RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 2/ Pembelajaran :
Bumi/ 2
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3
Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam
kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan sekolah.
4.2
Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.Indikator
3.2.1
Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.2
Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.2
Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga.
b) Bahasa Indonesia
1.2
Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan
hewan dan tumbuhan.
2.3
Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota
keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau
bahasa daerah.
3.1
Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta
jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1
Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar,
hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.1
Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
4.1.2
Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi
yang jelas.
c) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.10
Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan
aktivitas fisik.
4.10
Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah
melakukan aktivitas fisik
3.10.1
Mengidentifikasi bebagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan
aktivitas fisik.
3.10.3
Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
3.10.5
Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.10.1
Menceritakan kegiatanyang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.10.2
Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik.
d) SBdP
1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan
Tuhan.
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai
sumber ide dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni
rupa.
4.4 Membentuk karya relif dari bahan yang ada
di lingkungan
sekitar.Indikator
3.1.1 Menentukan bahan dan alat dalam membuat
karya seni.
4.4 1 Membentuk karya relif dari bahan yang ada
di lingkungan
sekitar.
d) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar
3.6
Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun
yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3.10
Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat
yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.5
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang,
perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa
kebenaran jawabannya.
4.11
Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat.Indikator
3.6.1
Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan tidak baku.
3.6.2
Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm dan m.
3.10.2
Mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke
terbesar.
4.5.1
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda.
4.11.1
Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Mengukur dengan Satuan tak baku
- Kegiatan sebelum aktivitas fisik
- Teks laporan sederhana
- Aturan di lingkungan keluarga
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membimbing siswa
mengamati gambar gunung berapi yang sedang meletus dengan pertanyaan, apa
yang terjadi pada gambar?
o
Siswa mengamati
gambar gunung berapi yang sedang meletus (mengamati).
o
Siswa menjawab
pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati tentang hidup bersama di
tempat pengungsian dan aturan di tempat pengungsian (menanya).
o
Siswa
mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang ditulis terutama mengenai sikap
dan aturan yang dilaksanakan di tempat pengungsian (mengomunikasikan).
o
Siswa membaca
teks mengenai gunung berapi (mengamati).
o
Siswa menjawab
pertanyaan berkaitan denga teks bacaan gunung berapi (menanya).
o
Siswa mengisi
tabel tentang hal yang menguntungkan dan merugikan dari peristiwa gunung
berapi (menalar).
o
Siswa mendiskusikan
jawaban yang ditulis (mengomunikasikan).
o
Siswa mengamati
gambar Edo sedang olahraga lompat jauh (mengamati).
o
Siswa membaca
teks singkat tentang kegiatan Edo berolah raga lompat jauh (mengamati).
o
Siswa
mendiskusikan kegiatan Edo pada teks bacaan (mengomunikasikan).
o
Siswa mengamati
gerakan pemanasan, lompat jauh, dan pendinginan (mengamati).
o
Siswa menjawab
pertanyaan berkaitan dengan gerakan pemanasan dan pendinginan (menalar).
o
Siswa membahas
tentang manfaat pemanasan dan pendinginan dan akibat tidak melakukannya (menalar).
o
Guru membimbing
siswa membaca petunjuk untuk melakukan lompat jauh dengan mengamati gambar
gerakan pemanasan, lompat jauh, dan pendinginan.
o
Siswa membaca
petunjuk melakukan lompat jauh dengan mendengar penjelasan guru dan mengamati
gambar gerakan pemanasan, lompat jauh, dan pendinginan serta petunjuk
sedarahana (mengamati).
o
Siswa melengkapi
kalimat berkaitan dengan kegiatan lompat jauh (menalar)
o
Siswa
mendiskusikan jawaban dari kalimat yang dilengkapi (mengomunikasikan).
o
Siswa membaca
teks singkat tentang kegiatan mengukur dengan satuan tak baku menggunakan
ukuran telapak kaki Edo (mengamati).
o
Siswa mengisi
tabel mengenai hasil pengukuran panjang dengan menggunakan panjang telapak
kaki pada teks singkat (mencoba).
o
Siswa memeriksa
kebenaran jawaban dari tabel yang diisi (mengomunikasikan).
o
Siswa menjawab
pertanyaan berkaitan dengan kegiatan mengukur Edo dan teman-teman (menalar).
o
Siswa mengamati
penafsiran hasil pengukuran dengan satuan tak baku menjadi satuan baku dengan
satuan sentimeter yang didapat dari pengukuran dengan meteran (mengamati).
o
Siswa mengisi
tabel berkaitan dengan hasil pengukuran dengan satuan baku (mencoba).
o
Siswa memeriksa
kebenaran jawaban tabel yang diiisi (mengomunikasikan).
o
Siswa menjawab
pertanyan berkaitan dengan tabel hasil pengukuran yang telah diisi (menalar).
Kegiatan
Pengayaan
o
Jika siswa sudah
mampu mengidentifikasi teks laporan, maka guru memberikan latihan lanjutan
membuat identifikasi yang lebih banyak dari acuan yang ditetapkan guru
sebelumnya.
o
Jika siswa sudah
mampu mengurutkan hasil pengukuran panjang benda, maka guru memberikan
latihan tambahan dan mendiskusikannya dengan teman atau membantu temannya
yang kesulitan mengurutkan hasil pengukuran panjang tersebut.
o
Jika siswa sudah
mampu mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan
aktivitas fisik, maka guru memberikan latihan lanjutan berupa mendiskusikan jawaban
dengan temannya
o
Jika siswa sudah
mampu mengelompokkan berbagai tata tertib siswa mendiskusikan jawaban siswa
atau membantu temannya yang kesulitan mengelompokkan berbagai contoh tata
tertib.
Kegiatan Remedial
o
Jika siswa masih
mengidentifikasi isi teks laporan, maka guru memberikan bimbingan dalam
kegiatan identifikasi siswa
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk mengurutkan hasil pengukuran panjang, maka guru memberikan
latihan terbimbing dan penugasan di rumah
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan
aktivitas fisik, maka guru memberikan latihan terbimbing dan penugasan latihan
di rumah.
o
Jika siswa masih
kesulitan mengelompokkan berbagai contoh tata tertib maka guru dapat
memberikan latihan terbimbing dan penugasan latihan di rumah.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes
tertulis: skor
a.
Menulis pendapat berkaitan dengan gambar yang diamati
1)
berbahaya
2)
Saling menghormati, tolong menolong, dan penuh tenggang rasa.
3)
Bantuan
4)
Kerja sama
5) Mentaati
peraturan
6)
Kasih sayah
7)
Membantu orangtua
8)
Tentram
b.
Hal menguntungkan dan membahayakan dari gunung berapi
NO
|
Hal Yang
menguntungkan
|
Hal yang
membahayakan
|
1
|
Tanahnya subur
|
Dapat menimbulkan penyakit pernapasan
|
2
|
Terdapat sumber air panas
|
Dapat meletus
|
3
|
Terdapat berbagai sumber daya alam
|
Warga menjadi panik
|
4
|
Baik untuk daerah pertanian
|
Pertanian menjadi terganggu
|
5
|
Dijadikan tempat objek wisata
|
Tumbuhan dan hewan bisa mati
|
c.
Menjawab pertanyaan berkaitan dengan kegiatan setelah aktivitas fisik
1)
Agar tidak terjadi cidera, gangguan pernapasan, dan
kram otot
2)
Mentaati
3)
Akan terkena sanksi dan merugikan diri sendiri.
d.
Menjawab pertanyaan berkaitan dengan hasil pengukuran
1)
Edo, 30 panjang telapak kaki Edo
2)
Udin, 27 panjang telapak kaki Edo
3)
Beni dan Lani, 23 panjang telapak kaki Edo
3.
Penilaian Keterampilan
Rubrik Membuat Pertanyaan
No
|
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat
tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang
diamati
|
|
|
4.
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
Rubrik Membaca Teks Gunung Berapi
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Pengetahuan
|
Siswa mampu
mencari
informasi
yang berkaitan
dengan gunung
meletus pada
berbagai media
|
Siswa cukup
mampu mencari
informasi
yang berkaitan
dengan gunung
meletus pada
beberapa media
|
Siswa kurang
mampu mencari
informasi
yang berkaitan
dengan gunung meletus pada beberapa media
|
Siswa tidak
mampu mencari
informasi
yang berkaitan
dengan gunung
meletus pada
beberapa media
|
|
Sikap percaya
diri dan rasa
ingin tahu
|
Siswa
menunjukkan
antusiasnya
dalam membaca
teks tentang
gunung meletus dan
menunjukkan
sikap percaya
diri
|
Siswa cukup
menunjukkan
antusiasnya
dalam membaca
teks tentang
gunung meletus
dan cukup
menunjukkan
sikap percaya
diri
|
Siswa kurang
menunjukkan
antusiasnya
dalam membaca
teks tentang
gunung meletus dan kurang menunjukkan
sikap percaya
diri
|
Siswa tidak
menunjukkan
antusiasnya
dalam membaca
teks tentang
gunung meletus
dan tidak
menunjukkan
sikap percaya
diri
|
|
Keterampilan
|
Siswa membaca
teks dengan
suara yang
jelas dan tidak
menggumam
|
Siswa membaca
teks dengan
suara yang
cukup jelas
dan tidak
menggumam
|
Siswa membaca
teks dengan
suara yang
kurang jelas
dan sedikit
menggumam
|
Siswa membaca
teks dengan
suara yang
tidak jelas dan
menggumam
|
Rubrik Beraktivitas Melakukan Pemanasan, Lompat Jauh,
dan Pendinginan
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Pengetahuan
|
Siswa mampu
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan
pendinginan yang sesuai dengan arahan
|
Siswa cukup
mampu
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan pendinginan yang sesuai dengan arahan
|
Siswa kurang
mampu
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan
pendinginan yang sesuai dengan arahan
|
Siswa tidak
mampu
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan
pendinginan yang
sesuai dengan
arahan
|
|
Sikap percaya
diri
|
Siswa
menunjukkan
sikap percaya
diri pada saat
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan pendinginan
|
Siswa cukup
menunjukkan
sikap percaya
diri pada saat
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan pendinginan
|
Siswa kurang
menunjukkan
sikap percaya
diri pada saat
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan pendinginan
|
Siswa tidak
menunjukkan
sikap percaya
diri pada saat
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan
pendinginan
|
|
Keterampilan
|
Siswa terampil
dalam melakukan
pemanasan,
lompat jauh, danpendinginan
|
Siswa cukup
teram pil dalam
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan pendinginan
|
Siswa kurang
terampil dalam
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan pendinginan
|
Siswa tidak
terampil dalam
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan
pendinginan
|
Rubrik Mengukur Panjang Lompatan
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Pengetahuan
|
Siswa mampu
melakukan
pengukuran
hasil lompatan
temannya
menggunakan
tangan dan
menuliskannyan
pada tabel
|
Siswa cukup
Mampu melakukan
pengukuran
hasil lompatan
temannya
menggunakan
tangan dan
menuliskannyan pada tabel
|
Siswa kurang
Mampu melakukan
pengukuran
hasil lompatan
temannya
menggunakan
tangan dan
menuliskannyan pada tabel
|
Siswa tidak
mampu
melakukan
pengukuran
hasil lompatan
temannya
menggunakan
tangan dan tidak
menuliskannyan
pada tabel
|
|
Sikap percaya
diri, tanggung
jawab, dan
toleransi
|
Siswa
memberikan
toleransi kepada
temannya dalam
aktifitas, percaya diri dalam melakukan
gerakan, serta
menunjukkan
sikap tanggung
jawab
|
Siswa cukup
memberikan
toleransi kepada
temannya
dalam aktifitas,
cukup percaya
diri dalam
melakukan
gerakan, serta cukup
menunjukkan
sikap tanggung
jawab
|
Siswa kurang
memberikan
toleransi kepada
temannya
dalam aktifitas,
kurang percaya
diri dalam
melakukan
gerakan,
serta kurang
menunjukkan
sikap tanggung
jawab
|
Siswa tidak
memberikan
toleransi kepada
temannya
dalam aktifitas,
tidak percaya
diri dalam
melakukan
gerakan,
serta tidak
menunjukkan
sikap tanggung
jawab
|
|
Keterampilan
|
Siswa sangat
terampil dalam
mengukur
dengan
menggunakan
jari dan menuliskannya ke dalam tabel
|
Siswa cukup
terampil dalam
mengukur
dengan
menggunakan
jari dan
menuliskannya
ke dalam tabel
|
Siswa kurang
terampil dalam
mengukur
dengan
menggunakan
jari dan
menuliskannya
ke dalam tabel
|
Siswa tidak
terampil dalam
mengukur
dengan
menggunakan
jari dan tidak
menuliskannya
ke dalam tabel
|
F. Sumber
dan Media
·
Gambar gunung merapi sedang meletus
·
Gambar Edo sedang berolahraga lompat jauh
·
Gambar gerakan pemanasan
·
Gambar lompat jauh
·
Gambar pendinginan
Mengetahui, Tijue,
10 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Tuliskanlah
pendapatmu di bawah ini!
1. Menurutku, hidup di daerah dekat gunung berapi __________________________________________
2. Hidup bersama di tempat pengungsian horus
__________________________________________
3. Semua pengungsi akan mendapatkan
__________________________________________
4. Semua pengungsi juga diharapkan
__________________________________________
5. Hidup bersama di lingkungan keluarga juga harus
__________________________________________
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment