RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Sahabatku
Satwa/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri
fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
3.1 Memahami
simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Menjelaskan
makna simbol sila keempat Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap
simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Melakukan
pengamatan tentang perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila keempat
Pancasila.
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan
teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup
hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Menyimpulkan
teks arahan/ tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan
secara lisan atau tulisan.
4.2 Menerangkan dan
mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta
daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.2.1 Membuat
ringkasan dari teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta
daur hidup hewansecara lisan atau tulisan..
c) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
3.6 Mengetahui
konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif
sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak ritmik.
3.6.1 Mengidentifikasi
konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif
sesuai dengan irama (ketukan) tanpa musik dalam aktivitas gerak ritmik
4.6 Mempraktikkan penggunaan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non- okomotor dan manipulatif sesuai dengan
irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6.1 Mempraktikkan
penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif
sesuai dengan irama (ketukan) tanpa musik dalam aktivitas gerak ritmik.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Menyimak gambar,
berdiskusi dan menjawab pertanyaan.
2.
Membaca teks dialog
dan bermain peran mengenai kegiatan berternak kambing.
3.
Menyimpulkan teks
dialog mengenai beternak kambing.
4.
Mengikuti guru olah
raga dalam kegiatan senam ritmik
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa menjawab
salam dari guru.
o
Siswa duduk
berkelompok dan mengamati gambar guru dan siswa sedang ber musyawarah.
o
Siswa berdiskusi
dan menjawab pertanyaan teks gambar. (guru melakukan penilaian sikap dengan rubik
yang terlampir).
o
Siswa membaca
teks dialog mengenai cara memelihara ternak kambing.
o
Peternakan adalah kegiatan
mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapat kan manfaat
dan hasil dari kegiatan tersebut.
o
Siswa melakukan
bermain peran sesuai dialog di teks.
o
Siswa membuat
kesimpulan dari teks dialog.
o
Siswa melakukan
senam ritmik dari gerakan hewan secara sederhana.
o
Senam Ritmik atau senam irama, yaitu
gerakan yang dilakukan dengan iringan musik atau latihan bebas yang dilakukan
secara berirama. Senam ritmik dapat dilakukan tanpa alat maupun dengan alat
yang dipegang seperti bola, tali, tongkat, sampai, dan gada. Senam ritmik
menuntut kepala, lengan, togok, danm kaki bergerak selaras dengan irama yang
mengiringi.
o
Ritmik atau irama adalah
gerakan yang dilakukan diiringi musik ataupun lagu-lagu.
o
Adapun pada
aktivitas ritmik ada tiga hal yang harus diperhatikan, yakni fleksibilitas, kontinuitas,
dan ketepatan dengan irama. Gerakan-gerakan dalam senam irama bertujuan untuk
melemaskan otot-otot tubuh, memperluas gerak persendian, menghilangkan cedera
otot, meningkatkan kesehatan, dan kebugaran jasmani.
o
Teknik gerak
langkah dalam senam irama sangat penting. Sebab, gerak langkah mendominasi
seluruh gerakan dalam senam irama.
o
Berikut ini
diuraikan beberapa macam langkah dalam senam irama.
o
Langkah biasa. Langkah biasa disebut dengan looppas. Cara
melakukannya sebagai berikut:
·
Sikap awal
berdiri tegak, kedua tangan di pinggang.
·
Hitungan 1:
langkahkan kaki kanan dari tumit, telapak kaki, kemudian ujung jari kaki.
·
Hitungan 2:
langkahkan kaki kiri sebagaimana kaki kanan.
o
Langkah Rapat. Langkah rapat disebut juga bijtrekpas. Cara
melakukannya sebagai berikut:
o
Sikap awal
berdiri tegak, kedua tangan di pinggang.
o
Hitungan 1:
langkahkan kaki kanan ke depan.
o
Hitungan 2: kaki
kiri dilangkahkan ke depan, kemudian diletakkan sejajar dengan kaki kanan.
o
Langkahkan kaki
secara bergantian.
o
Langkah Depan. Langkah depan disebut juga galoppas. Cara
melakukannya sebagai berikut:
o
Sikap awal
berdiri tegak, kedua tangan di pinggang.
o
Hitungan 1:
langkahkan kaki kanan ke depan.
o
Hitungan 2: Kaki
kiri menyusul dan bersama-sama melangkah dengan kaki kanan.
o
Lakukan secara
bergantian.
o
Langkah Samping. Langkah samping atau disebut dengan zijpas. Cara melakukannya
sebagai berikut:
·
Sikap awal
berdiri tegak, kedua tangan di pinggang.
·
Hitungan 1:
langkahkan kaki kanan ke samping kanan.
·
Hitungan 2:
langkahkan kaki kiri ke samping kanan dan rapatkan dengan kaki kanan.
·
Lakukan gerakan
ke kiri.
o
Gerak Dasar
Loncat (gerakan loncat bisa diganti dengan gerakan sederhana dari hewan):
·
Loncat ke depan
(loncat kucing dan kodok). Lompat ke depan
biasanya disertai ayunan kaki yang lain. Cara melakukan gerak lompat ke depan
adalah sebagai berikut:
o
Sikap awal berdiri
tegak, kedua tangan di pinggang.
o
Hitungan 1:
Lakukan lompatan kaki kanan, sementara itu kaki kiri diayun.
o
Hitungan 2:
Lakukan lompatan kaki kiri, sementara itu kaki kanan diayun.
o
Lakukan gerakan
secara bergantian.
·
Loncat ke
samping.
o
Sikap permulaan
berdiri tegak dan kedua tangan di pinggang.
o
Kaki kanan
ditekuk di belakang dan kaki kiri digunakan sebagai tumpuan
o
kemudian
bergantian melakukan gerakan lompatan dilakukan ke samping
o
kanan dan samping
kiri. Dilakukan berulang-ulang.
·
Loncat Kijang.
o
Sikap permulaan
berdiri tegak dan kedua tangan di pinggang.
o
Kaki kanan di
tekuk di depan sampai paha lurus sejajar den kaki kiri lurus
o
di belakang,
kemudian bergantian, dan melakukan gerakan menirukan
o
loncatan kijang.
Dilakukan berulang-ulang.
·
Meloncat sambil
membuka dan menutup kaki (gerakan lumba-lumba).
o
Gerakan ini harus
dilakukan dengan bersemangat supaya tidak terasa sulit.
o
Cara
melakukannya, adalah sebagai berikut:
o
Sikap awal
berdiri tegak, kedua tangan di pinggang.
o
Hitungan 1: kaki
dibuka lebar ke samping.
o
Hitungan 2: Kaki
ditutup secara bersamaan.
o
Lakukan gerakan
secara kontinu.
o
Gerak ayun lengan
(gerakan dapat diganti gerakan hewan seperti gerakan sayap).
•
Mengayunkan
lengan setinggi bahu. Cara melakukan
gerak mengayun satu lengan sebagai berikut:
o
Sikap awal
berdiri tegak, kedua lengan berada rapat di samping badan, kemudian jalan di
tempat.
o
Ayunkan lengan
kanan dari samping badan sampai setinggi bahu dan membentuk sudut 90 derajat,
kemudian turunkan kembali.
o
Lakukan gerakan tersebut
di tempat.
o
Lakukan gerakan
tersebut dengan lengan yang lain.
•
Mengayun lengan
lurus ke atas. Cara
melakukannya sebagai berikut:
o
Sikap awal
berdiri tegak, kemudian jalan di tempat dengan kedua tangan rapat di samping
badan.
o
Ayunkan lengan
dari samping badan sampai lurus ke atas, kemudian kembali lagi.
o
Lakukan dengan
tangan yang lain dan tetap di tempat.
o
Lakukan gerakan
tersebut dengan lengan yang lain.
•
Merentangkan
tangan. Cara melakukannya sebagai berikut:
o
Sikap awal
berdiri tegak, kemudian jalan di tempat dengan kedua tangan rapat di samping
badan.
o
Kedua tangan
dikepalkan di depan dada, sikut diangkat sejajar dengan bahu.
o
Lakukan gerakan
tersebut dengan lengan kaki.
•
Mendorong tangan
ke atas. Cara melakukan gerakan ini sebagai
berikut:
o
Sikap awal berdiri
tegak, kemudian jalan di tempat dengan kedua tangan rapat di samping badan.
o
Kedua tangan
mengepal di pinggang, telapak tangan menghadap ke atas, dan sikut
dibengkokkan.
o
Dorong tangan
kanan ke atas, putar pergelangan tangan sehingga telapak tangan menghadap ke
depan, kemudian kembali lagi ke sikap semula.
o
Lakukan gerakan
dengan tangan yang lain.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan membaca doa sesuai dengan agama dan
o
kepercayaannya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2. Penilaian
Keterampilan bermain Peran
3. Penilaian
Keterampilan
Unjuk Kerja
a. Menirukan gerak
lemah dan gerak kuat dalam tarian berdasarkan pengamatan
dari alam dengan
iringan musik ritmis
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Kesesuaian
dengan dialog.
|
Sesuai
dengan
kata-kata
dalam dialog ditambah
improvisasi.
|
Sesuai
dengan
kata-kata
dalam
dialog
kurang
improvisasi.
|
kurang
dengan
kata-kata
dalam
dialog
|
Tidak
sesuai
dengan
katakata
dalam dialog
|
2.
|
Ekspresi.
|
Ekspresi
terlihat menonjol
|
Ekspresi terlihat.
|
Ekspresi
kadang
tidak terlihat
|
Tanpa ekspresi
|
|
Ketepatan
waktu
|
Tepat
waktu.
|
Perlu
sedikit
tambahan
waktu
|
Perlu
banyak
tambahan
waktu.
|
Perlu
waktu
khusus
untuk
menyelesaikan
hasil karya
|
F. Sumber dan Media
1. Gambar
musyarah mufakat.
2. Rapat desa
Rukun Tetangga, Rukun Warga atau kelurahan dan kecamatan.
3. Alat tulis.
Mengetahui, Tijue,
19 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
1. Apa yang telah kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
2. Apakah bedanya hewan peliharaan bukan ternak dan hewan
ternak?
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
3. Apakah manfaat hewan ternak bagi manusia?
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
4. Apakah manfaat hewan peliharaan bukan ternak?
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment