RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 6 : Organ
Tubuh Manusia dan Hewan
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Tubuh
Manusia /
6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Menerima
kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui
berkarya seni.
3.1 Mengenal
prinsip seni dalam berkarya seni rupa.
3.1.1 Memahami gambar komik bertemakan cerita
rakyat.
4.3 Menggambar
komik dengan menerapkan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan berdasarkan
hasil pengamatan.
4.3.1 Menggambar komik bertema legenda/ cerita
rakyat nusantara dengan proporsi, komposisi, dan unsur
penceritaan..
b) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
serta bendabenda di alam sekitar.
2.1 Memiliki
perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat
magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem
pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi
teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Menyiapkan pertanyaan untuk melakukan
wawancara dengan memilih kosa kata baku.
4.2 Menyampaikan
teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
4.2.1 Melakukan wawancara.
4.2.2 Menuliskan hasil wawancara dengan kosa kata
baku
c) PPKn
1.1 Menghargai
semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan
ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat.
2.1 Menunjukkan
perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI
dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan
nilai dan moral Pancasila.
3.6 Memahami
perlunya saling memenuhi keperluan hidup.
3.6.1 Menjelaskan perlunya saling memenuhi keperluan
hidup.
4.6 Menyajikan
dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan
keutuhan nasional.
4.6.1 Menuliskan dinamika saling memenuhi keperluan hidup
antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional dalam bentuk tabel.
c) IPS
1.1 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan
dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1 Memahami
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang
dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi,
pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
3.1.1 Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya
dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1 Menyajikan
hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang,
konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan
sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari
sumber-sumber yang tersedia
4.1.1 Mempresentasikan laporan hasil pengamatan tentang
mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar
ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi,
pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Prinsip seni dalam
berkarya seni rupa.
2.
Isi teks penjelasan
tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh
(manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan
3.
Dinamika saling
memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional
4.
Aktivitas dan
perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu
serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan
budaya dalam lingkup nasional.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia dan Hewan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Di awal
pembelajaran, guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan menanyakan, “Nasi
yang kita makan berasal dari daerah mana?”; setelah itu mengajukan pertanyaan
kembali, “Baju yang kita pakai berasal dari daerah mana?”
o
Guru juga bisa mengajukan
berbagai pertanyaan lainnya mengenai kebutuhan masyarakat kota dan desa untuk
memperkuat konsep masyarakat kota dan desa
o
Siswa mengamati
gambar dan membaca teks yang berhubungan dengan aktivitas masyarakat kota dan
desa (kegiatan membaca)
o
Siswa menggali
informasi dari berbagai sumber tentang bentuk ketergantungan masyarakat kota
dan desa
o
Siswa menuliskan
hasil wawancara dalam bentuk laporan tertulis pada kolom yang disediakan di
buku siswa
o
Siswa memfokuskan
laporan pada perubahan aktivitas manusia zaman dulu hingga sekarang
o
Guru dapat
memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling bertanya dan bertukar hasil
laporan wawancara sehingga siswa mendapatkan informasi yang lebih lengkap (kegiatan
menanya)
o
Siswa mengamati
gambar komik tentang legenda dan cerita rakyat
o
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan stimulus untuk meningkatkan rasa ingin tahu. Pertanyaan
tersebut misalnya: Adakah yang pernah mendengar cerita Malin Kundang? Cerita
Timun Emas berasal dari daerah mana?
o
Guru membimbing
siswa untuk memahami definisi legenda atau cerita rakyat
o
Siswa menggambar
sebuah adegan dari legenda atau cerita rakyat pada kolom yang disediakan di buku
siswa
Pengayaan
Bermain Drama
Langkah kerja:
o
Siswa akan
menampilkan sebuah drama tentang salah satu legenda yang berasal dari Jawa
Barat, yakni Legenda Gunung Tangkuban Parahu.
o
Siswa membuat
scenario drama menjadi beberapa babak. Setiap babak menceritakan rentetan
peristiwa tentang asal mula terbentuknya Gunung Tangkuban Parahu.
o
Siswa menjalani
proses casting untuk memilik peran dan karakter yang cocok
o
Siswa yang
terpilih akan menjalani proses latihan sebelum menampilkan drama
o
Saat drama
ditampilkan, siswa yang menjadi penonton menikmati, menghayati dan mempelajari
peristiwa terbentuknya Gunung Tangkuban Parahu
o
Di akhir
penampilan drama, siswa dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan Legenda
o
Gunung Tangkuban
Parahu.
o
Setelah kegiatan,
siswa melakukan refleksi:
o
Apa yang mereka
pelajari dan apa yang mereka rasakan saat melakukan kegiatan tersebut. Siswa
juga diberi kesempatan untuk memberikan saran perbaikan atas kegiatan
tersebut.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik Mencari Tahu
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa
tentang perubahan kehidupan manusia dalam bidang sosial,
•
ekonomi,
pendidikan, dan budaya
•
Keterampilan siswa
dalam menggali informasi dari berbagai sumber
•
Sikap kemandirian
siswa
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Pengetahuan
|
Siswa memahami
konsep perubahan
kehidupan
manusia dalam bidang sosial,
ekonomi, pendidikan,
dan budaya
|
Siswa
hanya
memahami
salah
satu
konsep
perubahan
kehidupan
manusia
dalam
bidang
sosial,
ekonomi,
pendidikan,
dan budaya
|
Siswa
hanya
Memahami salah
satu konsep
Manusia perubahan
kehidupan
manusia
dalam
bidang sosial,
ekonomi, pendidikan,
dan
budaya,
Membutuhkan
Sedikit bimbingan
dari guru dalam pengerjaannya
|
Siswa
tidak
memahami
semua
konsep
tentang
perubahan
kehidupan
manusia
dalam
bidang
sosial,
ekonomi,
pendidikan,
dan
budaya,
Membutuhkan
Banyak bimbingan
dalam pengerjaannya
|
2
|
Ketrampilan
siswa
dalam
menggali
informasi
|
Siswa menggali
Informasi
dari 4 sumber berbeda
|
Siswa menggali
Informasi
dari 3 sumber berbeda
|
Siswa
menggali
informasi
dari 2
sumber
berbeda
|
Siswa
menggali
informasi
hanya
dari 1
sumber
|
3
|
Kemandirian
Dan manajemen
waktu
(attitude)
|
Sangat mandiri
membaca
teks
bahkan
selesai
sebelum waktunya
|
Mandiri mengerjakan
tugas dan
selesai tepat waktu
|
Sesekali
perlu
diingatkan
untuk menyelesaikan
tugas
|
Tidak menyelesaikan
tugas
tepat waktu
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Tugas Wawancara
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang topik dan tujuan wawancara (perubahan
aktivitas
•
manusia pada zaman dulu hingga sekarang)
•
Keterampilan siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar
•
selama wawancara
•
Keterampilan siswa dalam menyelenggarakan wawancara
•
Sikap kemandirian dan tanggung jawab siswa selama mengerjakan tugas
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan
Pengetahuan:
Isi dan
hasil
wawancara
sesuai
dengan
topik
yang
diberikan
|
Wawancara
Dilakukan
dengan sangat menarik
dan
sesuai topik dan
tujuan
yang diberikan,
Menunjukkan
penguasaan
dan pemahaman
pewawancara
atas
materi
tugas
yang
diberikan
|
Wawancara
dilakukan
sesuai
topik
dan
tujuan
yang
diberikan,
Menunjukkan
penguasaan
dan pemahaman
pewawancara
atas materi
tugas
yang
diberikan
|
Sebagian
Besar wawancara
dilakukan
sesuai topik
dan
tujuan
yang
diberikan,
Menunjukkan
penguasaan
dan pemahaman
pewawancara
atas
materi
tugas
yang
diberikan
|
Sebagian
kecil
wawancara
dilakukan
sesuai topik
dan tujuan yang diberikan,
Menunjukkan
penguasaan
dan pemahaman
pewawancara
atas
materi
tugas
yang
diberikan
|
Penggunaan
Bahasa
Indonesia
yang
baik dan
benar:
Bahasa
Indonesia
yang
baik dan
benar
digunakan
dalam
wawancara
|
Bahasa
Indonesia
yang
baik,
benar
dan
efektif
digunakan
dalam
keseluruhan
wawancara
|
Bahasa Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dalam keseluruhan
wawancara
|
Bahasa Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dalam sebagian
besar wawancara
|
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dalam sebagian
kecil
wawancara
|
Sikap:
Wawancara
dilakukan
secara
mandiri,
baik
dan benar
serta
penuh
tanggung
jawab
atas
pemenuhan
tugas
|
Wawancara
dilakukan
secara mandiri,
baik
dan benar
serta penuh
tanggung
jawab
atas
pemenuhan
tugas
|
Sebagian Besar
wawancara
dilakukan
secara mandiri,
baik dan benar
serta penuh
tanggung
jawab
atas
pemenuhan
tugas
|
Setengah
dari
proses
wawancara
dilakukan
secara mandiri,
baik dan benar
serta
penuh
tanggung
jawab
atas
pemenuhan
tugas
|
Sebagian
kecil
dari
proses
wawancara
dilakukan
secara mandiri,
baik
dan benar
serta
penuh
tanggung
jawab
atas
pemenuhan
tugas
|
Keterampilan
wawancara:
Teknik
dan
urutan
wawancara
yang
dilakukan
menunjukkan
kemampuan
wawancara
yang
baik
|
Teknik
dan
Urutan wawancara
Dilakukan
dengan benar, Pendekatan
sesuai
dengan
situasi
dan
kondisi
responden
|
Teknik
dan
Urutan wawancara
dilakukan
dengan benar,
Menunjukkan
penguasaan
dan keterampilan
wawancara
yang dimiliki
|
Sebagian
besar
teknik
dan
urutan
wawancara
dilakukan
dengan
benar,
Menunjukkan
penguasaan
dan keterampilan
wawancara
yang dimiliki
|
Sebagian
kecil
teknik
dan
urutan
wawancara
dilakukan
dengan
benar,
Menunjukkan
penguasaan
dan keterampilan
wawancara
yang
dimiliki
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Soal latihan
berbentuk cerita, gambar aktivitas masyarakat kota dan desa, gambar komik
mengenai legenda dan cerita rakyat.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment