Home » » TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 4

TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 4 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                          : 5/1
Tema 6                                       : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Tubuh Manusia / 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.4 Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan.
3.6 Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi). Indikator:
3.6.1  Menentukan kesetaraan antar satuan kuantitas (rim, lusin, kodi).
3.6.2  Menggunakan kesetaraan satuan dalam perhitungan atau pemecahan soal.
4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.13.1 Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antarsatuan kuantitas.
4.13.2 Memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitandengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antarsatuan kuantitas.

b) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat.
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup.
3.6.1  Memahami karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional.
4.6.1  Membuat perbandingan tentang karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial dalam bentuk tabel.

c) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
3.1.1  Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
4.1.1  Menyusun laporan secara tertulis tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional

d) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1  Memahami rangkaian teks mengenai aktivitas kehidupan manusia
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1  Melakukan diskusikan secara berkelompok mengenai aktivitas kehidupan manusia.
4.2.2 Membuat tulisan hasil diskusi mengenai aktivitas kehidupan manusia.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.       Kesetaraan antar satuan kuantitas (rim, lusin, kodi).
2.       Dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional
3.       Aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial,
4.       Isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya,

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia dan Hewan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
o   Guru membacakan cerita yang melibatkan operasi hitung antar satuan kuantitas. Sambil mendengarkan cerita, siswa bias melihat ilustrasi gambar yang terdapat di buku siswa.
o   Rasa ingin tahu siswa distimulus dengan melakukan tanya-jawab untuk menyelesaikan persoalan yang terdapat dalam cerita
o   Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan latihan berupa soal cerita
o   Dengan mengerjakan soal cerita, siswa dituntut untuk mengasosiasi pemahaman awalnya tentang konsep, konversi, dan operasi hitung satuan kuantitas
o   Guru meminta siswa menyampaikan hasil kerjanya di depan kelas dan saling bertukar pendapat dengan siswa lain mengenai langkah-langkah penyelesaian soal
o   Siswa dilatih untuk mencari tahu informasi tentang faktor yang mempengaruhi perubahan aktivitas manusia dalam kehidupannya
o   Siswa bisa menggali informasi dari buku-buku referensi, internet, dan sebagainya.
o   Informasi yang diperoleh dapat dituliskan pada tabel yang tersedia di buku siswa (kegiatan membaca)
o   Guru melakukan tanya-jawab yang mengarahkan siswa untuk menyebutkan aktivitas manusia dan perubahan yang terjadi saat ini (kegiatan menanya)
o   Hasil tanya-jawab dapat dituliskan pada tabel yang tersedia di buku siswa
o   Bersama teman sebangku, siswa menggali informasi selengkap mungkin tentang karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial
o   Siswa mengumpulkan informasi tersebut untuk membandingkan karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial
o   Dalam kelompok yang terdiri maksimal lima anak, siswa melakukan diskusi untuk membahas contoh teknologi yang dapat merubah aktivitas kehidupamn manusia
o   Siswa mengamati gambar banjir kemudian dibimbing guru untuk menyebutkan perannya sebagai makhluk individu dan sosial dalam menyikapi peristiwa tersebut

Pengayaan
o   Banyak daerah di Indonesia yang mengalami musibah banjir saat musim hujan.
o   Namun banyak juga yang kekeringan saat musim kemarau. Mengapa hal ini dapat terjadi? Apa yang harus dilakukan supaya musibah seperti ini tidak terulang kembali?
o   Untuk menjawab pertanyaan di atas, siswa boleh menggali informasi dari berbagai sumber bahkan berdiskusi dengan orang tua

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
         Keterampilan siswa dalam mengamati
         Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Isi dan
Pengetahuan
Hasil pengamatan
gambar
ditulis lengkap.
Semua bagian
tubuh yang
terdapat pada
gambar dapat
diidentifikasikan
Sebagian besar
(80%) dari
bagian tubuh
yang terdapat
pada gambar
dapat diidentifikasikan
75% dari bagian
Tubuh yang terdapat
pada gambar
dapat diidentifikasikan

Kurang dari
60% dari bagian tubuh yang terdapat
pada gambar
dapat diidentifikasikan
2
Sikap:
Ketelitian dan
Kecermatan
Teliti dan detail dalam mengamati setiap komponen
pada gambar
dan mampu menandai gambar serta menambahkan
informasi
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar
namun tidak
menambahkan
informasi
Cukup teliti
dalam mengamati
gambar, namun
hanya sebagian
gambar yang
teridentifikasi.
Kurang teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar
3
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
Penjelasan Mudah dipahami dan
Pemilihan kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku
Penjelasan
Mudah dipahami dan pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia baku
Penjelasan
Kurang dipahami dan pemilihan
Beberapa kata sesuai dengan
Bahasa Indonesia
baku
Penjelasan
Sulit dipahami
Dan pemilihan
kata tidak sesuai
dengan bahasa
Indonesia baku

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =


Rubrik Menyelesaikan Soal Metematika

Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang operasi hitung antar satuan kuantitas
         Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan
         masalah
         Kecermatan dan ketelititan siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk
         memecahkan masalah

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Menunjukkan
pemahaman
yang lebih
tentang operasi hitung antar satuan
kuantitas
Menunjukkan
pemahaman
menyeluruh
tentang operasi hitung antar satuan
kuantitas
Menunjukkan
pemahaman
yang cukup
tentang operasi hitung antar satuan kuantitas
Menunjukkan
pemahaman
yang kurang
tentang operasi hitung
antar satuan
kuantitas
Keterampilan
Dan kemampuan
menjawab
pertanyaan
Seluruh pertanyaan
dijawab dengan benar
Sebagian besar
pertanyaan
dijawab dengan
benar
Sebagian kecil
pertanyaan
dijawab
dengan benar
Seluruh
pertanyaan
tidak dijawab
dengan benar
Kecermatan
dan ketelitian
Siswa secara
cermat dan
teliti menggunakan
dan menuliskan
seluruh informasi
yang disediakan
untuk menyelesaikan
soal cerita
Siswa secara
Cermat dan teliti
menggunakan
dan menuliskan
sebagian besar
informasi yang
disediakan
untuk menyelesaikan
soal cerita
Siswa
menggunakan
dan menuliskan
sebagian
informasi yang
disediakan
untuk
menyelesaikan
soal cerita
Siswa
menggunakan
dan menuliskan
sedikit informasi yang
disediakan
untuk menyelesaikan
soal cerita

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =


Rubrik Presentasi Hasil Diskusi
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang materi diskusi
         Tata bahasa yang digunakan dalam menyampaikan hasil diskusi
         Keterampilan siswa dalam berbicara dan menyajikan hasil diskusi
         Sikap percaya diri dan kesungguhan siswa

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Tata Bahasa
Menggunakan
Bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam tata
bahasa
Indonesia yang
baik dan baku
Terdapat 3-4
kesalahan
dalam tata
bahasa
Indonesia yang
baik dan baku
Terdapat >
4 kesalahan
dalam tata
bahasa
Indonesia yang
baik dan baku
Sikap
Seluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam menyajikan hasil diskusi
Beberapa anggota
Terlihat bersungguhsungguh
Dalam menyajikan
hasil diskusi
Beberapa anggota kelompok
Terlihat bermain- main,
Namun sebagian
lainnya masih
menunjukkan
kerja keras
Siswa terus
bermain-main
walaupun
berulang kali
diingatkan
oleh guru
Keterampilan
Berbicara
Intonasi jelas,
bahasa yang digunakan
efektif, efisien,
dan mudah dimengerti
Intonasi kurang jelas, namun bahasa yang digunakan
efektif, efisien,
dan mudah
dimengerti
Intonasi
jelas namun
bahasa yang
digunakan
kurang efektif,
efisien, dan susah dimengerti
Intonasi tidak
jelas dan bahasa yang
digunakan
tidak efektif,
efisien, dan
tidak bisa
dimengerti

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =


F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Soal latihan berbentuk cerita, konsep tentang perubahan aktivitas manusia, konsep manusia sebagai makhluk individu dan sosial.



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006


LEMBAR KERJA SISWA
(LKS


 Jelas kan tentang gambar di atas!

....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................


 Jelas kan tentang gambar di atas!

....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................

MEDIA
TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 4

TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 4

TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 1
TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 2
TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors