|
Beberapa
anggota
terlihat
bersungguhsungguh
dalam
berdiskusi
dan
mempersiapkan
presentasi
mereka
|
Seluruh anggota
Terlihat bermainmain
namun
masih mau
memperlihatkan
kerja sama
mereka
sekalipun
dalam
pengawasan
guru
|
Seluruh
anggota
terus
bermain-main
sekalipun
sudah
berulang
kali
diperingatkan
oleh
guru
|
Ketrampilan
berbicara
|
Pengucapan
pendapat
secara
keseluruhan
jelas,
tidak
menggumam
dan dapat
dimengerti
|
Pengucapan
pendapat
di beberapa
bagian jelas
dan dapat
dimengerti
|
Pengucapan
pendapat
tidak begitu
jelas tapi
masih bisa
ditangkap
maksudnya
oleh
pendengar
|
Pengucapan
pendapat
secara
keseluruhan
betul-betul
tidak
jelas,
menggumam
dan tidak
dapat
dimengerti
|
F.
Sumber dan Media
- Buku Guru
- Buku Siswa
- Gambar siswa yang sedang melakukan jalan sehat, teks bacaan “Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung”, gambar rangka manusia, konsep rangka manusia, gambar komik..
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Kerjakan soal-soal
berikut!
2. Ibu Ayu seorang penjual kain batik. Ibu Ayu mempunyai persediaan 8 kodi kain batik. Hari ini ibu Ayu sudah menjual 1/4 kodi kain batik.
3. Pak Heri sebagai penjaga kios fotokopi. Di kios Pak Heri terdapat persediaan 6 rim kertas foto kopi. Pak Heri sudah menggunakan 1 1/2 rim kertas untuk memfotokopi.
4. Ibu Nita seorang penjahit. Ibu Nita mempunyai persediaan 1/2 gros kancing baju yang polos.
MEDIA
TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment