Home » » TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 5

TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 5 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 6                                       : Indahnya Persahabatan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Sahabatku Satwa/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi  dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Menemukan gagasan pokok isi teks arahan/ petunjuk tentang perawatan hewan secara lisan atau tulis.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Membuat karangan berdasarkan gambar teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan secara lisan atau tulisan.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif,menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.9 Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.9.1 Mengonversi sebuah satuan waktu dengan satuan waktu lainnya.
4.7 Merumuskan dengan kalimat sendiri,membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.7.1 Mengukur waktu menggunakan satuan baku dan tidak baku.

c) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1 Memahami simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Memberikan contoh pengamalan sila keempat Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Berperilaku sesuai dengan sila keempat Pancasila.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menyimak gambar dan menjawab pertanyaannya.
2.      Membuat sebuah karangan berdasarkan gagasan pokok pada gambar yang sudah disimak sebelumnya.
3.      Berdiskusi mengenai sebuah kegiatan perwakilan yang dilakukan siswa dan menjawab pertanyaannya.
4.      Latihan soal cerita matematika mengenai operasi konversi satuan waktu.
5.      Mengamati gambar mengenain pengamalan sila ke empat Pancasila dan menjawab pertanyaannya.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa menjawab salam dari guru.
o   Siswa berkelompok dan mendiskusikan mengenai gambar tentang sirkus dan bagaimana perawatan hewan sirkus, kemudian menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan sirkus dan cara merawat hewan (guru melakukan penilaian sikap dan penilaian keterampilan dengan rubrik terlampir).
o   Siswa membuat karangan mengenai gagasan utama dari gambar mengenai sirkus.
o   Gagasan utama karangan adalah gagasan utama atau ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Letaknya biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf.
o   Ada juga gagasan utama yang terletak di tengah paragraf bila paragraf tersebut termasuk paragraph deskripsi. Bila paragrafnya bersifat paragraph campuran, gagasan utamanya ada di awal dan di akhir paragraf. Ciri khusus kalimat utama adalah memiliki makna paling umum di antara kalimat-kalimat lain yang terdapat pada paragraf yang sama.
o   Siswa membuat karangan mengenai gagasan utama dari gambar mengenai sirkus.
o   Siswa mengerjakan soal-soal cerita operasi bilangan pada satuan konversi waktu. Soal cerita menggunakan operasi bilangan tambah (+) dan kurang (-).
o   Contoh : Edo nonton sirkus di TV pukul 11.30 selesai pukul 12. 45. Berapa menit lama Edo nonton sirkus di TV
o   Jawaban 12.45 – 11.30 =1 jam 15 menit = 75 menit
o   Siswa duduk berkelompok dan mengamati gambar mengenai kegiatan pengamalan sila ke-4 Pancasila, yaitu mempercayai para wakil dalam sebuah permusyawaratan.
o   Berikut ini adalah butir-butir sila ke-4.
·         Sebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama.
·         Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
·         Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
·         Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
o   Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.
o   Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
o   Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
o   Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
o   Keputusan yang diambil harus dapat diper tanggungjawabkan secara moral
o   kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.
o   Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan permusyawaratan.
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar kegiatan tersebut di dalam buku siswa (guru melakukan penilaian sikap dengan rubrik terlampir). kegiatan kelas diakhiri dengan membaca doa sesuai dengan agama dan kepercayaannya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

2. Penilaian Pengetahuan
Soal Cerita terdiri dari 5 soal dengan nilai 2 untuk masing-masing soal

3. Penilaian Keterampilan
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Kesesuaian
dengan tema.
Sesuai dan
dikerjakan
mandiri
Sesuai dengan
arahan minimal
dari guru
Sesuai dengan
arahan intensif
dari guru
Tidak sesuai
dengan tema
2.
Kerjasama.
Setiap siswa
memiliki tugas yang khusus
Hanya sebagian
siswa memiliki
tugas khusus
Sedikit siswa
memiliki tugas
khusus.
Hanya satu atau
dua orang yang
bekerja

Ketepatan
waktu.
Tepat waktu.
Perlu sedikit
tambahan
waktu.
Perlu banyak
tambahan
waktu
Perlu waktu
khusus.

F. Sumber dan Media
1.      Gambar kegiatan - kegiatan di daerah.
2.      Kegiatan bermusyawarah di desa, kelurahan atau rapat RT/RW.
2.      Alat tulis.


Mengetahui,                                                                        Tijue, 20 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Buatlah beberapa kelompok siswa lalu diskusikan
dengan temanmu kegiatan yang terdapat dalam
gambar di atas.
1.   Menurut kelompokmu, gagasan apa yang tergambar di atas?
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................

2.   Menurut kelompokmu, mengapa hewan-hewan liar dalam sirkus itu mau mengikuti keinginan pawang-pawangnya?

..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................

3.   Menurut kelompokmu, bagaimana cara merawat  binatang-binatang tersebut?
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................

Buatlah sebuah karangan berdasarkan gagasan
pokok pada gambar di atas!
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................

MEDIA
TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 5

TEMA 6 KELAS 3 SUB 3 PB 5
               

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors