Home » » TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 6

TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 4 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                          : 5/1
Tema 6                                       : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Sub Tema 1/ Pembelajaran         : Tubuh Manusia / 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa.
3.1.1  Memahami gambar komik bertemakan cerita rakyat.
4.3 Menggambar komik dengan menerapkan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan berdasarkan hasil pengamatan.
4.3.1  Menggambar komik bertema legenda/ cerita rakyat nusantara dengan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan..

b) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1  Menyiapkan pertanyaan untuk melakukan wawancara dengan memilih kosa kata baku.
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1  Melakukan wawancara.
4.2.2  Menuliskan hasil wawancara dengan kosa kata baku

c) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat.
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup.
3.6.1  Menjelaskan perlunya saling memenuhi keperluan hidup.
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional.
4.6.1  Menuliskan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional dalam bentuk tabel.

c) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
3.1.1  Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
 4.1.1  Mempresentasikan laporan hasil pengamatan tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Prinsip seni dalam berkarya seni rupa.
2.      Isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
3.      Dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional
4.      Aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.


D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia dan Hewan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Di awal pembelajaran, guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan menanyakan, “Nasi yang kita makan berasal dari daerah mana?”; setelah itu mengajukan pertanyaan kembali, “Baju yang kita pakai berasal dari daerah mana?”
o   Guru juga bisa mengajukan berbagai pertanyaan lainnya mengenai kebutuhan masyarakat kota dan desa untuk memperkuat konsep masyarakat kota dan desa
o   Siswa mengamati gambar dan membaca teks yang berhubungan dengan aktivitas masyarakat kota dan desa (kegiatan membaca)
o   Siswa menggali informasi dari berbagai sumber tentang bentuk ketergantungan masyarakat kota dan desa
o   Siswa menuliskan hasil wawancara dalam bentuk laporan tertulis pada kolom yang disediakan di buku siswa
o   Siswa memfokuskan laporan pada perubahan aktivitas manusia zaman dulu hingga sekarang
o   Guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling bertanya dan bertukar hasil laporan wawancara sehingga siswa mendapatkan informasi yang lebih lengkap (kegiatan menanya)
o   Siswa mengamati gambar komik tentang legenda dan cerita rakyat
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan stimulus untuk meningkatkan rasa ingin tahu. Pertanyaan tersebut misalnya: Adakah yang pernah mendengar cerita Malin Kundang? Cerita Timun Emas berasal dari daerah mana?
o   Guru membimbing siswa untuk memahami definisi legenda atau cerita rakyat
o   Siswa menggambar sebuah adegan dari legenda atau cerita rakyat pada kolom yang disediakan di buku siswa

Pengayaan
Bermain Drama
Langkah kerja:
o   Siswa akan menampilkan sebuah drama tentang salah satu legenda yang berasal dari Jawa Barat, yakni Legenda Gunung Tangkuban Parahu.
o   Siswa membuat scenario drama menjadi beberapa babak. Setiap babak menceritakan rentetan peristiwa tentang asal mula terbentuknya Gunung Tangkuban Parahu.
o   Siswa menjalani proses casting untuk memilik peran dan karakter yang cocok
o   Siswa yang terpilih akan menjalani proses latihan sebelum menampilkan drama
o   Saat drama ditampilkan, siswa yang menjadi penonton menikmati, menghayati dan mempelajari peristiwa terbentuknya Gunung Tangkuban Parahu
o   Di akhir penampilan drama, siswa dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan Legenda
o   Gunung Tangkuban Parahu.
o   Setelah kegiatan, siswa melakukan refleksi:
o   Apa yang mereka pelajari dan apa yang mereka rasakan saat melakukan kegiatan tersebut. Siswa juga diberi kesempatan untuk memberikan saran perbaikan atas kegiatan tersebut.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

Rubrik Mencari Tahu
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang perubahan kehidupan manusia dalam bidang sosial,
         ekonomi, pendidikan, dan budaya
         Keterampilan siswa dalam menggali informasi dari berbagai sumber
         Sikap kemandirian siswa

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Pengetahuan
Siswa memahami
konsep perubahan
kehidupan manusia dalam bidang sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya
Siswa hanya
memahami
salah satu
konsep perubahan
kehidupan
manusia
dalam
bidang sosial,
ekonomi,
pendidikan,
dan budaya
Siswa hanya
Memahami salah satu konsep
Manusia perubahan
kehidupan
manusia dalam
bidang sosial,
ekonomi, pendidikan,
dan budaya,
Membutuhkan
Sedikit bimbingan dari guru dalam pengerjaannya
Siswa tidak
memahami
semua konsep
tentang
perubahan
kehidupan
manusia
dalam bidang
sosial, ekonomi,
pendidikan,
dan
budaya,
Membutuhkan
Banyak bimbingan
dalam pengerjaannya

2
Ketrampilan
siswa dalam
menggali
informasi
Siswa menggali
Informasi dari 4 sumber berbeda
Siswa menggali
Informasi dari 3 sumber berbeda
Siswa menggali
informasi
dari 2 sumber
berbeda
Siswa
menggali
informasi
hanya dari 1
sumber
3
Kemandirian
Dan manajemen
waktu
(attitude)
Sangat mandiri
membaca teks
bahkan selesai
sebelum waktunya
Mandiri mengerjakan
tugas dan selesai tepat waktu
Sesekali perlu
diingatkan
untuk menyelesaikan
tugas
Tidak menyelesaikan
tugas tepat waktu

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =


Rubrik Tugas Wawancara

Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang topik dan tujuan wawancara (perubahan aktivitas
         manusia pada zaman dulu hingga sekarang)
         Keterampilan siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
         selama wawancara
         Keterampilan siswa dalam menyelenggarakan wawancara
         Sikap kemandirian dan tanggung jawab siswa selama mengerjakan tugas

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Isi dan
Pengetahuan:
Isi dan hasil
wawancara
sesuai dengan
topik yang
diberikan
Wawancara
Dilakukan dengan sangat menarik
dan sesuai topik dan
tujuan yang diberikan,
Menunjukkan
penguasaan
dan pemahaman
pewawancara
atas materi
tugas yang
diberikan
Wawancara
dilakukan
sesuai topik
dan tujuan
yang diberikan,
Menunjukkan
penguasaan
dan pemahaman
pewawancara
atas materi tugas
yang diberikan
Sebagian
Besar wawancara
dilakukan
sesuai topik dan
tujuan yang
diberikan,
Menunjukkan
penguasaan
dan pemahaman
pewawancara
atas materi
tugas yang
diberikan
Sebagian kecil
wawancara
dilakukan
sesuai topik dan tujuan yang diberikan,
Menunjukkan
penguasaan
dan pemahaman
pewawancara
atas materi
tugas yang
diberikan
Penggunaan
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar:
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan dalam
wawancara
Bahasa
Indonesia yang
baik, benar
dan efektif
digunakan
dalam
keseluruhan
wawancara
Bahasa Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dalam keseluruhan
wawancara
Bahasa Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dalam sebagian
besar wawancara
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dalam sebagian kecil
wawancara
Sikap:
Wawancara
dilakukan secara
mandiri, baik
dan benar serta
penuh tanggung
jawab atas
pemenuhan
tugas
Wawancara
dilakukan
secara mandiri, baik
dan benar serta penuh
tanggung
jawab atas
pemenuhan tugas
Sebagian Besar wawancara
dilakukan
secara mandiri,
baik dan benar serta penuh
tanggung
jawab atas
pemenuhan
tugas
Setengah
dari proses
wawancara
dilakukan
secara mandiri, baik dan benar
serta penuh
tanggung
jawab atas
pemenuhan
tugas
Sebagian kecil
dari proses
wawancara
dilakukan
secara mandiri, baik
dan benar
serta penuh
tanggung
jawab atas
pemenuhan
tugas
Keterampilan
wawancara:
Teknik dan
urutan
wawancara
yang dilakukan
menunjukkan
kemampuan
wawancara yang
baik
Teknik dan
Urutan wawancara
Dilakukan dengan benar, Pendekatan
sesuai dengan
situasi dan
kondisi
responden
Teknik dan
Urutan wawancara
dilakukan
dengan benar,
Menunjukkan
penguasaan
dan keterampilan
wawancara
yang dimiliki
Sebagian
besar teknik
dan urutan
wawancara
dilakukan
dengan benar,
Menunjukkan
penguasaan
dan keterampilan
wawancara
yang dimiliki
Sebagian
kecil teknik
dan urutan
wawancara
dilakukan
dengan benar,
Menunjukkan
penguasaan
dan keterampilan
wawancara
yang dimiliki

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =


F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Soal latihan berbentuk cerita, gambar aktivitas masyarakat kota dan desa, gambar komik mengenai legenda dan cerita rakyat.



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                               RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                              NIP. 19850206 201406 2 006


MEDIA

TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 6

TEMA 6 KELAS 5 SUB 1 PB 6

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors