Home » » TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 5

TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 4 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 5/1
Tema 6                                       : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Tubuh Manusia / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya.
3.2.1  Membaca teks bacaan tentang tubuh manusia dan hewan.
4.2 Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia.
4.2.1  Membuat tulisan hasil pengamatan mengenai tubuh manusia dan hewan.

b) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa.
3.1.1  Memahami prinsip-prinsip seni dalam berbagai karya seni rupa (menggambar komik).
4.3 Menggambar komik dengan menerapkan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan berdasarkan hasil pengamatan.
4.3.1  Mengamati langkah demi langkah dalam contoh menggambar komik.
4.3.2  Menggambar komik bertema legenda/ cerita rakyat nusantara dengan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan

 c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannyadalam pengamalan ajaran agama yang di anutnya.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun kelompok
3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa.
3.1.1  Menjelaskan kegunaan rangka.
4.1 Membuat bagan rangka manusia beserta fungsinya.
4.1.1  Menggambar rangka manusia.
4.1.2  Memberi keterangan pada gambar mengenai bagian-bagian dan fungsi rangka manusia.

c) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.5 Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
3.5.1  Menyebutkan aktivitas latihan daya tahan Jantung dan Paru.
3.11 Memahami bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.
3.11.1 Menyebutkan bahaya merokok.
4.5 Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
4.5.1  Melakukan aktivitas fisik dalam waktu tertentu.
4.11 Menceritakan bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.
4.11.1  Menjelaskan penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia dan Hewan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan dimulai dengan mengomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
o   Guru memberikan pertanyaan untuk menstimulus antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran.
o   Pertanyaan dapat berupa, “Siapa yang berangkat ke sekolah dengan jalan kaki atau mengendarai sepeda?”
o   Siswa mengamati gambar berbagai aktivitas yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan paru-paru
o   Secara serempak, siswa mempraktikkan gerakan yang ditunjukkan pada gambar
o   Untuk meningkatkan keaktifan dan konsentrasi, guru bersama siswa bisa membuat kesepakatan/ aturan main yang menjelaskan konsekuensi bagi yang melakukan kesalahan dalam gerak
o   Siswa diminta membuat cerita yang berisi kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru
o   Cerita ditulis pada kolom yang tersedia di buku siswa menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
o   Beberapa siswa diminta untuk membacakan hasil kerjanya di depan kelas, sementara siswa yang lain mengomentari atau mengungkapkan pendapatnya
o   Siswa diminta mencari informasi sebanyak mungkin tentang bahaya merokok bagi manusia
o   Informasi bisa diperoleh dari orang tua, buku-buku referensi, internet, dan sebagainya
o   Perdalam pemahaman siswa tentang bahaya merokok dengan mengidentifikasi peringatan pada bungkus rokok dan kasus yang pernah dialami oleh orang-orang di sekitar siswa
o   Informasi yang telah diperoleh disajikan pada kolom yang tersedia di buku siswa
o   Stimulasi keingintahuan siswa dengan memberikan pertanyaan, “Siapa yang suka membaca komik?” kaitkan pertanyaan dengan topik pembelajaran, yakni langkah-langkah menggambar komik
o   Siswa diminta untuk mengamati langkah-langkah menggambar tokoh komik
o   Siswa bertanya lebih jauh lagi tentang bagimana proses menggambar tokoh-tokoh lain pada komik
o   Setelah mengetahui langkah-langkah menggambar tokoh komik, siswa diminta menggambar sendiri tokoh komik sesuai imajinasinya
o   Selain menggambar tokoh komik, siswa diminta menggambar salah satu bagian kerangka tubuh manusia. Kemudian menuliskan keterangan pada setiap bagiannya
o   Gambar rangka yang telah dibuat menjadi stimulus untuk menulis cerita tentang rangka dan fungsinya

Melakukan Refleksi
o   Siswa mengisi lembar refleksi pada buku siswa. Pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa bisa dimodifikasi dan diperluas sesuai dengan kebutuhan/kondisi siswa di setiap kelas.
o   Bimbing siswa supaya mampu menuliskan semua refleksi kegiatan dengan rinci sehingga catatan pada kegiatan refleksi bisa digunakan sebagai catatan pribadi siswa.

Remedial
  1. Aktivitas apa saja yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung?
  2. Merokok itu berbahaya karena . . . .
  3. Sebutkan langkah-langkah membuat gambar komik!
  4. Rangka adalah . . . .
  5. Rangka berfungsi untuk . . . .
 Pengayaan
o   Saat ini banyak sekali orang yang meninggal karena penyakit jantung. Carilah artikel yang berisi penyebab penyakit jantung. Kemudian analisislah upaya penyembuhannya
o   Selain itu, lengkapi pula dengan cara mencegah timbulnya penyakit jantung.
o   Apa yang akan kamu lakukan supaya terhindar dari penyakit jantung?

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses            : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

Rubrik Mempraktikkan Gerakan berdasarkan Gambar

Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang berbagai aktivitas yang dapat menjaga kesehatan jantung dan paru-paru
         Keterampilan siswa dalam mempraktikkan gerakan-gerakan sesuai dengan gambar
         Sikap sportif dalam berkegiatan olahraga

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Ketepatan
Melakukan
Gerakan
Mampu melakukan
Semua gerakan sesuai gambar yang
ditunjukkan
dengan tepat tanpa
melakukan
kesalahan
Mampu melakukan
sebagian gerakan sesuai
gambar yang
ditunjukkan
dengan tepat
disertai beberapa
kesalahan kecil
Mampu melakukan
Sedikit gerakan sesuai gambar yang
ditunjukkan
dengan kurang
tepat disertai
beberapa kesalahan
keci
Tidak mampu
melakukan
semua gerakan yang
ditampilkan
pada gambar
2
Sikap Sportif
Bermain tertib sesuai aturan dan
 sportif selama permainan berlangsung
Bermain tertib
sesuai aturan
dan sportif
hampir selama
permainan
berlangsung
Bermain cukup
tertib sesuai
aturan dan
sportif dalam
beberapa
menit
permainan
berlangsung
Bermain kurang
tertib dan
tidak sesuai
aturan selama
permainan
berlangsung

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 8

Nilai    =

Rubrik Mengamati Gambar

Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
         Keterampilan siswa dalam mengamati
         Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Isi dan Pengetahuan:
Hasil pengamatan
ditulis
lengkap, siswa
menunjukkan
pengetahuan
tentang materi
yangdisajikan
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar secara
keseluruhan
dijawab
dengan benar
Hasil pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan yang
berkaitan dengan gambar sebagian besar dijawab
dengan benar
Hasil pengamatan
Gambar ditulis cukup lengkap dan
Pertanyaan-pertanyaan yang
Berkaitan dengan
Gambar beberapa
Dijawab dengan benar
Hasil pengamatan
Gambar ditulis kurang
lengkap dan
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar
hanya sedikit
yang dijawab
dengan benar
Sikap:
Ketelitian dalam
mengamati
gambar dan
melihat setiap
komponennya
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar
dan mampu
menandai gambar serta menambahkan informasi
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen pada gambar
Teliti dan
detail dalam
mengamati
sebagian
komponen
pada gambar
Kurang
teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
Penjelasan mudah dipahami dan pemilihan kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku
Penjelasan
Mudah dipahami dan pemilihan
Beberapa kata sesuai dengan
Bahasa Indonesia baku
Penjelasan
Kurang dipahami dan pemilihan
Beberapa kata sesuai dengan
Bahasa Indonesia
baku
Penjelasan
sulit dipahami
dan pemilihan
kata tidak
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Soal latihan berbentuk cerita, gambar berbagai aktivitas yang dapat menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, gambar langkah-langkah membuat tokoh komik, gambar rangka manusia...


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Gambarlah satu di antara rangka tubuh manusia. Gambarlah pada kotak berikut.
Berilah keterangan pada gambar yang telah kamu buat.
 .....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................

MEDIA

TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 5
         
               

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors