RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 2/ Pembelajaran :
Bumi/ 1
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan.
2.3 Memiliki rasa
percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar.
b) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan
perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama,
suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.2.1 Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.11 Menyebukan contoh hidup rukun dalam pergaulan.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga.
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
3.6 Mengetahui satuan panjang dan
berat benda,
jarak suatu tempat
(baik tidak baku maupun yang
baku) dan menggunakannya
dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan
sekitar .
3.6.1 Mengukur panjang beberapa
benda dengan menggunakan
satuan tidak baku.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan
terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang
disajikan dalam bentuk
tabel sederhana.
3.10.1 Membandingkan hasil pengukuran
panjang dua benda.
4.5 Memecahkan masalah nyata
secara efektif yang
berkaitan dengan
penjumlahan, pengurang,
perkalian, pembagian,
waktu, berat,
panjang, berat benda dan
uang, selanjutnya
memeriksa kebenaran
jawabannya.
4.5.1 Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan panjang
benda.
4.11 Membuat tabel sederhana hasil
pengukuran panjang atau beratIndikator
4.11.1 Membuat tabel sederhana hasil
pengukuran panjang
d) SBdP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni
3.1 Mengenal bahan dan alat serta
tekniknya dalam membuat
karya seni rupa.
3.1.1 Menentukan bahan dan alat dalam
membuat karya seni.
4.4 Membentuk karya relif dari bahan
yang ada di lingkungan
sekitar.Indikator
4.4 1 Membentuk karya relif dari bahan
yang ada di lingkungan
sekitar.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Laporan Teks Sederhana tentang Alam Sekitar
- Membentuk karya kreatif
- Tata tertib di rumah
- Mengukur dengan satuan tak baku
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Guru
membimbing siswa mengamati gambar Gunung Sinabung meletus, selanjutnya guru membimbing siswa membaca
teks tentang peristiwa Gunung Sinabung meletus
o
Siswa mengamati gambar gunung
berapi meletus (mengamati).
o Siswa
membuat pertanyaan mengenai letusan gunung berapi sesuai gambar yang diamati (menanya).
o
Siswa menjawab pertanyaan yang
dibuat (menalar).
o Siswa
membaca teks tentang peristiwa Gunung Sinabung meletus dengan suara yang nyaring.
o Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di
o Buku
Siswa berkaitan dengan isi teks yang dibacanya (menalar).
o Siswa
membaca kembali teks tentang peristiwa gunung meletus (mengamati).
o Siswa
menulis hal-hal yang terjadi di daerah yang terkena bencana menurut cerita dalam
surat. Siswa menulis dengan
huruf tegak bersambung (mencoba).
o Pada saat
menulis kejadian-kejadian di daerah bencana, siswa ditumbuhkan sikap
toleransinya terhadap penderitaan sesama.
o Siswa
menulis hal-hal yang mungkin terjadi, yang belum dituliskan pada surat tersebut (menalar).
o Pada Buku
Siswa terdapat gambar-gambar yang menunjukkan kegiatan sehari-hari sesuai
dengan tata tertib yang berlaku di rumah.
o Siswa
mengamati gambar-gambar yang terdapat di buku siswa tentang berbagai sikap (mengamati).
o Siswa
menentukan gambar yang menunjukkan kepatuhan pada tata tertib (menalar).
o Sebagai
kegiatan tambahan, siswa diarahkan untuk membandingkan kegiatan tersebut
dengan kegiatan yang ada di
rumahnya. Apakah siswa melakukan kegiatan seperti yang dicontohkan pada buku.
o Siswa
menceritakan makna gambar-gambar tersebut (mengomunikasikan).
o Siswa
bercerita dengan bantuan pertanyaan yang terdapat pada buku (menanya).
o Siswa
mengungkapkan perasaannya bila mengalami hal seperti itu (mencoba).
o Siswa
menyatakan pendapatnya bila kejadian seperti itu selalu terjadi di rumahnya (mengomunikasikan).
o Pada
kegiatan ini tersedia gambar benda-benda yang akan diukur panjangnya dengan satuan
tidak baku. Sebaiknya, ada
benda-benda nyata yang digunakan untuk kegiatan membandingkan panjangnya. Pada
buku terdapat gambar surat,
buku, dan pensil. Siswa menyediakan kertas surat, buku, dan pensil.
o Siswa
mengamati gambar Edo mengukur berbagai benda (mengamati).
o Siswa
membandingkan panjang benda-benda tersebut dengan satuan pengukur tak baku (menalar).
o Siswa
mengurutkan benda-benda tersebut dari yang terpendek sampai yang terpanjang (menalar).
o Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok berjumlah 4 orang (mengomunikasikan).
o Siswa
ditugaskan mengukur benda lain dengan satuan tak baku seperti jengkal tangan, buku
tulis, dsb (mencoba).
o Siswa
mencatat hasil pengukuran yang dilakukan dalam kelompok (mencoba).
o Siswa
mengurutkan hasil pengukuran benda yang dilakukan
dari nilai terkecil ke terbesar (menalar).
o Pada
kegiatan ini siswa akan melakukan percobaan untuk menjelaskan bagaimana gunung
meletus mengeluarkan lava.
Kegiatan dilakukan secara berkelompok, setiap kelompok terdiri atas 4 atau 5
siswa.
o Siswa
mempersiapkan bahan dan alat yang akan digunakan
(menalar).
o Siswa
membaca cara kerja kegiatan yang terdapat pada buku siswa (mengamati).
o Siswa
membuat relief gunung berapi dari bahan yang tersedia sesuai cara kerjanya (mencoba).
o Siswa
mengamati apa yang terjadi dari percobaan tentang gunung berapi dari
larutan yang dicampurkan (mengamati).
o
Siswa mencatat hasil
percobaaannya (mencoba).
o
Siswa mengumpulkan catatan hasil
kegiatan membuat gunung berapi (mencoba).
o Siswa
membuat laporan tertulis dengan format yang dibuat oleh masing-masing
kelompok (mengomunikasikan).
o
Siswa membacakan tulisan ke depan
kelas (mengomunikasikan).
Kegiatan Pengayaan
o Jika
siswa sudah mampu membaca nyaring teks laporan sederhana tentang hewan di sekitar, maka guru memberikan
latihan lanjutan yaitu membaca nyaring teks laporan sederhana dengan cara berkelompok
dan bergantian.
o Jika
siswa sudah mampu membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda, maka guru memberikan latihan tambahan
dan mendiskusikannya dengan teman yang kesulitan membandingkan hasil pengukuran.
o Jika
siswa sudah mampu membuat karya relief, maka guru memberikan latihan lanjutan berupa membantu teman yang
kesulitan membuat karya relief.
o Jika siswa
sudah mampu mengidentifikasi tata tertib, maka guru memberikan tugas lanjutan kepada siswa secara
berkelompok untuk bertanya jawab dengan temannya.
Kegiatan Remedial
o Jika
siswa masih kesulitan untuk membaca nyaring teks laporan sederhana tentang
hewan di
sekitar, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dan penugasan latihan
di rumah.
o Jika
siswa masih kesulitan untuk membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda, maka guru memberikan latihan
terbimbing dan penugasan di rumah.
o Jika
siswa masih kesulitan untuk membuat karya relief, maka guru atau temannya membimbing siswa yang kesulitan
membuat karya relief.
o Jika
siswa sudah mampu mengidentifikasi tata tertib, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dan penugasan
latihan di rumah.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis : skor
a. Menjawab Pertanyaan berdasarkan
isi teks bacaan
1) Agar Binsar
dan keluarga menjadi aman
2) Tidak
3) Sedih,
karena tidak seenak tinggal di rumah.
b. Memberi tanda centang pada
gambar yang menunjukan gambar tindakan yang
mematuhi tata tertib
1) Gambar 95
2) Gambar 96
3.
Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan
No
|
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang
sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan
tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan
gambar yang
diamati
|
|
|
4.
|
Menggunakan
kata tanya yang bervariasi
|
|
|
b. Menulis laporan sederhana
RubrikPenilaian:
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Pengetahuan
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
dalam
menuliskan
kembali isi surat
tentang bencana
alam.
|
Siswa cukup
menunjukkan
pemahaman
dalam
menuliskan
kembali isi surat
tentang bencana
alam.
|
Siswa kurang
menunjukkan
pemahaman
dalam
menuliskan
kembali isi surat tentang bencana alam.
|
Siswa tidak
menunjukkan
pemahaman
dalam menuliskan
kembali isi surat
tentang bencana
alam.
|
|
Keterampilan
|
Siswa mampu
menuliskan
hal – hal yang
mungkin terjadi
yang belum
dituliskan dalam
surat tersebut
|
Siswa cukup
mampu
menuliskan
hal – hal yang
mungkin terjadi
yang belum
dituliskan dalam surat tersebut
|
Siswa kurang
mampu
menuliskan
hal – hal yang
mungkin terjadi
yang belum
dituliskan dalam surat tersebut
|
Siswa tidak
mampu
menuliskan
hal – hal yang
mungkin terjadi
yang belum
dituliskan dalam
surat
tersebut
|
c. Membentuk Karya Relief
Rubrik Berkreasi Membuat Model Gunung Meletus
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Pengetahuan
|
Siswa mampu
mengikuti
petunjuk dan
arahan dalam
membuat model
gunung
meletus.
|
Siswa cukup
mampu
mengikuti
petunjuk dan
arahan dalam
membuat model
gunung meletus.
|
Siswa kurang
mampu
mengikuti
petunjuk dan
arahan dalam
membuat model
gunung
meletus.
|
Siswa tidak
mampu
mengikuti
petunjuk dan
arahan dalam
membuat model
gunung
meletus
|
|
Sikap rasa
ingin tahu dan
toleransi
|
Siswa sangat
antusias dalam
membuat
bentuk gunung
dari bahan yang
tersedia sesuai
cara kerjanya
dan memberikan
toleransi terhadap
anggota kelompok
lain untuk
membantu.
|
Siswa cukup
antusias dalam
membuat
bentuk gunung
dari bahan yang
tersedia sesuai
cara kerjanya
dan memberikan
cukup toleransi
terhadap
anggota
kelompok
lain untuk
membantu.
|
Siswa kurang
antusias dalam
membuat bentuk
gunung dari
bahan yang
tersedia sesuai
cara kerjanya
dan kurang
memberikan
toleransi
terhadap
anggota
kelompok
lain untuk
membantu.
|
Siswa tidak
antusias dalam
membuat
bentuk gunung
dari bahan yang
tersedia sesuai
cara kerjanya
dan tidak
memberikan
toleransi
terhadap
anggota
kelompok
lain untuk
membantu.
|
|
Keterampilan
|
Siswa mampu
membentuk
lava yang
mengalir pada
gunung buatan
sesuai cara
kerjanya serta
mencatat hasil
percobaannya.
|
Siswa cukup
mampu
membentuk
lava yang
mengalir pada
gunung buatan
sesuai cara
kerjanya serta
mencatat hasil
percobaannya.
|
Siswa kurang
mampu
membentuk
lava yang
mengalir pada
gunung buatan
sesuai cara
kerjanya serta
mencatat hasil
percobaannya.
|
Siswa tidak
mampu
membentuk lava
yang mengalir
pada gunung
buatan sesuai
cara kerjanya
serta tidak
mencatat hasil
percobaannya.
|
d. Rubrik Mengukur Panjang Benda dengan Satuan Tidak Baku
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Pengetahuan
|
Siswa mampu
memilih dan
menggunakan
benda – benda
sebagai alat
ukur satuan
tak baku dalam
mengukur benda
lainnya.
|
Siswa cukup
Mampu memilih
dan
menggunakan
benda – benda
sebagai alat
ukur satuan
tak baku dalam
mengukur benda lainnya.
|
Siswa kurang
mampu
memilih dan
menggunakan
benda – benda
sebagai alat
ukur satuan
tak baku dalam
mengukur benda lainnya.
|
Siswa tidak
mampu
memilih dan
menggunakan
benda – benda
sebagai alat
ukur satuan
tak baku dalam
mengukur benda
lainnya.
|
|
Sikap rasa ingin tahu, tanggung
jawab, dan
toleransi
|
Siswa sangat
antusias dalam
melakukan
kegiatan ini,
menunjukkan
sikap toleransi
terhadap
temannya dan
menunjukkan
tanggung jawab.
|
Siswa cukup
antusias dalam
melakukan
kegiatan ini,
menunjukkan
sikap cukup
toleransi
terhadap
temannya dan
menunjukkan
cukup tanggung
jawab
|
Siswa kurang
antusias dalam
melakukan
kegiatan ini,
menunjukkan
sikap kurang
toleransi
terhadap
temannya
dan kurang
menunjukkan
tanggung
jawab.
|
Siswa tidak
antusias dalam
melakukan
kegiatan ini,
menunjukkan
sikap tidak
toleransi
terhadap
temannya
dan tidak
menunjukkan
tanggung
jawab.
|
|
Keterampilan
|
Siswa mampu
mengurutkan
hasil
pengukuran
meja dengan
menggunakan
berbagai benda
yang berbeda
dari yang paling
banyak sampai
paling sedikit.
|
Siswa cukup
mampu
mengurutkan
hasil
pengukuran
meja dengan
menggunakan
berbagai benda
yang berbeda
dari yang paling banyak sampai paling
sedikit
|
Siswa kurang
mampu
mengurutkan
hasil
pengukuran
meja dengan
menggunakan
berbagai benda
yang berbeda
dari yang paling banyak sampai paling
sedikit.
|
Siswa tidak
mampu
mengurutkan
hasil
pengukuran
meja dengan
menggunakan
berbagai benda
yang berbeda
dari yang paling
banyak sampai
paling sedikit
|
F. Sumber
dan Media
1.
Gambar gunung berapi meletus
2.
Gambar berbagai aktivitas Edo di pagi hari
3.
Gambar berbagai kegiatan Edo berkaitan
dengan aktivitas mengukur panjang berbagai benda
4.
Gambar hasil kreasi membuat relief gunung
berapi
Mengetahui, Tijue,
9 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Berilah
centang pada gambar yang menunjukkan
tindakan yang mematuhi tata tertib.
Coba ceritakan apa yang
terjadi pada gambar di atas
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
Coba ceritakan apa yang
terjadi pada gambar di atas
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment