Home » » TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 2

TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 4 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 6                                       : Indahnya Persahabatan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Sahabatku Satwa/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilakujujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila
3.1 Memahami simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Mengidentifikasi symbol sila keempat Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Membuat karya berkaitan dengan lambang simbol sila keempat Pancasila.

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Menjelaskan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan secara lisan dan tulisan dengan menjawab pertanyaan berdasarkan teks.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menyusun teks arahan/ petunjuk tentang perawatan hewan secara tulisan dengan tepat berdasarkan gambar berseri dengan kalimat lengkap.

c) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
3.6 Mengetahui konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak ritmik.
3.6.1 Mengidentifikasi konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6.1 Mempraktikkan penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa musik dalam aktivitas gerak ritmik.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
o   Berdiskusi mengenai pengamalan sila ke-4 dan menggambar lambangnya.
o   Membaca petunjuk merawat anak ayam secara sederhana.
o   Mencocokkan pasangan pertanyaan dan jawaban mengenai petunjukn merawat anak ayam.
o   Menyusun gambar menjadi gambar petunjuk tentang perawatan hewan yang benar, kemudian menuliskan ke dalam kalimat.
o   Menirukan gerakan sederhana dari gerakan hewan sebagai kombinasi gerak lokomotor dan non lokomotor serta manipulatif.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa menjawab salam dari guru.
o   Lambang sila ke-1
o   Lambang sila ke-2
o   Lambang sila ke-3
o   Lambang sila ke-4
o   Lambang sila ke-5

o   Siswa menyanyikan lagu “Kucingku” karya Pak Kasur dengan riang gembira.
o   Siswa berembuk untuk mendapatkan keputusan (musyawarah) sebagai contoh pengamalan Pancasila sila ke-4, topiknya adalah memelihara hewan peliharaan.
o   (Guru menilai sikap siswa ber dasarkan rubrik penilaian yang terlampir).
o   Musyawarah adalah suatu upaya bersama dengan sikap rendah hati untuk memecahkan persoalan (mencari jalan keluar) guna mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian atau pemecahan masalah yang menyangkut urusan keduniawian.
o   Siswa membuat lambang sila keempat Pancasila (rubrik penilaian terlampir).
o   Siswa membaca teks arahan atau petunjuk memelihara anak ayam secara sederhana.
o   Siswa membaca teks petunjuk merawat anak ayam secara sederhana, kemudian menjawab pertanyaannya dengan cara memasangkan per tanyaan dengan jawaban yang tepat.
o   Menyusun gambar mengenai petunjuk tentang perawatan anak ayam secara sederhana, kemudian siswa menuliskannya dengan kalimat lengkap dan benar.
o   Siswa berolahraga dengan melakukan gerakan senam berdasarkan gerakan hewan. kegiatan kelas diakhiri dengan membaca doa sesuai dengan agama dan kepercayaannya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
3. Penilaian Keterampilan
 Kegiatan membuat lambang Pancasila sila keempat
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Kesesuaian
dengan tema.
Sesuai dan
dikerjakan
mandiri
Sesuai dengan
arahan minimal
dari guru.
Sesuai dengan
arahan intensif
dari guru.
Tidak sesuai
dengan tema
2.
Kompleksitas.
Hasil karya
memiliki
kompleksitas
tinggi.
Hasil karya
memiliki
kompleksitas
cukup
Hasil karya
memiliki
kompleksitas
kurang.
Hasil karya
belum terlihat
bentuknya
3.
Warna.
Warna penuh
dengan gradasi.
            Warna kurang
penuh dengan
gradasi.
Warna kurang
tanpa gradasi
Tanpa ada
warna.

Waktu.
Tepat waktu.
Perlu sedikit
tambahan
waktu untuk
penyelesaian
Perlu banyak
tambahan
waktu untuk
penyelesaian.
Perlu waktu
khusus untuk
menyelesaikan
hasil karya.

H. Sumber dan Media
1.      Gambar lambang sila Pancasila.
2.      Kardus bekas, gambar peternakan ayam, Internet atau majalah mengenai hewan.
3.      Alat tulis.


Mengetahui,                                                                        Tijue, 17 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027





Lembar Kerja Siswa
(LKS)

 

  
Diskusikan gambar di atas dengan teman
sebangkumu. Tuliskan hal-hal yang ingin kamu
ketahui tentang bunga tersebut pada kotak di
bawah ini.


Urutan petunjuk yang benar:



Tuliskanlah petunjuk perawatan anak ayam
berdasarkan gambar yang sudah tersusun dengan
kalimat yang lengkap dan benar.
1.      …………………………………………………………
2.      …………………………………………………………
3.      …………………………………………………………
4.      …………………………………………………………
5.      …………………………………………………………
6.      …………………………………………………………
     …………………………………………………………
7.      …………………………………………………………
     …………………………………………………………
8.      …………………………………………………………
     …………………………………………………………
9.      …………………………………………………………



MEDIA

TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 2
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors