RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Sahabatku
Satwa/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan
dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan
teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup
hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Melengkapi teks
arahan/petunjuk tentang perawatan hewan secara lisan atau tulisan.
4.2 Menerangkan dan
mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta
daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.2.1 Mendemonstrasikan
teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan secara lisan atau tulis dengan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu
serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif,menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.9 Mengenal
hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat yang
biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.9.1 Mengonversi
sebuah satuan waktu dengan satuan waktu lainnya.
4.7 Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat modeln matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat
benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.7.1 Mengukur
waktu menggunakan satuan baku dan tidak baku
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah
Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.3 Memahami gerak
kuat dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik sebagai iringan.
3.3.1 Membedakan
gerak kuat dan lemah yang sesuai dengan musik sebagai iringan tari.
4.11 Memperagakan
gerak alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema berdasarkan level, tempo dan
dinamika.
4.11.1 Menyajikan
gerak alam yang mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan level, tempo dan
dinamika gerak.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Membaca teks mengenai cara sederhana memelihara kelinci.
2.
Melengkapi petunjuk perawatan kelinci.
3.
Mendemonstrasikan kegiatan merawat hewan di depan kelas.
4.
Berlatih soal cerita menghitung konversi waktu.
5.
Melakukan gerakan lembut dan gerakan kombinasi dari gerakan hewan secara
sederhana.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa menjawab
salam dari guru.
o
Siswa membaca
teks pada buku siswa mengenai cara sederhana memelihara kelinci.
o
Siswa melengkapi
kalimat yang menyatakan arahan memelihara kelinci.
o
Siswa
mendemonstrasikan bagaimana merawat hewan peliharaannya di rumah. (rubrik
terlampir)
o
Siswa mengerjakan
latihan soal matematika mengenai konversi waktu.
Konversi satuan
waktu
·
1 minggu = 7 hari
4. 1 hari = 24 jam
·
1 bulan = 4
minggu 5. 1 jam = 60 menit
·
1 bulan = 30 hari
6. 1 hari = 1440 menit
o
Siswa melakukan
gerakan tarian sederhana dari sebuah gerakan sederhana seekor hewan (guru
melakukan penilain sikap dan keterampilan melakukan tarian sederhana dari
gerakan hewan dengan rubrik terlampir).
o
Guru menyimpulkan
bahwa manusia harus menyayangi hewan serta dapat mengambil manfaat darinya.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan membaca doa sesuai dengan agama dan kepercayaannya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Menyelesaikan soal
cerita dengan skor 2 dari 5 soal.
3. Penilaian
Keterampilan
a. Mendemonstrasikan
perawatan hewan
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Keberanian.
|
Sangat
berani
dan antusias
|
Berani.
|
Kurang berani
|
Tidak
berani
|
2.
|
Kesesuaian
tema
|
Sangat
sesuai.
|
Sesuai.
|
Kurang sesuai.
|
Tidak sesuai
|
3.
|
Bahasa
yang
digunakan.
|
Sangat
sesuai
|
Sesuai.
|
Kurang sesuai.
|
Tidak sesuai.
|
4.
|
Alat
peraga.
|
Menggunakan
lebih
dari dua
alat
|
Mengunakan
dua alat.
|
Mengunakan
satu alat.
|
Tidak
menggunakan
|
b. Penilaian
Keterampilan menari gerakan hewan.
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Kesesuaian
dengan
tema
|
Sesuai
dan
dikerjakan
mandiri
|
Sesuai
dengan
arahan
minimal
dari
guru.
|
Sesuai
dengan
arahan
intensif
dari guru.
|
Tidak
sesuai
dengan
tema
|
2.
|
Biraga.
|
Sangat
sesuai.
|
Sesuai.
|
Kurang sesuai.
|
Tidak sesuai.
|
3.
|
Birama.
|
Sangat
sesuai.
|
Sesuai.
|
Kurang
sesuai.
|
Tidak sesuai.
|
|
Ketepatan
waktu.
|
Tepat
waktu.
|
Perlu
sedikit
tambahan
waktu.
|
Perlu
banyak
tambahan
waktu.
|
Perlu
waktu
khusus
untuk
menyelesaikan
hasil karya.
|
F. Sumber dan Media
1.
Gambar binatang peliharaan dan hewan di sekitar rumah dan sekolah.
2.
Kandang peternakan dan peternak di daerah sekitar.
3. Alat tulis.
Mengetahui, Tijue,
18 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Lengkapi petunjuk perawatan hewan di bawah ini !
Tambahkanlah kata-kata yang hilang berdasarkan
wacana.
1. Kandang kelinci disesuaikan dengan ___________ kelinci.
2.
Kandang ____________ agar mudah
dibersihkan.
3. Kandang dibersihkan setiap ______________
4. _____________ dan _________________ adalah makanan
yang baik untuk kelinci.
5. Air ___________ cocok untuk memandikan kelinci yang
badannya kotor.
Menghitung satuan waktu dalam memelihara
hewan.
1.
Dayu berencana untuk memelihara anak
kelinci. Setelah dipelihara selama tiga bulan dua minggu anak kelinci itu
menjadi besar. Berapa harikah tiga bulan dua minggu tersebut?
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
2.
Jika Dayu merawat anak kelinci setiap
hari selama 30 menit. Berapa jam mereka merawat anak kelinci selama tiga hari?
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
Media
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment