Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 1

TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 5 January 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 6                                   : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Bumi/ 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar.

b) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.2.1 Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.11 Menyebukan contoh hidup rukun dalam pergaulan.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga.
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar .
3.6.1 Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan tidak baku.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
3.10.1 Membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
4.5.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda.
4.11 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau beratIndikator
4.11.1 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang

d) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
3.1.1 Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
4.4 Membentuk karya relif dari bahan yang ada di lingkungan sekitar.Indikator
4.4 1 Membentuk karya relif dari bahan yang ada di lingkungan sekitar.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Laporan Teks Sederhana tentang Alam Sekitar
  2. Membentuk karya kreatif
  3. Tata tertib di rumah
  4. Mengukur dengan satuan tak baku


D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membimbing siswa mengamati gambar Gunung Sinabung meletus, selanjutnya guru membimbing siswa membaca teks tentang peristiwa Gunung Sinabung meletus
o   Siswa mengamati gambar gunung berapi meletus (mengamati).
o   Siswa membuat pertanyaan mengenai letusan gunung berapi sesuai gambar yang diamati (menanya).
o   Siswa menjawab pertanyaan yang dibuat (menalar).
o   Siswa membaca teks tentang peristiwa Gunung Sinabung meletus dengan suara yang nyaring.
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di
o   Buku Siswa berkaitan dengan isi teks yang dibacanya (menalar).
o   Siswa membaca kembali teks tentang peristiwa gunung meletus (mengamati).
o   Siswa menulis hal-hal yang terjadi di daerah yang terkena bencana menurut cerita dalam surat. Siswa menulis dengan huruf tegak bersambung (mencoba).
o   Pada saat menulis kejadian-kejadian di daerah bencana, siswa ditumbuhkan sikap toleransinya terhadap penderitaan sesama.
o   Siswa menulis hal-hal yang mungkin terjadi, yang belum dituliskan pada surat tersebut (menalar).
o   Pada Buku Siswa terdapat gambar-gambar yang menunjukkan kegiatan sehari-hari sesuai dengan tata tertib yang berlaku di rumah.
o   Siswa mengamati gambar-gambar yang terdapat di buku siswa tentang berbagai sikap (mengamati).
  • Gambar Edo sakit perut mengetuk pintu menunggu Niko yang lama sekali mandi
  • Gambar Niko masih tdur nyenyak pada pukul 6.45, sedangkan Edo telah siap berangkat sekolah.
  • Edo dan Niko membantu ayah dan ibu membersihkan halaman.
  • Gambar Edo dan sekelurga makan malam.
o   Siswa menentukan gambar yang menunjukkan kepatuhan pada tata tertib (menalar).
o   Sebagai kegiatan tambahan, siswa diarahkan untuk membandingkan kegiatan tersebut dengan kegiatan yang ada di rumahnya. Apakah siswa melakukan kegiatan seperti yang dicontohkan pada buku.
o   Siswa menceritakan makna gambar-gambar tersebut (mengomunikasikan).
o   Siswa bercerita dengan bantuan pertanyaan yang terdapat pada buku (menanya).
o   Siswa mengungkapkan perasaannya bila mengalami hal seperti itu (mencoba).
o   Siswa menyatakan pendapatnya bila kejadian seperti itu selalu terjadi di rumahnya (mengomunikasikan).
o   Pada kegiatan ini tersedia gambar benda-benda yang akan diukur panjangnya dengan satuan tidak baku. Sebaiknya, ada benda-benda nyata yang digunakan untuk kegiatan membandingkan panjangnya. Pada buku terdapat gambar surat, buku, dan pensil. Siswa menyediakan kertas surat, buku, dan pensil.
o   Siswa mengamati gambar Edo mengukur berbagai benda (mengamati).
  • Mengukur jarak meja dengan surat
  • Mengukur panjang meja dengan buku
  • Mengukur panjang meja dengan pensil
o   Siswa membandingkan panjang benda-benda tersebut dengan satuan pengukur tak baku (menalar).
o   Siswa mengurutkan benda-benda tersebut dari yang terpendek sampai yang terpanjang (menalar).
o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok berjumlah 4 orang (mengomunikasikan).
o   Siswa ditugaskan mengukur benda lain dengan satuan tak baku seperti jengkal tangan, buku tulis, dsb (mencoba).
o   Siswa mencatat hasil pengukuran yang dilakukan dalam kelompok (mencoba).
o   Siswa mengurutkan hasil pengukuran benda yang dilakukan dari nilai terkecil ke terbesar (menalar).
o   Pada kegiatan ini siswa akan melakukan percobaan untuk menjelaskan bagaimana gunung meletus mengeluarkan lava. Kegiatan dilakukan secara berkelompok, setiap kelompok terdiri atas 4 atau 5 siswa.
o   Siswa mempersiapkan bahan dan alat yang akan digunakan (menalar).
o   Siswa membaca cara kerja kegiatan yang terdapat pada buku siswa (mengamati).
o   Siswa membuat relief gunung berapi dari bahan yang tersedia sesuai cara kerjanya (mencoba).
o   Siswa mengamati apa yang terjadi dari percobaan tentang gunung berapi dari larutan yang dicampurkan (mengamati).
o   Siswa mencatat hasil percobaaannya (mencoba).
o   Siswa mengumpulkan catatan hasil kegiatan membuat gunung berapi (mencoba).
o   Siswa membuat laporan tertulis dengan format yang dibuat oleh masing-masing kelompok (mengomunikasikan).
o   Siswa membacakan tulisan ke depan kelas (mengomunikasikan).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu membaca nyaring teks laporan sederhana tentang hewan di sekitar, maka guru memberikan latihan lanjutan yaitu membaca nyaring teks laporan sederhana dengan cara berkelompok dan bergantian.
o   Jika siswa sudah mampu membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda, maka guru memberikan latihan tambahan dan mendiskusikannya dengan teman yang kesulitan membandingkan hasil pengukuran.
o   Jika siswa sudah mampu membuat karya relief, maka guru memberikan latihan lanjutan berupa membantu teman yang kesulitan membuat karya relief.
o   Jika siswa sudah mampu mengidentifikasi tata tertib, maka guru memberikan tugas lanjutan kepada siswa secara berkelompok untuk bertanya jawab dengan temannya.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membaca nyaring teks laporan sederhana tentang hewan di sekitar, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dan penugasan latihan di rumah.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda, maka guru memberikan latihan terbimbing dan penugasan di rumah.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membuat karya relief, maka guru atau temannya membimbing siswa yang kesulitan membuat karya relief.
o   Jika siswa sudah mampu mengidentifikasi tata tertib, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dan penugasan latihan di rumah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis : skor
a. Menjawab Pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan
1)      Agar Binsar dan keluarga menjadi aman
2)      Tidak
3)      Sedih, karena tidak seenak tinggal di rumah.

b. Memberi tanda centang pada gambar yang menunjukan gambar tindakan yang     mematuhi tata tertib
1)      Gambar 95
2)      Gambar 96

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan
No

Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang
diamati


4.
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Menulis laporan sederhana
RubrikPenilaian:
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa
menunjukkan
pemahaman
dalam
menuliskan
kembali isi surat
tentang bencana
alam.
Siswa cukup
menunjukkan
pemahaman
dalam
menuliskan
kembali isi surat
tentang bencana
alam.
Siswa kurang
menunjukkan
pemahaman
dalam
menuliskan
kembali isi surat tentang bencana alam.
Siswa tidak
menunjukkan
pemahaman
dalam menuliskan
kembali isi surat
tentang bencana
alam.

Keterampilan
Siswa mampu
menuliskan
hal – hal yang
mungkin terjadi
yang belum
dituliskan dalam
surat tersebut
Siswa cukup
mampu
menuliskan
hal – hal yang
mungkin terjadi
yang belum
dituliskan dalam surat tersebut
Siswa kurang
mampu
menuliskan
hal – hal yang
mungkin terjadi
yang belum
dituliskan dalam surat tersebut
Siswa tidak
mampu
menuliskan
hal – hal yang
mungkin terjadi
yang belum
dituliskan dalam
surat tersebut

c. Membentuk Karya Relief
Rubrik Berkreasi Membuat Model Gunung Meletus
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa mampu
mengikuti
petunjuk dan
arahan dalam
membuat model
gunung meletus.
Siswa cukup
mampu
mengikuti
petunjuk dan
arahan dalam
membuat model
gunung meletus.
Siswa kurang
mampu
mengikuti
petunjuk dan
arahan dalam
membuat model
gunung meletus.
Siswa tidak
mampu
mengikuti
petunjuk dan
arahan dalam
membuat model
gunung meletus

Sikap rasa
ingin tahu dan
toleransi
Siswa sangat
antusias dalam
membuat
bentuk gunung
dari bahan yang
tersedia sesuai
cara kerjanya
dan memberikan
toleransi terhadap
anggota kelompok
lain untuk
membantu.

Siswa cukup
antusias dalam
membuat
bentuk gunung
dari bahan yang
tersedia sesuai
cara kerjanya
dan memberikan
cukup toleransi
terhadap
anggota
kelompok
lain untuk
membantu.
Siswa kurang
antusias dalam
membuat bentuk
gunung dari
bahan yang
tersedia sesuai
cara kerjanya
dan kurang
memberikan
toleransi
terhadap
anggota
kelompok
lain untuk
membantu.
Siswa tidak
antusias dalam
membuat
bentuk gunung
dari bahan yang
tersedia sesuai
cara kerjanya
dan tidak
memberikan
toleransi
terhadap
anggota
kelompok
lain untuk
membantu.

Keterampilan
Siswa mampu
membentuk
lava yang
mengalir pada
gunung buatan
sesuai cara
kerjanya serta
mencatat hasil
percobaannya.

Siswa cukup
mampu
membentuk
lava yang
mengalir pada
gunung buatan
sesuai cara
kerjanya serta
mencatat hasil
percobaannya.
Siswa kurang
mampu
membentuk
lava yang
mengalir pada
gunung buatan
sesuai cara
kerjanya serta
mencatat hasil
percobaannya.
Siswa tidak
mampu
membentuk lava
yang mengalir
pada gunung
buatan sesuai
cara kerjanya
serta tidak
mencatat hasil
percobaannya.

d. Rubrik Mengukur Panjang Benda dengan Satuan Tidak Baku
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa mampu
memilih dan
menggunakan
benda – benda
sebagai alat
ukur satuan
tak baku dalam
mengukur benda
lainnya.
Siswa cukup
Mampu memilih dan
menggunakan
benda – benda
sebagai alat
ukur satuan
tak baku dalam
mengukur benda lainnya.
Siswa kurang
mampu
memilih dan
menggunakan
benda – benda
sebagai alat
ukur satuan
tak baku dalam
mengukur benda lainnya.
Siswa tidak
mampu
memilih dan
menggunakan
benda – benda
sebagai alat
ukur satuan
tak baku dalam
mengukur benda
lainnya.

Sikap rasa ingin tahu, tanggung
jawab, dan
toleransi
Siswa sangat
antusias dalam
melakukan
kegiatan ini,
menunjukkan
sikap toleransi
terhadap
temannya dan
menunjukkan
tanggung jawab.
Siswa cukup
antusias dalam
melakukan
kegiatan ini,
menunjukkan
sikap cukup
toleransi
terhadap
temannya dan
menunjukkan
cukup tanggung
jawab
Siswa kurang
antusias dalam
melakukan
kegiatan ini,
menunjukkan
sikap kurang
toleransi
terhadap
temannya
dan kurang
menunjukkan
tanggung jawab.
Siswa tidak
antusias dalam
melakukan
kegiatan ini,
menunjukkan
sikap tidak
toleransi
terhadap
temannya
dan tidak
menunjukkan
tanggung jawab.


Keterampilan
Siswa mampu
mengurutkan
hasil
pengukuran
meja dengan
menggunakan
berbagai benda
yang berbeda
dari yang paling
banyak sampai
paling sedikit.
Siswa cukup
mampu
mengurutkan
hasil
pengukuran
meja dengan
menggunakan
berbagai benda
yang berbeda
dari yang paling banyak sampai paling sedikit
Siswa kurang
mampu
mengurutkan
hasil
pengukuran
meja dengan
menggunakan
berbagai benda
yang berbeda
dari yang paling banyak sampai paling sedikit.
Siswa tidak
mampu
mengurutkan
hasil
pengukuran
meja dengan
menggunakan
berbagai benda
yang berbeda
dari yang paling
banyak sampai
paling sedikit

F. Sumber dan Media
1.      Gambar gunung berapi meletus
2.      Gambar berbagai aktivitas Edo di pagi hari
3.      Gambar berbagai kegiatan Edo berkaitan dengan aktivitas mengukur panjang berbagai benda
4.      Gambar hasil kreasi membuat relief gunung berapi




Mengetahui,                                                                        Tijue, 9 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001



 
Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Berilah centang pada gambar yang menunjukkan
tindakan yang mematuhi tata tertib.

Coba ceritakan apa yang terjadi pada        gambar di atas
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................  

  
Coba ceritakan apa yang terjadi pada        gambar di atas
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................


 MEDIA
TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 1


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors