Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 2

TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 5 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 6                                   : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Bumi/ 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.2 Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga.

b) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.1 Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
4.1.2 Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas.

c) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10 Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik
3.10.1 Mengidentifikasi bebagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
3.10.3 Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
3.10.5 Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.10.1 Menceritakan kegiatanyang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.10.2 Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik.

d) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.4 Membentuk karya relif dari bahan yang ada di lingkungan sekitar.Indikator
3.1.1 Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
4.4 1 Membentuk karya relif dari bahan yang ada di lingkungan sekitar.

d) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
4.11 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat.Indikator
3.6.1 Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan tidak baku.
3.6.2 Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan baku cm dan m.
3.10.2 Mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.5.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda.
4.11.1 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  1. Mengukur dengan Satuan tak baku
  2. Kegiatan sebelum aktivitas fisik
  3. Teks laporan sederhana
  4. Aturan di lingkungan keluarga

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membimbing siswa mengamati gambar gunung berapi yang sedang meletus dengan pertanyaan, apa yang terjadi pada gambar?
o   Siswa mengamati gambar gunung berapi yang sedang meletus (mengamati).
o   Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati tentang hidup bersama di tempat pengungsian dan aturan di tempat pengungsian (menanya).
o   Siswa mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang ditulis terutama mengenai sikap dan aturan yang dilaksanakan di tempat pengungsian (mengomunikasikan).
o   Siswa membaca teks mengenai gunung berapi (mengamati).
o   Siswa menjawab pertanyaan berkaitan denga teks bacaan gunung berapi (menanya).
o   Siswa mengisi tabel tentang hal yang menguntungkan dan merugikan dari peristiwa gunung berapi (menalar).
o   Siswa mendiskusikan jawaban yang ditulis (mengomunikasikan).
o   Siswa mengamati gambar Edo sedang olahraga lompat jauh (mengamati).
o   Siswa membaca teks singkat tentang kegiatan Edo berolah raga lompat jauh (mengamati).
o   Siswa mendiskusikan kegiatan Edo pada teks bacaan (mengomunikasikan).
o   Siswa mengamati gerakan pemanasan, lompat jauh, dan pendinginan (mengamati).
o   Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan gerakan pemanasan dan pendinginan (menalar).
o   Siswa membahas tentang manfaat pemanasan dan pendinginan dan akibat tidak melakukannya (menalar).
o   Guru membimbing siswa membaca petunjuk untuk melakukan lompat jauh dengan mengamati gambar gerakan pemanasan, lompat jauh, dan pendinginan.
o   Siswa membaca petunjuk melakukan lompat jauh dengan mendengar penjelasan guru dan mengamati gambar gerakan pemanasan, lompat jauh, dan pendinginan serta petunjuk sedarahana (mengamati).
o   Siswa melengkapi kalimat berkaitan dengan kegiatan lompat jauh (menalar)
o   Siswa mendiskusikan jawaban dari kalimat yang dilengkapi (mengomunikasikan).
o   Siswa membaca teks singkat tentang kegiatan mengukur dengan satuan tak baku menggunakan ukuran telapak kaki Edo (mengamati).
o   Siswa mengisi tabel mengenai hasil pengukuran panjang dengan menggunakan panjang telapak kaki pada teks singkat (mencoba).
o   Siswa memeriksa kebenaran jawaban dari tabel yang diisi (mengomunikasikan).
o   Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan kegiatan mengukur Edo dan teman-teman (menalar).
o   Siswa mengamati penafsiran hasil pengukuran dengan satuan tak baku menjadi satuan baku dengan satuan sentimeter yang didapat dari pengukuran dengan meteran (mengamati).
o   Siswa mengisi tabel berkaitan dengan hasil pengukuran dengan satuan baku (mencoba).
o   Siswa memeriksa kebenaran jawaban tabel yang diiisi (mengomunikasikan).
o   Siswa menjawab pertanyan berkaitan dengan tabel hasil pengukuran yang telah diisi (menalar).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu mengidentifikasi teks laporan, maka guru memberikan latihan lanjutan membuat identifikasi yang lebih banyak dari acuan yang ditetapkan guru sebelumnya.
o   Jika siswa sudah mampu mengurutkan hasil pengukuran panjang benda, maka guru memberikan latihan tambahan dan mendiskusikannya dengan teman atau membantu temannya yang kesulitan mengurutkan hasil pengukuran panjang tersebut.
o   Jika siswa sudah mampu mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik, maka guru memberikan latihan lanjutan berupa mendiskusikan jawaban dengan temannya
o   Jika siswa sudah mampu mengelompokkan berbagai tata tertib siswa mendiskusikan jawaban siswa atau membantu temannya yang kesulitan mengelompokkan berbagai contoh tata tertib.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa masih mengidentifikasi isi teks laporan, maka guru memberikan bimbingan dalam kegiatan identifikasi siswa
o   Jika siswa masih kesulitan untuk mengurutkan hasil pengukuran panjang, maka guru memberikan latihan terbimbing dan penugasan di rumah
o   Jika siswa masih kesulitan untuk mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik, maka guru memberikan latihan terbimbing dan penugasan latihan di rumah.
o   Jika siswa masih kesulitan mengelompokkan berbagai contoh tata tertib maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dan penugasan latihan di rumah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

 
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis: skor
a. Menulis pendapat berkaitan dengan gambar yang diamati
1) berbahaya
2) Saling menghormati, tolong menolong, dan penuh tenggang rasa.
3) Bantuan
4) Kerja sama
5) Mentaati peraturan
6) Kasih sayah
7) Membantu orangtua
8) Tentram

b. Hal menguntungkan dan membahayakan dari gunung berapi
NO
Hal Yang menguntungkan
Hal yang membahayakan
1
Tanahnya subur
Dapat menimbulkan penyakit pernapasan
2
Terdapat sumber air panas
Dapat meletus
3
Terdapat berbagai sumber daya alam
Warga menjadi panik
4
Baik untuk daerah pertanian
Pertanian menjadi terganggu
5
Dijadikan tempat objek wisata
Tumbuhan dan hewan bisa mati

c. Menjawab pertanyaan berkaitan dengan kegiatan setelah aktivitas fisik
1)        Agar tidak terjadi cidera, gangguan pernapasan, dan kram otot
2)        Mentaati
3)        Akan terkena sanksi dan merugikan diri sendiri.

d. Menjawab pertanyaan berkaitan dengan hasil pengukuran
1)        Edo, 30 panjang telapak kaki Edo
2)        Udin, 27 panjang telapak kaki Edo
3)        Beni dan Lani, 23 panjang telapak kaki Edo

3. Penilaian Keterampilan
Rubrik Membuat Pertanyaan
No

Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang
diamati


4.
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



Rubrik Membaca Teks Gunung Berapi
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa mampu
mencari
informasi
yang berkaitan
dengan gunung
meletus pada
berbagai media
Siswa cukup
mampu mencari
informasi
yang berkaitan
dengan gunung
meletus pada
beberapa media
Siswa kurang
mampu mencari
informasi
yang berkaitan
dengan gunung meletus pada beberapa media
Siswa tidak
mampu mencari
informasi
yang berkaitan
dengan gunung
meletus pada
beberapa media

Sikap percaya
diri dan rasa
ingin tahu
Siswa
menunjukkan
antusiasnya
dalam membaca
teks tentang
gunung meletus dan
menunjukkan
sikap percaya
diri
Siswa cukup
menunjukkan
antusiasnya
dalam membaca
teks tentang
gunung meletus
dan cukup
menunjukkan
sikap percaya
diri
Siswa kurang
menunjukkan
antusiasnya
dalam membaca
teks tentang
gunung meletus dan kurang menunjukkan
sikap percaya
diri
Siswa tidak
menunjukkan
antusiasnya
dalam membaca
teks tentang
gunung meletus
dan tidak
menunjukkan
sikap percaya
diri

Keterampilan
Siswa membaca
teks dengan
suara yang
jelas dan tidak
menggumam
Siswa membaca
teks dengan
suara yang
cukup jelas
dan tidak
menggumam
Siswa membaca
teks dengan
suara yang
kurang jelas
dan sedikit
menggumam
Siswa membaca
teks dengan
suara yang
tidak jelas dan
menggumam

Rubrik Beraktivitas Melakukan Pemanasan, Lompat Jauh, dan Pendinginan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa mampu
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan
pendinginan yang sesuai dengan arahan
Siswa cukup
mampu
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan pendinginan yang sesuai dengan arahan
Siswa kurang
mampu
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan
pendinginan yang sesuai dengan arahan
Siswa tidak
mampu
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan
pendinginan yang
sesuai dengan
arahan

Sikap percaya
diri
Siswa
menunjukkan
sikap percaya
diri pada saat
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan pendinginan
Siswa cukup
menunjukkan
sikap percaya
diri pada saat
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan pendinginan
Siswa kurang
menunjukkan
sikap percaya
diri pada saat
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan pendinginan

Siswa tidak
menunjukkan
sikap percaya
diri pada saat
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan
pendinginan

Keterampilan
Siswa terampil
dalam melakukan
pemanasan,
lompat jauh, danpendinginan
Siswa cukup
teram pil dalam
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan pendinginan
Siswa kurang
terampil dalam
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan pendinginan
Siswa tidak
terampil dalam
melakukan
pemanasan,
lompat jauh, dan
pendinginan

Rubrik Mengukur Panjang Lompatan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan
Siswa mampu
melakukan
pengukuran
hasil lompatan
temannya
menggunakan
tangan dan
menuliskannyan
pada tabel
Siswa cukup
Mampu melakukan
pengukuran
hasil lompatan
temannya
menggunakan
tangan dan
menuliskannyan pada tabel
Siswa kurang
Mampu melakukan
pengukuran
hasil lompatan
temannya
menggunakan
tangan dan
menuliskannyan pada tabel
Siswa tidak
mampu
melakukan
pengukuran
hasil lompatan
temannya
menggunakan
tangan dan tidak
menuliskannyan
pada tabel

Sikap percaya
diri, tanggung
jawab, dan
toleransi
Siswa
memberikan
toleransi kepada
temannya dalam
aktifitas, percaya diri dalam melakukan
gerakan, serta
menunjukkan
sikap tanggung
jawab
Siswa cukup
memberikan
toleransi kepada
temannya
dalam aktifitas,
cukup percaya
diri dalam
melakukan
gerakan, serta cukup
menunjukkan
sikap tanggung
jawab
Siswa kurang
memberikan
toleransi kepada
temannya
dalam aktifitas,
kurang percaya
diri dalam
melakukan
gerakan,
serta kurang
menunjukkan
sikap tanggung
jawab
Siswa tidak
memberikan
toleransi kepada
temannya
dalam aktifitas,
tidak percaya
diri dalam
melakukan
gerakan,
serta tidak
menunjukkan
sikap tanggung
jawab

Keterampilan
Siswa sangat
terampil dalam
mengukur
dengan
menggunakan
jari dan menuliskannya ke dalam tabel
Siswa cukup
terampil dalam
mengukur
dengan
menggunakan
jari dan
menuliskannya
ke dalam tabel
Siswa kurang
terampil dalam
mengukur
dengan
menggunakan
jari dan
menuliskannya
ke dalam tabel
Siswa tidak
terampil dalam
mengukur
dengan
menggunakan
jari dan tidak
menuliskannya
ke dalam tabel

F. Sumber dan Media
·         Gambar gunung merapi sedang meletus
·         Gambar Edo sedang berolahraga lompat jauh
·         Gambar gerakan pemanasan
·         Gambar lompat jauh
·         Gambar pendinginan


Mengetahui,                                                                        Tijue, 10 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001




Lembar Kerja Siswa
(LKS)


TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 2


Tuliskanlah pendapatmu di bawah ini!
1.  Menurutku, hidup di daerah dekat gunung berapi __________________________________________

2.  Hidup bersama di tempat pengungsian horus
__________________________________________

3.  Semua pengungsi akan mendapatkan
__________________________________________

4.  Semua pengungsi juga diharapkan
__________________________________________

5.  Hidup bersama di lingkungan keluarga juga harus
__________________________________________

  MEDIA

TEMA 6 KELAS 2 SUB 2 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors