RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 6 : Organ
Tubuh Manusia dan Hewan
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Tubuh
Manusia / 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima,
menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.4 Memiliki sikap
menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan.
3.6
Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim,
lusin, kodi). Indikator:
3.6.1
Menentukan kesetaraan antar satuan kuantitas
(rim, lusin, kodi).
3.6.2
Menggunakan kesetaraan satuan dalam perhitungan
atau pemecahan soal.
4.13
Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi
yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran
jawabnya.
4.13.1
Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
konsep perbandingan, skala, dan hubungan antarsatuan kuantitas.
4.13.2
Memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitandengan
konsep perbandingan, skala, dan hubungan antarsatuan kuantitas.
b) PPKn
1.1 Menghargai
semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi
dalam kehidupan bermasyarakat.
2.1 Menunjukkan
perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI
dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan
nilai dan moral Pancasila
3.6 Memahami
perlunya saling memenuhi keperluan hidup.
3.6.1 Memahami karakteristik manusia sebagai makhluk
individu dan makhluk sosial.
4.6 Menyajikan
dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan
keutuhan nasional.
4.6.1 Membuat perbandingan tentang karakteristik
manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial dalam bentuk tabel.
c) IPS
1.1 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika
berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1 Memahami
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang
dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi,
pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
3.1.1 Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya
dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1 Menyajikan
hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam
ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam
kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari
sumber-sumber yang tersedia
4.1.1 Menyusun laporan secara tertulis tentang mengenai
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang
dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi,
pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
d) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
serta bendabenda di alam sekitar.
2.1 Memiliki
perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi
teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Memahami rangkaian teks mengenai aktivitas kehidupan
manusia
4.2 Menyampaikan
teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
4.2.1 Melakukan diskusikan secara berkelompok
mengenai aktivitas kehidupan manusia.
4.2.2 Membuat
tulisan hasil diskusi mengenai aktivitas kehidupan manusia.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Kesetaraan
antar satuan
kuantitas
(rim, lusin, kodi).
2. Dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan
keutuhan nasional
3. Aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas
antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial,
4. Isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat
magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya,
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia dan Hewan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Kegiatan dimulai
dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
o
Guru membacakan
cerita yang melibatkan operasi hitung antar satuan kuantitas. Sambil
mendengarkan cerita, siswa bias melihat ilustrasi gambar yang terdapat di
buku siswa.
o
Rasa ingin tahu
siswa distimulus dengan melakukan tanya-jawab untuk menyelesaikan persoalan
yang terdapat dalam cerita
o
Guru membimbing
siswa dalam menyelesaikan latihan berupa soal cerita
o
Dengan
mengerjakan soal cerita, siswa dituntut untuk mengasosiasi pemahaman awalnya
tentang konsep, konversi, dan operasi hitung satuan kuantitas
o
Guru meminta
siswa menyampaikan hasil kerjanya di depan kelas dan saling bertukar pendapat
dengan siswa lain mengenai langkah-langkah penyelesaian soal
o
Siswa dilatih
untuk mencari tahu informasi tentang faktor yang mempengaruhi perubahan
aktivitas manusia dalam kehidupannya
o
Siswa bisa
menggali informasi dari buku-buku referensi, internet, dan sebagainya.
o
Informasi yang
diperoleh dapat dituliskan pada tabel yang tersedia di buku siswa (kegiatan
membaca)
o
Guru melakukan
tanya-jawab yang mengarahkan siswa untuk menyebutkan aktivitas manusia dan perubahan
yang terjadi saat ini (kegiatan menanya)
o
Hasil tanya-jawab
dapat dituliskan pada tabel yang tersedia di buku siswa
o
Bersama teman
sebangku, siswa menggali informasi selengkap mungkin tentang karakteristik manusia
sebagai makhluk individu dan sosial
o
Siswa
mengumpulkan informasi tersebut untuk membandingkan karakteristik manusia sebagai
makhluk individu dan sosial
o
Dalam kelompok
yang terdiri maksimal lima anak, siswa melakukan diskusi untuk membahas
contoh teknologi yang dapat merubah aktivitas kehidupamn manusia
o
Siswa mengamati
gambar banjir kemudian dibimbing guru untuk menyebutkan perannya sebagai
makhluk individu dan sosial dalam menyikapi peristiwa tersebut
Pengayaan
o
Banyak daerah di
Indonesia yang mengalami musibah banjir saat musim hujan.
o
Namun banyak juga
yang kekeringan saat musim kemarau. Mengapa hal ini dapat terjadi? Apa yang
harus dilakukan supaya musibah seperti ini tidak terulang kembali?
o
Untuk menjawab
pertanyaan di atas, siswa boleh menggali informasi dari berbagai sumber
bahkan berdiskusi dengan orang tua
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Mengamati Gambar
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
•
Keterampilan siswa dalam mengamati
•
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Isi dan
Pengetahuan
|
Hasil
pengamatan
gambar
ditulis
lengkap.
Semua
bagian
tubuh
yang
terdapat
pada
gambar
dapat
diidentifikasikan
|
Sebagian
besar
(80%)
dari
bagian
tubuh
yang
terdapat
pada
gambar
dapat
diidentifikasikan
|
75% dari
bagian
Tubuh yang
terdapat
pada
gambar
dapat
diidentifikasikan
|
Kurang
dari
60% dari bagian
tubuh yang terdapat
pada
gambar
dapat diidentifikasikan
|
2
|
Sikap:
Ketelitian dan
Kecermatan
|
Teliti
dan detail dalam mengamati setiap komponen
pada
gambar
dan
mampu menandai gambar serta menambahkan
informasi
|
Teliti
dan
detail
dalam
mengamati
setiap komponen
pada
gambar
namun
tidak
menambahkan
informasi
|
Cukup
teliti
dalam
mengamati
gambar,
namun
hanya
sebagian
gambar
yang
teridentifikasi.
|
Kurang teliti
dan
detail
dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar
|
3
|
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
|
Penjelasan
Mudah dipahami dan
Pemilihan
kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku
|
Penjelasan
Mudah dipahami
dan pemilihan
beberapa
kata
sesuai
dengan
bahasa Indonesia baku
|
Penjelasan
Kurang dipahami
dan pemilihan
Beberapa kata
sesuai dengan
Bahasa Indonesia
baku
|
Penjelasan
Sulit dipahami
Dan pemilihan
kata tidak
sesuai
dengan bahasa
Indonesia
baku
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang operasi hitung antar satuan kuantitas
•
Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan
•
masalah
•
Kecermatan dan ketelititan siswa dalam menggunakan informasi dari cerita
untuk
•
memecahkan masalah
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Menunjukkan
pemahaman
yang
lebih
tentang operasi
hitung antar satuan
kuantitas
|
Menunjukkan
pemahaman
menyeluruh
tentang
operasi hitung antar satuan
kuantitas
|
Menunjukkan
pemahaman
yang
cukup
tentang operasi
hitung antar satuan kuantitas
|
Menunjukkan
pemahaman
yang
kurang
tentang operasi
hitung
antar
satuan
kuantitas
|
Keterampilan
Dan kemampuan
menjawab
pertanyaan
|
Seluruh
pertanyaan
dijawab
dengan benar
|
Sebagian
besar
pertanyaan
dijawab
dengan
benar
|
Sebagian
kecil
pertanyaan
dijawab
dengan
benar
|
Seluruh
pertanyaan
tidak
dijawab
dengan
benar
|
Kecermatan
dan
ketelitian
|
Siswa
secara
cermat
dan
teliti
menggunakan
dan menuliskan
seluruh
informasi
yang disediakan
untuk
menyelesaikan
soal cerita
|
Siswa
secara
Cermat
dan teliti
menggunakan
dan
menuliskan
sebagian
besar
informasi
yang
disediakan
untuk
menyelesaikan
soal
cerita
|
Siswa
menggunakan
dan
menuliskan
sebagian
informasi
yang
disediakan
untuk
menyelesaikan
soal
cerita
|
Siswa
menggunakan
dan menuliskan
sedikit informasi
yang
disediakan
untuk menyelesaikan
soal cerita
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Presentasi Hasil Diskusi
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang materi diskusi
•
Tata bahasa yang digunakan dalam menyampaikan hasil diskusi
•
Keterampilan siswa dalam berbicara dan menyajikan hasil diskusi
•
Sikap percaya diri
dan kesungguhan siswa
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Tata
Bahasa
|
Menggunakan
Bahasa Indonesia
yang baik dan baku
|
Terdapat
1-2
kesalahan
dalam
tata
bahasa
Indonesia
yang
baik
dan baku
|
Terdapat
3-4
kesalahan
dalam
tata
bahasa
Indonesia
yang
baik
dan baku
|
Terdapat
>
4
kesalahan
dalam
tata
bahasa
Indonesia
yang
baik dan
baku
|
Sikap
|
Seluruh
anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam menyajikan hasil diskusi
|
Beberapa anggota
Terlihat bersungguhsungguh
Dalam menyajikan
hasil
diskusi
|
Beberapa anggota
kelompok
Terlihat bermain-
main,
Namun sebagian
lainnya
masih
menunjukkan
kerja keras
|
Siswa
terus
bermain-main
walaupun
berulang
kali
diingatkan
oleh
guru
|
Keterampilan
Berbicara
|
Intonasi
jelas,
bahasa
yang digunakan
efektif,
efisien,
dan
mudah dimengerti
|
Intonasi
kurang jelas, namun bahasa yang digunakan
efektif,
efisien,
dan
mudah
dimengerti
|
Intonasi
jelas
namun
bahasa
yang
digunakan
kurang
efektif,
efisien,
dan susah dimengerti
|
Intonasi
tidak
jelas
dan bahasa yang
digunakan
tidak
efektif,
efisien,
dan
tidak
bisa
dimengerti
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Soal latihan
berbentuk cerita, konsep tentang perubahan aktivitas manusia, konsep manusia
sebagai makhluk individu dan sosial.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406 2 006
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Jelas kan tentang gambar di atas!
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
Jelas kan tentang gambar di atas!
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
MEDIA
TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 1
TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 2
TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 3
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment