RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Sahabatku
Satwa/ 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di
tengah keberagaman
bahasa daerah.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan
teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup
hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Menemukan
gagasan pokok isi teks arahan/ petunjuk tentang perawatan hewan secara lisan
atau tulis.
4.2 Menerangkan dan
mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta
daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.2.1 Membuat
karangan berdasarkan gambar teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan secara
lisan atau tulisan.
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu
serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif,menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.9 Mengenal
hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat yang
biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.9.1 Mengonversi
sebuah satuan waktu dengan satuan waktu lainnya.
4.7 Merumuskan
dengan kalimat sendiri,membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat
benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.7.1 Mengukur
waktu menggunakan satuan baku dan tidak baku.
c) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri
fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
3.1 Memahami simbolsimbol
sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Memberikan
contoh pengamalan sila keempat Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap
simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Berperilaku
sesuai dengan sila keempat Pancasila.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Menyimak gambar dan
menjawab pertanyaannya.
2.
Membuat sebuah
karangan berdasarkan gagasan pokok pada gambar yang sudah disimak sebelumnya.
3.
Berdiskusi mengenai
sebuah kegiatan perwakilan yang dilakukan siswa dan menjawab pertanyaannya.
4.
Latihan soal cerita
matematika mengenai operasi konversi satuan waktu.
5.
Mengamati gambar
mengenain pengamalan sila ke empat Pancasila dan menjawab pertanyaannya.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa menjawab
salam dari guru.
o
Siswa berkelompok
dan mendiskusikan mengenai gambar tentang sirkus dan bagaimana perawatan hewan
sirkus, kemudian menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan sirkus dan cara
merawat hewan (guru melakukan penilaian sikap dan penilaian keterampilan
dengan rubrik terlampir).
o
Siswa membuat
karangan mengenai gagasan utama dari gambar mengenai sirkus.
o
Gagasan utama
karangan adalah gagasan utama atau ide pokok merupakan pernyataan yang
menjadi inti pembahasan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam
setiap paragraf. Letaknya biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf.
o
Ada juga gagasan
utama yang terletak di tengah paragraf bila paragraf tersebut termasuk paragraph
deskripsi. Bila paragrafnya bersifat paragraph campuran, gagasan utamanya ada
di awal dan di akhir paragraf. Ciri khusus kalimat utama adalah memiliki
makna paling umum di antara kalimat-kalimat lain yang terdapat pada paragraf
yang sama.
o
Siswa membuat
karangan mengenai gagasan utama dari gambar mengenai sirkus.
o
Siswa mengerjakan
soal-soal cerita operasi bilangan pada satuan konversi waktu. Soal cerita
menggunakan operasi bilangan tambah (+) dan kurang (-).
o
Contoh : Edo
nonton sirkus di TV pukul 11.30 selesai pukul 12. 45. Berapa menit lama Edo
nonton sirkus di TV
o
Jawaban 12.45 –
11.30 =1 jam 15 menit = 75 menit
o
Siswa duduk
berkelompok dan mengamati gambar mengenai kegiatan pengamalan sila ke-4
Pancasila, yaitu mempercayai para wakil dalam sebuah permusyawaratan.
o
Berikut ini
adalah butir-butir sila ke-4.
·
Sebagai warga
negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak,
dan kewajiban yang sama.
·
Tidak boleh
memaksakan kehendak kepada orang lain.
·
Mengutamakan
musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
·
Musyawarah untuk
mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
o
Menghormati dan
menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.
o
Dengan itikad
baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
o
Di dalam
musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan
golongan.
o
Musyawarah
dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
o
Keputusan yang
diambil harus dapat diper tanggungjawabkan secara moral
o
kepada Tuhan Yang
Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai
kebenaran dan keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan
bersama.
o
Memberikan
kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan
permusyawaratan.
o
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan seputar kegiatan tersebut di dalam buku siswa (guru
melakukan penilaian sikap dengan rubrik terlampir). kegiatan kelas diakhiri
dengan membaca doa sesuai dengan agama dan kepercayaannya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||||||||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||||||||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||||||||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||||||||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||||||||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||||||||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||||||||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||||||||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||||||||||||
10
|
Fawniya
|
||||||||||||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||||||||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||||||||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||||||||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||||||||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||||||||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||||||||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||||||||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||||||||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||||||||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||||||||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||||||||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||||||||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||||||||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||||||||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||||||||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||||||||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||||||||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||||||||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||||||||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||||||||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||||||||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||||||||||||
33
|
Alfin
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Soal Cerita terdiri
dari 5 soal dengan nilai 2 untuk masing-masing soal
3. Penilaian Keterampilan
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Kesesuaian
dengan
tema.
|
Sesuai
dan
dikerjakan
mandiri
|
Sesuai
dengan
arahan
minimal
dari guru
|
Sesuai
dengan
arahan
intensif
dari guru
|
Tidak
sesuai
dengan
tema
|
2.
|
Kerjasama.
|
Setiap
siswa
memiliki
tugas yang
khusus
|
Hanya
sebagian
siswa
memiliki
tugas khusus
|
Sedikit
siswa
memiliki
tugas
khusus.
|
Hanya
satu atau
dua orang
yang
bekerja
|
Ketepatan
waktu.
|
Tepat
waktu.
|
Perlu
sedikit
tambahan
waktu.
|
Perlu
banyak
tambahan
waktu
|
Perlu waktu
khusus.
|
F. Sumber dan Media
1.
Gambar kegiatan - kegiatan di daerah.
2.
Kegiatan bermusyawarah di desa, kelurahan atau rapat RT/RW.
2. Alat tulis.
Mengetahui, Tijue,
20 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Buatlah beberapa kelompok siswa lalu diskusikan
dengan temanmu kegiatan yang terdapat dalam
gambar di atas.
1.
Menurut kelompokmu, gagasan apa yang tergambar
di atas?
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
2.
Menurut kelompokmu, mengapa hewan-hewan
liar dalam sirkus itu mau mengikuti keinginan pawang-pawangnya?
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
3.
Menurut kelompokmu, bagaimana cara
merawat binatang-binatang tersebut?
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
Buatlah sebuah karangan berdasarkan
gagasan
pokok pada gambar di
atas!
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment