RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Sahabatku
Satwa/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri
fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilakujujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri,
berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila
3.1 Memahami
simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Mengidentifikasi
symbol sila keempat Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap
simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Membuat karya
berkaitan dengan lambang simbol sila keempat Pancasila.
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.2 Menguraikan
teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup
hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Menjelaskan
teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan secara lisan dan tulisan dengan menjawab
pertanyaan berdasarkan teks.
4.2 Menerangkan dan
mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta
daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.2.1 Menyusun teks
arahan/ petunjuk tentang perawatan hewan secara tulisan dengan tepat berdasarkan
gambar berseri dengan kalimat lengkap.
c) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
3.6 Mengetahui
konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif
sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak ritmik.
3.6.1 Mengidentifikasi
konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif
sesuai dengan irama (ketukan) tanpa musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan penggunaan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif sesuai dengan
irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6.1 Mempraktikkan
penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif
sesuai dengan irama (ketukan) tanpa musik dalam aktivitas gerak ritmik.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
o Berdiskusi mengenai
pengamalan sila ke-4 dan menggambar lambangnya.
o Membaca petunjuk merawat
anak ayam secara sederhana.
o Mencocokkan pasangan
pertanyaan dan jawaban mengenai petunjukn merawat anak ayam.
o Menyusun gambar menjadi
gambar petunjuk tentang perawatan hewan yang benar, kemudian menuliskan ke dalam
kalimat.
o Menirukan gerakan sederhana
dari gerakan hewan sebagai kombinasi gerak lokomotor dan non lokomotor serta
manipulatif.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa menjawab
salam dari guru.
o
Lambang sila ke-1
o
Lambang sila ke-2
o
Lambang sila ke-3
o
Lambang sila ke-4
o
Lambang sila ke-5
o
Siswa menyanyikan
lagu “Kucingku” karya Pak Kasur dengan riang gembira.
o
Siswa berembuk
untuk mendapatkan keputusan (musyawarah) sebagai contoh pengamalan Pancasila sila
ke-4, topiknya adalah memelihara hewan peliharaan.
o
(Guru menilai
sikap siswa ber dasarkan rubrik penilaian yang terlampir).
o
Musyawarah adalah
suatu upaya bersama dengan sikap rendah hati untuk memecahkan persoalan (mencari
jalan keluar) guna mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian atau
pemecahan masalah yang menyangkut urusan keduniawian.
o
Siswa membuat
lambang sila keempat Pancasila (rubrik penilaian terlampir).
o
Siswa membaca
teks arahan atau petunjuk memelihara anak ayam secara sederhana.
o
Siswa membaca
teks petunjuk merawat anak ayam secara sederhana, kemudian menjawab
pertanyaannya dengan cara memasangkan per tanyaan dengan jawaban yang tepat.
o
Menyusun gambar
mengenai petunjuk tentang perawatan anak ayam secara sederhana, kemudian siswa
menuliskannya dengan kalimat lengkap dan benar.
o
Siswa berolahraga
dengan melakukan gerakan senam berdasarkan gerakan hewan. kegiatan kelas
diakhiri dengan membaca doa sesuai dengan agama dan kepercayaannya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
3. Penilaian
Keterampilan
Kegiatan
membuat lambang Pancasila sila keempat
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Kesesuaian
dengan
tema.
|
Sesuai
dan
dikerjakan
mandiri
|
Sesuai
dengan
arahan
minimal
dari guru.
|
Sesuai
dengan
arahan
intensif
dari guru.
|
Tidak
sesuai
dengan
tema
|
2.
|
Kompleksitas.
|
Hasil
karya
memiliki
kompleksitas
tinggi.
|
Hasil
karya
memiliki
kompleksitas
cukup
|
Hasil
karya
memiliki
kompleksitas
kurang.
|
Hasil
karya
belum
terlihat
bentuknya
|
3.
|
Warna.
|
Warna
penuh
dengan
gradasi.
|
Warna kurang
penuh
dengan
gradasi.
|
Warna
kurang
tanpa
gradasi
|
Tanpa ada
warna.
|
|
Waktu.
|
Tepat waktu.
|
Perlu
sedikit
tambahan
waktu
untuk
penyelesaian
|
Perlu
banyak
tambahan
waktu untuk
penyelesaian.
|
Perlu
waktu
khusus
untuk
menyelesaikan
hasil
karya.
|
H. Sumber dan Media
1. Gambar
lambang sila Pancasila.
2. Kardus
bekas, gambar peternakan ayam, Internet atau majalah mengenai hewan.
3. Alat tulis.
Mengetahui, Tijue,
17 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Diskusikan gambar di
atas dengan teman
sebangkumu. Tuliskan
hal-hal yang ingin kamu
ketahui tentang bunga
tersebut pada kotak di
bawah ini.
Urutan petunjuk yang benar:
Tuliskanlah petunjuk perawatan anak ayam
berdasarkan gambar yang sudah tersusun
dengan
kalimat yang lengkap dan benar.
1.
…………………………………………………………
2. …………………………………………………………
3. …………………………………………………………
4. …………………………………………………………
5. …………………………………………………………
6. …………………………………………………………
…………………………………………………………
7. …………………………………………………………
…………………………………………………………
8. …………………………………………………………
…………………………………………………………
9. …………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment