RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 6 : Organ
Tubuh Manusia dan Hewan
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Tubuh
Manusia /
5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
serta bendabenda di alam sekitar.
2.1 Memiliki
perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat
magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem
pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Mengenal bagian
tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya.
3.2.1 Membaca teks bacaan tentang tubuh manusia dan
hewan.
4.2 Menuliskan
ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia.
4.2.1 Membuat tulisan hasil pengamatan mengenai
tubuh manusia dan hewan.
b) SBdP
1.1 Menerima
kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui
berkarya seni.
3.1 Mengenal
prinsip seni dalam berkarya seni rupa.
3.1.1 Memahami prinsip-prinsip seni dalam berbagai
karya seni rupa (menggambar komik).
4.3 Menggambar
komik dengan menerapkan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan berdasarkan
hasil pengamatan.
4.3.1 Mengamati langkah demi langkah dalam contoh
menggambar komik.
4.3.2 Menggambar komik bertema legenda/ cerita
rakyat nusantara dengan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan
c) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran tuhan yang menciptakannya, serta
mewujudkannyadalam pengamalan ajaran agama yang di anutnya.
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud
implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun
kelompok
3.1 Mengenal
prinsip seni dalam berkarya seni rupa.
3.1.1 Menjelaskan kegunaan rangka.
4.1 Membuat bagan
rangka manusia beserta fungsinya.
4.1.1 Menggambar rangka manusia.
4.1.2 Memberi keterangan pada gambar mengenai bagian-bagian
dan fungsi rangka manusia.
c) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.5 Memahami konsep
aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk
pengembangan kebugaran jasmani.
3.5.1 Menyebutkan aktivitas latihan daya tahan Jantung
dan Paru.
3.11 Memahami
bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.
3.11.1 Menyebutkan
bahaya merokok.
4.5 Mempraktikkan
aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran
jasmani.
4.5.1 Melakukan aktivitas fisik dalam waktu tertentu.
4.11 Menceritakan
bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.
4.11.1 Menjelaskan penyakit-penyakit yang diakibatkan
oleh kebiasaan merokok
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia dan Hewan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Kegiatan dimulai
dengan mengomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
o
Guru memberikan
pertanyaan untuk menstimulus antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran.
o
Pertanyaan dapat
berupa, “Siapa yang berangkat ke sekolah dengan jalan kaki atau mengendarai
sepeda?”
o
Siswa mengamati
gambar berbagai aktivitas yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan
paru-paru
o
Secara serempak,
siswa mempraktikkan gerakan yang ditunjukkan pada gambar
o
Untuk
meningkatkan keaktifan dan konsentrasi, guru bersama siswa bisa membuat kesepakatan/
aturan main yang menjelaskan konsekuensi bagi yang melakukan kesalahan dalam
gerak
o
Siswa diminta
membuat cerita yang berisi kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan
jantung dan paru-paru
o
Cerita ditulis
pada kolom yang tersedia di buku siswa menggunakan tata bahasa Indonesia yang
baik dan baku
o
Beberapa siswa
diminta untuk membacakan hasil kerjanya di depan kelas, sementara siswa yang
lain mengomentari atau mengungkapkan pendapatnya
o
Siswa diminta
mencari informasi sebanyak mungkin tentang bahaya merokok bagi manusia
o
Informasi bisa
diperoleh dari orang tua, buku-buku referensi, internet, dan sebagainya
o
Perdalam
pemahaman siswa tentang bahaya merokok dengan mengidentifikasi peringatan
pada bungkus rokok dan kasus yang pernah dialami oleh orang-orang di sekitar
siswa
o
Informasi yang
telah diperoleh disajikan pada kolom yang tersedia di buku siswa
o
Stimulasi
keingintahuan siswa dengan memberikan pertanyaan, “Siapa yang suka membaca
komik?” kaitkan pertanyaan dengan topik pembelajaran, yakni langkah-langkah
menggambar komik
o
Siswa diminta
untuk mengamati langkah-langkah menggambar tokoh komik
o
Siswa bertanya
lebih jauh lagi tentang bagimana proses menggambar tokoh-tokoh lain pada
komik
o
Setelah
mengetahui langkah-langkah menggambar tokoh komik, siswa diminta menggambar
sendiri tokoh komik sesuai imajinasinya
o
Selain menggambar
tokoh komik, siswa diminta menggambar salah satu bagian kerangka tubuh manusia.
Kemudian menuliskan keterangan pada setiap bagiannya
o
Gambar rangka
yang telah dibuat menjadi stimulus untuk menulis cerita tentang rangka dan
fungsinya
Melakukan
Refleksi
o
Siswa mengisi
lembar refleksi pada buku siswa. Pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa bisa
dimodifikasi dan diperluas sesuai dengan kebutuhan/kondisi siswa di setiap
kelas.
o
Bimbing siswa
supaya mampu menuliskan semua refleksi kegiatan dengan rinci sehingga catatan
pada kegiatan refleksi bisa digunakan sebagai catatan pribadi siswa.
Remedial
Pengayaan
o
Saat ini banyak
sekali orang yang meninggal karena penyakit jantung. Carilah artikel yang
berisi penyebab penyakit jantung. Kemudian analisislah upaya penyembuhannya
o
Selain itu,
lengkapi pula dengan cara mencegah timbulnya penyakit jantung.
o
Apa yang akan
kamu lakukan supaya terhindar dari penyakit jantung?
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Mempraktikkan Gerakan berdasarkan Gambar
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang berbagai aktivitas yang dapat menjaga
kesehatan jantung dan paru-paru
•
Keterampilan siswa dalam mempraktikkan gerakan-gerakan sesuai dengan
gambar
•
Sikap sportif dalam berkegiatan olahraga
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Ketepatan
Melakukan
Gerakan
|
Mampu melakukan
Semua gerakan sesuai gambar yang
ditunjukkan
dengan tepat tanpa
melakukan
kesalahan
|
Mampu melakukan
sebagian gerakan
sesuai
gambar
yang
ditunjukkan
dengan
tepat
disertai beberapa
kesalahan
kecil
|
Mampu melakukan
Sedikit gerakan sesuai gambar yang
ditunjukkan
dengan kurang
tepat disertai
beberapa kesalahan
keci
|
Tidak
mampu
melakukan
semua gerakan
yang
ditampilkan
pada
gambar
|
2
|
Sikap
Sportif
|
Bermain tertib sesuai aturan dan
sportif
selama permainan berlangsung
|
Bermain tertib
sesuai
aturan
dan
sportif
hampir
selama
permainan
berlangsung
|
Bermain
cukup
tertib
sesuai
aturan
dan
sportif
dalam
beberapa
menit
permainan
berlangsung
|
Bermain kurang
tertib dan
tidak sesuai
aturan selama
permainan
berlangsung
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 8
Nilai =
Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang
diamati
•
Keterampilan siswa dalam mengamati
•
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam
mengamati
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan Pengetahuan:
Hasil pengamatan
ditulis
lengkap, siswa
menunjukkan
pengetahuan
tentang materi
yangdisajikan
|
Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar secara
keseluruhan
dijawab
dengan benar
|
Hasil pengamatan
gambar ditulis
lengkap
dan
pertanyaanpertanyaan
yang
berkaitan
dengan gambar sebagian besar dijawab
dengan
benar
|
Hasil pengamatan
Gambar ditulis
cukup lengkap dan
Pertanyaan-pertanyaan
yang
Berkaitan
dengan
Gambar beberapa
Dijawab dengan
benar
|
Hasil pengamatan
Gambar ditulis
kurang
lengkap
dan
pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan
dengan gambar
hanya
sedikit
yang
dijawab
dengan
benar
|
Sikap:
Ketelitian
dalam
mengamati
gambar
dan
melihat
setiap
komponennya
|
Teliti
dan
detail
dalam
mengamati
setiap komponen
pada
gambar
dan mampu
menandai gambar
serta menambahkan informasi
|
Teliti
dan
detail
dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar
|
Teliti
dan
detail
dalam
mengamati
sebagian
komponen
pada
gambar
|
Kurang
teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
|
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
|
Penjelasan mudah dipahami dan pemilihan kata sesuai
dengan bahasa Indonesia baku
|
Penjelasan
Mudah dipahami
dan pemilihan
Beberapa kata
sesuai dengan
Bahasa Indonesia
baku
|
Penjelasan
Kurang dipahami dan pemilihan
Beberapa kata sesuai dengan
Bahasa Indonesia
baku
|
Penjelasan
sulit dipahami
dan pemilihan
kata tidak
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Soal latihan
berbentuk cerita, gambar berbagai aktivitas yang dapat menjaga kesehatan
jantung dan paru-paru, gambar langkah-langkah membuat tokoh komik, gambar
rangka manusia...
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Gambarlah satu di antara rangka tubuh manusia.
Gambarlah pada kotak berikut.
Berilah
keterangan pada gambar yang telah kamu buat.
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment