Home » » TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 3

TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 5 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 6                                       : Indahnya Persahabatan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Sahabatku Satwa/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Melengkapi teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan secara lisan atau tulisan.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Mendemonstrasikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan secara lisan atau tulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif,menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.9 Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.9.1 Mengonversi sebuah satuan waktu dengan satuan waktu lainnya.
4.7 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat modeln matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.7.1 Mengukur waktu menggunakan satuan baku dan tidak baku

c) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.3 Memahami gerak kuat dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik sebagai iringan.
3.3.1 Membedakan gerak kuat dan lemah yang sesuai dengan musik sebagai iringan tari.
4.11 Memperagakan gerak alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema berdasarkan level, tempo dan dinamika.
4.11.1 Menyajikan gerak alam yang mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan level, tempo dan dinamika gerak.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membaca teks mengenai cara sederhana memelihara kelinci.
2.      Melengkapi petunjuk perawatan kelinci.
3.      Mendemonstrasikan kegiatan merawat hewan di depan kelas.
4.      Berlatih soal cerita menghitung konversi waktu.
5.      Melakukan gerakan lembut dan gerakan kombinasi dari gerakan hewan secara sederhana.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa menjawab salam dari guru.
o   Siswa membaca teks pada buku siswa mengenai cara sederhana memelihara kelinci.
o   Siswa melengkapi kalimat yang menyatakan arahan memelihara kelinci.
o   Siswa mendemonstrasikan bagaimana merawat hewan peliharaannya di rumah. (rubrik terlampir)
o   Siswa mengerjakan latihan soal matematika mengenai konversi waktu.
Konversi satuan waktu
·         1 minggu = 7 hari 4. 1 hari = 24 jam
·         1 bulan = 4 minggu 5. 1 jam = 60 menit
·         1 bulan = 30 hari 6. 1 hari = 1440 menit
o   Siswa melakukan gerakan tarian sederhana dari sebuah gerakan sederhana seekor hewan (guru melakukan penilain sikap dan keterampilan melakukan tarian sederhana dari gerakan hewan dengan rubrik terlampir).
o   Guru menyimpulkan bahwa manusia harus menyayangi hewan serta dapat mengambil manfaat darinya.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan membaca doa sesuai dengan agama dan kepercayaannya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Menyelesaikan soal cerita dengan skor 2 dari 5 soal.

3. Penilaian Keterampilan
a. Mendemonstrasikan perawatan hewan
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Keberanian.
Sangat berani
dan antusias
Berani.
Kurang berani
Tidak berani
2.
Kesesuaian
tema
Sangat sesuai.
Sesuai.
Kurang sesuai.
Tidak sesuai
3.
Bahasa yang
digunakan.
Sangat sesuai
Sesuai.
Kurang sesuai.
Tidak sesuai.
4.
Alat peraga.
Menggunakan
lebih dari dua
alat
Mengunakan
dua alat.
Mengunakan
satu alat.
Tidak
menggunakan

b. Penilaian Keterampilan menari gerakan hewan.
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Kesesuaian
dengan tema
Sesuai dan
dikerjakan
mandiri
Sesuai dengan
arahan minimal
dari guru.
Sesuai dengan
arahan intensif
dari guru.
Tidak sesuai
dengan tema
2.
Biraga.
Sangat sesuai.
Sesuai.
Kurang sesuai.
Tidak sesuai.
3.
Birama.
Sangat sesuai.
Sesuai.
Kurang sesuai.
Tidak sesuai.

Ketepatan
waktu.
Tepat waktu.
Perlu sedikit
tambahan
waktu.
Perlu banyak
tambahan
waktu.
Perlu waktu
khusus untuk
menyelesaikan
hasil karya.

F. Sumber dan Media
1.      Gambar binatang peliharaan dan hewan di sekitar rumah dan sekolah.
2.      Kandang peternakan dan peternak di daerah sekitar.
3.      Alat tulis.


Mengetahui,                                                                        Tijue, 18 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027







Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Lengkapi petunjuk perawatan hewan di bawah ini !
Tambahkanlah kata-kata yang hilang berdasarkan
wacana.
1.   Kandang kelinci disesuaikan dengan ___________ kelinci.
2.   Kandang ____________ agar mudah dibersihkan.
3.   Kandang dibersihkan setiap ______________
4.   _____________ dan _________________ adalah makanan yang baik untuk kelinci.
5.   Air ___________ cocok untuk memandikan kelinci yang badannya kotor.

Menghitung satuan waktu dalam memelihara
hewan.
1.   Dayu berencana untuk memelihara anak kelinci. Setelah dipelihara selama tiga bulan dua minggu anak kelinci itu menjadi besar. Berapa harikah tiga bulan dua minggu tersebut?
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................    

2.   Jika Dayu merawat anak kelinci setiap hari selama 30 menit. Berapa jam mereka merawat anak kelinci selama tiga hari?
.....................................................................................................

.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................

Media
TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 3

 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors