Home » » TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 4

TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 5 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 6                                       : Indahnya Persahabatan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Sahabatku Satwa/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1 Memahami simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Menjelaskan makna simbol sila keempat Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Melakukan pengamatan tentang perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila keempat Pancasila.

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Menyimpulkan teks arahan/ tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan secara lisan atau tulisan.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Membuat ringkasan dari teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewansecara lisan atau tulisan..

c) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
3.6 Mengetahui konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak ritmik.
3.6.1 Mengidentifikasi konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa musik dalam aktivitas gerak ritmik
4.6 Mempraktikkan penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non- okomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6.1 Mempraktikkan penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa musik dalam aktivitas gerak ritmik.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menyimak gambar, berdiskusi dan menjawab pertanyaan.
2.      Membaca teks dialog dan bermain peran mengenai kegiatan berternak kambing.
3.      Menyimpulkan teks dialog mengenai beternak kambing.
4.      Mengikuti guru olah raga dalam kegiatan senam ritmik

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa menjawab salam dari guru.
o   Siswa duduk berkelompok dan mengamati gambar guru dan siswa sedang ber musyawarah.
o   Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan teks gambar. (guru melakukan penilaian sikap dengan rubik yang terlampir).
o   Siswa membaca teks dialog mengenai cara memelihara ternak kambing.
o   Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapat kan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut.
o   Siswa melakukan bermain peran sesuai dialog di teks.
o   Siswa membuat kesimpulan dari teks dialog.
o   Siswa melakukan senam ritmik dari gerakan hewan secara sederhana.
o   Senam Ritmik atau senam irama, yaitu gerakan yang dilakukan dengan iringan musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam ritmik dapat dilakukan tanpa alat maupun dengan alat yang dipegang seperti bola, tali, tongkat, sampai, dan gada. Senam ritmik menuntut kepala, lengan, togok, danm kaki bergerak selaras dengan irama yang mengiringi.
o   Ritmik atau irama adalah gerakan yang dilakukan diiringi musik ataupun lagu-lagu.
o   Adapun pada aktivitas ritmik ada tiga hal yang harus diperhatikan, yakni fleksibilitas, kontinuitas, dan ketepatan dengan irama. Gerakan-gerakan dalam senam irama bertujuan untuk melemaskan otot-otot tubuh, memperluas gerak persendian, menghilangkan cedera otot, meningkatkan kesehatan, dan kebugaran jasmani.
o   Teknik gerak langkah dalam senam irama sangat penting. Sebab, gerak langkah mendominasi seluruh gerakan dalam senam irama.
o   Berikut ini diuraikan beberapa macam langkah dalam senam irama.

o   Langkah biasa. Langkah biasa disebut dengan looppas. Cara melakukannya sebagai berikut:
·         Sikap awal berdiri tegak, kedua tangan di pinggang.
·         Hitungan 1: langkahkan kaki kanan dari tumit, telapak kaki, kemudian ujung jari kaki.
·         Hitungan 2: langkahkan kaki kiri sebagaimana kaki kanan.

o   Langkah Rapat. Langkah rapat disebut juga bijtrekpas. Cara melakukannya sebagai berikut:
o   Sikap awal berdiri tegak, kedua tangan di pinggang.
o   Hitungan 1: langkahkan kaki kanan ke depan.
o   Hitungan 2: kaki kiri dilangkahkan ke depan, kemudian diletakkan sejajar dengan kaki kanan.
o   Langkahkan kaki secara bergantian.

o   Langkah Depan. Langkah depan disebut juga galoppas. Cara melakukannya sebagai berikut:
o   Sikap awal berdiri tegak, kedua tangan di pinggang.
o   Hitungan 1: langkahkan kaki kanan ke depan.
o   Hitungan 2: Kaki kiri menyusul dan bersama-sama melangkah dengan kaki kanan.
o   Lakukan secara bergantian.

o   Langkah Samping. Langkah samping atau disebut dengan zijpas. Cara melakukannya sebagai berikut:
·         Sikap awal berdiri tegak, kedua tangan di pinggang.
·         Hitungan 1: langkahkan kaki kanan ke samping kanan.
·         Hitungan 2: langkahkan kaki kiri ke samping kanan dan rapatkan dengan kaki kanan.
·         Lakukan gerakan ke kiri.
o   Gerak Dasar Loncat (gerakan loncat bisa diganti dengan gerakan sederhana dari hewan):

·         Loncat ke depan (loncat kucing dan kodok). Lompat ke depan biasanya disertai ayunan kaki yang lain. Cara melakukan gerak lompat ke depan adalah sebagai berikut:
o   Sikap awal berdiri tegak, kedua tangan di pinggang.
o   Hitungan 1: Lakukan lompatan kaki kanan, sementara itu kaki kiri diayun.
o   Hitungan 2: Lakukan lompatan kaki kiri, sementara itu kaki kanan diayun.
o   Lakukan gerakan secara bergantian.

·         Loncat ke samping.
o   Sikap permulaan berdiri tegak dan kedua tangan di pinggang.
o   Kaki kanan ditekuk di belakang dan kaki kiri digunakan sebagai tumpuan
o   kemudian bergantian melakukan gerakan lompatan dilakukan ke samping
o   kanan dan samping kiri. Dilakukan berulang-ulang.

·         Loncat Kijang.
o   Sikap permulaan berdiri tegak dan kedua tangan di pinggang.
o   Kaki kanan di tekuk di depan sampai paha lurus sejajar den kaki kiri lurus
o   di belakang, kemudian bergantian, dan melakukan gerakan menirukan
o   loncatan kijang. Dilakukan berulang-ulang.

 ·         Meloncat sambil membuka dan menutup kaki (gerakan lumba-lumba).
o   Gerakan ini harus dilakukan dengan bersemangat supaya tidak terasa sulit.
o   Cara melakukannya, adalah sebagai berikut:
o   Sikap awal berdiri tegak, kedua tangan di pinggang.
o   Hitungan 1: kaki dibuka lebar ke samping.
o   Hitungan 2: Kaki ditutup secara bersamaan.
o   Lakukan gerakan secara kontinu.
o   Gerak ayun lengan (gerakan dapat diganti gerakan hewan seperti gerakan sayap).

         Mengayunkan lengan setinggi bahu. Cara melakukan gerak mengayun satu lengan sebagai berikut:
o   Sikap awal berdiri tegak, kedua lengan berada rapat di samping badan, kemudian jalan di tempat.
o   Ayunkan lengan kanan dari samping badan sampai setinggi bahu dan membentuk sudut 90 derajat, kemudian turunkan kembali.
o   Lakukan gerakan tersebut di tempat.
o   Lakukan gerakan tersebut dengan lengan yang lain.

         Mengayun lengan lurus ke atas. Cara melakukannya sebagai berikut:
o   Sikap awal berdiri tegak, kemudian jalan di tempat dengan kedua tangan rapat di samping badan.
o   Ayunkan lengan dari samping badan sampai lurus ke atas, kemudian kembali lagi.
o   Lakukan dengan tangan yang lain dan tetap di tempat.
o   Lakukan gerakan tersebut dengan lengan yang lain.

         Merentangkan tangan. Cara melakukannya sebagai berikut:
o   Sikap awal berdiri tegak, kemudian jalan di tempat dengan kedua tangan rapat di samping badan.
o   Kedua tangan dikepalkan di depan dada, sikut diangkat sejajar dengan bahu.
o   Lakukan gerakan tersebut dengan lengan kaki.

         Mendorong tangan ke atas. Cara melakukan gerakan ini sebagai berikut:
o   Sikap awal berdiri tegak, kemudian jalan di tempat dengan kedua tangan rapat di samping badan.
o   Kedua tangan mengepal di pinggang, telapak tangan menghadap ke atas, dan sikut dibengkokkan.
o   Dorong tangan kanan ke atas, putar pergelangan tangan sehingga telapak tangan menghadap ke depan, kemudian kembali lagi ke sikap semula.
o   Lakukan gerakan dengan tangan yang lain.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan membaca doa sesuai dengan agama dan
o   kepercayaannya.
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Keterampilan bermain Peran
3. Penilaian Keterampilan
Unjuk Kerja
a. Menirukan gerak lemah dan gerak kuat dalam tarian berdasarkan pengamatan
dari alam dengan iringan musik ritmis
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Kesesuaian
dengan dialog.
Sesuai dengan
kata-kata dalam dialog ditambah
improvisasi.
Sesuai dengan
kata-kata dalam
dialog kurang
improvisasi.

                    
kurang dengan
kata-kata dalam
dialog
Tidak sesuai
dengan katakata
dalam dialog
2.
Ekspresi.
Ekspresi terlihat menonjol
Ekspresi terlihat.
Ekspresi kadang
tidak terlihat
Tanpa ekspresi

Ketepatan
waktu
Tepat waktu.
Perlu sedikit
tambahan
waktu
Perlu banyak
tambahan
waktu.
Perlu waktu
khusus untuk
menyelesaikan
hasil karya

F. Sumber dan Media
1.      Gambar musyarah mufakat.
2.      Rapat desa Rukun Tetangga, Rukun Warga atau kelurahan dan kecamatan.
3.      Alat tulis.


Mengetahui,                                                                        Tijue, 19 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

1.  Apa yang telah kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................   

2.  Apakah bedanya hewan peliharaan bukan ternak dan hewan ternak?

......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................

3.  Apakah manfaat hewan ternak bagi manusia?
......................................................................................................

......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
4.  Apakah manfaat hewan peliharaan bukan ternak?
......................................................................................................

......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................

 MEDIA

TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 4


TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 4


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors