RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 6 : Organ
Tubuh Manusia dan Hewan
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Tubuh
Manusia /
3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
serta bendabenda di alam sekitar.
2.1 Memiliki
perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat
magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya,serta sistem
pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi
teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Membaca teks mengenai anggota tubuh manusia
dan hewan, beserta fungsinya.
3.2.2 Mengidentifikasi anggota tubuh manusia dan
hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang di baca.
4.2 Menyampaikan
teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
4.2.1 Menulis ulang mengenai anggota tubuh manusia
dan hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang
dibaca.
b) Matematika
1.1 Menerima,
menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.4 Memiliki sikap
menghargai kegunaan matematik dalam kehidupan.
3.6 Menentukan
hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi).
3.6.1 Memahami kesetaraan antar satuan kuantitas
(rim, lusin, kodi).
4.13 Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata seharihari yang berkaitan dengan konsep perbandingan,
skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.13.1 Menuliskan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep antarsatuan
kuantitas.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Isi teks penjelasan
tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh
(manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
2.
Kesetaraan antar
satuan kuantitas (rim, lusin, kodi).
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia dan
Hewan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Kegiatan dimulai
dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
o
Siswa membaca
cerita pengantar pembelajaran, kemudian mengamati gambar “Bagian Tubuh Kita”.
o
Gambar ini
merupakan stimulus supaya siswa mengenal setiap bagian tubuhnya
o
Siswa mencermati
setiap bagian yang terdapat pada gambar dan mencatat setiap informasi yang
diperoleh dari hasil pengamatan gambar (kegiatan mengamati)
o
Siswa membaca
teks “Bagian Tubuh Manusia”. Di akhir bacaan, siswa diajak untuk bersyukur
atas karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesempurnaan tubuh dan
berfungsi dengan baik.
o
Siswa mencermati
dan mencari informasi penting yang terdapat dalam bacaan secara cermat dan
teliti (kegiatan mengamati)
o
Siswa menggali
informasi tentang anggota tubuh manusia dan fungsinya
o
Siswa membaca
instruksi di buku siswa secara mandiri
o
Siswa mengisi
tabel anggota tubuh manusia dan fungsinya di buku siswa. Kegiatan ini bisa
dikerjakan secara individual maupun berpasangan dengan teman sebangku;
disesuaikan dengan kondisi kelas. (kegiatan menanya)
o
Siswa membaca
cerita kontekstual tentang konsep satuan kuantitas
o
Siswa mengamati
gambar konversi antar satuan kuantitas dengan cermat dan teliti
o
Siswa menggali
informasi dan membangun pengetahuan tentang cara mengkonversi satuan kuantitas
o
Siswa membaca
instruksi pengerjaan soal di buku siswa secara mandiri
o
Siswa
menyelesaikan tugas yang melibatkan satuan kuantitas
o
Siswa menuliskan
jawaban pada kolom yang telah disediakan di buku siswa
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup dengan
membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati (Bagian tubuh
manusia)
•
Keterampilan siswa dalam mengamati
•
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Isi dan
Pengetahuan
|
Hasil
pengamatan
Gambar ditulis
lengkap.
Semua
bagian
tubuh
yang
terdapat
pada
gambar
dapat
diidentifikasikan
|
Sebagian
besar
(80%)
dari
bagian
tubuh
yang
terdapat
pada
gambar
dapat
diidentifikasikan
|
75% dari
bagian
Tubuh yang
terdapat
pada
gambar
dapat
diidentifikasikan
|
Kurang
dari
60% dari
bagian
tubuh
yang terdapat
pada
gambar
dapat
diidentifikasikan
|
2
|
Sikap:
Ketelitian
dan
Kecermatan
|
Teliti
dan
detail
dalam
mengamati
setiap
komponen
pada
gambar
dan
mampu
menandai
gambar serta menambahkan
informasi
|
Teliti
dan
detail
dalam
mengamati
setiap komponen
pada
gambar
namun
tidak
menambahkan
informasi
|
Cukup
teliti
dalam
mengamati
gambar,
namun
hanya
sebagian
gambar
yang
teridentifikasi.
|
Kurang teliti
dan
detail
dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar
|
3
|
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
|
Penjelasan
Mudah dipahami
dan pemilihan
kata
sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku
|
Penjelasan
Mudah dipahami
dan pemilihan
beberapa
kata
sesuai
dengan
bahasa Indonesia
baku
|
Penjelasan
Kurang dipahami
dan pemilihan
Beberapa kata
sesuai dengan
Bahasa Indonesia
baku
|
Penjelasan
Sulit dipahami
Dan pemilihan
kata
tidak
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang konsep satuan kuantitas
•
Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan
masalah
•
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita
untuk memecahkan masalah
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Mampu
mengkonversi
satuan kuantitas
dengan
benar
untuk
semua
pertanyaan
|
Mampu
mengkonversi
satuan
kuantitas
dengan
benar
untuk
sebagian
besar
pertanyaan
|
Mampu
mengkonversi
satuan
kuantitas
dengan
benar
untuk
lebih
dari 50%
pertanyaan.
|
Mampu
mengkonversi
satuan
kuantitas
dengan
benar
untuk
kurang
dari 50%
pertanyaan.
|
Keterampilan
Dan kemampuan
menjawab
pertanyaan
|
Semua prosedur
Hitungan dilakukan
dengan
tepat
dan akurat
|
Sebagian besar
Prosedur hitungan
dilakukan
dengan
tepat
dan akurat
|
Semua prosedur
hitungan
dilakukan
dengan
tepat
dan akurat
|
|
Kecermatan
dan
ketelitian
|
Siswa
secara
cermat
dan
teliti
menggunakan
dan menuliskan
seluruh
informasi
yang disediakan
untuk menyelesaikan
soal cerita
|
Siswa
secara
cermat
dan
teliti enggunakan
dan menuliskan
sebagian
besar informasi
yang disediakan
untuk menyelesaikan
soal cerita
|
Siswa
menggunakan
dan
menuliskan
sebagian
informasi
yang
disediakan
untuk
menyelesaikan
soal
cerita
|
Siswa
menggunakan
dan menuliskan
sedikit
informasi
yang disediakan
untuk
menyelesaikan
soal cerita
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Mencari Tahu
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang konsep makhluk sosial dan makhluk individu
•
Keterampilan siswa dalam menggali informasi dari berbagai sumber
•
Sikap kemandirian siswa
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Siswa
memahami
Konsep
manusia
Sebagai
makhluk
individu
dan
sosial
|
Siswa hanya
Memahami salah
satu konsep
Manusia sebagai
Makhluk individu
Atau manusia
Sebagai makhluk
sosial
|
Siswa
hanya
memahami
salah
satu
konsep manusia
sebagai
makhluk
individu
atau manusia
sebagai makhluk
sosial Membutuhkan
sedikit
bimbingan
darigur u
dalam
pengerjaannya
|
Siswa
tidak
memahami
semua
konsep
tentang
manusia
sebagai
makhluk
individu
dan
manusia
sebagai
makhluk
sosial,
Membutuhkan
banyak
bimbingan
dalam
pengerjaannya
|
Ketrampilan
siswa
dalam
menggali
informasi
|
Siswa menggali
Informasi
dari 4
sumber
berbeda
|
Siswa menggali
Informasi
dari 3
Sumber berbeda
|
Siswa menggali
informasi
dari 2
sumber
berbeda
|
Siswa menggali
informasi hanya
dari 1 sumber
|
Kemandirian
dan
manajemen
waktu (attitude)
|
Sangat mandiri
membaca
teks bahkan
selesai
sebelum
waktunya
|
Mandiri
mengerjakan
tugas dan selesai
tepat waktu
|
Sesekali perlu
diingatkan
untuk menyelesaikan
tugas
|
Tidak
menyelesaikan
tugas tepat
waktu
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Menulis Gagasan Pokok
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang karakteristik manusia sebagai makhluk individu
dan
•
sosial
•
Keterampilan siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar
•
Sikap kemandirian
siswa
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Siswa
memahami
karakteristik
manusia
sebagai
makhluk
individu dan sosial
|
Siswa
hanya memahami salah satu karakteristik
Manusia sebagai
Makhluk individu
atau
Manusia sebagai
Makhluk sosial
|
Siswa
hanya
memahami
salah
satu karakteristik
manusia
sebagai
makhluk
individu
atau
manusia
sebagai
makhluk
sosial,
Membutuhkan
Sedikit
bimbingan dari guru dalam
pengerjaannya
|
Siswa
tidak
memahami
semua
konsep
tentang manusia
sebagai makhluk
individu
dan manusia
sebagai makhluk
sosial, Membutuhkan
Banyak bimbingan
Dalam pengerjaannya
|
Keterampilan
|
Gagasan
pokok
disampaikan
dengan
menggunakan
tata
bahasa Indonesia yang baik dan baku
|
Terdapat
1-2
kesalahan
dalam
tata
bahasa
yang
baik dan baku
|
Terdapat
3-4
kesalahan
dalam
tata
bahasa
yang
baik
dan baku
|
Terdapat
>4
kesalahan
dalam
tata
bahasa
yang
baik
dan baku
|
Keterangan :
Skor
Maksimal 8
Nilai =
F. Sumber dan Media
- Buku Guru
- Buku Siswa
- Gambar bagian tubuh manusia, teks bacaan “Nama Bagian Tubuh Manusia”, konsep satuan kuantitas.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar
kerja Siswa
(LKS)
Hitunglah
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment